11 Bisnis Modal Kecil Untung Besar yang Layak Dicoba

Uji Agung Santosa

22 Februari 2023

Ide bisnis modal kecil dengan cuan besar (123rf.com)
Ide bisnis modal kecil dengan cuan besar (123rf.com)

Ide bisnis modal kecil mungkin sangat mudah untuk diaplikasikan. Namun, ketika para pemula mengharapkan model bisnis modal kecil untung besar, maka akan ada sejumlah tantangan yang harus dilalui agar bisnis tersebut bisa terus berjalan sampai akhirnya memberikan hasil yang diinginkan.

Bagi sebagian orang, menjalankan bisnis dengan modal kecil mungkin terlihat mudah. Apalagi jika bisnis dilakukan oleh perorangan dan dijalankan di rumah tempat tinggal. Namun, tentu pasar yang semakin berkembang, teknologi yang semakin maju, dan jumlah saingan yang semakin banyak menjadi tantangan tersendiri bagi para pebisnis modal kecil untuk terus bertahan.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak peluang bisnis modal kecil yang bisa menghasilkan keuntungan besar jika kamu tekun dan benar-benar melakukan bisnis tersebut secara konsisten.

Beberapa waktu ke belakang, bisnis modal kecil untung besar menjadi tren usaha yang banyak diminati terutama oleh kaum milenial dan generasi Z yang kini sudah melek finansial. Roda perekonomian yang terus berkembang membuat industri bisnis pun makin maju sehingga tiap pebisnis dituntut untuk berinovasi agar tidak kalah saing.

Lantas, apa saja ide bisnis dengan modal kecil yang bisa kamu coba? Berikut penjelasannya.

11 Ide Bisnis dengan Modal Kecil

11 Ide Bisnis Modal Kecil.
11 Ide Bisnis Modal Kecil.

Menjalankan ide bisnis modal kecil bisa menjadi tantangan sekaligus anugerah bagi siapa saja yang berniat untuk mengembangkan bisnisnya. Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis modal kecil yang bisa kamu coba.

1. Jasa titip (jastip)

Siapa yang tidak tahu bahwa saat ini ada sebuah usaha bernama jasa titip atau biasa disingkat jastip yang bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa modal, namun menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Usaha yang satu ini cocok dilakukan oleh kamu yang hobi jalan-jalan dan senang berbelanja tentunya. 

Jenis usaha ini cukup beragam, mulai dari pernak-pernik dari luar negeri, barang-barang branded, sampai benda-benda unik yang langka atau hanya bisa ditemukan di satu tempat saja.

2. Dropship

Tidak perlu modal sedikit pun, namun bisa menghasilkan banyak keuntungan. Itulah gambaran dari jasa dropship yang kini banyak dilakukan oleh para ibu rumah tangga atau pelajar yang ingin memperoleh uang tambahan tanpa harus mengeluarkan modal sedikit pun.

Untuk menjalankan bisnis dengan modal kecil ini, kamu hanya perlu memiliki kemampuan untuk menentukan produk yang akan dijual, supplier yang akan mengirimkan barang, dan tentu saja target pasar yang tepat.

3. Bisnis makanan ringan

Siapa sih yang tidak suka makanan ringan alias camilan? Berbekal kemampuan memasak aneka makanan ringan, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari bisnis modal kecil untung besar yang satu ini.

Jika tidak bisa memasak, kamu bisa tetap menjalankan usaha yang satu ini dengan cara membeli produk camilan yang sudah jadi dan mengemasnya kembali sesuai dengan merek usahamu.

Baca juga: Ide dan Tips Mengembangkan Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

4. Franchise

Kalau kamu punya modal yang cukup untuk membuka bisnis waralaba, jangan ragu memulainya. Bisnis waralaba atau franchise adalah usaha yang dijalankan dengan model kerja sama atau kemitraan dengan perusahaan terkenal. 

Peluang bisnis modal kecil ini dianggap cukup menjanjikan karena modal yang dikeluarkan jauh lebih sedikit ketimbang keuntungan yang diperoleh. Misalnya, modal untuk membuka usaha kebab adalah sekitar Rp15 jutaan, namun omzet yang diperoleh bisa 2-3 kali lipatnya. Apalagi jika kamu menjualnya di wilayah yang strategis, seperti area perkantoran atau pendidikan.

