7 Buku tentang Saham yang Wajib Dibaca Investor Pemula

Imanuel Kristianto

27 April 2022

7 Rekomendasi Buku Saham untuk Para Pemula
7 Rekomendasi Buku Saham untuk Para Pemula

Untuk kamu yang saat ini tertarik berinvestasi saham, mempelajari seluk-beluk saham adalah hal yang wajib. Ini agar kamu mengenal saham dengan lebih baik sehingga bisa bijak dalam mengambil keputusan. Tentunya, kamu akan bisa memaksimalkan keuntungan yang didapat dan tidak hanya asal-asalan berinvestasi.

Belajar bisa dari mana saja, termasuk buku. Ada banyak sekali buku saham yang bisa kamu baca. Agar tak bingung memilih buku mana yang dibaca lebih dulu, berikut ini rekomendasinya. Buku-buku ini cocok untuk para pemula. Bahkan ada buku yang dibuat sedemikian rupa sehingga mudah dipahami. Yuk, simak penjelasannya.

Waktu yang Tepat Baca Buku Investasi Saham

Sebelum mengetahui buku tentang saham yang direkomendasikan, kamu mungkin bertanya-tanya kapan sebaiknya membaca buku tersebut. Apakah sebelum mulai terjun ke saham, atau bahkan nanti setelah kamu tertarik berinvestasi. Jawabannya adalah saat ini juga.

Sekarang kamu mungkin belum tertarik berinvestasi, khususnya investasi saham. Namun, tidak ada salahnya kamu membaca buku tentang saham saat ini juga. Dari situ, kamu bisa mulai memikirkan untuk mengambil langkah selanjutnya.

Buat kamu yang memang tertarik dengan saham, membaca buku saham bisa dimulai sebelum kamu masuk ke dunia pasar modal. Membaca buku investasi saham bermanfaat agar kamu memiliki pengetahuan yang cukup. Kamu bisa mendapatkan informasi yang berguna dan mendapatkan tips yang bermanfaat untuk pemula.

Baca juga: Cara Main Saham Pemula yang Mudah dan Bisa Mulai Dijalankan

Keuntungan Baca Buku tentang Saham

keuntungan baca buku saham
Keuntungan baca buku saham (123rf)

Kamu mungkin akan merasa berat membaca buku tentang saham. Apalagi jika bukunya tebal dan bahasanya tidak sederhana. Namun, ternyata banyak manfaatnya, lho. Berikut ini di antaranya.

1. Memperkaya pengetahuan tentang saham

Manfaat pertama yang kamu dapat dari membaca buku saham adalah bertambahnya pengetahuanmu. Terutama untuk kamu yang belajar saham dari nol. Kamu bisa mengetahui secara rinci tentang apa itu saham beserta risikonya, dan jenis-jenis saham.

Selain itu, kamu juga bisa mempelajari dan memahami pandangan para pakar dan orang-orang yang telah lama berkecimpung dalam saham. Dari sini kamu bisa mendapat tips atau cara yang bermanfaat dalam menjalankan investasi saham.

2. Dapat mengetahui tujuan berinvestasi saham

Saat memulai investasi saham, jangan sampai kamu tidak tahu tujuanmu berinvestasi. Tujuan ini akan berpengaruh pada nominal investasi dan jangka waktunya. Dengan membaca buku saham, kamu bisa memahami dan menentukan sendiri tujuan kamu berinvestasi saham. Buku-buku tersebut dapat membantumu mengambil keputusan yang bijak tentang hal ini.

Baca juga: Ini Cara Menghitung Return Saham untuk Perkirakan Keuntungan

3. Belajar dari pengalaman orang lain

Dengan banyak membaca buku tentang saham, kamu tidak hanya belajar bagaimana cara berinvestasi dan mendapat keuntungan. Namun, kamu juga belajar dari pengalaman orang lain. Pengalaman adalah guru berharga.

Karena itu, dengan membaca buku saham, kamu bisa belajar bagaimana orang lain menjalankan investasinya. Kamu pun bisa melihat cara mengambil keputusan dan langkah-langkah yang tepat terutama untuk pemula. 

Baca juga: Cara Beli Saham IPO dengan Mudah untuk Investor Pemula

Rekomendasi Buku Saham Terbaik

rekomendasi buku saham terbaik
Rekomendasi buku saham terbaik (123rf)

Berikut ini adalah rekomendasi buku tentang saham. Buku-buku ini cocok untuk kamu yang masih pemula soal saham atau yang baru tertarik untuk berinvestasi.

1. Jeli Investasi Saham Ala Warren Buffet – Budi Rahardjo

Belajar tentang saham kurang lengkap jika tidak menimba ilmu dari sosok Warren Buffet. Warren Buffet adalah seorang investor dan pengusaha kaya yang dijuluki bapak saham dunia. Ia adalah guru investasi yang telah memulai kesuksesannya sejak belia. Ia mulai masuk pasar modal di usia 11 tahun.

