7 Cara Cari Uang Tambahan yang Bisa Dipraktekkan dengan Mudah

Uji Agung Santosa

03 Januari 2023

Cara cari uang tambahan yang bisa dipraktekkan dengan mudah (123rf.com)
Cara cari uang tambahan yang bisa dipraktekkan dengan mudah (123rf.com)

Hampir semua orang menginginkan pekerjaan penuh waktu sehingga bisa menjadi sumber penghasilan aktif yang bisa diandalkan dalam pemenuhan kebutuhan, baik untuk yang masih single maupun yang sudah berumah tangga.

Meskipun demikian, pekerjaan penuh waktu tidak menjamin bisa memenuhi seluruh kebutuhan sehingga ada sebagian orang yang masih membutuhkan pekerjaan lain untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Sayangnya, mencari uang tambahan tidak selalu mudah. Apalagi, jika kamu sudah berstatus sebagai karyawan penuh waktu di suatu perusahaan yang melarang karyawannya untuk bekerja di tempat lain.

 

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Wattpad yang Mudah

7 Cara Cari Uang Tambahan

7 cara mencari uang tambahan.
7 cara mencari uang tambahan.

Jika kamu termasuk orang yang mengalaminya, jangan khawatir! Kamu tetap bisa mencari uang tambahan dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Menjadi mitra usaha kecil

Menjalankan usaha kecil tidak perlu modal yang terlalu besar untuk bisa beroperasi. Hal ini disebabkan oleh usaha kecil memiliki cakupan pasar yang relatif kecil jika dibandingkan dengan skala usaha lainnya. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan usaha kecil yang dijalankan akan mengalami perubahan skala suatu hari. Hal ini tentu bisa dilakukan dengan menambah modal di kemudian hari. 

Saat ini, ada banyak usaha kecil yang membutuhkan dana tambahan agar bisa memperluas skala usahanya. Untuk itu, para wirausaha akan memerlukan rekan bisnis yang bisa menanamkan modal di usaha kecil milik mereka. Peluang ini bisa kamu manfaatkan dengan menjadi mitra pasif untuk menginvestasikan sebagian uang yang kamu miliki untuk digunakan dalam bisnis mereka.

Soal keuntungan, kamu bisa melakukan negosiasi dan membuat kesepakatan tertulis tentang berapa banyak persentase keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari bisnis yang mereka jalankan.

2. Menjadi freelancer

Aset yang manusia miliki tidak hanya terbatas pada uang atau properti. Keahlian yang kamu miliki juga merupakan aset yang bisa menghasilkan uang tambahan. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui keahlian apa saja yang kamu miliki dan bisa kamu optimalkan untuk menghasilkan uang.

Dengan keahlian tersebut, kamu bisa menawarkan berbagai jasa yang tidak semua orang kuasai. Misalnya, kamu yang punya keahlian menulis bisa mencari uang tambahan dengan bekerja sebagai penulis lepas. Begitu juga dengan bidang keahlian lain, seperti fotografi, desain grafis, dan lain sebagainya.

Untuk menjadi freelancer, kamu tidak harus menawarkan keahlianmu secara manual. Saat ini, ada banyak platform gratis yang bisa kamu pilih untuk mengiklankan keahlianmu kepada publik. Rata-rata platform tersebut akan memasang iklan tentang keahlianmu untuk menarik pengunjung yang sedang mencari jasa tertentu. Soal bayaran, kamu bisa mengandalkan pengalaman dalam menekuni keahlianmu sebagai tolok ukur besarnya uang yang bisa kamu dapatkan.

Baca juga: 10 Cara Mendapat Uang dari YouTube, Silahkan Coba!

3. Menjadi content creator

Saat ini, pekerjaan content creator dianggap sebagai profesi yang cukup menjanjikan. Hal tersebut disebabkan oleh kebiasaan masyarakat yang terus berubah dari waktu ke waktu dengan mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

Dengan menjalankan profesi yang satu ini, kamu bisa memperoleh uang tambahan sambil mengembangkan hobi yang kamu miliki. Misalnya, kamu senang kuliner dan memutuskan untuk menulis blog, membuat vlog, dan membagikan konten tentang kuliner di media sosialmu.

