Cara Menabung Uang Jajan Rp5 Ribu untuk Cepat Capai Tujuan

Uji Agung Santosa

21 November 2022

Cara menabung uang jajan 5000 yang efektif (123rf.com)
Cara menabung uang jajan 5000 yang efektif (123rf.com)

Bagi sebagian orang, menerapkan kebiasaan menabung sejak dini mungkin adalah hal yang mudah dilakukan. Namun, ada juga orang yang justru kesulitan untuk memulai kebiasaan tersebut meskipun uang yang dimiliki cukup besar. Oleh karena itu, penting untuk menabung sejak dini dimulai dari nominal kecil terlebih dulu.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan kedisiplinan tersebut adalah dengan cara menabung uang jajan 5000 sampai tujuan menabung dapat tercapai sesuai rencana atau tujuan menabung.

Baca juga: Begini Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah yang Mudah Dilakukan!

Menabung sebanyak Rp5 ribu mungkin terdengar mudah dilakukan. Nyatanya, ada banyak orang yang kesulitan untuk menyisihkan uang dengan nominal tersebut ketika dihadapkan pada banyak hal. Misalnya, ketika ingin menabung, tapi teman malah mengajak kita untuk ngopi di coffee shop.

Jika kamu termasuk orang yang sulit melakukan kebiasaan tersebut, saatnya mencari cara menabung uang jajan 5000 dengan melakukan langkah-langkah berikut ini.

5 Cara Menabung Uang Jajan Rp5 Ribu

Cara menabung uang Rp5000
Cara menabung uang Rp5000

Sebelum melakukan cara menabung uang jajan 5000 berikut ini, penting untuk kamu menyadari bahwa menabung bukan sekadar menyimpan sebagain uang yang kita miliki, tapi juga melakukannya secara konsisten agar kondisi finansial dan pribadi kita menjadi lebih baik di masa mendatang. Berikut adalah 7 cara menabung uang jajan Rp5 ribu yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: Pengertian Yield to Maturity dan Cara Menghitungnya

1. Lakukan Setiap Pagi

Kebiasaan baik menabung tidak hanya bermanfaat untuk masa depan finansial, tapi juga bisa mengubah gaya hidup agar lebih sederhana dan hemat. Namun, kedua sifat tersebut tentu berbeda dengan sifat pelit. Dengan gaya hidup sederhana dan hemat, kamu akan mengetahui mana tindakan yang termasuk impulsif dan mana yang tidak; mana yang bermanfaat dan mana yang tidak.

Untuk memulai kebiasaan baik ini, lakukan setiap pagi ketika kamu mendapatkan uang jajan dari orang tua. Jika orang tua memberikan uang jajan lebih dari Rp5 ribu sehingga kamu tidak punya pecahan uang Rp5 ribuan untuk ditabung, pastikan kamu berusaha untuk menukarnya sehingga sudah menyisihkan tabungan sejak pagi. Hal ini penting untuk dilakukan agar kamu tidak lupa menyisihkan uang untuk ditabung pada sore hari ketika pulang sekolah.

2. Tentukan Target Menabung

Dengan menentukan berapa banyak uang yang harus kamu kumpulkan atau berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menabung, kamu akan lebih mudah melakukannya.

Jika kamu ingin menetapkan target berdasarkan jumlah tabungan, maka kamu bisa menentukan besaran tabungan yang ingin kamu capai. Misalnya, kamu ingin menabung uang jajan Rp5 ribu per hari sampai terkumpul sebanyak Rp1 juta. Jadi, jika uang yang terkumpul belum mencapai nominal Rp1 juta, maka kamu belum boleh mempergunakan uang tabungan tersebut.

Begitu juga jika kamu menerapkan target berdasarkan waktu menabung. Misalnya, kamu memiliki target menabung dalam waktu enam bulan. Maka, kamu berkewajiban untuk menabung tiap hari selama enam bulan sehingga tidak bisa mengambilnya sebelum tenggat waktu tersebut.

Baca juga: Tips Menabung yang Baik untuk Bisa Capai Kebebasan Finansial

3. Tuliskan Pada Sticky Notes

Untuk meningkatkan motivasi menabung, kamu juga bisa memasang reminder tertulis yang terpampang di meja belajar atau buku catatan pribadimu. Kamu bisa menuliskan kata-kata penyemangat atau bahkan pengingat yang cukup “keras” di sticky notes. Dengan begitu, kamu akan selalu diingatkan untuk menyisihkan uang Rp5 ribu setiap harinya.

Jika satu catatan saja tidak cukup, maka kamu bisa juga menulis banyak reminder  di beberapa spot yang sering kamu lalui. Misalnya, di atas meja belajar, pintu kamar, lemari pakaian, atau di depan laptop.

