Cara Melunasi Utang dengan Cepat dan Efektif

Uji Agung Santosa

26 Maret 2023

Cara melunasi hutang dengan cepat (123rf.com)
Cara melunasi hutang dengan cepat (123rf.com)

Apakah kamu sedang terlilit utang dan ingin cepat membereskannya? Atau mungkin sedang bingung ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang? Tak perlu khawatir, ada banyak cara melunasi utang yang terbukti efektif di segala situasi dan bisa segera kamu coba. Penasaran seperti apa? Yuk, simak ulasannya.

Panduan dan Langkah Melunasi Utang dengan Cepat

Cara Melunasi Utang Yang Efektif
Cara Melunasi Utang Yang Efektif

Banyak orang mencari tahu cara melunasi hutang dengan cepat. Padahal, melunasi utang yang kamu miliki akan membutuhkan perencanaan matang. Apalagi jika jumlahnya sudah menumpuk dan tersebar di banyak tempat. Sejak awal, selain menanamkan niat dan kesadaran membayar utang, kamu juga perlu mempersiapkan sejumlah hal. Berikut cara-cara dan langkah yang akan memandumu melunasi utang.

1. Buat rekapitulasi utang

Coba buat daftar utang apa saja yang kamu miliki dan catat masing-masing besarannya. Sertakan juga rekapitulasi utangmu agar lebih jelas berapa besar jumlah utang yang ada, apakah melebihi batas kemampuanmu membayar, dan seberapa banyak sisa utang yang masih perlu dibayar.

Misalnya, jika kamu meminjam ke instansi atau bank, jangan lupa sertakan juga berapa jumlah bunga yang perlu dibayar dan kapan jatuh temponya. Lalu, jika kamu melakukan pinjaman ke individu, catat juga kapan kamu berjanji untuk membayar utang, atau setidaknya tentukan target kapan kamu bisa membayar dan melunasi utang yang dimiliki.

2. Buat prioritas utang

Setelah merinci utang yang kamu miliki, buatlah daftar prioritas utang. Tentukan utang mana yang harus diprioritaskan untuk dibayar lebih dulu. Di urutan paling atas, sebaiknya mencakup utang-utang yang memiliki bunga paling tinggi atau memiliki konsekuensi fatal jika tidak segera dibayarkan semisal bermasalah dengan hukum. 

Prioritaskan juga utang-utang yang sudah dijanjikan akan dibayar dalam waktu sangat dekat karena berkaitan dengan kepercayaan pemberi pinjaman. Merinci utang sesuai prioritasnya seperti ini akan mempermudahmu segera melunasi utang tanpa kendala berarti.

3. Evaluasi keuangan

Cara melunasi hutang dengan cepat lainnya adalah melakukan evaluasi secara menyeluruh dengan lebih dulu meninjau kondisi keuanganmu berdasarkan 3 kategori, yakni sumber pendapatan, rencana pengeluaran, dan rekapitulasi utang. 

Sumber pendapatan mencakup gaji, pemasukan tetap, dan uang sampingan. Pengeluaran sebaiknya dikelompokkan berdasarkan kategori seperti transportasi, makan, hingga tagihan lainnya. Setelah meninjau, jumlahkan seluruh pendapatan lalu kurangi dengan total pengeluaran. Terakhir, bandingkan hasilnya dengan jumlah utang.

Baca juga: 8 Cara Mengatur Keuangan yang Bijak untuk Capai Tujuan Hidup

4. Atur ulang alokasi pengeluaran

Mengatur ulang alokasi pengeluaran sesuai dengan kondisi perutangan akan kamu butuhkan dalam melunasi utang. Hal ini berbeda dari pengalokasian pengeluaran yang biasa kamu lakukan jika tanpa utang, karena tujuan utamanya agar pembayaran utang tidak mengganggu pengeluaran hidup utamamu.

Misalnya, jika selama ini kamu menetapkan anggaran pengeluaran sebesar 50-70 persen dari penghasilan untuk biaya hidup dan sisanya ditabung, setelah berutang ada baiknya kamu mulai mengubah skema tersebut dengan menambah proporsi untuk membayar utang.

