9 Cara Menabung Unik dan Bikin Semangat

Imanuel Kristianto

15 Juni 2022

Cara menabung unik (Foto: 123rf)
Cara menabung unik (Foto: 123rf)

Salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat untuk mendukung kondisi finansial adalah menabung. Oleh karena itu, hampir setiap orang diajarkan menabung sejak dini, baik di rumah maupun di sekolah. Sayangnya, menabung sering kali menjadi hal yang dianggap remeh sehingga tidak semua orang bisa melakukannya secara konsisten.

Nah, jika kamu memiliki kebiasaan menunda hal yang satu ini, ada baiknya jika kamu mulai menabung dengan cara yang unik. Selain menarik untuk dipraktikkan, cara menabung unik juga bisa menambah semangat sehingga kamu akan termotivasi untuk terus melakukannya.

Cara Menabung Unik

Lalu, bagaimana cara menabung unik yang mudah dilakukan? Yuk, simak poin-poin berikut!

Baca juga: Begini Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah yang Mudah Dilakukan!

1. Menabung Sesuai Tanggal

Salah satu cara menabung yang bisa kamu praktikkan dengan mudah adalah menyisihkan uang di tabungan, baik dalam bentuk celengan maupun rekening bank, sesuai tanggal. 

Misalnya, kamu perlu menyisihkan uang sebesar Rp1.000 pada tanggal 1, lalu kamu perlu menyisihkan uang sebesar Rp2.000 keesokan harinya, dan seterusnya sesuai tanggal kamu menabung. 

Jumlah tersebut tentu akan terus bertambah sampai masuk ke tanggal 30 atau 31 setiap bulannya. Kalau dihitung secara menyeluruh, kamu akan mendapatkan tabungan rata-rata sebesar Rp465 ribu per bulan atau Rp5,6 jutaan per tahun.

2. Menabung Uang Kertas

Cara menabung unik dan bikin semangat lainnya adalah dengan menyisihkan setiap uang kertas yang kamu miliki dalam jumlah tertentu. Misalnya, kamu hanya akan mengumpulkan uang kertas Rp10 ribuan dan tidak akan membelanjakannya sekali pun. 

Jika kamu konsisten melakukannya setiap kali mendapat uang kertas Rp10 ribu, maka kamu bisa saja mengumpulkan uang yang cukup banyak setiap bulannya. Misalnya, kamu sering menukar uang setiap pagi dan mendapat Rp10 ribu per hari. Maka, kamu akan mendapatkan Rp300 ribu per bulan atau Rp3,6 juta per tahun.

Jika ingin mendapat tabungan dalam jumlah yang lebih besar, tentu saja kamu harus menentukan nominal uang kertas yang lebih besar untuk ditabung. Misalnya, Rp20 ribu, Rp50 ribu, atau bahkan Rp100 ribu.

Baca juga: 8 Cara Menabung Saham untuk Mendapat Keuntungan Maksimal

3. Menabung Uang Recehan

Menabung Uang Recehan
Cara menabung unik dengan recehan (123rf)

Kalau menabung uang kertas masih terasa berat, maka kamu bisa mencoba mulai dari nominal kecil. Misalnya, menabung setiap uang recehan yang kamu dapat tiap harinya. Jika dilakukan secara konsisten, kamu bisa mendapat tabungan yang banyak lho dari uang recehan yang kamu kumpulkan tersebut. 

Supaya uang recehan yang kamu dapat tidak lupa kamu masukkan ke celengan, kamu bisa mengumpulkannya terlebih dahulu di dalam dompet khusus uang recehan. Setelah pulang ke rumah, barulah kamu bisa memindahkan uang recehan tersebut ke dalam celengan.

Baca juga: Cara Menabung yang Benar untuk Mencapai Tujuan Finansial

4. Menabung Bersama Sahabat

Mempunyai teman yang satu visi dan satu frekuensi memang hal yang menyenangkan, terlebih jika orang tersebut juga mau diajak membangun kebiasaan baik bersama-sama. Misalnya, membangun kebiasaan menabung untuk tujuan finansial tertentu.

Dalam membuat perjanjian menabung dengan sahabat, kamu juga perlu terlebih dahulu menentukan apa saja syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi oleh kedua belah pihak sehingga proses menabung bisa berjalan dengan lancar.

Untuk memulainya, cobalah menentukan terlebih dulu target atau tujuan keuangan yang ingin dicapai bersama-sama. Misalnya, kamu dan sahabatmu ingin traveling ke Malaysia dengan budget sebesar Rp5 juta. Kalian berdua punya waktu lima bulan untuk mengumpulkan anggaran tersebut.

