Menarik, Begini Cara Menabung di Rumah yang Unik!

Uji Agung Santosa

19 Desember 2022

Cara menabung di rumah yang unik (123rf.com)
Cara menabung di rumah yang unik (123rf.com)

Banyak orang mungkin lebih semangat dalam menabung ketika mengetahui berapa banyak jumlah uang yang bisa dihasilkan dari kegiatan tersebut. Sayangnya, tidak semua orang bisa mengimplementasikan cara menabung di rumah yang benar sehingga alih-alih mendapat sejumlah uang yang direncanakan, banyak dari mereka yang justru tidak berhasil menabung sama sekali.

Lantas, bagaimana sih cara menabung di rumah yang bisa bikin semangat sampai target menabung yang diharapkan bisa tercapai? Jawabannya, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu cara menabung di rumah yang unik sehingga bisa makin semangat dalam menyisihkan uang.

Dengan metode menabung yang unik, kamu mungkin tidak akan merasa seperti sedang menabung. Tahu-tahu uang yang terkumpul sudah banyak dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan atau bahkan memenuhi keinginan tertentu.

Pada masa yang serba sulit seperti sekarang ini, tabungan tentu menjadi penting. Uang yang terkumpul setiap hari, minggu, atau bulannya ini bisa menjadi dana cadangan atau dana darurat yang bisa digunakan untuk mencapai tujuan finansial. Mulai dari kebutuhan akan pendidikan, menikah, dan lain sebagainya.

Uniknya, kamu juga tidak selalu harus menabung di bank. Ada banyak cara menabung di rumah yang bisa kamu lakukan secara unik untuk mengumpulkan tabungan sesuai dengan kebutuhan atau rencana finansial yang kamu harapkan. Bagaimana caranya? Simak artikel ini sampai tuntas, yuk!

 

Baca juga: Perbedaan Tabungan dan Investasi yang Jarang Diketahui

23 Cara Menabung di Rumah yang Unik

23 cara menabung di rumah yang unik.
23 cara menabung di rumah yang unik.

Berikut ini adalah beberapa cara menabung di rumah yang bisa kamu lakukan supaya makin semangat dalam mengumpulkan pundi-pundi rupiah untuk mencapai tujuan finansial.

1. Menabung dengan sistem berburu koin

Untuk mengumpulkan uang koin tentu bukan hal yang sulit, terutama jika kamu sering berbelanja secara tunai. Namun, kamu yang punya kebiasaan melakukan transaksi secara cashless akan menjadikan hal ini sebagai tantangan.

Kamu dan keluarga bisa melakukan kegiatan menabung di rumah secara unik dengan cara berburu uang koin. Kamu bisa melakukan “perburuan” secara sengaja ataupun tidak. Hal penting yang perlu dilakukan adalah memasukkan uang koin yang kamu dapatkan tiap kali berbelanja, mendapat kembalian parkir, dan lain sebagainya ke dalam celengan.

Uang koin yang kamu tabung bisa kamu tentukan sendiri. Apakah kamu dan anggota keluarga lainnya harus mengumpulkan salah satu jenis uang koin saja atau semua uang koin bisa kalian tabung bersama dalam satu celengan. Menarik, kan?

2. Menabung dengan sistem bintang

Metode menabung yang satu ini bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Kamu dan anggota keluarga lainnya hanya perlu membuat tabel menabung harian dan menempelkan stiker bintang setelah memasukkan sejumlah uang untuk menabung.

Caranya, buatlah tabel menabung berisi nama, jumlah setoran atau uang yang ditabung, dan kolom bintang. Siapa saja anggota keluarga yang menabung akan memperoleh satu bintang. Tentukan periode menabung sesuai kesepakatan antara kamu dan anggota keluarga lainnya. 

Pada akhir periode, orang yang paling banyak mengumpulkan stiker bintang akan mendapat hadiah berupa uang sesuai kesepakatan dari jumlah tabungan yang dihasilkan. Misalnya, peraih bintang terbanyak akan mendapat uang sebesar 20% dari jumlah tabungan. Jika tabungan yang dihasilkan adalah Rp1 juta, maka pemenangnya berhak mendapat uang Rp200 ribu.

