10 Cara Main Crypto untuk Pemula yang Pasti Bikin Cuan!

Imanuel Kristianto

18 Oktober 2022

Cara Main Crypto untuk Pemula yang Aman dan Legal
Cara Main Crypto untuk Pemula yang Aman dan Legal

Cryptocurrency atau mata uang crypto menjadi produk investasi yang banyak diperbincangkan dan dipilih dewasa ini. Janji keuntungan besar pada jenis investasi ini membuat masyarakat, terutama masyarakat yang melek teknologi memburu jenis mata uang digital ini. Oleh karena itu banyak orang yang akhirnya mencari cara main crypto yang menguntungkan.

Harapannya, dengan mengetahui cara main crypto yang baik, mereka bisa mengolah harta atau mencari tambahan penghasilan yang berlimpah. Mimpi untuk memiliki aset crypto yang bisa memberikan keuntungan yang besar dalam tempo yang singkat pun bisa terwujud.

 

Namun ingat, di satu sisi, crypto juga menyimpan banyak risiko di dalamnya. Tidak sedikit investor yang merugi saat main crypto, khususnya para pemula. Karena itu, kamu yang ingin ikut ambil bagian dalam tren ini perlu mempelajari dan mencari tahu seluk-beluk crypto.

Baca juga: Arti Cuan yang Dipakai Dalam Bisnis dan Investasi

Apa Itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang memiliki teknologi blockchain sehingga tidak bisa digandakan atau dipalsukan. Mata uang ini bersifat universal dan bisa diterima di seluruh dunia. Sudah banyak negara yang menggunakan mata uang crypto ini sebagai pembayaran yang sah.

Salah satu jenis mata uang crypto yang paling terkenal saat ini adalah Bitcoin atau disingkat BTC. Sama seperti mata uang yang lain, mata uang crypto juga mengalami fluktuasi. Bedanya, jika mata uang konvensional fluktuasinya tidak dalam, mata uang crypto mengalami gelojak yang sangat ekstrem.

Contohnya Bitcoin, pada masa kejayaannya tanggal 12 November 2021, mata uang crypto ini diperdagangkan dengan harga hampir menembus Rp1 miliar atau tepatnya Rp913,9 juta per 1 BTC. Sedangkan pada perdagangan pada Oktober 2022, BTC diperdagangkan dengan harga Rp290 juta sampai dengan Rp301 juta.

Mata Uang Crypto vs Mata Uang Konvensional

cara main kripto
Cara main crypto (123rf)

Mata uang crypto juga bersifat desentralisasi. Berbeda dengan mata uang konvensional seperti rupiah yang dikendalikan oleh Bank Sentral dan negara. Karena itulah mata uang crypto tidak memiliki legitimasi dan underlying yang jelas yang bisa menopang nilai tukarnya.

Namun dalam praktiknya, penggunaan cryptocurency tidak lagi harus berurusan dengan pihak lain saat bertransaksi dengan mata uang virtual ini. Artinya, perpindahan kepemilikan mata uang kripto hanya dari pihak pertama dan kedua.

Saat bertransaksi dengan satu mata uang kripto, kamu tidak perlu lagi mengubahnya dengan nilai yang lain. Berbeda dengan mata uang konvensional yang akan berbeda nilainya di setiap negara.

Pemerintah Indonesia sebenarnya belum mengesahkan crypto ini sebagai mata uang untuk jual-beli. MUI pun mengeluarkan fatwa haram untuk uang kripto. Namun, kamu tetap bisa main crypto untuk kepentingan investasi. Kamu hanya boleh membeli mata uang kripto dan menyimpannya sebagai aset.

Baca juga: 20 Cara Dapat Uang 500rb Sehari dengan Modal Minimal

Daya Tarik Uang Crypto

Crypto memiliki kekuatan yang membuat orang ingin memilikinya. Lihat saja sekarang banyak orang mulai main crypto sebagai pilihan investasi mereka. Berikut sejumlah daya tarik crypto sebagai aset investasi:

1. Mata uang yang beragam

Sejauh ini, sudah ada belasan ribu mata uang kripto yang ada di pasaran. Tidak semuanya bisa didapatkan di pasar Indonesia. Namun, kamu tetap bisa dapatkan banyak pilihan mata uang kripto.

Tentunya nilai satuan dan harga yang ditawarkan juga bermacam-macam. Beberapa mata uang kripto juga sangat kuat di pasaran sehingga jadi aset investasi yang bagus.

2. Mudah didapatkan

Mulai main crypto juga sudah sangat mudah sekarang. Ada beragam platform digital yang bisa dipakai untuk membeli aset kripto. Bukan hanya membeli, kamu pun akan mudah menjualnya dan mendapatkan uang Rupiah kembali.

3. Bisa naik dengan cepat

Satu kelebihan mata uang crypto adalah peningkatan harga yang sangat drastis. Artinya, kamu bisa dapat keuntungan dalam tempo yang singkat jika harga mata uang kripto yang kamu miliki melonjak.

4. Tren yang ditangkap oleh banyak pihak

Tren main crypto sedang sangat naik daun. Hal ini tentu sangat bagus untuk para pemula yang juga ingin ikut ambil bagian. Pasalnya, para pemula bisa mendapatkan banyak informasi, baik dari berita, webinar, hingga praktisi yang sudah berkecimpung di dunia ini.

Baca juga: Pengertian Cryptocurrency dan Risiko Investasi di Dalamnya

Cara Main Crypto untuk Pemula

cara main crypto
Cara main crypto (123rf)

Sebagai pengingat, semua jenis investasi pasti ada risikonya. Main crypto pun punya risiko yang terbilang sangat besar. Karena itu, kamu perlu tahu tahu langkah tepat yang harus diambil untuk bisa cuan. Simak tips main crypto untuk pemula yang bisa kamu coba.

