15 Cara Dapat Uang 500rb Sehari Tanpa Modal untuk Pelajar

Imanuel Kristianto

19 September 2022

Cara Dapat Uang 500rb Sehari (Foto: 123rf)
Cara Dapat Uang 500rb Sehari (Foto: 123rf)

Saat ini, sudah banyak anak muda atau pelajar yang menyadari pentingnya manajemen keuangan sejak dini. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang kemudian mencari tahu bagaimana cara mendapat penghasilan harian dengan mudah, bahkan kadang ada yang tanpa perlu modal sama sekali.

Cara Dapat Uang 500rb Sehari

Nah, kalau kamu juga termasuk pelajar yang sedang mencari tambahan uang saku untuk ditabung, simak cara dapat uang 500rb sehari tanpa modal berikut ini.

1. Menjadi Performer

Banyak anak muda zaman sekarang yang menjadikan pertunjukan sebagai sebuah cara untuk mencari uang. Jadi, bukan cuma berekspresi, menampilkan sesuatu yang kamu bisa pun bisa jadi ladang cuan.

Beberapa jenis performer yang cukup banyak dicari saat ini antara lain adalah penyanyi, pemain band, pemain teater, stand up comedian, dan masih banyak lagi. Tapi, perlu diingat kalau untuk menjadi performer, kamu juga membutuhkan modal berupa kemampuan yang mumpuni dan kepercayaan diri yang tinggi.

Jika kamu serius menekuni salah satu skill yang kamu miliki, bukan tidak mungkin jika kamu bisa mendapat penghasilan ratusan ribu sampai jutaan rupiah per harinya.

Baca juga: 13 Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan

2. Menjadi Agen Properti

Salah satu bisnis yang tidak ada matinya adalah bisnis properti. Nah, kamu yang ingin terjun ke dalam bisnis ini bisa memulainya dengan menjadi agen properti. Selain bisa mendapat keuntungan yang menjanjikan, menjadi agen properti juga cukup fleksibel sehingga kamu bisa tetap melakukan pekerjaan lainnya.

Agen properti biasa dikenal dengan sebutan makelar atau broker properti. Profesi yang satu ini memiliki tugas sebagai perantara antara pembeli dengan penjual properti. Intinya, seorang agen properti bertugas menawarkan jasa untuk mempermudah proses jual beli atau sewa properti antara penjual dengan pembeli.

Menjual properti memang tidak mudah. Tapi, sekalinya kamu berhasil menjual satu unit rumah, ruko, atau properti lainnya, kamu bisa mendapat keuntungan sampai ratusan juta rupiah!

3. Menjadi YouTuber

Cara Dapat Uang 500rb Sehari
Cara dapat uang 500rb sehari (123rf)

Hampir tiap orang mengetahui profesi yang satu ini. Pekerjaan ini tentu bisa dilakukan siapa pun selama memiliki konten yang menarik dan kamera yang cukup baik untuk merekam setiap aktivitas yang akan dipertontonkan.

Awalnya, mungkin kamu hanya akan menjadikan profesi ini sebagai pekerjaan sampingan. Tapi, sekarang sudah banyak orang yang mendapatkan penghasilan utama dari kanal media sosial yang satu ini.

Jika kamu berminat menggunakan cara dapat uang 500rb sehari ini, maka kamu perlu menyiapkan konten yang ingin kamu pertontonkan, berapa kali kamu akan upload video dalam seminggu atau sebulan, dan siapa target penonton yang kamu inginkan.

Selain bisa mendapat penghasilan yang diberikan pihak YouTube, kamu juga berkesempatan untuk memperoleh penghasilan dari endorsement. Dengan konten berkualitas, bukan tidak mungkin jika banyak brand bersedia melakukan endorsement di kanal YouTube kamu.

Baca juga: 9 Cara Menabung Unik dan Bikin Semangat

4. Jualan di Situs Microstock

Kamu yang punya kemampuan dalam bidang seni bisa memanfaatkan skill tersebut untuk menghasilkan uang. Caranya, kamu bisa membuat beragam jenis desain, fotografi, video, atau melodi untuk kemudian dijual di situs-situs microstock seperti Shutterstock.

Setelah menghasilkan karya dalam bentuk foto, gambar, desain, ataupun video, kamu bisa langsung mendaftar ke situs microstock sebagai kontributor. Setelah itu, kamu bisa menjual semua karyamu dengan harga bergantung pada kualitas dan kebijakan masing-masing situs microstock.

5. Menjadi Dropshipper

Cara dapat uang 500rb sehari tanpa modal selanjutnya adalah dengan menjadi dropshipper, yaitu orang yang melakukan penjualan suatu produk tanpa harus menyetok atau mengirimkan barang tersebut ke pembeli. Dengan menjadi dropshipper, artinya kamu hanya bertugas menjual suatu barang atau produk dengan keuntungan yang diperoleh dari kelebihan harga jual.

Rata-rata dropshipper memperoleh keuntungan antara 10-30 persen dari harga jualnya. Tapi, tingkat keuntungan yang diperoleh juga bergantung pada berapa banyak keuntungan yang diinginkan oleh dropshipper.

