20 Cara Legal Dapat Uang 500rb Sehari, Modal Hp dan Internet!

Imanuel Kristianto

09 Desember 2023

Cara Dapat Uang 500rb Sehari (Foto: 123rf)
Cara Dapat Uang 500rb Sehari (Foto: 123rf)

Saat ini, sudah banyak anak muda atau pelajar yang menyadari pentingnya manajemen keuangan sejak dini. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang kemudian mencari tahu bagaimana cara mendapat penghasilan harian dengan mudah, bahkan kadang ada yang tanpa perlu modal sama sekali.

Cara Legal Mendapat Uang 500rb Sehari

Nah, kalau kamu juga termasuk pelajar yang sedang mencari tambahan uang saku untuk ditabung, simak cara dapat uang 500rb sehari tanpa modal berikut ini.

1. Berinvestasi

Investasi merupakan kegiatan penanaman modal yang dapat dilakukan secara langsung ataupun tidak dengan timbal balik berupa keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut.

Beberapa investasi yang bisa Anda lakukan seperti, investasi saham, investasi reksa dana, investasi emas, dan lain-lain.

Saat mendengar kata investasi, mungkin kamu langsung memikirkan modal dan keuntungan dalam jumlah besar yang biasa digembar-gemborkan dalam acara atau berita seputar bisnis. Nyatanya, siapa pun bisa berinvestasi sejak dini tanpa harus mempunyai modal yang besar.

Baca juga: Return: Definisi, Komponen dan Faktor Penentu dalam Investasi

2. Membuka Toko di E-commerce

Cara mendapatkan uang 500 ribu sehari selanjutnya adalah menjual produk di e-commerce ternama, seperti Bukalapak. Di zaman yang sudah serbadigital ini kamu bisa menjual apa pun dan dapat dibeli oleh orang di mana pun.

Selain itu, kamu tidak perlu membayar apa pun untuk membuka bisnis di Bukalapak. Cukup membuka akun dan mulai jual produk kamu.

Kamu bisa menjual barang yang kamu beli secara grosir atau bahkan kerajinan tangan buatanmu. Gunakan foto yang representatif dan menarik agar dilirik calon pembeli. Dengan makin banyaknya pembeli dan reputasi yang kamu kumpulkan maka akan semakin laris pula daganganmu. Jadi, kamu bisa mendapatkan Rp500 ribu sehari dengan mudah.

3. Menjadi Tester Aplikasi

Senang dengan teknologi? Cara dapat uang 500rb sehari selanjutnya adalah menjadi tester atau penguji aplikasi dan website.

Pekerjaan menguji aplikasi ini lazim dilakukan, utamanya di luar negeri. Fungsi tester aplikasi adalah menemukan masalah atau bug yang ada pada aplikasi yang sedang dikembangkan oleh developer sehingga mereka bisa memperbaikinya dan siap untuk dilempar ke pasaran untuk para pengguna.

Peralatan yang kamu butuhkan hanya laptop atau smartphone. Biasanya test aplikasi ini memakan waktu 10 hingga 20 menit, bergantung task yang diberikan oleh sang developer. Tiap pengerjaan task tersebut kamu bisa mendapatkan bayaran hingga $10 per tes. Daftarkan diri kamu di situs app testing tepercaya, ya!

Baca juga: 13 Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan

Kumpulkan uang yang kamu terima dari berbagai aplikasi untuk kamu cairkan nantinya. Untuk pembayaran biasanya menggunakan PayPal. Jadi, buat dulu akun di PayPal untuk mempermudah pengiriman bayaran kamu.

4. Menjadi Agen Properti

Salah satu bisnis yang tidak ada matinya adalah bisnis properti. Nah, kamu yang ingin terjun ke dalam bisnis ini bisa memulainya dengan menjadi agen properti. Selain bisa mendapat keuntungan yang menjanjikan, menjadi agen properti juga cukup fleksibel sehingga kamu bisa tetap melakukan pekerjaan lainnya.

Agen properti biasa dikenal dengan sebutan makelar atau broker properti. Profesi yang satu ini memiliki tugas sebagai perantara antara pembeli dengan penjual properti. Intinya, seorang agen properti bertugas menawarkan jasa untuk mempermudah proses jual beli atau sewa properti antara penjual dengan pembeli.