Baca juga: Tips Menabung yang Baik untuk Bisa Capai Kebebasan Finansial

3. Menabung dengan sistem “The Power of 10.000”

Sesuai namanya, cara menabung di rumah yang unik ini bisa dilakukan oleh kamu dan anggota keluarga lainnya dengan cara tidak menggunakan uang pecahan Rp10 ribu dan memasukkan uang tersebut ke dalam celengan bersama. Untuk menambah keseruan saat menabung, kamu bisa menerapkan hukuman bagi siapa saja yang ketahuan membelanjakan uang pecahan Rp10 ribu dan tidak memasukkannya ke dalam celengan bersama.

4. Menabung dengan sistem saku kalender

Cara menabung unik yang satu ini bisa dilakukan perorangan ataupun bersama anggota keluarga lainnya. Kamu hanya perlu membeli kalender saku yang dijual secara bebas, baik online maupun offline.

Kalender saku memiliki saku di tiap tanggalnya. Saku inilah yang berfungsi sebagai saku atau celengan untuk kamu menabung. Besaran jumlah uang yang disetorkan tidak ditentukan sehingga kamu bebas memasukkan berapa pun uang yang ingin ditabung di saku kalender tersebut.

5. Menabung dengan sistem tanggal

Dengan metode ini, kamu perlu menyetorkan uang untuk ditabung dengan besaran sesuai tanggal menabung. Misalnya, kamu menabung pada tanggal 1. Artinya, kamu harus menyetor sejumlah uang yang bernilai 1, mulai dari Rp1.000, Rp10.000, atau Rp100.000. Begitu juga jika kamu menabung di tanggal lainnya.

6. Menabung dengan sistem kotak harapan

Cara menabung di rumah ini bisa kamu lakukan dengan menyediakan 1 buah pulpen, sticky notes, dan toples kaca berukuran besar. Tiap kali menabung, tulis harapan terbesarmu di sticky notes dan masukkan uang yang ingin ditabung bersama dengan harapan tersebut. Lalu, lihat hasilnya dalam waktu satu atau enam bulan ke depan. Berapa banyak harapan yang bisa terwujud?

Baca juga: Tabel Menabung Harian, Cara Unik dan Efektif Capai Target Tabungan

7. Menabung dengan sistem uang terkecil

Kamu juga bisa melakukan tantangan menabung lainnya dengan cara menyetorkan uang terkecil yang ada di dompetmu. Cara ini bisa dilakukan perorangan ataupun bersama dengan orang-orang terdekat. Selain bisa mengumpulkan uang untuk digunakan di masa depan, cara ini juga bisa bikin hubungan kamu dan orang-orang sekitarmu makin dekat.

8. Menabung dengan sistem hukuman

Cara menabung yang satu ini bisa dilakukan bersama pacar, sahabat, adik atau kakak, dan anggota keluarga lainnya. Caranya adalah dengan mengumpulkan uang sebanyak mungkin di dalam celengan masing-masing. Orang yang paling sedikit menabung akan mendapat hukuman sesuai kesepakatan. Misalnya, bersih-bersih rumah selama 3 hari.

9. Menabung dengan sistem imbalan

Berbeda dengan cara menabung sebelumnya, cara ini dilakukan untuk mendapat imbalan atau hadiah sesuai kesepakatan. Misalnya, siapa saja yang berhasil menabung dengan jumlah uang paling banyak akan mendapat hadiah berupa hampers dari seluruh anggota keluarga yang ikut berlomba menabung.

10. Menabung dengan sistem petak umpet

Cara menabung di rumah yang satu ini bisa dilakukan untuk kamu yang sering lupa membelanjakan uang untuk hal yang tidak penting. Sistem ini bisa dilakukan dengan cara menyimpan tabungan di tempat tersembunyi oleh anggota keluarga lainnya. Misalnya, adik menyimpan celengan kakak di kolong lemarinya, sedangkan kakak menyimpan celengan adik di dalam lemari bukunya.

11. Menabung dengan sistem arisan

Arisan bukan hanya bisa dijadikan sebagai ajang berkumpul teman atau keluarga, tapi juga untuk menabung. Kamu bisa mengadakan arisan dalam berbagai bentuk, baik uang maupun barang. Namun, pastikan semua anggota yang ikut arisan mematuhi peraturan ya!

