Praktis dan Aman, Begini Cara Menabung Emas di Pegadaian

Uji Agung Santosa

25 Maret 2023

Cara menabung emas pegadaian (123rf.com)
Cara menabung emas pegadaian (123rf.com)

Banyak orang berharap mempunyai pekerjaan tetap dengan penghasilan yang besar sehingga merasa bahwa masa depannya akan terjamin dengan kedua hal tersebut. Sayangnya, itu semua bukan jaminan kuat yang bisa membuat masa depanmu baik-baik saja.

Ada banyak hal tidak terduga yang mungkin terjadi di kemudian hari sehingga bisa saja menyita waktu dan menguras isi tabungan. Untuk menghindarinya, kamu tentu perlu menyiapkan dana darurat sekaligus berinvestasi dalam bentuk deposito, tanah, reksa dana, saham, atau emas.

Salah satu jenis investasi jangka panjang yang biasa dipilih oleh para pemula di bidang investasi properti adalah emas. Karakteristiknya yang kebal terhadap inflasi menjadi keunggulan tersendiri yang menarik minat para investor konservatif, terutama mereka yang baru memulai investasi. 

Nah, jika kamu tertarik untuk berinvestasi emas, ada baiknya kamu memahami cara menabung emas di pegadaian atau tempat lain sehingga bisa mengumpulkan aset dalam bentuk emas sesuai jumlah penghasilan yang kamu peroleh tiap bulannya.

Cara Menabung Emas di Pegadaian

Cara investasi emas pegadaian.
Cara investasi emas pegadaian.

Sebelum memutuskan untuk membuka tabungan emas Pegadaian, ada baiknya kamu memahami terlebih dulu apa yang dimaksud dengan tabungan emas. Tabungan emas adalah salah satu cara menabung emas di pegadaian yang bisa dilakukan secara online ataupun offline.

Banyak orang memilih jenis tabungan emas Pegadaian karena cara menabungnya yang terbilang mudah, aman, dan tepercaya. Cara ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang ingin berinvestasi jangka panjang dan memperoleh keuntungan secara maksimal di masa mendatang.

Baca juga: Pengertian Investasi Emas, Keuntungan, serta Jenisnya

1. Cara buka tabungan emas Pegadaian secara offline

Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk bisa membuka tabungan emas Pegadaian secara offline.

  • Siapkan kartu identitas yang masih berlaku, baik berupa KTP, SIM, atau paspor.
  • Isi formulir pembukaan rekening tabungan emas yang bisa diperoleh langsung dari kantor Pegadaian ataupun melalui website resmi Pegadaian.
  • Siapkan dana untuk membayar biaya transaksi tabungan emas sebesar Rp10 ribu dan biaya penyimpanan sebesar Rp30 ribu per 12 bulan.
  • Lakukan pembelian emas minimal 0,01 gram supaya rekening tabungan emasmu aktif.

2. Cara buka tabungan emas Pegadaian secara online

Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk bisa membuka tabungan emas Pegadaian secara online atau digital.

  • Unduh aplikasi Pegadaian Digital
  • Lakukan registrasi sesuai petunjuk yang tertera di dalamnya
  • Buka aplikasi, lalu pilih menu “Tabungan Emas”
  • Isi formulir pendaftaran dengan data yang benar dan valid, lalu pilih cabang untuk pembukaan rekening
  • Pilih metode pembayaran yang sesuai
  • Lakukan pembayaran biaya administrasi sesuai petunjuk
  • Ambil buku rekening tabungan emasmu di kantor cabang yang sudah dipilih

 

Kamu bisa mencetak emas ke dalam bentuk fisik jika jumlah tabungan emas Pegadaian yang kamu miliki sudah cukup memenuhi syarat cetak. Pencetakan dapat dilakukan dalam di kantor cabang Pegadaian yang kamu pilih dan dalam bentuk emas Antam, UBS, Galeri 24, UBS Disney, Lotus Archi, dan Dinar.  Saat akan mencetak emas, pastikan kamu membawa kartu identitas dan buku tabungan emas milikmu, ya.

Baca juga: Istilah dalam Investasi Emas yang Wajib Diketahui

Manfaat Membuka Tabungan Emas Pegadaian

Mengutip situs resmi Pegadaian, salah satu manfaat atau keuntungan yang bisa diperoleh dengan cara menabung emas di Pegadaian adalah kamu tidak perlu bingung memilih kantor cabang. Pasalnya, seluruh kantor Pegadaian menerima layanan buka tabungan emas.

