Jangan Salah! Begini Cara Membedakan Emas Asli dengan Kuningan

Imanuel Kristianto

11 Juli 2022

Cara membedakan emas asli dengan kuningan (Foto: 123rf)
Cara membedakan emas asli dengan kuningan (Foto: 123rf)

Emas merupakan salah satu aset yang sering dijadikan sebagai pilihan berinvestasi yang praktis dalam jangka panjang. Itulah sebabnya, banyak orang memilih emas sebagai instrumen investasi. Selain praktis, tingkat likuiditas emas juga termasuk tinggi karena mudah dicairkan dan memiliki grafik harga yang cenderung naik dari waktu ke waktu.

Saat memutuskan untuk berinvestasi emas, maka kamu perlu mengetahui jenis apa yang akan kamu beli, tingkat likuiditasnya, dan harganya di pasaran. Kamu bisa membeli emas dalam bentuk perhiasan ataupun emas batangan.

Kedua jenis emas tersebut bisa dijadikan aset dalam berinvestasi jangka panjang dengan cara membelinya di Butik Emas resmi atau Pegadaian. Namun, jika kamu ingin membelinya dari toko emas, pastikan kamu memilih toko emas tepercaya. Selain itu, kenali juga cara membedakan emas asli dengan kuningan agar kamu tidak tertipu saat akan membelinya.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Buyback Emas dan Saham

Ciri-Ciri Emas Asli

ciri emas asli
Ciri emas asli (123rf)

Meski sudah banyak orang yang berinvestasi emas, tidak sedikit orang yang belum mengetahui cara membedakan emas asli dengan kuningan. Untuk itu, kenali ciri-ciri emas asli berikut supaya kamu tidak tertipu saat akan membeli aset investasi yang satu ini.

1. Memiliki tanda khusus di permukaannya

Salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk membedakan emas asli dan bukan bisa dilihat dari permukaannya, terutama jika kamu akan membeli emas batangan atau logam mulia. Emas batangan asli memiliki tanda khusus berupa cap di permukaannya yang menunjukkan kemurnian emas tersebut.

Jika emas yang kamu beli merupakan emas 24 karat, maka akan ada cap 24K pada yang tertulis di atas permukaan emas. Jika kamu akan membeli emas batangan dan tidak menemukan cap khusus tersebut, maka kamu perlu mengecek lebih lanjut keasliannya.

2. Warnanya tidak mudah pudar

Karena merupakan aset investasi yang tergolong mewah, maka harga emas juga cenderung mahal. Pembuatannya pun dilakukan melalui beberapa tahap sehingga bentuknya simpel, mudah disimpan, dan memiliki warna yang mencolok. Meski begitu, warna emas tidak akan mudah pudar jika digosok, berbeda dengan kuningan yang mudah pudar jika teroksidasi.

Jika kamu menemukan emas yang warnanya gampang pudar, bisa dipastikan kalau emas tersebut bukanlah emas asli. Hal tersebut juga bisa terjadi jika ada yang memalsukan perhiasan atau logam batangan dengan warna yang mirip emas asli.

3. Teksturnya lunak

Salah satu ciri emas yang jarang diketahui adalah teksturnya yang lunak. Makin murni suatu emas, maka main lunak juga teksturnya. Sayangnya, hal ini hanya bisa diketahui dengan cara menggigit atau menekannya. Tapi, hindari mengecek emas dengan cara tersebut agar nilainya tidak menurun saat dijual kembali, ya.

Baca juga: Cara Jual Emas Antam Tanpa Ribet, Langsung Cair!

4. Tidak bersifat magnetik

Cara membedakan emas asli dengan kuningan lainnya adalah dengan cara mendekatkannya pada magnet. Karena emas asli tidak bersifat magnetik, maka emas tidak akan menempel pada magnet.

Meski begitu, ciri-ciri emas ini bukan satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan kemurnian emas karena ada juga emas palsu yang tidak menempel jika didekatkan pada magnet.

5. Tidak meninggalkan bekas di atas keramik atau kertas

Jika emas asli digoreskan pada keramik atau kertas, maka warnanya tidak akan meninggalkan bekas di atas permukaan kedua bahan tersebut. Hal ini disebabkan oleh daya tahan emas yang kuat sehingga tidak mudah berubah hanya karena digoreskan ke permukaan benda lainnya.