1. Hanya pakai uang dingin untuk main crypto

Investasi ini punya risiko yang tinggi. Karena itu, kamu hanya boleh main crypto dengan uang dingin yang dimiliki. Uang dingin artinya uang yang belum akan digunakan dalam waktu dekat atau belum dialokasikan ke sebuah kebutuhan. Dengan kata lain, ini adalah harta berlebih yang kamu miliki.

Cara mendapatkan uang dingin tentunya dengan menyelesaikan semua kewajiban rutin milikmu. Kamu perlu membayar tagihan, cicilan, menyisihkan dana darurat, dan tabungan sebelum akhirnya mendapatkan uang dingin ini.

Penggunaan uang dingin ini dimaksudkan agar kamu tidak menambah risiko dari investasi. Saat uang dingin berisiko hilang, kamu tidak perlu mengorbankan uang untuk kebutuhan lainnya.

2. Memilih platform digital yang terdaftar

Cara main crypto yang aman juga perlu memilih platform digital yang sudah oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Berikut beberapa perusahaan yang sudah memiliki izin untuk mengelola aset kripto:

  • PT Crypto Indonesia Berkat (Tokocrypto)
  • PT Indonesia Digital Exchange (IDEX)
  • PT Pintu Kemana Saja (Pintu)
  • PT Luno Indonesia (Luno)
  • PT Indodax Nasional Indonesia (Indodax)
  • PT Zipmex Exchange Indonesia (Zipmex)
  • PT Cipta Koin Digital (Koinku)
  • PT Rekening Dotcom Indonesia (Rekeningku)
  • PT Triniti Investama Berkat (Bitocto)
  • PT Tiga Inti Utama (Triv)
  • PT Upbit Exchange Indonesia (Upbit)
  • PT Plutonext Digital Aset (Plutonext)
  • PT Bursa Cripto Prima

 

Baca juga: Cara Jual Emas Antam LM Tanpa Ribet, Langsung Cair!

3. Lakukan pembukaan akun

Setelah memilih perusahan untuk beli aset kripto, kamu perlu melakukan registrasi dan pembukaan akun. Dalam pembuatan akun ini, kamu perlu memasukkan data diri dan email pribadi. Pastikan memasukkan data yang sesuai dan menggunakan email yang benar.

Pasalnya, kecocokan data diri menjadi sangat penting dalam transaksi digital. Kamu pastinya tidak ingin data dicuri atau malah tidak bisa dibuka karena menggunakan alamat email yang tidak tepat.

Langkah selanjutnya adalah verifikasi data. Beberapa platform digital akan meminta foto selfie dengan KTP dan tanda tangan digital melalui aplikasi. Tunggu verifikasi setelah sebelum akhirnya kamu bisa mulai main crypto.

4. Melakukan deposit

Untuk membeli mata uang kripto, kamu perlu melakukan deposit dulu ke rekening yang sudah ditentukan. Sesuaikan nilai deposit dengan kemampuan keuangan yang kamu miliki. Mengeluarkannya terlalu banyak malah akan membuat kamu tidak terkontrol dalam berinvestasi. Hindari juga deposit terlalu kecil karena hanya akan membuat daya beli kamu terbatas.

Baca juga: Jenis Mata Uang Kripto yang Bisa Kamu Beli di Indonesia

5. Pelajari aset kripto

Setiap aset kripto punya ciri dan sifatnya masing-masing. Kamu perlu mempelajari dan cari tahu setiap aset sebelum mulai memilihnya. Cek semua informasi yang ada di internet sekaligus review dari para pakar.

Tidak ada salahnya juga memperhatikan dulu pergerakan setiap aset kripto sebelum mulai memilihnya. Pergerakan aset kripto terbilang sangat cepat. Seharusnya kamu bisa dapat gambaran dalam beberapa hari atau pekan.

6. Tidak buru-buru ambil keputusan

Tips main crypto
Tips main crypto (123rf)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, aset kripto cepat naik sekaligus cepat turun juga. Ketika turun, kamu tidak perlu terburu-buru untuk menjualnya. Masih tetap ada peluang untuk mata uang kripto tersebut untuk naik, kok.

Malahan, ini jadi kesempatan kamu untuk membelinya kembali. Bukan tidak mungkin nilai aset yang kamu beli tersebut akan meningkat dan kamu bisa dapat keuntungan lebih besar nantinya.

7. Berinvestasi di instrumen lain

Mata uang crypto memang lagi digila-gilai orang banyak. Namun, bukan berarti kamu langsung melupakan instrumen investasi lainnya. Menaruh kekayaan pada instrumen investasi lain juga bisa menurunkan risiko kehilangan dana dari crypto, loh.

Kamu bisa memilih emas yang terbilang harganya stabil. Bisa juga menaruhnya di deposito yang terbilang sangat aman. Pilihan lain yang juga tidak kalah bagus adalah reksadana.

 

Investasi reksadana ini bisa menjaga dan mengelola aset kamu supaya bertambah. Pilihan reksadana pun beragam, mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, hingga saham. Terlebih lagi, modal yang dibutuhkan untuk investasi reksadana juga lebih kecil.

Baca juga: Pilihan Investasi untuk Anak Muda

Kamu bisa mulai investasi reksadana di aplikasi BMoney mulai dari Rp10 ribu, loh. Selain itu kamu juga bisa gabung komunitas BMoney di telegram untuk dapatkan kemudahan berinvestasi. Nah, segera alokasikan sebagian dana investasi kamu di reksadana sekarang!

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!