Menjual properti memang tidak mudah. Tapi, sekalinya kamu berhasil menjual satu unit rumah, ruko, atau properti lainnya, kamu bisa mendapat keuntungan sampai ratusan juta rupiah!

Baca juga: Strategi Barbel: Strategi Menyeimbangkan Portofolio Investasi

5. Menjadi YouTuber

Cara Dapat Uang 500rb Sehari
Cara dapat uang 500rb sehari (123rf)

Hampir tiap orang mengetahui profesi yang satu ini. Pekerjaan ini tentu bisa dilakukan siapa pun selama memiliki konten yang menarik dan kamera yang cukup baik untuk merekam setiap aktivitas yang akan dipertontonkan.

Awalnya, mungkin kamu hanya akan menjadikan profesi ini sebagai pekerjaan sampingan. Tapi, sekarang sudah banyak orang yang mendapatkan penghasilan utama dari kanal media sosial yang satu ini.

Jika kamu berminat menggunakan cara dapat uang 500rb sehari ini, maka kamu perlu menyiapkan konten yang ingin kamu pertontonkan, berapa kali kamu akan upload video dalam seminggu atau sebulan, dan siapa target penonton yang kamu inginkan.

Selain bisa mendapat penghasilan yang diberikan pihak YouTube, kamu juga berkesempatan untuk memperoleh penghasilan dari endorsement. Dengan konten berkualitas, bukan tidak mungkin jika banyak brand bersedia melakukan endorsement di kanal YouTube kamu.

Baca juga: 9 Cara Menabung Unik dan Bikin Semangat

6. Jualan di Situs Microstock

Kamu yang punya kemampuan dalam bidang seni bisa memanfaatkan skill tersebut untuk menghasilkan uang. Caranya, kamu bisa membuat beragam jenis desain, fotografi, video, atau melodi untuk kemudian dijual di situs-situs microstock seperti Shutterstock.

Setelah menghasilkan karya dalam bentuk foto, gambar, desain, ataupun video, kamu bisa langsung mendaftar ke situs microstock sebagai kontributor. Setelah itu, kamu bisa menjual semua karyamu dengan harga bergantung pada kualitas dan kebijakan masing-masing situs microstock.

7. Menjadi Dropshipper

Cara dapat uang 500rb sehari tanpa modal selanjutnya adalah dengan menjadi dropshipper, yaitu orang yang melakukan penjualan suatu produk tanpa harus menyetok atau mengirimkan barang tersebut ke pembeli. Dengan menjadi dropshipper, artinya kamu hanya bertugas menjual suatu barang atau produk dengan keuntungan yang diperoleh dari kelebihan harga jual.

Rata-rata dropshipper memperoleh keuntungan antara 10-30 persen dari harga jualnya. Tapi, tingkat keuntungan yang diperoleh juga bergantung pada berapa banyak keuntungan yang diinginkan oleh dropshipper.

Jika kamu ingin menjadi dropshipper sebuah barang dengan keuntungan Rp100 ribu per barang, maka kamu harus menjual 5 item barang agar bisa mendapat Rp500 ribu dalam sehari. Bagaimana, mudah kan untuk bisa menjalankan usaha ini?

Baca juga: Begini Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah yang Mudah Dilakukan!

8. Menjadi Penulis Lepas

Cara dapat uang 500rb sehari
Cara dapat uang 500rb sehari (123rf)

Menjadi penulis tidak harus bekerja di suatu instansi atau perusahaan. Kamu juga bisa menjadi penulis lepas dengan mengandalkan kemampuan menulis dan berbahasa Indonesia yang kamu pelajari dari sekolah.

Saat ini, sudah banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penulis lepas untuk menulis tentang produk atau layanan mereka. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendapat penghasilan tambahan dari menulis.

Rata-rata penulis lepas mendapat uang sebesar Rp150-250 ribu per tulisan untuk dipublikasikan oleh pihak perusahaan. Jika kamu ingin mendapatkan uang Rp500 ribu dalam sehari, artinya kamu hanya perlu menulis 2-3 artikel dalam sehari. Mudah dan menjanjikan, bukan?

Baca juga: 8 Cara Menabung Saham untuk Mendapat Keuntungan Maksimal

9. Bermain Game di Aplikasi

Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan siapa saja bisa mengakses apa saja dengan bantuan jaringan internet. Selain bisa memanfaatkan hal tersebut untuk berkomunikasi, kamu juga bisa mengambil peluang untuk memperoleh penghasilan dari bermain di aplikasi.

