10 Cara Main Crypto untuk Pemula yang Pasti Bikin Cuan!

Imanuel Kristianto

11 Juni 2023

Cara Main Crypto untuk Pemula yang Aman dan Legal
Cara Main Crypto untuk Pemula yang Aman dan Legal

Cryptocurrency atau mata uang crypto menjadi produk investasi yang banyak diperbincangkan dan dipilih dewasa ini. Janji keuntungan besar pada jenis investasi ini membuat masyarakat yang melek teknologi memburu jenis mata uang digital ini. Oleh karena itu banyak orang yang akhirnya mencari cara main crypto yang menguntungkan.

 

Harapannya, dengan mengetahui cara main crypto yang baik, mereka bisa mengolah harta atau mencari tambahan penghasilan yang berlimpah. Mimpi untuk memiliki aset crypto yang bisa memberikan keuntungan yang besar dalam tempo yang singkat pun bisa terwujud.

Baca juga: Arti Cuan yang Dipakai Dalam Bisnis dan Investasi

Namun ingat, di satu sisi, crypto juga menyimpan banyak risiko di dalamnya. Tidak sedikit investor yang merugi saat main crypto, khususnya para pemula. Karena itu, kamu yang ingin ikut ambil bagian dalam tren ini perlu mempelajari dan mencari tahu seluk-beluk crypto.

Apa Itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang memiliki teknologi blockchain sehingga tidak bisa digandakan atau dipalsukan. Mata uang ini bersifat universal dan bisa diterima di seluruh dunia. Sudah banyak negara yang menggunakan mata uang crypto ini sebagai pembayaran yang sah.

Cara Main Crypto untuk Pemula

cara main crypto
Cara main crypto (123rf)

Sebagai pengingat, semua jenis investasi pasti ada risikonya. Main crypto pun punya risiko yang terbilang sangat besar. Karena itu, kamu perlu tahu tahu langkah tepat yang harus diambil untuk bisa cuan. Simak tips main crypto untuk pemula yang bisa kamu coba.

Baca juga: Jenis Mata Uang Kripto yang Bisa Kamu Beli di Indonesia

1. Hanya Pakai Uang Dingin untuk Investasi Crypto

Investasi ini punya risiko yang tinggi. Karena itu, kamu hanya boleh main crypto dengan uang dingin yang dimiliki. Uang dingin artinya uang yang belum akan digunakan dalam waktu dekat atau belum dialokasikan ke sebuah kebutuhan. Dengan kata lain, ini adalah harta berlebih yang kamu miliki.

Cara mendapatkan uang dingin tentunya dengan menyelesaikan semua kewajiban rutin milikmu. Kamu perlu membayar tagihan, cicilan, menyisihkan dana darurat, dan tabungan sebelum akhirnya mendapatkan uang dingin ini.

Penggunaan uang dingin ini dimaksudkan agar kamu tidak menambah risiko dari investasi. Saat uang dingin berisiko hilang, kamu tidak perlu mengorbankan uang untuk kebutuhan lainnya.

2. Memilih Platform Digital yang Terdaftar

Cara main crypto yang aman juga perlu memilih platform digital yang sudah oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Berikut beberapa perusahaan yang sudah memiliki izin untuk mengelola aset kripto:

  • PT Crypto Indonesia Berkat (Tokocrypto)
  • PT Indonesia Digital Exchange (IDEX)
  • PT Pintu Kemana Saja (Pintu)
  • PT Luno Indonesia (Luno)
  • PT Indodax Nasional Indonesia (Indodax)
  • PT Zipmex Exchange Indonesia (Zipmex)
  • PT Cipta Koin Digital (Koinku)
  • PT Rekening Dotcom Indonesia (Rekeningku)
  • PT Triniti Investama Berkat (Bitocto)
  • PT Tiga Inti Utama (Triv)
  • PT Upbit Exchange Indonesia (Upbit)
  • PT Plutonext Digital Aset (Plutonext)
  • PT Bursa Cripto Prima

3. Lakukan Pembukaan Akun

Setelah memilih perusahan untuk beli aset kripto, kamu perlu melakukan registrasi dan pembukaan akun. Dalam pembuatan akun ini, kamu perlu memasukkan data diri dan email pribadi. Pastikan memasukkan data yang sesuai dan menggunakan email yang benar.

