5 Bisnis Investasi Online yang Menguntungkan untuk Dijalani

Yudhianto Thohirin

31 Maret 2022

Bisnis investasi. (123rf)
Bisnis investasi. (123rf)

Belakangan ini bisnis investasi kian populer di tengah masyarakat. Banyak orang termasuk kaum muda mulai terjun ke dunia investasi. Investasi memang cukup menarik karena keuntungan dan kemudahannya. Apalagi, modal yang diperlukan minim, berbeda dengan bisnis yang membutuhkan banyak modal. Atas alasan inilah investasi cukup diminati.

Investasi bisa menjadi sumber pendapatan, terutama untuk manfaatnya di masa depan. Investasi cocok untuk kamu yang menginginkan kondisi finansial yang terjamin di masa tua. Karena itu, bisnis investasi sebaiknya dilakukan sedini mungkin agar kamu dapat keuntungan maksimal. 

Proses berinvestasi pun kini makin mudah karena hadirnya fasilitas investasi online yang dapat diakses kapan saja. Ada sejumlah produk bisnis investasi online yang bisa dipilih dan tentunya menguntungkan untuk dijalani

Pengertian Bisnis Investasi

Sebelum mendalami lebih jauh, kamu perlu tahu terlebih dulu tentang apa itu bisnis investasi. Bisnis investasi adalah menempatkan modal atau aset berharga lainnya ke pihak lain dengan harapan mendapatkan keuntungan. Keuntungan ini biasanya diperoleh dalam kurun waktu tertentu. 

Sementara menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bisnis investasi adalah penanaman modal, biasanya jangka waktu panjang untuk pengadaan aktiva tetap atau pembelian saham-saham dan surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan. Jadi, intinya bisnis investasi itu adalah penanaman modal untuk memperoleh keuntungan dalam jangka waktu tertentu.

Bisnis investasi bisa dimulai dengan modal yang kecil seperti dalam investasi reksadana. Hanya dengan Rp100 ribu saja, kamu sudah bisa menikmati keuntungan investasi. Namun, keuntungan ini tidak bisa dinikmati atau dirasakan dalam waktu yang cepat. Bisnis investasi membutuhkan waktu yang lama agar tercapai profit yang diinginkan. Ini karena umumnya investasi sifatnya berjangka, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Meski begitu, bisnis investasi ini cukup mudah dipelajari. Apalagi keterampilan atau keahlian khusus tidak diperlukan untuk memahaminya. Seperti pada investasi reksadana, kamu cukup menyetorkan dana dan memantau perkembangan investasimu saja. Sebab, dana yang kamu investasikan akan dikelola oleh pihak lain, yakni manajer investasi. 

Baca jugaInilah Sejumlah Faktor yang Mempengaruhi Investasi

Bisnis investasi
Bisnis investasi. (123rf)

 

Kelebihan Melakukan Bisnis Investasi Online

Di zaman teknologi yang sangat maju saat ini, bisnis investasi bisa dilakukan secara online. Investasi tak lagi dilakukan secara tatap muka dengan orang atau perusahaan. Dengan begini, kendala jarak dan waktu bisa diatasi. Transaksi investasi pun menjadi semakin mudah dan praktis karena semua prosesnya mulai dari pendaftaran hingga transaksi jual beli dilakukan secara online. 

Investasi online juga memudahkan investor untuk memantau perkembangan investasi. Ini karena semuanya bisa diakses secara online dan transparan. Investor pun tak perlu datang langsung ke perusahaan atau lembaga penyedia investasi untuk melihat kenaikan investasinya. Ini bisa menghemat waktu dan tenaga.

Selain itu, pilihan instrumen investasinya cukup beragam, seperti emas, saham, cryptocurrency, P2P lending, trading forex, dan sebagainya. Kamu bisa pilih platform online yang sesuai dan aman untuk mengelola dana investasi. Pilih platform yang resmi dan berbadan hukum.

Baca juga3 Jenis Investasi yang Menguntungkan dan Cocok Bagi Pemula

Tips Aman Berbisnis Investasi Online

Melakukan bisnis investasi secara online harus dilakukan dengan cermat. Jika tidak hati-hati, bisnis ini rawan terjebak investasi bodong. Karena itulah, kamu perlu mengetahui tips di bawah ini agar aman saat berbisnis investasi online.

1. Pastikan bisnis investasi yang legal

Ketika kamu mantap memilih bisnis investasi, pastikan perusahaan atau lembaga tempat kamu berinvestasi itu legal. Legal artinya perusahaan atau lembaga tersebut telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan berbadan hukum. Perhatikan dan pelajari juga produk investasinya apakah telah mendapat persetujuan OJK. Informasi ini bisa kamu cek di website OJK.

Selain itu, pelajari juga track record perusahaan atau lembaga tersebut. Pastikan mereka memiliki reputasi yang baik. Cari tahu juga informasi mengenai alamat perusahaan apakah benar-benar ada atau fiktif.