5. Jual kaos

Fashion merupakan ide bisnis modal kecil yang juga menjanjikan keuntungan yang besar. Dari satu kaos saja, kamu bisa mendapat untung minimal Rp10 ribuan. Bayangkan jika kamu bisa menjual ratusan atau ribuan kaos, berapa banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh?

Tidak perlu punya konveksi, yang penting kamu memiliki kenalan atau networking yang luas untuk bisa melakukan produksi dan distribusi kaos. Selain itu, tentu kamu juga harus mempelajari teknik marketing yang sesuai agar bisa menjangkau target pasar.

6. Les privat

Kamu yang punya kemampuan akademis yang baik bisa juga menjalankan bisnis dengan modal kecil yang satu ini. Kamu hanya perlu menyebarkan brosur, baik secara online maupun offline, agar banyak calon konsumen yang membaca informasi tentang layanan yang kamu tawarkan.

Soal harga atau tarif layanan les, kamu bisa membandingkannya dengan layanan les privat yang ditawarkan di tempat-tempat les terkemuka sehingga biaya yang ditawarkan bisa cukup kompetitif.

Baca juga: Ide Bisnis Rumahan untuk Pemula, Modal Kecil Untung Besar!

7. Perpustakaan

Hobi membaca tidak hanya bisa mendatangkan ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas, tapi juga bisa mendatangkan keuntungan jika peluang bisnis modal kecil ini dijalankan dengan baik.

Meskipun tingkat literasi di Indonesia tidak begitu baik, kamu bisa tetap memfokuskan edukasi bagi para pecinta buku dengan membuka perpustakaan di rumah. Kamu bisa membuka layanan peminjaman buku secara online maupun offline dengan tarif yang kompetitif.

8. Servis elektronik

Perkembangan teknologi saat ini menuntut setiap orang untuk menggunakan perangkat teknologi dalam melakukan beragam aktivitas sehari-hari. Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk mendulang keuntungan dengan membuka layanan servis alat-alat elektronik.

Namun, tentu saja bisnis dengan modal kecil ini hanya bisa dilakukan oleh kamu yang memang memiliki latar belakang dalam bidang teknik elektro. Soal modal, kamu tentu bisa mengakalinya dengan memberikan sistem uang muka bagi mereka yang ingin melakukan servis.

9. Jual tanaman hias

Kamu yang menyukai tanaman hias bisa menjadikan hobi kamu ini sebagai salah satu sumber penghasilan. Kamu bisa mengembangkanbiakkan satu tanaman dalam beberapa media tanam untuk kemudian dijual.

Saat ini, sudah banyak orang yang membuka layanan jual tanaman hias di rumah sehingga kamu tidak perlu menyewa kios atau lahan untuk menjualnya. Dari satu tanaman, kamu bisa mengambil untuk Rp10 ribuan.

Baca juga: Peluang Keuntungan Bisnis Franchise yang Bisa Kamu Dapatkan

10. Frozen food

Makanan cepat saji dalam bentuk frozen food menjadi ide bisnis modal kecil yang bisa kamu coba selanjutnya. Pasalnya, banyak orang tua yang kini sulit meluangkan waktu untuk memasak sehingga memilih makanan cepat saji sebagai alternatif bagi kebutuhan pangan anak-anak mereka.

Peluang ini bisa kamu manfaatkan dengan menjual aneka makanan cepat saji yang disukai banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Rata-rata makanan seperti ini dijual dengan keuntungan Rp3 ribu sampai Rp10 ribuan.

11. Jual konten

Era digital saat ini menuntut masyarakat untuk terus aktif di media sosial. Inilah yang menjadi peluang bagi para pekerja kreatif untuk membuat konten dan menjualnya kepada perusahaan yang ingin memasarkan produk mereka secara digital.

Kamu bisa menjual konten dalam bentuk gambar, video, atau bahkan tulisan untuk dipublikasikan di berbagai kanal. Sebelum itu, pastikan kamu sudah memahami apa keinginan perusahaan atau klien yang kamu tangani ya.

Demikianlah beberapa ide bisnis modal kecil untung besar yang bisa kamu coba. Jika sudah memparktikkannya, jangan lupa untuk menabung dan berinvestasi agar keuntungan yang kamu peroleh tidak habis begitu saja. Salah satu cara praktis dan aman yang bisa kamu lakukan adalah berinvestasi reksa dana melalui aplikasi BMoney yang bisa di-download di Play Store atau App Store.

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!