Maka, kamu dan sahabatmu bisa membuat perjanjian menabung dengan jumlah tabungan sebesar Rp1 juta per bulan yang nantinya akan disimpan di dalam tabungan bersama.

5. Menyimpan Buku Tabungan di Sahabat

Selain menabung bersama, ada lagi cara menabung unik dan bikin semangat yang bisa kamu lakukan bersama sahabat. Salah satunya adalah menyimpan buku tabungan di sahabatmu.

Untuk mengurangi kecurangan, pastikan kamu dan sahabatmu sama-sama tidak mempunyai akses untuk mengambil uang yang ditabung. Jadi, selain menyimpan buku tabungan di sahabat, kamu juga dilarang memiliki akses berupa mobile atau internet banking sehingga kamu ataupun sahabatmu tidak bisa mengambil uang yang ada di dalam buku tabungan tersebut.

6. Menabung ala Korea

menabung ala korea
Cara menabung unik ala Korea (123rf)

Selain bisa memikat warga asing lewat drama dan lagu-lagu K-Pop, Korea Selatan juga ternyata punya tren unik dalam menabung. Cara menabung yang sering disebut menabung di kalender saku ini bisa membuat kamu terbiasa menyisihkan uang secara konsisten setiap harinya.

Caranya, kamu harus memiliki kalender yang memiliki satu kantong untuk menyimpan uang. Nah, tiap hari kamu harus menyisihkan uang dan menyimpan uang tersebut di saku kalender itu. Dengan cara ini, kamu bisa menabung secara spontan tanpa harus melihat dan mencatat berapa uang yang sudah kamu tabung.

Setelah satu bulan penuh, barulah kamu bisa menghitung berapa banyak uang yang sudah kamu sisihkan dan simpan di dalam saku kalender dan memindahkannya ke rekening tabungan.

Baca juga: Deretan Challenge Menabung yang Bisa Kamu Coba

7. Menabung di Tempat Tersembunyi

Hampir setiap orang pernah menemukan uang secara tidak sengaja di dalam tas, saku baju atau celana, atau di dalam lemari. Kejadian tak terduga seperti ini tentu membuat siapa saja menjadi senang. Nah, ternyata lupa menyimpan uang juga bisa menjadi salah satu cara menabung unik dan bikin semangat.

Caranya, kamu bisa menyimpan uang yang ingin ditabung di tempat tersembunyi. Misalnya, di sela-sela buku, di dalam kotak make up, atau di tempat lain yang jarang kamu akses tapi sewaktu-waktu kamu perlukan.

Perlu diingat, cara ini bisa kamu lakukan dengan memilih tempat yang aman. Hindari menyimpan uang di dalam lemari atau di bawah ranjang kayu karena berpotensi dimakan rayap.

8. Menabung Sebagai Hukuman

Menabung bisa juga dijadikan sebagai hukuman. Cara ini bisa kamu terapkan bersama teman atau keluarga. Misalnya, orang yang telat masuk kelas harus menyisihkan uang sebesar Rp10 ribu untuk tabungan bersama. Hal ini bisa jadi cara menabung yang unik sekaligus meningkatkan kedisiplinan, lho.

9. Menabung di Aplikasi Investasi

Selain menabung di celengan, tempat tersembunyi, dan rekening tabungan, kamu juga bisa menyimpan uang tabungan dalam bentuk investasi. Cara menabung unik dan bikin semangat ini bisa kamu lakukan secara mudah dengan menggunakan aplikasi khusus untuk investasi seperti BMoney.

Dengan mengalokasikan tabungan ke dalam investasi reksa dana, kamu tidak perlu takut jika sewaktu-waktu nilai uang yang kamu simpan akan menurun. Kamu juga tidak perlu khawatir kehilangan atau terkena pencurian. Hal ini disebabkan oleh sistem keamanan yang terjamin dan kamu pun bisa melihat pergerakan reksa dana secara transparan di aplikasi tersebut.

Baca juga: Tips Menabung Harian yang Mudah Dilakukan Siapa Saja

Oleh karena itu, kamu akan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual reksa dana dan berapa banyak keuntungan yang kamu peroleh dari dana yang kamu investasikan secara cepat, mudah, dan aman melalui aplikasi BMoney. Yuk, coba cara menabung unik dan bikin semangat ini sekarang!

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!