2. Jangan tergiur bisnis investasi yang menawarkan keuntungan tidak wajar

Ini juga salah satu yang penting sebelum memulai bisnis investasi online. Lembaga investasi yang aman menawarkan keuntungan atau imbal hasil yang wajar. Jangan mudah percaya jika dijanjikan keuntungan besar dalam waktu yang singkat. Biasanya keuntungan yang wajar itu berkisar antara 10%—20% per tahunnya. Investasi yang tidak wajar akan menawarkan keuntungan tinggi di atas 50% per tahun. 

3. Pahami produk bisnis investasi dan skemanya

Sebagai calon investor kamu juga perlu memahami produk investasi dan skema yang ditawarkan. Dengan skema tersebut, kamu bisa menilai apakah investasi tersebut layak dijalankan atau tidak. Maka, pelajari produk investasinya dengan detail dan tanyakan hal-hal yang kurang jelas. Hal ini juga agar kamu tidak terjebak skema Ponzi yang merupakan investasi bodong.

Baca jugaAplikasi Investasi Saham dan Reksadana yang Cocok untuk Pemula

Bisnis investasi
Bisnis investasi. (123rf)

 

Jenis Bisnis Investasi Online yang Menguntungkan

Setelah memahami tentang investasi serta tips aman berinvestasi online, berikut ini produk investasi online yang bisa kamu pilih. Selain mudah, bisnis investasi ini juga menguntungkan.

1. Emas

Bisnis investasi emas adalah investasi yang cukup menguntungkan dan telah lama populer sebagai investasi. Emas memiliki nilai aset yang stabil dan juga minim risiko nilainya anjlok. Tingkat likuiditasnya juga tinggi sehingga jika dibutuhkan, emas bisa dicairkan dalam waktu yang singkat dengan mudah. Investasi emas bisa dilakukan dengan skema tabungan dan saat ini bisa dilakukan secara online. Pilihan nominal menabungnya juga terjangkau.

2. Saham

Saham juga telah lama populer sebagai pilihan bisnis investasi yang menguntungkan. Saham bersifat high risk high return yang berarti risikonya tinggi, tetapi juga potensi keuntungannya tinggi dibandingkan obligasi atau reksadana.

Jika ingin menjalani investasi saham, kamu perlu memahaminya secara mendalam karena investasi saham tidaklah mudah. Karena itu, kamu perlu mempertimbangkan apakah kamu bisa menanggung risiko yang cukup tinggi. Investasi saham saat ini bisa dilakukan secara online dan telah mendapat izin dari OJK dan Bursa Efek Indonesia (BEJ). 

Baca jugaApa Itu Investasi Bodong? Kenali Ciri dan Jenisnya di Sini

3. Obligasi

Obligasi mungkin tidak sepopuler saham. Namun, ini bisa menjadi pilihan untuk kamu melakukan bisnis investasi online. Obligasi adalah surat pernyataan utang yang diterbitkan oleh perusahaan swasta atau pemerintah, dan bisa juga diterbitkan perseorangan.

Obligasi bisa dijadikan investasi jangka pendek atau jangka panjang. Biasanya waktu jatuh temponya 1 tahun hingga 10 tahun. 

4. Reksadana

Reksadana juga merupakan investasi yang cukup menguntungkan dan kini bisa dilakukan secara online. Reksadana memiliki profil risiko yang beragam sesuai jenisnya. Bisnis investasi ini cocok untuk pemula karena bisa memilih jenis reksadana dengan risiko paling rendah.

Selain itu, ada peran manajer investasi yang membantu mengelola dana investasi kamu. Modal awalnya pun sangat terjangkau. Hanya dengan modal Rp100 ribu kamu bisa menikmati keuntungan investasi. 

Baca jugaDaftar Istilah Penting Dunia Investasi yang Wajib Diketahui

5. P2P (Peer to Peer Lending)

Investasi P2P sebenarnya adalah layanan pinjam meminjam uang dalam mata uang rupiah, yang mempertemukan langsung pemberi pinjaman (kreditur/lender) dan penerima pinjaman (debitur/borrower). P2P lending atau fintech lending disebut juga Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi (LPMUBTI). Investasi ini memberikan return atau keuntungan cukup tinggi per tahunnya. Namun, pahami dulu risiko investasi ini apakah sesuai keadaan dan kebutuhanmu.

Demikianlah, bisnis investasi online yang bisa kamu pilih sesuai kondisi dan kebutuhanmu. Meski menjanjikan keuntungan, kamu tetap harus berhati-hati memilih produk investasi online yang sesuai. Pastikan juga platform tempat kamu bertransaksi itu aman dan legal.

Coba download aplikasi Bmoney untuk mulai jalani investasi yang aman. Tenang, Bmoney sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, kok.

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!