Cukup berbekal hobi, kamu sudah bisa mendapat peluang besar untuk memperoleh pendapatan pasif. Namun, pastikan kamu membuat konten secara konsisten supaya audiens yang sudah mengikuti seluruh kanal media yang kamu punya tidak kabur begitu saja. Bagaimana, seru kan?

4. Bisnis online

Tren belanja online dengan berbagai metode pembayaran bisa kamu jadikan peluang untuk membangun bisnis online. Kamu bisa mencari uang tambahan dengan cara berjualan di media sosial, marketplace, atau e-commerce.

Selain mengikuti tren dalam pengembangan bisnisnya, kamu juga bisa mengikuti tren untuk menjual produk yang memang banyak dicari oleh masyarakat saat ini. Misalnya, saat ini, banyak masyarakat yang lebih memilih membeli produk ramah lingkungan dengan berbagai tujuan. Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjual berbagai produk ramah lingkungan secara online.

Dengan hanya berbisnis online, kamu sudah bisa punya kesempatan untuk meraih omzet jutaan rupiah. Namun, jangan lupa untuk melakukan analisis pasar terlebih dulu sebelum memulai bisnis ya!

Baca juga: Tidak Ada yang Mustahil, Begini Cara Dapat Uang Rp1 Miliar yang Layak Dicoba!

5. Jual beli karya digital

Kamu yang senang membuat suatu karya, terutama berbasis digital, bisa mencari uang tambahan dengan cara menjual hasil karyamu di internet. Dengan semakin berkembangnya teknologi, ada banyak platform yang menghadirkan layanan jual beli karya digital yang bisa kamu manfaatkan. Beberapa hasil karya digital yang biasa diperjualbelikan secara online antara lain adalah desain grafis, foto, tulisan, musik, dan karya digital lainnya.

Saat memutuskan untuk menjual karya digital, pastikan kamu menawarkan produk yang unik dan orisinal sehingga karya yang kamu jual memiliki nilai yang tinggi. Dengan daya jual yang tinggi, kemungkinan besar karyamu akan laku dijual. Bukan cuma ratusan ribu rupiah, kamu bahkan bisa memperoleh uang tambahan senilai jutaan rupiah dari karya yang kamu jual.

6. Investasi

Cara mencari uang tambahan selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah berinvestasi. Selain bisa menambah pundi-pundi keuangan, kamu juga bisa mengamankan aset yang kamu miliki dari berbagai macam risiko keuangan, seperti halnya inflasi atau resesi. Makin cepat kamu mulai berinvestasi, makin banyak juga keuntungan yang bisa kamu peroleh.

Jika kamu malas untuk terjun langsung di pasar modal, maka kamu bisa menggunakan platform investasi online agar bisa berinvestasi tanpa perlu memikirkan berbagai skenario dan mekanisme di pasar. Kamu hanya perlu membuka rekening investasi dan menanamkan uang yang kamu miliki seperti kamu menabung.

Salah satu platform yang bisa membantu kamu melakukan aktivitas menguntungkan yang satu ini adalah aplikasi investasi BMoney yang bisa di-download melalui Play Store atau App Store. Aplikasi yang sudah terdaftar resmi di OJK ini memungkinkan kamu untuk berinvestasi dengan modal minimum, yakni Rp10 ribu saja. Wah, menggiurkan ya!

7. Menjadi user tester

Tahukah kamu kalau user tester adalah salah satu pekerjaan berbasis teknologi yang memungkinkan kamu untuk memperoleh uang jutaan rupiah hanya dengan mencoba salah satu situs yang baru diluncurkan. Rata-rata perusahaan membuka lowongan pekerjaan sebagai software quality assurance atau software tester untuk menguji keberhasilan mereka dalam membangun sebuah situs. 

Nah, kamu yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman dalam bidang teknologi informasi berpeluang besar untuk bisa menjadi user tester. Untuk bisa menempati posisi tersebut, kamu harus memiliki kemampuan untuk merencanakan jaminan kualitas, bebas bug, serta menganalisis dan melaporkan kendala yang terjadi selama software dijalankan. 

Baca juga: 10 Cara Mendapatkan Uang 200 Ribu per Hari, Patut Dicoba!

Itulah beberapa cara mencari uang tambahan yang bisa kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Berbekal tujuh rekomendasi pekerjaan di atas, mana profesi yang paling cocok dengan keahlianmu? 

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!