Cara Jual Emas Antam Mudah dan Untung, Langsung Cair!

Imanuel Kristianto

22 Januari 2023

Cara Jual Emas Antam (Foto: 123rf)
Cara Jual Emas Antam (Foto: 123rf)

Tahukah kamu kalau sekarang ini banyak orang mulai aktif berinvestasi emas Antam? Selain karena mudah dijual kembali, harga emas juga cenderung terus meningkat tiap tahunnya sehingga keuntungan yang diperoleh pun cukup menjanjikan. Hal ini disebabkan oleh nilainya yang tidak mengalami penyusutan seperti halnya perhiasan emas.

 

Selain minim risiko, selisih harga jual dan beli emas Antam juga tidak terlalu jauh berbeda karena kadar kemurniannya mencapai 99,9%. Itulah sebabnya, emas Antam disebut juga logam mulia atau emas murni.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Emas Antam dan UBS

Meski begitu, cara jual emas Antam tidak semudah menjual perhiasan emas karena kamu harus terlebih dahulu memperhatikan harga buyback di pasaran dan menjualnya kembali kepada pihak yang tepat agar tidak tertipu. Apalagi jika kamu menjualnya dalam kondisi terdesak alias butuh uang.

Untuk itu, pelajari bagaimana cara jual emas Antam yang tepat dan di mana saja kamu bisa menjualnya dengan membaca penjelasan berikut.

Cara Jual Emas Antam

Cara Jual Emas Antam
Cara jual emas Antam (123rf)

Menjual emas Antam bisa jadi merupakan salah satu opsi paling mudah yang bisa dilakukan dalam kondisi terdesak, terutama jika ingin mencairkannya secara cepat. Berikut ini cara menjual emas Antam agar untung.

Baca juga: Begini Cara Dapat Keuntungan Investasi Emas Antam Secara Maksimal!

1. Pantau Harga Emas Hari Ini Secara Berkala

Meski mudah dilakukan, cara jual emas Antam tidak selamanya mendatangkan keuntungan yang optimal. Hal ini disebabkan oleh tidak semua toko emas mau membeli emas dengan harga yang bagus. Jadi, pastikan kamu mengetahui berapa harga pasaran emas yang akan dijual sehingga bisa menetapkan harga jual yang layak untuk emas yang kamu miliki.

2. Cek Sertifikat dan Struk Pembelian

Untuk menjual emas batangan, kamu harus memiliki surat-surat penting berupa sertifikat dan struk atau nota pembelian. Hal ini diperlukan sebagai bukti keaslian emas yang akan dijual sekaligus menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang telah membeli emas tersebut secara legal. Dengan kelengkapan tersebut, kamu bisa mendapatkan harga maksimal untuk tiap gram emas.

Mulai Investasi Saham, Daftar Aja Udah Cuan

3. Jual di Tempat yang Sama atau Tempat Resmi

Jika memungkinkan, jual emas di tempat kamu membelinya. Selain prosesnya lebih mudah ketimbang menjualnya di tempat lain, harga yang ditawarkan juga biasanya cukup tinggi karena berasal dari tempat yang sama. Misalnya, jika kamu membelinya dari butik emas A, maka jual kembali emas yang sudah kamu beli di butik tersebut.

4. Jangan Menggosok Emas

Banyak orang mengira kalau menggosok emas perlu dilakukan untuk mengecek keasliannya. Padahal, saat ini sudah ada teknologi yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah emas yang diperjualbelikan itu asli atau palsu. Sekarang ini, masyarakat biasa melakukan tes kadar emas menggunakan AVOmeter atau X-Ray Fluorescence.

Baca juga: Pengertian Investasi Emas, Keuntungan, serta Jenisnya

Tempat Menjual Emas Antam

Tempat jual emas Antam
Tempat jual emas Antam (123rf)

Jika tidak memungkinkan untuk kamu menjualnya kembali di tempat kamu membeli emas, ada baiknya kamu mendatangi beberapa tempat berikut untuk menjual emas Antam dengan harga optimal.

1. Kantor Pusat Antam

Dengan menjual emas Antam di kantor pusat produsennya, tentu harga buyback yang didapatkan akan lebih maksimal. Kamu bisa mengunjungi kantor pusat Antam yang berlokasi di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Baca juga: Begini Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah yang Mudah Dilakukan!

Berbeda dengan Butik Emas Antam lainnya, harga jual emas yang bisa kamu peroleh di kantor ini cenderung lebih tinggi. Selain memperoleh harga buyback  di kisaran 95%, kamu juga bisa bertransaksi secara aman dan nyaman karena berhubungan langsung dengan kantor produsennya.

2. Butik Emas Antam

Kalau tidak memungkinkan untuk menjual emas langsung di kantor pusat, kamu juga bisa tetap menjualnya dengan harga tinggi di Butik Emas Antam. Saat ini, sudah banyak Butik Emas Antam yang tersebar di berbagai daerah yang melayani buyback. Dengan menjualnya di Butik Emas Antam, kamu akan mendapatkan uang buyback yang ditransfer langsung ke rekening dalam waktu kurang lebih 2 x 24 jam.

Bagi Anda yang berada di Jakarta, terdapat 4 lokasi yang dapat dipilih. Selain Jakarta, Butik Emas Antam juga tersedia di Medan, Pekanbaru, Palembang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, dan Makassar.

Bagaimana cara mejual atau buyback emas Antam melalui Butik Emas Antam?

Berikut ini cara buyback emas Antam di Butik Emas Antam.