Sekarang ini sudah banyak game atau aplikasi perbankan yang memungkinkan penggunanya untuk bermain sekaligus mendapatkan uang di dalamnya. Beberapa permainan atau aplikasi ini bisa kamu unduh dengan mudah lewat App Store ataupun Google Play Store.

Kamu bisa mendapatkan sejumlah uang jika memainkan sejumlah permainan di dalam aplikasi tersebut hingga level tertentu. Untuk mendapatkan uang, kamu hanya perlu menggunakan kemampuanmu dalam bermain game dan kesabaran untuk bisa sampai pada level yang telah ditentukan tersebut.

10. Menjadi Host Live Streaming

Selain menjadi gamer atau memainkan beberapa permainan di aplikasi, kamu juga bisa mendapatkan uang Rp500 ribu dalam sehari dengan menjadi host di berbagai aplikasi yang mendukung fitur live streaming.

Beberapa aplikasi yang dimaksud antara lain adalah Facebook Live, Instagram Live, Likee Live, Bigo Live, TikTok Live, YouTube Live, bahkan sampai Shopee Live. Selain bisa mendatangkan pendapatan, kamu juga bisa menghilangkan kebosanan dan berinteraksi dengan orang-orang baru yang berkunjung ke room di aplikasi tersebut.

Baca juga: Arti Cuan yang Dipakai Dalam Bisnis dan Investasi

Sebagai contoh, investasi reksadana di BMoney yang bisa dimulai dengan modal Rp10 ribu saja. Jika kamu berinvestasi secara konsisten, bukan tidak mungkin jika suatu saat kamu bisa mendapatkan penghasilan pasif sebesar ratusan ribu sampai jutaan rupiah dalam sehari.

11. Membuka Usaha

Cara dapat uang 500rb sehari satu ini juga layak kamu pertimbangkan. Salah satu usaha yang paling mudah dimulai adalah bisnis makanan.

Kamu bisa membuka warung sendiri atau menjadi agen dari makanan frozen. Atau jika modal yang kamu punya sudah cukup besar, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli franchise yang lebih menjanjikan. Sesuaikan dengan bujet yang kamu miliki, tidak harus besar, yang terpenting kamu harus menguasai cara penjualannya.

Namun untuk awal, kamu bisa bergabung dengan Mitra Bukalapak dan menjual banyak produk virtual tanpa modal. Dengan bantuan media sosial, kamu bisa memasarkan produk dengan mudah dan nyaris tanpa biaya. Untuk menarik calon pembeli, kamu bisa menawarkan berbagai promo menarik.

Jika kualitas produk yang kamu tawarkan tinggi dan bisnis tersebut sudah berkembang, dijamin kamu bakal dengan mudah menemukan cara dapat uang Rp500 ribu sehari.

Baca Juga: 4 Cara Mendapatkan Uang 300 Ribu Per Hari untuk Menambah Pemasukan

12. Guru Les Online

Jika kamu punya passion mengajar dan memiliki kemampuan khusus yang cukup mumpuni, misalnya bahasa, fotografi, videografi, atau bahkan mata pelajaran tertentu, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuka les online.

Membuka les online bisa cukup menjanjikan utamanya di tengah kebiasaan masyarakat sekarang yang melakukan segalanya dari rumah. Kamu bisa menawarkan jasa les online ini secara individu atau bahkan mendaftar di platform belajar online.

Jika membuka usaha sendiri, tawarkan ke kerabat atau promosikan lewat situs buatanmu dan media sosial sendiri. Sementara jika ingin menjadi pengajar di platform belajar online, cukup mendaftar dan ikuti ujian seleksinya untuk dapat mengajar.

Siapkan modul belajar yang menarik untuk calon siswamu agar mereka tidak bosan dan malah mungkin merekomendasikan kamu ke teman-temannya. Jika kamu konsisten melakukannya cara dapat uang Rp500 ribu sehari ini tentu akan mudah dicapai.

13. Menjadi Performer

Banyak anak muda zaman sekarang yang menjadikan pertunjukan sebagai sebuah cara untuk mencari uang. Jadi, bukan cuma berekspresi, menampilkan sesuatu yang kamu bisa pun bisa jadi ladang cuan.

