Manfaat Financial Freedom dan Cara Mencapainya di Usia Muda

Imanuel Kristianto

17 Mei 2022

Apa itu financial freedom? (Foto: 123rf)
Apa itu financial freedom? (Foto: 123rf)

Saat ini, sudah banyak orang yang menyadari pentingnya financial freedom. Bukan hanya orang tua, anak muda pun kini bisa mencapai financial freedom jika menerapkan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang tepat sejak dini.

Bagaimana mencapai financial freedom di usia muda? Sebelum mengetahui langkah-langkahnya, pahami terlebih dulu apa itu financial freedom lewat penjelasan berikut.

Apa Itu Financial Freedom?

apa itu financial freedom
Apa itu financial freedom? (123rf)

Financial freedom adalah kondisi ketika seseorang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginannya tanpa harus merasa khawatir akan merasa kekurangan, baik di masa sekarang maupun di masa depan.

Pada dasarnya, kebebasan finansial bisa dicapai oleh siapa saja tanpa pandang bulu ataupun usia. Namun, tentu ada kerja keras dan upaya konsisten yang harus dilakukan untuk bisa sampai ke tahap tersebut. Bahkan, bagi sebagian orang, proses untuk mencapainya bisa juga memakan waktu yang cukup lama.

Kebebasan finansial bisa juga diartikan sebagai kondisi ketika seseorang mempunyai cukup tabungan dan uang tunai untuk dapat memenuhi gaya hidupnya dalam jangka waktu lama.

Sayangnya, tidak semua orang bisa mencapai kondisi tersebut. Alih-alih mendapat kebebasan finansial, banyak orang justru memiliki beban yang makin banyak ketika beranjak tua. Mulai dari bertambahnya utang, pengeluaran, dan masalah keuangan tak terduga lainnya.

Mengingat kondisi keuangan yang terus berkembang dari waktu ke waktu, financial freedom tentu menjadi sesuatu yang sangat penting untuk dicapai. Apalagi, biaya hidup juga akan terus naik nantinya dan kondisi fisik manusia pun tidak akan sama seperti ketika muda.

Baca juga: Pentingnya Financial Planning untuk Masa Depan

Pentingnya Financial Freedom

 manfaat financial freedom
Manfaat financial freedom (123rf)

Financial freedom adalah salah satu tujuan yang diimpikan oleh hampir setiap orang. Dengan adanya kebebasan finansial, kamu bisa membeli dan melakukan apa pun untuk memenuhi kebutuhan ataupun keinginan.

Dalam kondisi ini, seseorang dianggap memiliki aset atau kekayaan yang bisa mencukupi segala kebutuhannya tanpa harus melakukan upaya yang lebih keras seperti pada orang-orang yang belum mencapainya. 

Orang yang sudah mencapai kebebasan finansial cenderung mampu menghasilkan uang atau kekayaan yang lebih besar ketimbang biaya hidup mereka sendiri. Dengan kata lain, orang tersebut tidak perlu lagi bekerja untuk hidup. Uanglah yang akan datang dengan “sendirinya”.

Hal ini menjadi penting untuk diperhitungkan karena manusia tidak selamanya berada di usia produktif. Pada usia yang semakin menua, manusia tentu tidak bisa lagi bekerja keras seperti halnya ketika usia muda. Oleh karena itu, penting untuk mengatur dan mengelola keuangan dengan bijak sejak dini agar mampu segera mencapai kebebasan finansial di masa mendatang.

Baca juga: Jenis Investasi yang Harus Diketahui Investor Pemula

7 Cara Mencapai Financial Freedom

cara mencapai financial freedom
Cara mencapai financial freedom (123rf)

Setelah memahami apa itu financial freedom, saatnya melakukan langkah-langkah yang tepat agar kamu bisa mencapainya. Berikut adalah cara untuk mencapai kebebasan finansial yang bisa kamu praktikkan dari sekarang.

1. Tentukan tujuan hidup

Langkah awal yang perlu dilakukan untuk mencapai financial freedom adalah dengan bertanya kepada diri sendiri apa makna kebebasan finansial bagimu? Setelah itu, tentukan berapa banyak uang yang harus kamu miliki di rekening bank, bagaimana kamu akan menjalani gaya hidup di masa depan, serta berapa banyak investasi yang ingin kamu miliki?

