Penting, Begini Taktik Saat Menghadapi Golden Cross Saham!

Imanuel Kristianto

24 Oktober 2022

Golden cross saham (Foto: 123rf)
Golden cross saham (Foto: 123rf)

“Wah chart naik disertai golden cross, nih."

Percakapan seperti itu mungkin terdengar tidak asing di telinga para trader saham. Namun, bagi kamu yang baru terjun ke dunia saham, tentu dibutuhkan pemahaman lebih dalam tentang istilah yang satu ini.

Dalam dunia trading saham, memang ada banyak istilah yang menggambarkan pergerakan harga saham atau teknik yang dilakukan saat terjadi pergerakan saham yang signifikan. Nah, salah satu istilah dalam dunia trading saham yang penting untuk diketahui adalah golden cross saham.

Secara umum, golden cross merupakan pola harga yang berkaitan dengan rata-rata pergerakan saham alias moving average. Istilah ini menjadi penting karena berpengaruh terhadap pengambilan keputusan yang akan dilakukan oleh trader.

Lantas, apa itu golden cross yang dimaksud dalam trading saham? Simak penjelasan berikut agar kamu makin andal dalam mengambil keputusan yang tepat untuk memperoleh keuntungan secara maksimal.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menghitung Nilai Intrinsik Saham!

Apa Itu Golden Cross Saham?

Golden Cross Saham
Golden Cross Saham

Saat melakukan analisis teknikal saham, para pelaku saham alias trader tentu harus memperhatikan pergerakan harga saham. Hal ini penting untuk dilakukan ketika mereka akan menjual atau membeli saham.

Kamu yang belum memahami apa itu moving average, tentu harus mempelajari terlebih dulu istilah tersebut agar dapat memahami apa itu golden cross saham. Moving average merupakan indikator yang digunakan dalam analisis saham dengan mengacu pada price action sebelumnya.  Indikator ini bertujuan untuk mengetahui pergerakan harga saham dalam jangka waktu tertentu dengan melihat batasan support dan resistance suatu aset.

Umumnya, moving average jangka pendek pada golden cross berlangsung selama 50 hari, sedangkan moving average yang berlangsung dalam jangka waktu panjang biasa terjadi dalam 200 hari. 

Meski begitu, jangka waktu tersebut tidak bisa sepenuhnya dijadikan sebagai acuan karena ada saatnya moving average jangka pendek bergerak melintasi moving average jangka panjang. Itulah yang disebut dengan pola golden cross. Singkatnya, ketika pola golden cross muncul, pasar sedang dalam kondisi bullish atau menguat.

Baca juga: 10 Pertanyaan tentang Saham yang Sering Diajukan

Jika kamu ingin memanfaatkan momen ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya:

  1. Sinyal bullish akan semakin kuat jika kamu mencapai momen golden cross yang diikuti dengan volume trading tinggi.
  2. Jika time frame grafik pergerakan harga saham makin besar, maka efek sinyal golden corss juga makin kuat dan tahan lama.
  3. Sinyal golden cross pada MA sering dimanfaatkan bersama indikator Oscillator dalam trading saham jangka pendek. Hal ini dilakukan dengan melacak sekaligus memperoleh momen yang tepat agar kamu dapat memperoleh titik entry dan exit yang lebih ideal.

Cara Mengidentifikasi Golden Cross Saham

Cara Mengidentifikasi Golden Cross Saham
Cara Mengidentifikasi Golden Cross Saham

Secara umum, golden cross sering kali melibatkan persilangan MA 50 hari di atas MA 200 hari. Namun, hal tersebut tidak bisa menjadi satu-satunya acuan karena pattern ini pada dasarnya hanya menunjukkan bahwa rata-rata dari pergerakan jangka pendek akan melintasi rata-rata pergerakan jangka panjang. 

Dengan demikian, sangat mungkin bagi investor atau trader untuk memiliki golden cross yang terjadi pada kerangka waktu lain. Misalnya, momen yang terjadi selama 15 menit, 1 jam, bahkan 4 jam. Sinyal kerangka waktu tersebut memang lebih tinggi dan cenderung lebih andal dibandingkan dengan kerangka waktu yang lebih rendah.