Baca juga: Deretan Challenge Menabung yang Bisa Kamu Coba

12. Menabung dengan sistem tanggal terbalik

Cara ini bisa dilakukan dengan menyetorkan sejumlah uang tidak sesuai dengan tanggalnya. Misalnya, kamu menabung pada tanggal 1, maka uang yang harus kamu tabung adalah sesuai dengan tanggal 30. Kalau kamu menabung di tanggal 2, maka uang yang harus ditabung adalah sesuai dengan tanggal 29, dst.

13. Menabung dengan sistem hadiah emas

Kamu bisa melakukan cara ini dengan menabung sebagian uang dalam jangka waktu tertentu untuk dibelikan emas sesuai hasil tabungan akhir. Jika kamu berhasil mengumpulkan uang Rp1 juta dalam sebulan, maka kamu harus menggunakan uang tersebut untuk membeli emas sebanyak 1 gram.

14. Menabung dengan sistem hadiah saham

Sama halnya dengan sistem hadiah emas, hasil tabungan yang berhasil terkumpul dalam sistem ini akan dipergunakan untuk membeli saham. Kamu yang berhasil mengumpulkan uang sebanyak Rp1 juta sebulan bisa membeli saham apa saja yang sesuai dengan jumlah tersebut.

15. Menabung dengan sistem hadiah reksa dana

Hasil tabungan yang kamu peroleh dengan sistem menabung ini harus kamu pergunakan untuk membeli instrumen investasi reksa dana. Saat ini, kamu bisa membeli reksa dana secara praktis dan aman melalui aplikasi BMoney yang bisa di-download melalui Play Store atau App Store.

16. Menabung dengan sistem menabung kembali

Cara ini bisa dilakukan dengan mempergunakan hasil tabungan di celengan untuk menabung di bank. Misalnya, kamu berhasil mengumpulkan uang sebanyak Rp1 juta di celengan. Maka, kamu harus menabung di bank sejumlah uang tersebut. Hal ini bisa dilakukan sendiri ataupun bersama keluarga.

17. Menabung dengan sistem hadiah barang

Gunakan cara menabung yang satu ini untuk membeli barang yang paling kamu inginkan. Caranya, tentukan tenggat waktu menabung dan pergunakan hasil tabunganmu untuk membeli barang sesuai kebutuhan atau keinginan. 

18. Menabung dengan sistem celengan tumbuh

Cara ini bisa dilakukan jika kamu sudah berhasil memenuhi satu celengan. Caranya, belilah beberapa celengan berukuran kecil, sedang, dan besar. Gunakan celengan kecil untuk menabung. Jika celengan tersebut sudah terisi penuh, maka beralihlah menabung ke celengan sedang, begitu juga seterusnya.

19. Menabung dengan sistem acak

Dengan sistem acak, kamu hanya perlu mengambil uang yang ada di dompetmu secara acak dan memasukkan uang tersebut ke dalam celengan. Cara ini sangat cocok untuk dilakukan bersama anggota keluarga lainnya sehingga menabung jadi lebih seru.

20. Menabung dengan sistem poin

Mirip dengan sistem bintang pada poin sebelumnya, cara menabung di rumah yang satu ini bisa dilakukan bersama anggota keluarga lainnya. Orang yang mendapatkan poin menabung paling banyak berhak menentukan hadiah apa yang diinginkannya dari peserta menabung lainnya.

21. Menabung dengan sistem truth or dare

Cara menabung di rumah yang unik lainnya bisa dilakukan dengan sistem truth or dare. Orang yang kalah dalam permainan harus memilih untuk berbicara jujur atau menabung dengan nominal yang ditentukan anggota keluarga lainnya.

22. Menabung dengan sistem undi

Kamu dan anggota keluarga lainnya bisa membuat satu jenis undian untuk diambil oleh anggota keluarga lainnya. Tiap undian berisi nominal uang yang harus dimasukkan ke dalam celengan.

23. Menabung dengan sistem tabungan pendidikan

Cara menabung yang satu ini sangat menguntungkan karena tidak hanya bisa digunakan untuk membeli kebutuhan atau barang yang diinginkan, tapi juga mampu memenuhi kebutuhan edukasi.

Dari seluruh cara menabung di rumah yang unik tersebut, mana yang paling menarik?

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!