Begini Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah yang Mudah Dilakukan!

Imanuel Kristianto

16 Mei 2022

Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah (Foto: 123rf)
Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah (Foto: 123rf)

Bagi anak sekolah atau pelajar, menabung bukan hanya bermanfaat secara finansial, tapi juga bisa membangun kepribadian untuk lebih disiplin dan bijak dalam mengelola keuangan. 

Saat belajar menabung, anak sekolah akan mengetahui berapa banyak usaha yang mesti dikeluarkan untuk mendapatkan apa yang diinginkan sehingga mampu menentukan skala prioritas untuk mencapainya.

Berikut ini beberapa cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah yang bisa dipraktikkan secara mudah.

Baca juga: Tips Menabung Harian yang Mudah Dilakukan Siapa Saja

10 Tips Menabung untuk Anak Sekolah

tips menabung untuk anak sekolah
Tips menabung untuk anak sekolah (123rf)

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan anak sekolah atau pelajar untuk bisa menabung sebanyak Rp1 juta per bulan. Yuk, simak apa saja caranya!

1. Mulai dari rumah

Banyak kebiasaan baik yang bisa dilakukan mulai dari rumah, termasuk menabung. Untuk melakukannya, ada dua strategi yang bisa ditetapkan. Pertama, menabung dengan tujuan untuk membeli sesuatu yang diperlukan atau diinginkan. Kedua, menabung dengan tujuan untuk membangun kebiasaan menyisihkan uang saku.

Keduanya bisa bermanfaat kalau dilakukan secara konsisten. Misalnya, mulailah dengan menyisihkan uang saku semampunya sesuai dengan uang jajan yang diberikan orang tua.

Sebagai langkah awal, mulailah menabung dari Rp2 ribu per hari selama seminggu pertama. Lalu, naik menjadi Rp5 ribu pada minggu kedua, naik lagi menjadi Rp7 ribu pada minggu ketiga, sampai Rp10 ribu pada minggu keempat. Jika kebiasaan ini sudah terbangun pada bulan pertama, maka akan lebih mudah untuk menabung pada bulan-bulan berikutnya. 

2. Buat rencana keuangan

Setelah membangun kebiasaan menabung di rumah, saatnya membuat rencana keuangan dengan cara membagi berapa banyak uang yang dimiliki dan berapa banyak uang yang biasa dikeluarkan.

Jika jumlah pemasukan dan pengeluaran sudah tercatat, saatnya menentukan target keuangan yang ingin dicapai. Tentukan berapa persen uang saku yang akan dialokasikan untuk menabung.

Idealnya, kamu perlu menyisihkan 10-20 persen pemasukan untuk ditabung. Jadi, kalau kamu memiliki uang saku bulanan sebanyak Rp1 juta, maka kamu perlu menabung sebanyak minimal Rp100 ribu per bulan.

3. Rajin mencatat keuangan

Mencatat keuangan adalah hal penting yang perlu dilakukan supaya bisa mencapai target yang diharapkan. Dengan rajin mencatat pemasukan dan pengeluaran, kamu akan mengetahui apa saja kegiatan yang paling banyak memakan biaya.

Setelah mengetahui hal tersebut, kamu bisa mulai memangkas biaya yang tidak perlu dan meningkatkan jumlah uang yang bisa ditabung. Misalnya, jika sebelumnya kamu mengeluarkan Rp200 ribu per bulan untuk membeli aksesori yang tidak perlu, maka sekarang kamu bisa mengurangi pengeluaran tersebut atau memangkasnya sama sekali.

Baca juga: 10+ Jasa Perbankan yang Bisa Dinikmati oleh Seluruh Nasabah

4. Mengurangi anggaran belanja dan nongkrong

Belanja dan nongkrong bersama teman-teman memang menyenangkan. Namun, kalau kedua aktivitas tersebut dilakukan terlalu sering, hal ini tentu bisa membuat pengeluaran jadi lebih besar. Untuk itu, kurangi kegiatan tersebut dan alokasikan uangnya untuk ditabung.

Tapi, bukan berarti kamu harus menghentikan kegiatan-kegiatan itu sama sekali. Hanya saja, kamu perlu lebih bijak dalam mengeluarkan uang kebutuhan-kebutuhan tersebut. Selain itu, usahakan agar selalu membawa catatan barang yang harus dibeli saat berbelanja. Hal ini penting untuk dilakukan agar kamu tidak membeli barang yang tidak diperlukan.