4. Membuat Tabel Menabung

Sama halnya dengan buku tabungan, tabel menabung akan membuat kamu lebih semangat dalam mencapai tujuan menabung. Kamu bisa membuat tabel yang sesuai dengan targetmu dan memberikan kata-kata penyemangat dan reminder di bagian samping tabel tersebut.

Misalnya, kamu menargetkan wajib menabung selama satu bulan dengan nominal tabungan harian Rp5 ribu. Maka, jumlah tabungan yang akan kamu dapatkan di bulan depan adalah Rp150 ribu. Buatlah tabel menabung dengan kolom ceklis untuk membuatmu mengingat kewajiban menabung tersebut.

5. Cari Teman

Jika menabung sendirian dirasa masih sulit, maka carilah teman yang bisa kamu ajak untuk menabung bersama. Kamu bisa mengajak adik atau kakak, sahabat, bahkan orang tua untuk menabung bersama. Selain menerapkan prinsip menabung bersama, kamu juga bisa membuat tantangan yang menarik agar kedua pihak mau sama-sama menerapkan kebiasaan ini.

Baca juga: 10+ Tips Menabung 5 Juta Setahun yang Mudah Dilakukan

Kamu bisa menerapkan tantangan menabung dalam bentuk target nominal tabungan atau barang yang bisa dibeli dengan hasil menabung yang sudah kalian lakukan. Selain bisa mendatangkan keuntungan di masa depan, cara ini juga cukup asyik dilakukan bukan?

Jenis-Jenis Skema Tabel Menabung Rp5 Ribu

Skema Menabung Uang 5000
Skema Menabung Uang 5000

Berikut ini adalah skema tabel menabung Rp5 ribu yang bisa kamu jadikan sebagai alternatif menabung.

Baca juga: 9 Cara Menabung Unik dan Bikin Semangat

1. Tabel Menabung Harian

Kalau kamu mempunyai uang jajan lebih dari Rp5 ribu, maka kamu bisa membuat tabel menabung 5 ribu per hari untuk melakukan kebiasaan baik yang satu ini. Agar kegiatan menabung harian ini jadi lebih menarik, kamu juga bisa menggunakan celengan kesukaanmu dengan jadwal menabung harian.

Untuk menambah semangat dalam menabung, jangan lupa terapkan lima cara menabung uang jajan 5000 yang sudah dijelaskan di bagian atas, ya.

2. Tabel Menabung 3 Kali Seminggu

Jika menabung setiap hari dirasa sulit, kamu bisa menabung dengan periode yang lebih panjang. Misalnya, menabung dengan durasi waktu tiga kali seminggu. Skema ini bisa kamu lakukan dengan cara mengumpulkan uang Rp5 ribu dalam waktu tiga hari. Kamu bisa membagi nominal tabungan dalam format Rp2 ribu di hari pertama dan sisanya di hari kedua dan ketiga.

Misalnya, kamu memiliki uang jajan Rp10 ribu dan bisa mengumpulkan uang sebesar Rp2 ribu per hari. Maka, kamu bisa membaginya menjadi Rp2 ribu pada hari pertama dan Rp1.500 pada hari kedua dan ketiga atau Rp2 ribu pada hari pertama dan kedua, lalu Rp1.000 pada hari ketiga.

3. Tabel Menabung 5 Hari Sekali

Cara menabung uang jajan 5000 lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyisihkan uang Rp5 ribu dalam waktu lima hari. Dengan skema ini, kamu hanya perlu menyisihkan uang Rp1.000 dalam satu hari. Mudah, kan?

Baca juga: Daftar Saham Nikel di Bursa Efek Indonesia

4. Tabel Menabung Mingguan

Jika ketiga cara di atas masih juga terasa berat untuk kamu lakukan, maka kamu bisa mulai menabung Rp5 ribu dalam waktu seminggu. Dengan skema ini, kamu hanya perlu menyisihkan Rp800 per hari agar bisa mengumpulkan Rp5 ribu dalam waktu seminggu.

Namun, skema ini tentu tidak mutlak harus dilakukan dalam jangka waktu seminggu. Apalagi, banyak anak sekolah yang tidak mendapatkan uang jajan jika hari libur sekolah. Oleh karena itu, kamu tetap harus menerapkan skema lain agar dapat mengumpulkan uang tabungan sesuai target.

 

Demikianlah cara menabung uang jajan 5000 yang bisa kamu lakukan untuk mencapai target atau tujuan finansialmu. Kira-kira, mana nih yang lebih cocok? Selain menabung, kamu juga bisa lho mencapai tujuanmu dengan cara lain. Misalnya, dengan berinvestasi reksa dana mulai dari Rp10 ribu saja di aplikasi BMoney yang bisa di-download di Play Store atau App Store.

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!