5. Kurangi pengeluaran

Berkaitan dengan poin sebelumnya, kamu perlu cara melunasi hutang dengan cepat dengan mengatur ulang alokasi keuangan dan mengurangi pengeluaran. Intinya adalah sebisa mungkin melakukan penghematan agar dapat melunasi utang. 

Misalnya, dengan mengalihkan sedikit alokasi tabungan untuk utang, pun menekan pengeluaran biaya hidup yang tidak terlalu diperlukan untuk membayar utang seperti menahan kebiasaan jajan atau makan diluar dan membeli barang-barang yang belum dibutuhkan.

6. Manfaatkan tabungan

Jika kamu memiliki uang tabungan atau dana darurat yang jumlahnya berlebih untuk membayar atau bahkan melunasi utang, bayarkanlah terlebih dulu. Apabila jumlahnya pas-pasan, tetap bayarkan utang lebih dulu dan sisakan setidaknya 10 persen dari seluruh uang tersebut untuk simpananmu. Lain kali, pastikan tidak berutang jika kamu masih bisa mengandalkan dana simpanan yang kamu miliki.

7. Cari penghasilan tambahan

Carilah penghasilan tambahan jika terasa sulit mengalokasikan pengeluaranmu untuk membayar utang. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan. 

Pertama, cari pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu waktu kerja utamamu seperti berbisnis online. Kedua, jual atau sewakan barang-barang milikmu yang masih layak tapi sudah tidak dimanfaatkan lagi dengan membuka garage sale atau sebagainya.

Baca juga: 11 Ide Usaha Sampingan yang Sedang Tren, Full Cuan 2023

8. Ajukan mediasi

Jika jatuh tempo pembayaran utangmu semakin dekat, sedangkan kamu belum sanggup mengumpulkan dana yang cukup, maka cobalah mengajukan mediasi kepada pihak perbankan, kreditor, atau pemberi pinjaman agar dilakukan restrukturisasi utang karena pada dasarnya, utang yang kamu pinjam secara legal baik kepada instansi ataupun individu, selalu memiliki jalan tengah dan solusi pelunasan. 

Lewat mediasi biasanya akan ada negosiasi untuk menemukan win-win solution alias solusi menguntungkan bagi kedua belah pihak semisal penurunan bunga, perpanjangan tenor pinjaman, hingga cara lainnya yang membuat pembayaran utang jadi lebih fleksibel.

9. Hindari menambah utang

Satu hal yang perlu diingat ketika kamu ingin melunasi utang, adalah jangan pernah melakukan gali lubang tutup lubang alias berusaha melunasi satu utangmu dengan melakukan pinjaman lain. 

Pahami bahwa cara itu bukanlah solusi melunasi utang, melainkan menambah utang yang akhirnya membuatmu kembali terlilit utang dan semakin kesulitan lepas dari utang. Cukup lunasi utang secara perlahan dan pastikan menahan diri tidak menambah utang baru terutama ketika kamu sedang dililit utang.

Cara Melunasi Utang dengan Cepat

Cara Melunasi Hutang Dengan Cepat
Cara Melunasi Hutang Dengan Cepat

Perpanjangan dari panduan dan langkah melunasi utang di atas, kamu yang ingin melunasi utang dengan cepat bisa menerapkan cara-cara berikut ini.

1. Jangan terjebak minimum payment

Minimum payment atau pembayaran minimal yang tersedia pada banyak pembayaran cicilan dan pinjaman seperti kartu kredit sejatinya merupakan jebakan yang akan membuatmu membayar bunga jadi lebih banyak. Oleh karena itu, bayarkanlah tagihan tepat waktu sesuai jumlahnya atau setidaknya melebihi jumlah minimum jika ingin melunasi utang dengan cepat. 

2. Terapkan strategi

Dari daftar prioritas utang yang telah kamu buat, segera lunasi dulu urutan utang yang paling atas, yakni jenis utang yang bunganya tinggi. Setelah itu, baru kemudian bayarkan utang yang nilainya lebih kecil. Dengan memangkas utang berbunga tinggi, kamu bisa melunasi utang dengan cepat.

3. Pindahkan tagihan

Pertimbangkan untuk memindahkan tagihan utangmu ke kreditur atau bank lain yang menawarkan bunga flat atau bunga lebih rendah. Cara ini membantu mengurangi besaran bunga yang perlu dibayar sehingga utang lebih cepat lunas.