Jika tujuan hidup sudah jelas, maka akan makin mudah untuk kamu menentukan arah tujuan keuanganmu. Makin spesifik tujuan yang kamu tetapkan, makin mudah juga untuk kamu bisa mencapainya.

2. Buat rencana keuangan

Setelah menentukan tujuan hidup dan keuangan, saatnya membuat rencana keuangan berdasarkan tujuan tersebut. Buatlah rencana jangka pendek dan jangka panjang agar kamu bisa mengetahui mana tujuan yang menjadi prioritas dan mana yang masih bisa dikesampingkan atau ditunda.

Dengan membuat rencana keuangan terperinci, kamu juga bisa mengevaluasi pengeluaran yang bisa dipangkas atau dikurangi, lalu mengalokasikan anggaran tersebut untuk menabung atau berinvestasi.

Baca juga: KSEI adalah Lembaga Penting di Dunia Investasi, Apa Fungsinya?

3. Lunasi utang

Kartu kredit dan pinjaman dengan bunga tinggi merupakan hambatan terbesar yang bisa menghalangi kamu untuk mencapai kebebasan finansial. Oleh karena itu, jadikan pelunasan utang sebagai prioritas dalam rencana keuanganmu. 

Utang di sini tidak hanya berbentuk uang tunai atau kredit properti, tapi juga utang dalam bentuk kartu kredit yang biasa digunakan dalam berbelanja atau memenuhi kebutuhan hidup.

4. Bedakan tabungan dan dana darurat

Pastikan kamu memisahkan antara rekening tabungan dengan dana darurat. Agar dana darurat tidak terganggu, kamu bisa melakukan penarikan dana secara otomatis tiap bulannya dan gunakan rekening tanpa ATM untuk menghindari penarikan dana yang tidak diperlukan.

Baca juga: Begini Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah yang Mudah Dilakukan!

5. Cari sumber penghasilan tambahan

Selagi masih dalam usia produktif, gunakan waktu dan tenagamu untuk mencari sumber penghasilan tambahan. Kamu bisa mulai dengan membuka bisnis kecil-kecilan atau menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai. Namun, pastikan kalau kegiatan tersebut tidak mengganggu pekerjaan utamamu saat ini.

Makin banyak penghasilan yang kamu peroleh, makin cepat juga kemungkinan kamu untuk bisa mencapai kebebasan finansial.

6. Berinvestasi di aset riil

Karena kebebasan finansial bisa diraih ketika kamu bisa menghasilkan uang tanpa harus bekerja, maka penting bagi kamu untuk berinvestasi di aset riil. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah membeli properti untuk kemudian disewakan dan menjadi penghasilan pasif yang datang tanpa perlu kerja keras.

Misalnya, kamu memiliki bangunan kos-kosan sebanyak 10 kamar yang disewakan dengan harga Rp2 juta per bulan. Jika seluruh kamar disewakan, maka kamu bisa menghasilkan Rp20 juta per bulan tanpa perlu bekerja.

7. Berinvestasi di aset finansial

Nilai uang yang kamu miliki saat ini tentu tidak akan sama dengan nilai uang dalam jangka waktu lima tahun mendatang. Hal ini disebabkan oleh adanya inflasi yang terjadi sehingga kamu perlu menyimpan asetmu dalam bentuk investasi.

Dalam dunia investasi, ada beberapa aset finansial yang bisa kamu kembangkan. Beberapa aset tersebut di antaranya adalah saham, obligasi, emas, dan P2P lending. Sebelum memilih instrumen investasi yang tepat, pastikan kamu sudah mengetahui tingkat risiko dan keuntungan masing-masing instrumen.

Baca juga: Cara Menabung yang Benar untuk Mencapai Tujuan Finansial

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar dapat mencapai kebebasan finansial di usia muda. Karena financial freedom adalah kondisi yang perlu diperjuangkan, maka kamu juga perlu memberanikan diri untuk aktif berinvestasi.

Jika kamu ingin mulai berinvestasi, jangan lupa pelajari berbagai macam instrumen investasi sehingga kamu bisa menentukan jenis investasi yang cocok dengan kondisi keuanganmu.

Hal ini diperlukan agar kamu terhindar dari risiko kerugian dalam berinvestasi yang mungkin terjadi akibat kesalahan pemilihan jenis instrumen. Untuk mulai berinvestasi, lakukan dari jumlah yang kecil dengan tingkat risiko rendah. Misalnya, berinvestasi reksa dana di BMoney.

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!