Jika kamu ingin menjadi dropshipper sebuah barang dengan keuntungan Rp100 ribu per barang, maka kamu harus menjual 5 item barang agar bisa mendapat Rp500 ribu dalam sehari. Bagaimana, mudah kan untuk bisa menjalankan usaha ini?

Baca juga: Begini Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah yang Mudah Dilakukan!

6. Menjadi Penulis Lepas

Cara dapat uang 500rb sehari
Cara dapat uang 500rb sehari (123rf)

Menjadi penulis tidak harus bekerja di suatu instansi atau perusahaan. Kamu juga bisa menjadi penulis lepas dengan mengandalkan kemampuan menulis dan berbahasa Indonesia yang kamu pelajari dari sekolah.

Saat ini, sudah banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penulis lepas untuk menulis tentang produk atau layanan mereka. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendapat penghasilan tambahan dari menulis.

Rata-rata penulis lepas mendapat uang sebesar Rp150-250 ribu per tulisan untuk dipublikasikan oleh pihak perusahaan. Jika kamu ingin mendapatkan uang Rp500 ribu dalam sehari, artinya kamu hanya perlu menulis 2-3 artikel dalam sehari. Mudah dan menjanjikan, bukan?

7. Bermain di Aplikasi

Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan siapa saja bisa mengakses apa saja dengan bantuan jaringan internet. Selain bisa memanfaatkan hal tersebut untuk berkomunikasi, kamu juga bisa mengambil peluang untuk memperoleh penghasilan dari bermain di aplikasi.

Sekarang ini sudah banyak game atau aplikasi perbankan yang memungkinkan penggunanya untuk bermain sekaligus mendapatkan uang di dalamnya. Beberapa permainan atau aplikasi ini bisa kamu unduh dengan mudah lewat App Store ataupun Google Play Store.

Kamu bisa mendapatkan sejumlah uang jika memainkan sejumlah permainan di dalam aplikasi tersebut hingga level tertentu. Untuk mendapatkan uang, kamu hanya perlu menggunakan kemampuanmu dalam bermain game dan kesabaran untuk bisa sampai pada level yang telah ditentukan tersebut. 

Baca juga: 8 Cara Menabung Saham untuk Mendapat Keuntungan Maksimal

8. Menjadi Host Live Streaming

Selain menjadi gamer atau memainkan beberapa permainan di aplikasi, kamu juga bisa mendapatkan uang Rp500 ribu dalam sehari dengan menjadi host di berbagai aplikasi yang mendukung fitur live streaming.

Beberapa aplikasi yang dimaksud antara lain adalah Facebook Live, Instagram Live, Likee Live, Bigo Live, TikTok Live, YouTube Live, bahkan sampai Shopee Live. Selain bisa mendatangkan pendapatan, kamu juga bisa menghilangkan kebosanan dan berinteraksi dengan orang-orang baru yang berkunjung ke room di aplikasi tersebut.

9. Berinvestasi

Investasi merupakan kegiatan penanaman modal yang dapat dilakukan secara langsung ataupun tidak dengan timbal balik berupa keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut.

Saat mendengar kata investasi, mungkin kamu langsung memikirkan modal dan keuntungan dalam jumlah besar yang biasa digembar-gemborkan dalam acara atau berita seputar bisnis. Nyatanya, siapa pun bisa berinvestasi sejak dini tanpa harus mempunyai modal yang besar.

Baca juga: Cara Menabung yang Benar untuk Mencapai Tujuan Finansial

Sebagai contoh, investasi reksa dana di BMoney yang bisa dimulai dengan modal Rp10 ribu saja. Jika kamu berinvestasi secara konsisten, bukan tidak mungkin jika suatu saat kamu bisa mendapatkan penghasilan pasif sebesar ratusan ribu sampai jutaan rupiah dalam sehari.

10. Membuka Toko di Bukalapak

Cara mendapatkan uang 500 ribu sehari selanjutnya adalah menjual produk di e-commerce ternama, seperti Bukalapak. Di zaman yang sudah serbadigital ini kamu bisa menjual apa pun dan dapat dibeli oleh orang di mana pun.

Selain itu, kamu tidak perlu membayar apa pun untuk membuka bisnis di Bukalapak. Cukup membuka akun dan mulai jual produk kamu.

Kamu bisa menjual barang yang kamu beli secara grosir atau bahkan kerajinan tangan buatanmu. Gunakan foto yang representatif dan menarik agar dilirik calon pembeli. Dengan makin banyaknya pembeli dan reputasi yang kamu kumpulkan maka akan semakin laris pula daganganmu. Jadi, kamu bisa mendapatkan Rp500 ribu sehari dengan mudah.

11. Membuka Usaha

Cara dapat uang 500rb sehari satu ini juga layak kamu pertimbangkan. Salah satu usaha yang paling mudah dimulai adalah bisnis makanan.