4. Jual aset

Ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang? Menjual aset bisa menjadi solusi paling cepat untuk melunasi utang, terutama dalam keadaan terdesak. Aset yang dimaksud bisa berupa emas, surat berharga seperti sertifikat, kendaraan, hingga peralatan elektronik yang seluruhnya bisa cepat dicairkan dalam bentuk uang tunai.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan over kredit terhadap aset yang sedang kamu jaminkan atau angsurkan guna melunasi utangmu dengan cepat. Namun, penting dicatat bahwa menjual aset berarti harus siap menanggung risiko kehilangan aset secara permanen. Untuk itu, pertimbangkan baik-baik untung rugi sebelum melepas aset demi membayar utang.  

Baca juga: Aset adalah: Pahami Pengertian, Jenis-Jenis, dan Manfaatnya!

Ingin Melunasi Utang, Tapi Tidak Punya Uang?

Kamu yang ingin melunasi utang tapi tidak punya uang tak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Setelah menerapkan panduan dan cara-cara melunasi utang di atas, seperti membuat daftar rekapitulasi utang, mencari penghasilan tambahan, dan mengajukan mediasi, kamu juga bisa melakukan beberapa hal.

Pertama, buat rencana seperti mengurangi pengeluaran atau menjual aset dengan serealistis mungkin. Pastikan juga kamu dapat menerapkannya dalam jangka waktu tertentu.

Kedua, carilah bantuan. Ada sejumlah lembaga yang bisa memberikan bantuan keuangan, seperti lembaga amal, bantuan pemerintah, atau kelompok masyarakat. Cobalah mencari bantuan dari lembaga-lembaga tersebut dengan menggali informasi dari RT/RW setempat atau menelusuri pencarian online.

Ketiga, manfaatkan saran profesional. Jika kamu memiliki kenalan yang ahli di bidang finansial seperti konselor keuangan mintalah saran mereka untuk memberi solusi atas langkahmu lewat cara yang lebih efektif.

Keempat, terapkan komitmen dan disiplin. Sadari bahwa membayar dan melunasi utang membutuhkan komitmen dan disiplin yang kuat dalam menjalankannya. Jika kamu menemukan jalan, janganlah menunda pembayaran dan bayarkan utang tepat waktu agar utang segera lunas.

Tips Menghindari Utang

Setelah mengetahui cara-cara melunasi utang dalam berbagai kondisi seperti di atas, ada baiknya kamu juga mulai belajar menghindari utang lewat sejumlah tips berikut.

1. Hindari belanja impulsif dan kartu kredit

Hindari belanja impulsif dan selalu pertimbangakan dengan matang antara yang diinginkan dan dibutuhkan sebelum melakukan pembelian. Hindari juga penggunaan kartu kredit, terutama jika kamu tidak dapat mengendalikan keinginan berbelanja dan belum memiliki penghasilan yang mampu mencukupi kebutuhan utamamu. Hanya lakukan pinjaman seperlunya di saat terdesak, tapi pilih yang bunganya tidak tinggi dan angsurannya terjangkau.

2. Hemat dan menabung

Belajarlah berhemat dan menabung, serta mengalokasikan dana untuk keperluan mendesak. Hindari gaya hidup mewah dan berlebihan yang tidak sesuai dengan kondisi finansial. Sebaliknya, belajarlah untuk hidup sederhana sesuai kemampuan finansial yang dimiliki.

3. Buat rencana keuangan

Selalu buat perencanaan keuangan pribadi tiap kali menerima penghasilan. Cara ini akan membuatmu lebih terarah dalam mengalokasikan pengeluaran. Selain itu, siapkan investasi untuk membantumu mempersiapkan masa depan dan menghindari utang. 

Salah satu produk investasi yang direkomendasikan bagi pemula dengan penghasilan terbatas adalah instrumen reksa dana. Untuk mempermudah kamu dalam berinvestasi secara online, gunakan aplikasi BMoney yang bisa diunduh melalui Play Store atau App Store.

Jadi, sudah siap menerapkan cara melunasi utang yang efektif dan sesuai dengan segala situasi? Semoga berhasil!

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!