5. Buka rekening khusus pelajar

Cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah lainnya adalah dengan membuka rekening khusus pelajar. Selain lebih aman, membuka rekening tabungan juga akan lebih disiplin dalam mengelola keuangan.

Dengan menabung di bank, kamu akan mengetahui cara kerja bank dan fasilitas apa saja yang bisa digunakan sehingga meningkatkan pemahamanmu terkait dunia perbankan dan keuangan secara umum. Mulai dari kegiatan menabung sampai berinvestasi.

Untuk membuka rekening khusus pelajar, kamu hanya perlu menyiapkan dokumen berupa kartu pelajar, KTP orang tua, kartu keluarga, surat pernyataan pembuatan rekening yang ditandatangani oleh orang tua, dan surat keterangan dari sekolah jika perlu.

Baca juga: Cara Kerja Saham sebagai Instrumen Investasi dan Trading

6. Cari uang tambahan

Saat ini, sudah banyak peluang bisnis yang bisa dilakukan oleh anak muda, termasuk pelajar. Jika kamu memiliki kemampuan yang baik dalam belajar, maka kamu bisa mencari uang tambahan dengan cara mengajar les privat atau menjadi guru di lembaga bimbingan belajar.

Selain itu, kamu juga bisa mencari pekerjaan sambilan dengan menjadi pelayan di kafe atau restoran. Kalau tidak ingin bekerja dengan orang lain, kamu bisa bekerja sambilan dengan berbisnis. Beberapa ide usaha yang bisa dilakukan oleh anak sekolah di antaranya adalah menjual hasil kerajinan tangan, menjadi reseller atau dropshipper suatu produk, menjadi blogger, menjadi selebgram, dan lain sebagainya.

Setelah mendapatkan pekerjaan yang cocok, gunakan gaji yang kamu dapatkan dari pekerjaan tersebut untuk ditabung.

Baca juga: Tips Menabung yang Baik untuk Bisa Capai Kebebasan Finansial

7. Berani menolak ajakan teman

Nongkrong atau hangout bersama teman-teman merupakan salah satu hal yang biasa dilakukan dalam suatu circle pertemanan. Meski rasanya menyenangkan, kebiasaan yang satu ini bisa membuat pengeluaran membengkak. Apalagi jika kamu terlalu sering melakukannya. 

Untuk itu, belajarlah menolak ajakan teman untuk hangout jika ajakan tersebut datang terlalu sering. Selain bisa mengurangi pengeluaran, kamu juga bisa menggunakan waktumu untuk melakukan hal lain yang lebih produktif.

8. Bawa bekal ke sekolah

Cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah selanjutnya adalah dengan membawa bekal ke sekolah. Selain bisa menghemat pengeluaran selama di sekolah, bekal yang biasa dibuatkan ibu atau ayahmu juga pasti akan jauh lebih bergizi daripada jajanan yang biasa dibeli di sekolah.

Dengan membawa bekal, kamu akan bisa menghemat banyak pengeluaran sehingga uang yang biasa kamu gunakan untuk jajan di sekolah bisa kamu alokasikan untuk ditabung.

9. Jangan terlalu mengikuti tren

Bagi sebagian orang, mengikuti perkembangan tren adalah hal yang penting dalam dunia pergaulan. Dengan mengikuti tren, kamu akan mengetahui informasi apa saja yang sedang digandrungi. Sayangnya, tidak semua tren layak untuk diikuti sehingga kamu perlu memilih mana tren yang bermanfaat dan mana yang tidak. 

10. Belajar investasi sejak dini

Menabung secara konvensional di bank memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan anak sekolah. Tapi, aktivitas ini hanya akan menyimpan uangmu dan mengurangi nominalnya karena ada biaya admin yang harus kamu keluarkan tiap bulannya. Untuk itu, kamu perlu menumbuhkan uang yang kamu miliki dengan cara berinvestasi.

Baca juga: 3 Jenis Investasi yang Menguntungkan dan Cocok Bagi Pemula

Siapa bilang investasi hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa! Anak sekolah juga bisa lho mulai berinvestasi. Saat ini, sudah banyak bank atau aplikasi keuangan yang memudahkan kamu untuk berinvestasi. Misalnya saja, BMoney yang menyediakan investasi reksa dana mulai dari Rp10 ribu saja. 

Demikian pembahasan mengenai cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah yang bisa dipraktikkan dengan mudah. Selamat mencoba!

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!