Beberapa jenis performer yang cukup banyak dicari saat ini antara lain adalah penyanyi, pemain band, pemain teater, stand up comedian, dan masih banyak lagi. Tapi, perlu diingat kalau untuk menjadi performer, kamu juga membutuhkan modal berupa kemampuan yang mumpuni dan kepercayaan diri yang tinggi.

Jika kamu serius menekuni salah satu skill yang kamu miliki, bukan tidak mungkin jika kamu bisa mendapat penghasilan ratusan ribu sampai jutaan rupiah per harinya.

Baca juga: Reksadana Pasar Uang: Jenis, Kelebihan dan Tips Investasinya

14. Membuka Jasa Desain

Pekerjaan kreatif tidak pernah sepi peminat, salah satunya adalah desain grafis. Bahkan kini kamu bisa lebih mudah memasarkan jasamu lewat aplikasi freelancer.

Kebutuhan desain grafis tidak hanya berguna untuk bisnis besar, kamu juga bisa menawarkannya untuk bisnis rumahan yang sedang membangun media sosialnya. Selain itu, kini banyak kemudahan grafis yang bisa kamu nikmati.

Kamu tidak perlu terlalu menguasai aplikasi desain, seperti Adobe Illustrator atau Photoshop karena kini ada aplikasi grafis gratis, seperti Canva yang jauh lebih mudah. Pelajari fitur di Canva secara saksama, kuasai, lalu buat ciri khas desain yang punya nilai jual.

Jangan lupa buat portofolio menarik agar calon klien bisa dengan mudah melihat karyamu dan mempekerjakanmu untuk proyek yang lebih besar lagi. Jika klien yang kamu dapat besar, ini jadi cara mendapatkan uang Rp500 ribu sehari yang mudah.

15. Membuka Jasa Penitipan Hewan

Membuka jasa penitipan hewan
Membuka jasa penitipan hewan

Jika kamu termasuk penyayang binatang dan tahu merawat binatang dengan benar, kenapa tidak memanfaatkannya? Sekarang banyak pencinta hewan yang sering mencari jasa penitipan hewan jika mereka sedang beraktivitas di luar.

Baca juga: Manfaat Emas dan Perak untuk Investasi dan Kehidupan Manusia

Bangun fasilitas yang mumpuni untuk hewan-hewan peliharaan tersebut dan jalin kerja sama dengan dokter hewan tepercaya. Dijamin para calon pelanggan tidak akan ragu untuk memercayakan hewan peliharaannya ke kamu. Pencinta hewan juga tergolong orang yang royal mengeluarkan uang jasa demi kenyamanan binatang yang sudah dianggap keluarganya.

Jadi, kamu bisa mempertimbangkan cara mendapatkan uang 500rb sehari ini karena dijamin tidak akan sepi pelanggan.

16. Menjadi Affiliate Marketing

Dengan mengikuti program affiliate yang ditawarkan perusahaan seperti Bukalapak, kamu bisa mendapatkan uang Rp500rb per hari hanya dengan mengandalkan internet. Affiliate marketing adalah sistem bisnis dimana jasa kamu akan dibayar ketika kamu berhasil menjualkan produk atau jasa perusahaan secara online melalui internet. Contoh program affliate marketing yang bisa kamu ikuti adalah yang ditawarkan Bukalapak dengan BukaSend.

17. Mengembangkan Website atau Blog

Cara lain untuk mendapatkan uang 500rb sehari adalah dengan mengembangkan website atau blog sendiri. Jika kamu memiliki kemampuan menulis, membuat foto atau video yang baik, maka kamu bisa membuat blog gratis di kanal Blogger, Wordpress dan lain-lain.

Untuk meningkatkan trafik atau kunjungan ke blog. Tapi ingat untuk bisa menghasilkan uang, kamu perlu konsisten, sehingga trafik blog kamu besar. Setelah itu monetisasi blog kamu dengan mendaftar Adsense dari Google.

Baca juga: Reksadana Saham: Apa Itu, Tips dan Cara Investasinya

18. Investasi Cryptocurrency

Investasi Crypto adalah salah satu cara untuk mendapatkan 500.000 sehari. Investasi ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, yang membuatnya sangat mudah dan fleksibel. Selain itu, Anda dapat mengubah metode ini menjadi penghasilan pasif.