  • Datang ke Butik Emas Antam terdekat dengan membawa KTP dan NPWP (jika ada);
  • Ambil nomor antrian;
  • Kirimkan detail KTP dan NPWP Anda ke perwakilan layanan pelanggan dan tunggu mereka memproses permintaan Anda
  • Perwakilan layanan pelanggan mengisi tanda terima pembelian kembali, yang mencakup informasi pribadi pelanggan dan produk emas yang ingin Anda beli kembali. Anda akan diminta untuk memberikan nomor rekening aktif, yang nantinya akan digunakan untuk transfer dana buyback emas.
  • Pada langkah terakhir Anda akan diminta untuk menandatangani tanda terima. Simpan struk sebagai bukti transaksi

 

Baca juga: Reksadana Pendapatan Tetap: Cara Kerja, Risiko, dan Keuntungan Investasinya

3. Pegadaian

Tempat jual emas Antam tepercaya selanjutnya adalah Pegadaian. Selain bisa menjual emas batangan Antam secara aman, kamu juga bisa menjualnya secara mudah dengan melampirkan surat pembelian emas berupa nota resmi dari toko ketika kamu membelinya. Lakukan penjualan atau pembelian di satu tempat pegadaian agar harga emas yang kamu miliki tetap stabil.

Jika Anda akan menjual emas Antam kamu di pegadaian, berikut ini adalah langkah yang bisa Anda ikuti.

Memilih Opsi Penjualan

Saat Anda menabung dengan aplikasi pegadaian, Anda memiliki dua pilihan, menjual langsung atau mencetak simpanan emas Anda sebagai perhiasan atau emas batangan.

Mencetak Emas Batangan

Jika Anda memutuskan untuk mencetak emas batangan, Anda harus memesan layanan cetak emas batangan melalui aplikasi. Cetak emas cetak adalah 1, 2, 5, 10, 25, 50 dan 100 gram.

Biaya Pencetakan Emas

Jasa percetakan logam mulia ini memiliki harga tersendiri yang tergantung dari berat emas cetakan.

Baca juga: 20+ Cara Dapat Uang 500rb Sehari dengan Modal Minimal

Cetak Perhiasan Emas

Nah, berbeda halnya jika Anda memilih opsi mencetak perhiasan emas. Untuk melakukannya, Anda akan dialihkan secara online melalui situs web UBS Lifestyle. Biaya yang dikenakan juga bervariasi sesuai dengan berat dan bentuk emas.

4. Bank Syariah

Menjual emas di bank juga bisa menjadi solusi cepat yang menguntungkan. Saat ini, sudah banyak bank syariah yang melayani pembelian emas batangan Antam dengan harga yang kompetitif. Menjual emas di bank tentu akan sangat terjamin keamanannya. Selain itu, harga buyback yang ditawarkan juga biasanya tidak jauh dari harga saat kamu membelinya.

5. Aplikasi Jual Beli Emas

Dengan kemajuan teknologi yang ada, proses jual beli emas sudah lebih mudah sejak adanya aplikasi jual beli emas. Jika kamu membeli emas dari aplikasi tersebut, maka sebaiknya jual kembali emas yang kamu miliki di perusahaan penyedia aplikasi jual beli emas tersebut. Namun, pastikan kalau perusahaan tersebut sudah mendapat izin resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ya.

6. Toko Emas

Cara jual emas Antam di toko emas merupakan opsi terakhir yang bisa kamu pilih. Selain harga buyback yang lebih rendah ketimbang harga pasaran, proses jual beli emas di toko juga biasanya jauh lebih rumit. Harga buyback yang biasa ditetapkan toko emas ada di kisaran 70 sampai 80 persen harga beli. Namun, kamu bisa mendapatkan uang tunai secara cepat jika kamu menjual emas batangan di sini.

Baca juga: Reksadana Syariah: Cara Kerja, Keuntungan, dan Tips Investasinya

Syarat dan Ketentuan Jual Emas Antam

Syarat Jual Emas Antam
Syarat jual emas Antam

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi sebelum menjual emas yang kamu miliki. Misalnya, untuk menjual emas di Butik Emas Antam secara online, kamu harus menyertakan beberapa kelengkapan dokumen.

Berikut ini dokumen yang diperlukan untuk menjual emas di Butik Emas Antam secara online:

  1. Foto KTP
  2. Foto NPWP
  3. Foto emas yang akan dijual beserta sertifikat/nota pembelian
  4. Nomor rekening yang akan digunakan untuk transaksi

Setelah melakukan pendaftaran melalui website resminya, data yang masuk akan diverifikasi terlebih dulu. Jika sudah lolos verifikasi, maka pihak Butik Emas akan mengirim informasi terkait penjualan emas dan nomor antrean untuk datang langsung ke Butik Emas.

Baca juga: Arti Cuan yang Dipakai Dalam Bisnis dan Investasi

Begitu juga jika kamu akan menjualnya secara langsung, pastikan beberapa dokumen yang dibutuhkan tersebut kamu bawa.

Kalau kamu saat ini sedang mencari tempat membeli emas yang bagus dan terpercaya, kamu bisa kunjungi brand terbaru dari BMoney yaitu Bling. Dapatkan promo menarik disini!

Itulah beberapa informasi tentang cara jual emas Antam yang perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin berinvestasi di instrumen lain dan mendapat keuntungan yang sesuai dengan rencana keuanganmu, kamu juga bisa berinvestasi reksadana di BMoney.

 

Selain bisa dimulai dari Rp10 ribu saja, kamu juga bisa melakukannya secara online melalui aplikasi BMoney yang bisa diunduh melalui Play Store ataupun App Store. Download aplikasinya sekarang atau kamu juga bisa gabung komunitas BMoney di telegram dan mulai investasi reksa dana untuk tabungan masa depanmu!

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!