Kamu bisa membuka warung sendiri atau menjadi agen dari makanan frozen. Atau jika modal yang kamu punya sudah cukup besar, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli franchise yang lebih menjanjikan. Sesuaikan dengan bujet yang kamu miliki, tidak harus besar, yang terpenting kamu harus menguasai cara penjualannya.

Dengan bantuan media sosial, kamu bisa memasarkan produk dengan mudah dan nyaris tanpa biaya. Untuk menarik calon pembeli, kamu bisa menawarkan berbagai promo menarik.

Jika kualitas produk yang kamu tawarkan tinggi dan bisnis tersebut sudah berkembang, dijamin kamu bakal dengan mudah menemukan cara dapat uang Rp500 ribu sehari.

12. Guru Les Online

Jika kamu punya passion mengajar dan memiliki kemampuan khusus yang cukup mumpuni, misalnya bahasa, fotografi, videografi, atau bahkan mata pelajaran tertentu, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuka les online.

Membuka les online bisa cukup menjanjikan utamanya di tengah kebiasaan masyarakat sekarang yang melakukan segalanya dari rumah. Kamu bisa menawarkan jasa les online ini secara individu atau bahkan mendaftar di platform belajar online.

Jika membuka usaha sendiri, tawarkan ke kerabat atau promosikan lewat situs buatanmu dan media sosial sendiri. Sementara jika ingin menjadi pengajar di platform belajar online, cukup mendaftar dan ikuti ujian seleksinya untuk dapat mengajar.

Siapkan modul belajar yang menarik untuk calon siswamu agar mereka tidak bosan dan malah mungkin merekomendasikan kamu ke teman-temannya. Jika kamu konsisten melakukannya cara dapat uang Rp500 ribu sehari ini tentu akan mudah dicapai.

13. Menjadi Tester Aplikasi

Senang dengan teknologi? Cara dapat uang 500rb sehari selanjutnya adalah menjadi tester atau penguji aplikasi dan website.

Pekerjaan menguji aplikasi ini lazim dilakukan, utamanya di luar negeri. Fungsi tester aplikasi adalah menemukan masalah atau bug yang ada pada aplikasi yang sedang dikembangkan oleh developer sehingga mereka bisa memperbaikinya dan siap untuk dilempar ke pasaran untuk para pengguna.

Peralatan yang kamu butuhkan hanya laptop atau smartphone. Biasanya test aplikasi ini memakan waktu 10 hingga 20 menit, bergantung task yang diberikan oleh sang developer. Tiap pengerjaan task tersebut kamu bisa mendapatkan bayaran hingga $10 per tes. Daftarkan diri kamu di situs app testing tepercaya, ya!

Kumpulkan uang yang kamu terima dari berbagai aplikasi untuk kamu cairkan nantinya. Untuk pembayaran biasanya menggunakan PayPal. Jadi, buat dulu akun di PayPal untuk mempermudah pengiriman bayaran kamu.

14. Membuka Jasa Desain

Pekerjaan kreatif tidak pernah sepi peminat, salah satunya adalah desain grafis. Bahkan kini kamu bisa lebih mudah memasarkan jasamu lewat aplikasi freelancer.

Kebutuhan desain grafis tidak hanya berguna untuk bisnis besar, kamu juga bisa menawarkannya untuk bisnis rumahan yang sedang membangun media sosialnya. Selain itu, kini banyak kemudahan grafis yang bisa kamu nikmati.

Kamu tidak perlu terlalu menguasai aplikasi desain, seperti Adobe Illustrator atau Photoshop karena kini ada aplikasi grafis gratis, seperti Canva yang jauh lebih mudah. Pelajari fitur di Canva secara saksama, kuasai, lalu buat ciri khas desain yang punya nilai jual.

Jangan lupa buat portofolio menarik agar calon klien bisa dengan mudah melihat karyamu dan mempekerjakanmu untuk proyek yang lebih besar lagi. Jika klien yang kamu dapat besar, ini jadi cara mendapatkan uang Rp500 ribu sehari yang mudah.

15. Membuka Jasa Penitipan Hewan

Jika kamu termasuk penyayang binatang dan tahu merawat binatang dengan benar, kenapa tidak memanfaatkannya? Sekarang banyak pencinta hewan yang sering mencari jasa penitipan hewan jika mereka sedang beraktivitas di luar.

Bangun fasilitas yang mumpuni untuk hewan-hewan peliharaan tersebut dan jalin kerja sama dengan dokter hewan tepercaya. Dijamin para calon pelanggan tidak akan ragu untuk memercayakan hewan peliharaannya ke kamu. Pencinta hewan juga tergolong orang yang royal mengeluarkan uang jasa demi kenyamanan binatang yang sudah dianggap keluarganya.

Jadi, kamu bisa mempertimbangkan cara mendapatkan uang 500rb sehari ini karena dijamin tidak akan sepi pelanggan.

Itulah sejumlah cara dapat uang 500rb sehari untuk pelajar yang bisa kamu praktikkan. Jangan lupa menabung dan berinvestasi secara rutin jika kamu sudah berhasil mendapat penghasilan dari beberapa cara tersebut ya!

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!