Namun, hindari menggoreskan emas secara mandiri karena hal ini juga akan membuat harga emas jatuh jika kamu akan menjualnya kembali.

6. Tidak bereaksi pada asam

Ciri emas lain yang bisa dijadikan sebagai cara membedakan emas asli dengan kuningan adalah dengan meneteskan cairan asam bernama nitric acid di atas permukaan emas. Cairan tersebut tidak akan menimbulkan reaksi apa pun jika diteteskan di atasnya sehingga bentuk dan warnanya akan tetap sama.

Hindari menguji keaslian emas dengan cara ini karena cairan asam berbahaya bagi tubuh maupun benda-benda lain yang mungkin bereaksi jika terkena olehnya.

Baca juga: 8 Keuntungan Investasi Emas Serta Risikonya

7. Hanya dijual di agen resmi dan terpecaya

Banyaknya oknum yang memanfaatkan tingkat investasi emas dengan cara membuat emas palsu membuat kamu harus lebih waspada saat akan membelinya. Oleh karena itu, pastikan kamu membeli dan menjual emas di agen resmi dan tepercaya sehingga terhindar dari emas palsu atau kuningan yang dibuat menyerupai emas asli.

8. Memiliki sertifikat resmi

Tiap emas asli, terutama logam mulia, selalu disertai dengan sertifikat untuk menunjukkan keasliannya. Oleh karena itu, pastikan kamu memeriksa sertifikat emas sebelum membelinya. Periksa sertifikat emas dengan cara meletakkannya di bawah sinar ultraviolet. 

Sertifikat emas asli akan menunjukkan garis-garis minor warna-warni seperti halnya uang kertas. Selain itu, kamu juga akan melihat blok berwarna hijau di setiap deskripsi detail sertifikat emas yang asli.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Emas Antam dan UBS

Cara Membedakan Cincin Emas Asli dengan Kuningan

Cara Membedakan Cincin Emas Asli dengan Kuningan
Cara bedakan cincin emas asli dan kuningan (123rf)

Selain mengetahui ciri-ciri emas asli, kamu juga perlu mengetahui cara membedakan cincin emas asli dengan kuningan. Hal ini disebabkan oleh tidak hanya logam mulia yang bisa dipalsukan, tapi juga perhiasan emas.

Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk membedakan gelang atau cincin emas asli dengan kuningan.

1. Perhatikan kilau pada cincin

Salah satu hal yang mudah dibedakan antara cincin emas asli dengan kuningan adalah kilau warnanya. Cincin emas cenderung lebih mengilap dengan warna kuning yang lebih tajam dibandingkan dengan cincin berbahan kuningan.

2. Gosok cincin secara perlahan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, warna emas asli tidak mudah pudar saat digosok. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan cara ini untuk membedakan emas asli dengan kuningan. Ingat, hindari menggosoknya terlalu kencang ya!

3. Gosok di atas kertas

Cincin berbahan kuningan cenderung mudah pudar dan meninggalkan bekas di atas permukaan benda lainnya. Kamu bisa mengetahui keaslian cincin asli dengan menggosoknya di atas kertas.

4. Cek sertifikatnya

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui cincin emas asli atau kuningan adalah dengan mengecek sertifikatnya. Jika kamu membeli cincin emas tanpa sertifikat, maka kamu sebaiknya mengeceknya terlebih dulu kepada pihak penjual emas resmi untuk mengetahui keasliannya.

Baca juga: Begini Cara Dapat Keuntungan Investasi Emas Antam Secara Maksimal!

Itulah beberapa ciri emas asli yang bisa kamu jadikan acuan saat akan membeli emas, baik dalam bentuk perhiasan berupa gelang atau cincin maupun berupa emas batangan atau logam mulia. Sekarang ini, sudah banyak toko emas tepercaya yang bisa menunjukkan keaslian emas sehingga kamu tidak perlu repot-repot melakukan cara membedakan emas asli dengan kuningan.

Jadi, pastikan kamu membeli perhiasan atau emas batangan di agen resmi dan tepercaya, ya! 

Selain berinvestasi emas, kamu juga bisa menanamkan dana yang kamu miliki dalam instrumen investasi lainnya seperti reksa dana. Kamu bisa memulai investasi reksa dana mulai dari Rp10 ribu melalui aplikasi BMoney atau download aplikasinya di Play Store atau App Store.

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!