Untuk menentukannya, ada beberapa indikator yang bisa digunakan dalam mengidentifikasi adanya pola golden cross saham. Pertama, saat pasar sedang menunjukkan tren bearish atau menurun, kamu dapat melihat pola MA jangka pendek yang berada di bawah posisi MA jangka panjang.

Kedua, kamu dapat mengetahui momen golden cross saat melihat MA jangka pendek memotong MA jangka pendek. Kondisi ini menunjukkan adanya pembalikan tren. Terakhir, tren naik akan muncul ketika MA jangka pendek berada di atas posisi MA jangka panjang.

Baca juga: Value Investing adalah: Pengertian, Nilai Intrinsik, dan Langkah-langkahnya

Saat menemukan pola ini, apa yang sebaiknya dilakukan trader? Tentu saja membeli sahamnya. Momen golden cross saham pada dasarnya menandakan bahwa sebuah saham termasuk dalam tren penguat dan berpeluang untuk mengalami kenaikan (bullish).

Banyak investor atau trader yang percaya bahwa momen golden cross merupakan sinyal yang cukup akurat untuk melihat tren harga saham. Singkatnya, jika kamu sudah melihat pola golden cross, maka akan sangat baik kalau kamu membeli saham tersebut.

Hindari melakukan penjualan ketika pola golden cross terbentuk atau sedang berlangsung karena momen ini akan memberikan keuntungan jika kamu membeli saham ketimbang menjualnya. Selain itu, agar dapat melihat pola golden cross ini, kamu juga harus bersabar dalam memperhatikan dan menunggu tren market untuk menjadi bullish.

Cara Memanfaatkan Pola Golden Cross

Cara Memanfaatkan Pola Golden Cross
Cara Memanfaatkan Pola Golden Cross

Dalam dunia trading, golden cross dianggap sebagai chart positif sehingga para trader sering kali menyebutnya sebagai sebuah breakout bullish. Sebagai contoh, MA 15-day bergerak sampai ke posisi berada di atas MA 50-day. Lalu, MA 50-day tersebut akan bergerak ke atas MA 100-day, dan seterusnya.

Banyak orang mengira bahwa momen golden cross atau breakout bullish ini hanya dapat dijadikan sebagai indikator atau waktu yang tepat untuk bisa melakukan suatu pembelian. Faktanya, analisis terhadap pola grafik tersebut tidak dapat dilakukan sesederhana itu.

Pola ini akan disertai dengan kondisi lain yang berkebalikan, yaitu death cross. Pola ini disebut juga sebagai pasar bearish karena terbentuk pada saat perlintasan MA yang berperiode jangka pendek bergerak menuju ke bawah MA yang berperiode jangka panjang. Misalnya, MA 15-day yang bergerak ke bawah MA 50-day, lalu MA 50-day bergerak ke bawah MA 100-day, dan seterusnya.

Baca juga: Cara Kerja Saham sebagai Instrumen Investasi dan Trading

Saat melakukan trading, kamu tentu membutuhkan strategi yang tepat agar dapat menghasilkan keuntungan secara maksimal. Begitu juga ketika kamu memanfaatkan golden cross untuk mencapai profit yang diharapkan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan ketika memanfaatkan golden cross saham.

  • Persiapkan diri ketika tren turun panjang
  • Hindari spread lebar moving average
  • Kombinasikan golden cross dengan pola lain yang efektif

 

Demikianlah beberapa informasi sekaligus pengetahuan tentang golden cross saham yang bisa kamu pelajari. Hal ini menjadi penting, terutama jika kamu memutuskan untuk menjajal dunia trading saham, Forex, ataupun kripto.

Jika kamu masih membutuhkan informasi lain terkait seluk-beluk saham, pastikan kamu mencari informasi dari sumber yang tepat dan tepercaya. Salah satunya lewat aplikasi investasi BMoney yang bisa diunduh di Play Store atau App Store. Selain bisa mempelajari berbagai teknik investasi, kamu juga tentu bisa berinvestasi reksa dana dengan modal mulai dari Rp10 ribu saja.

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!