Selain bisa dilakukan di mana saja, kamu juga bisa membuka tabungan emas Pegadaian secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital. Tidak perlu ribet, kamu hanya perlu mengisi formulir permohonan pembukaan rekening dengan melampirkan kartu identitas yang masih berlaku untuk menabung emas di Pegadaian.

Bukan hanya registrasinya saja yang dipermudah, lewat aplikasi Pegadaian Digital, kamu juga bisa melakukan top up alias menyetor uang untuk pembelian emas batangan tanpa harus pergi ke kantor cabang. Top up untuk tabungan emas Pegadaian ini bisa dilakukan melalui ATM, aplikasi, dan metode pembayaran digital lainnya.

Kamu yang punya penghasilan pas-pasan bisa juga menabung emas di Pegadaian dengan nominal kecil, misalnya menabung emas dengan gramasi paling kecil, yaitu 0,01 gram per hari. 

Baca juga: Saat Resesi, Benarkah Investasi Perak Lebih Menguntungkan dari Emas?

Setiap uang yang kamu setorkan tiap harinya akan terakumulasi dalam bentuk saldo emas yang ada di rekening. Saldo tabungan emas Pegadaian tersebut bisa dicairkan menjadi emas batangan jika syarat pencetakan sudah terpenuhi. 

Manfaat lain yang juga bisa kamu peroleh dari tabungan emas Pegadaian adalah bisa menjual secara langsung saldo emas yang kamu miliki ke Pegadaian dengan harga buyback. Soal cetakan emas yang ingin kamu cairkan bisa diperoleh dengan mudah dalam waktu 15 sampai 45 hari sesuai dengan kebijakan kantor cabang Pegadaian yang kamu pilih.

Singkatnya, dengan cara menabung emas di Pegadaian, siapa saja bisa melakukan pembelian atau berinvestasi emas tanpa harus memikirkan berapa banyak uang yang dimiliki. Dengan modal yang sangat kecil sekalipun, kamu bisa berinvestasi dalam bentuk emas.

Keuntungan Buka Tabungan Emas di Pegadaian Digital

Keuangan investasi emas Pegadaian
Keuangan investasi emas Pegadaian

Selain manfaat yang bisa diperoleh dengan cara menabung emas di Pegadaian, kamu juga perlu mengetahui beberapa keuntungan buka tabungan emas di Pegadaian digital berikut ini.

  • Proses yang mudah membuat nasabah tidak perlu meluangkan banyak waktu untuk melakukan registrasi ataupun menabung secara rutin karena pembukaan rekening ataupun top up bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital.
  • Modal yang dibutuhkan tidaklah besar karena Pegadaian Digital memungkinkan siapa saja untuk bisa melakukan pembelian emas dalam gramasi kecil, yaitu minimal 0,01 gram.
  • Jika saldo tabungan sudah cukup banyak dan bisa ditukarkan, maka kamu bisa menjualnya kembali ke Pegadaian dan mencairkan dana tersebut dalam hitungan hari.
  • Selain bisa dijual kembali ke Pegadaian, emas fisik yang sudah dicetak oleh nasabah tabungan emas Pegadaian juga bisa dijual ke toko emas terdekat.
  • Nasabah dapat melakukan transfer emas ke rekening emas lainnya dengan berat emas minimal 1 gram tanpa perlu mengeluarkan biaya transfer.
  • Layanan digital juga disediakan oleh Pegadaian Digital untuk memudahkan pendanaan bagi nasabah yang membutuhkan dana darurat kapan saja dan di mana saja.

 

Baca juga: Begini Cara Dapat Keuntungan Investasi Emas Antam Secara Maksimal!

Demikianlah penjelasan mengenai cara menabung emas di Pegadaian yang bisa kamu lakukan, baik secara offline maupun online. Jika kamu ingin melakukan diversifikasi produk investasi, maka kamu bisa mulai berinvestasi di instrumen reksa dana yang dijamin praktis, aman, dan tepercaya.

Salah satu rekomendasi aplikasi reksa dana yang bisa kamu andalkan adalah BMoney, yaitu aplikasi investasi yang aman dan praktis bagi siapa saja yang ingin berinvestasi reksa dana dengan modal minimum Rp10 ribu. Download aplikasinya sekarang di Play Store atau App Store.

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!