Itu karena Anda cukup melakukan pembelian ketika harga aset crypto rendah dan menunggunya naik. Kemudian Anda bisa menjualnya untuk mendapatkan keuntungan.

Jika harga aset kripto naik, Anda dapat dengan mudah menghasilkan 500.000 sehari atau bahkan lebih. Namun, Anda juga bisa memegang aset kripto ini lebih lama lagi, sehingga bisa menjadi investasi di masa depan.

19. Menjual E-book

Anda memiliki keahlian untuk menulis? Anda dapat membuat e-book untuk mendapatkan uang limaratus ribu sehari. Kemudian diperdagangkan secara online di platform atau media sosial. 

Agar e-book laris manis, sebaiknya pilih topik yang menarik dan populer di kalangan netizen. Misalnya, kesehatan mental yang saat ini banyak diperbincangkan. Ini memungkinkan Anda untuk mengemasnya dalam wadah yang menarik untuk meningkatkan nilai pasarannya.

20. Bisnis Parkiran Motor atau Mobil

Apakah Anda memiliki tanah kosong yang luas di kota besar dan di lokasi yang strategis? Anda bisa mengubahnya menjadi tempat parkir dan membuka bisnis persewaan tempat parkir untuk mendapatkan penghasilan 500.000 sehari.

Anda bisa mengajukan permohonan parkir harian untuk karyawan dan pengunjung mall mulai dari Rp 3.500 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Jika Anda memiliki 100 mobil yang diparkir di tempat Anda pada waktu yang sama, mendapatkan 500.000 per hari jelas bukan hal yang mustahil.

Baca juga: 1 Lot Berapa Lembar Saham? Berikut Penjelasan dan Cara Menghitungnya

21. Menjadi Fotografer

Jika Anda memiliki bakat dalam fotografi, Anda bisa mencoba menjadi seorang fotografer lepas di berbagai acara, seperti pernikahan, ulang tahun, wisuda, prom, atau acara tahunan lainnya. Selain menambah uang jajan, Anda juga bisa mengembangkan kemampuan fotografi yang Anda miliki.

Untuk memulainya, Anda bisa mempromosikan kemampuan fotografi Anda ke orang-orang terdekat. Dari sana, Anda bisa membuat portofolio untuk memperkenalkan hasil karya Anda kepada orang lain. Penting untuk memastikan kualitas hasil fotonya bagus agar klien yang pernah menggunakan jasa Anda merasa puas dan kembali menghubungi Anda di kesempatan lainnya. Dengan begitu, Anda dapat membangun reputasi yang baik dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan lebih banyak klien di masa depan.

22. Jual Makanan Online

Jika Anda suka memasak dan punya ruangan kosong yang belum terpakai di rumah, kenapa tidak mencoba membuka warung makan sebagai sumber penghasilan? Menjual makanan yang lezat dan sehat dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia yang selalu dicari orang.

Jika makanan yang Anda buat enak dan lezat, pasti pelanggan akan kembali dan merekomendasikan warung Anda kepada orang lain. Mulailah dengan memperkenalkan masakan Anda kepada orang-orang terdekat dan terus mempromosikan warung makan Anda melalui media sosial dan jaringan teman-teman.

23. Menyewakan Mobil / Rental Mobil

Jika Anda tinggal di kota besar atau kota pariwisata dan memiliki mobil yang tidak terpakai, Anda bisa mencoba menyewakan mobilmu sebagai cara untuk mendapatkan uang tambahan sebesar 500 ribu per hari. Ini adalah cara yang mudah dan cepat untuk menghasilkan uang jika Anda membutuhkannya.

Cukup bersihkan mobilmu dan isi bensin, lalu tawarkan penyewaan mobilmu kepada orang-orang yang membutuhkan seperti mereka yang sedang merencanakan pernikahan, bisnis atau liburan. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan uang tambahan tanpa harus melakukan banyak usaha.

Baca juga: Reksadana Syariah: Cara Kerja, Keuntungan, dan Tips Investasinya

 

Itulah sejumlah cara dapat uang 500rb sehari untuk pelajar yang bisa kamu praktikkan. Jangan lupa menabung dan berinvestasi secara rutin jika kamu sudah berhasil mendapat penghasilan dari beberapa cara tersebut ya!

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!