Melalui buku ini, penulis Budi Rahardjo mengajak pembaca untuk memahami strategi investasi yang diterapkan Warren Buffet. Dijelaskan pula dalam buku ini tentang cara menjadi pemain saham yang sukses berdasarkan prinsip dasar Buffet dalam berinvestasi. Tentunya buku ini sangat cocok untuk para pemula yang baru memasuki dunia saham.

2. Rich Dad, Poor Dad – Robert T. Kiyosaki

Robert Toru Kiyosaki adalah seorang pengusaha asal Amerika dan penulis. Bukunya yang berjudul Rich Dad, Poor Dad merupakan buku best seller dan masuk dalam buku terlaris di The Wall Street Journal dan New York Times.

Di buku ini, Kiyosaki memberikan pandangan yang menarik tentang perbedaan orang kaya dan orang miskin. Menurutnya, orang miskin bekerja demi uang, sedangkan orang kaya bekerja untuk belajar. Selain itu, ia juga menekankan tentang pentingnya investasi agar di masa mendatang bisa mendapatkan kebebasan finansial.

3. Smart Trader Rich Investor – Ellen May

Buku karangan Ellen May ini cocok untuk para pemula di investasi saham. Buku ini menjelaskan tentang dasar-dasar saham, seperti kenapa memilih saham, jenis-jenis saham, cara membeli saham, dan sebagainya. Selain itu, buku ini juga memberikan poin-poin alasan kenapa harus berinvestasi dan risikonya, serta kiat-kiat untuk para pemula berbisnis saham.

Ellen May sendiri adalah seorang pakar saham dan telah aktif di dunia saham sejak 2006. Namanya telah populer di kalangan trader saham berkat kesuksesan kariernya sebagai trader. Ia juga mendirikan Ellen May Institute yang memberikan layanan edukasi dan investasi saham untuk mereka yang tertarik menggelutinya.

Baca juga: Pahami Apa Itu Return on Assets (ROA) Beserta Manfaat dan Rumusnya!

4. Who Wants To Be A Smiling Investor – Lukas Setia Atmaja & Thomdean

Buku yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin membaca buku saham yang ringan dengan penyajian menarik. Who Wants To Be A Smiling Investor merupakan buku investasi saham yang menjelaskan segala hal tentang saham melalui ilustrasi gambar kartun yang jenaka. Bahasanya ringan, kalimatnya jelas dan padat sehingga mudah dimengerti, terutama untuk kamu yang baru mulai berinvestasi saham. Di setiap akhir bab, ada rangkuman yang tentunya akan membuat pembaca lebih memahami pembahasannya.

5. Saham Syariah Kelas Pemula – Mang Amsi

Untuk kamu yang tertarik dengan investasi saham syariah, buku karya Mang Amsi ini bisa jadi referensi bacaan. Mang Amsi atau Asep M. Saepul adalah founder Komunitas Saham Syariah yang telah terjun ke pasar modal syariah selama lebih dari 10 tahun. Melalui buku Saham Syariah Kelas Pemula, penulis mengenalkan pembaca kepada saham syariah, seperti konsep pasar modal syariah, mekanisme perdagangannya, sistem online trading syariah, dan sebagainya. Diberikan juga cara-cara memilih saham yang potensial. 

6. Invested – Danielle Town

Buku investasi saham yang direkomendasikan berikutnya adalah Invested. Ini adalah buku karya seorang trader sukses bernama Daniella Town. Di dalam bukunya ini, kamu tidak hanya belajar soal saham, tetapi juga belajar dari pengalaman Town menekuni dunia saham. Town bercerita tentang awalnya ia bisa tertarik pada investasi hingga pengalamannya belajar saham dalam 12 bulan. 

Buku ini mungkin tidak banyak membahas soal hal teknis. Namun, kamu dapat belajar dan memahami pandangan serta prinsip Town mengenai investasi. Untuk kamu yang pemula, buku ini akan sangat membantumu mendapat kepercayaan diri dan merumuskan strategi yang tepat.

7. A Random Walk Down Wall Street: The Time – Burton Malkiel

Ini adalah salah satu buku saham best seller. Penulisnya adalah Burton Malkiel yang merupakan ekonom dan profesor dari Universitas Princeton. Dalam A Random Walk Down Wall Street, Malkiel menjelaskan pentingnya investasi jangka panjang dibandingkan mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat.

Ia juga mengajarkan cara memprediksi harga dan menghindari kesalahan yang umum dilakukan investor, terutama investor pemula. Jangan khawatir jika kamu tak paham istilah dalam investasi. Buku ini juga menjabarkan hal tersebut dengan jelas sehingga mudah dimengerti.

Baca juga: Cara Kerja Saham sebagai Instrumen Investasi dan Trading

Itu dia deretan buku tentang saham yang bisa mulai kamu baca dan pelajari. Jangan hanya baca, kamu juga harus praktik langsung untuk mulai berinvestasi.

Salah satu tempat belajar berinvestasi yang mudah adalah aplikasi Bmoney. Di sini kamu bisa mulai investasi reksadana mulai dari Rp10 ribu. Syaratnya pun mudah dan pastinya tidak ribet.

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!