Baca juga: Cara Jual Emas Antam LM Tanpa Ribet, Langsung Cair!

Pasalnya, kecocokan data diri menjadi sangat penting dalam transaksi digital. Kamu pastinya tidak ingin data dicuri atau malah tidak bisa dibuka karena menggunakan alamat email yang tidak tepat.

Langkah selanjutnya adalah verifikasi data. Beberapa platform digital akan meminta foto selfie dengan KTP dan tanda tangan digital melalui aplikasi. Tunggu verifikasi setelah sebelum akhirnya kamu bisa mulai main crypto.

4. Melakukan Deposit

Untuk membeli mata uang kripto, kamu perlu melakukan deposit dulu ke rekening yang sudah ditentukan. Sesuaikan nilai deposit dengan kemampuan keuangan yang kamu miliki.

Mengeluarkannya terlalu banyak malah akan membuat kamu tidak terkontrol dalam berinvestasi. Hindari juga deposit terlalu kecil karena hanya akan membuat daya beli kamu terbatas.

5. Pelajari Aset Kripto

Setiap aset kripto punya ciri dan sifatnya masing-masing. Kamu perlu mempelajari dan cari tahu setiap aset sebelum mulai memilihnya. Cek semua informasi yang ada di internet sekaligus review dari para pakar.

Tidak ada salahnya juga memperhatikan dulu pergerakan setiap aset kripto sebelum mulai memilihnya. Pergerakan aset kripto terbilang sangat cepat. Seharusnya kamu bisa dapat gambaran dalam beberapa hari atau pekan.

Baca juga: Reksa Dana Terbuka: Pengertian, Jenis, dan Perbedaannya dengan Reksa Dana Tertutup

6. Tidak Buru-buru Mengambil Keputusan

Tips main crypto
Tips main crypto (123rf)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, aset kripto cepat naik sekaligus cepat turun juga. Ketika turun, kamu tidak perlu terburu-buru untuk menjualnya. Masih tetap ada peluang untuk mata uang kripto tersebut untuk naik, kok.

Malahan, ini jadi kesempatan kamu untuk membelinya kembali. Bukan tidak mungkin nilai aset yang kamu beli tersebut akan meningkat dan kamu bisa dapat keuntungan lebih besar nantinya.

Baca juga: 8 Pilihan Investasi Yang Cocok untuk Anak Muda dan Pasti Untung

7. Berinvestasi Pada Instrumen Lain

Mata uang crypto memang lagi digila-gilai orang banyak. Namun, bukan berarti kamu langsung melupakan instrumen investasi lainnya. Menaruh kekayaan pada instrumen investasi lain juga bisa menurunkan risiko kehilangan dana dari crypto, loh.

Kamu bisa memilih emas yang terbilang harganya stabil. Bisa juga menaruhnya di deposito yang terbilang sangat aman. Pilihan lain yang juga tidak kalah bagus adalah reksadana.

Investasi reksadana ini bisa menjaga dan mengelola aset kamu supaya bertambah. Pilihan reksadana pun beragam, mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, hingga saham. Terlebih lagi, modal yang dibutuhkan untuk investasi reksadana juga lebih kecil.

 

Kamu bisa mulai investasi reksa dana di aplikasi BMoney mulai dari Rp10 ribu, loh. Selain itu kamu juga bisa gabung komunitas BMoney di telegram untuk dapatkan kemudahan berinvestasi. Nah, segera alokasikan sebagian dana investasi kamu di reksadana sekarang!

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!