Simak 10 Cara Mendapatkan Bitcoin dengan Cepat di Sini

Imanuel Kristianto

27 Mei 2022

10 Cara Mendapatkan Bitcoin dengan Cepat dan Mudah (Foto: 123rf)
10 Cara Mendapatkan Bitcoin dengan Cepat dan Mudah (Foto: 123rf)

Sejak diluncurkan pada 2009, Bitcoin selalu menjadi perbincangan banyak orang. Terlebih lagi saat nilainya sudah sangat tinggi sekarang. Makin banyak orang yang kemudian mencari cara mendapatkan Bitcoin dengan cepat dan mudah.

Tidak ada kata terlambat untuk mulai mengumpulkan Bitcoin sekarang. Pasalnya, Bitcoin menjadi salah satu instrumen investasi yang makin mudah didapatkan. Kepemilikannya sebagai aset investasi pun sudah diatur dan diawasi oleh pemerintah Indonesia.

Tertarik untuk memulainya sekarang? Coba cek sejumlah metode yang bisa dipakai untuk mendapatkan Bitcoin di bawah ini!

Cara Mendapatkan Bitcoin dengan Mudah

Ada banyak yang bisa kamu lakukan untuk dapatkan Bitcoin sebagai aset investasi. Ada cara yang membutuhkan modal besar supaya bisa mengeruk bitcoin dalam jumlah banyak. Ada juga cara yang terbilang gratis, tapi perlu ketekunan untuk menjalaninya.

Kamu bisa memilih cara mana yang bisa dan nyaman kamu lakukan. Berikut sederet cara untuk mendapatkan Bitcoin dengan mudah! 

1. Membeli Bitcoin

membeli bitcoin
Cara dapat Bitcoin (123rf)

Cara yang paling mudah dan tidak repot adalah membeli Bitcoin dari perusahaan yang menjalankan bisnis jual-beli mata uang kripto. Saat ini, sudah ada banyak platform digital yang memudahkan kamu untuk membeli Bitcoin untuk dijadikan aset investasi.

Kamu hanya perlu membuat akun dan menyediakan rekening investasi untuk mulai melakukan jual-beli Bitcoin. Dari platform digital tersebut, kamu pun bisa mengecek nilai kepemilikan aset Bitcoin dengan lebih mudah.

Bukan hanya Bitcoin, platform perdagangan ini pun menyediakan berbagai mata uang kripto lain yang bisa kamu miliki. Jadi, kamu bisa melakukan diversifikasi aset cryptocurrency untuk investasi jangka panjang.

Baca juga: Cara Main Crypto untuk Pemula yang Aman

2. Menambang Bitcoin

Konsep menambang (mining) sebenarnya hanyalah perluasan dari konsep dasar yang dikenal untuk pertambangan hasil bumi. Menambang Bitcoin merupakan proses memecahkan masalah matematika yang rumit. Namun, hasilnya bisa sangat besar saat kamu berhasil melakukannya.

Cara mendapatkan Bitcoin yang satu ini juga butuh modal yang cukup besar. Pasalnya, kamu butuh perangkat komputer dengan spesifikasi tinggi dan software yang tepat untuk memulainya. Di samping itu, kamu butuh daya listrik yang besar karena harus membuat komputer menyala sepanjang hari.

Setelah dapat keping Bitcoin, kamu tinggal mentransfernya ke dompet digital khusus mata uang kripto. Kamu bisa mencairkannya atau menggabungkannya dengan Bitcoin yang kamu miliki di platform digital.

3. Faucet Crypto

Kamu bisa mendapatkan Bitcoin dalam jumlah kecil secara gratis dengan faucet crypto. Faucet crypto adalah situs atau aplikasi yang akan mengirimkan berbagai aset kripto sebagai hadiah. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan aset kripto secara cuma-cuma dalam program bagi-bagi ini.

Untuk mendapatkannya, kamu harus melakukan sesuatu yang sederhana dalam sebuah situs atau aplikasi. Sebut saja menonton video campaign atau mengikuti promo yang dibuat oleh situs tersebut. Kamu pun perlu memasukkan data diri dan alamat dompet digital untuk mendapatkan kiriman aset kripto gratis.

Baca juga: Apa Itu Altcoin dan Kinerjanya di Pasar Kripto

4. Bermain game online

cara dapat bitcoin
Bermain game untuk dapat Bitcoin (123rf)

Cuma main game kamu juga bisa dapat Bitcoin, loh! Sudah banyak pilihan game yang memberikan hadiah atau penghasilan dalam bentuk mata uang kripto. Kamu hanya perlu menekuni salah satunya untuk mulai mengumpulkan Bitcoin sedikit demi sedikit.

Namun, ada pilihan game yang butuh modal besar juga, loh. Sebagian game mengharuskan player-nya untuk memakai komputer, PC, atau smartphone kelas tinggi supaya bisa memainkannya. Ada juga game yang mewajibkan para pemainnya untuk membeli karakter beserta equipment dalam game-nya.

5. Airdrop

Serupa dengan program faucet, airdrops juga akan memberikan Bitcoin secara cuma-cuma kepada seseorang atau komunitas dalam jumlah tertentu. Bedanya, program airdrops ini dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan awareness dari mereka yang beruntung mendapatkan aset kripto tersebut.

Bukan hanya Bitcoin, aset kripto lain juga kadang menjadi ganjaran untuk program yang satu ini. Untuk mendapatkannya, para perusahaan akan meminta orang terpilih untuk ikut serta dalam kampanye yang mereka buat. Bisa saja mem-follow akun media sosial atau mempromosikan bisnis yang dimiliki oleh perusahan tersebut.

6. Transaksi P2P

Mata uang kripto merupakan aset bebas yang bisa dibeli dan dijual tanpa perantara. Kamu pun bisa membeli Bitcoin dari para pemilik yang berada di luar negeri secara langsung. Artinya, kamu tidak butuh pihak ketiga untuk menyukseskan transaksi ini.

Setelah menentukan harga dan jumlah Bitcoin yang ingin dimiliki, kamu tinggal mentransfer uang ke penjualnya. Pihak penjual akan mentransfer Bitcoin ke dompet digital aset kripto yang kamu miliki.

Baca juga: Jenis Mata Uang Kripto yang Bisa Kamu Beli di Indonesia

7. Menjual jasa atau produk

cara dapat bitcoin
Jual jasa untuk dapat Bitcoin (123rf)

Bitcoin dan mata uang lain kripto lainnya pun bisa digunakan sebagai sistem pembayaran yang sah di sejumlah negara. Artinya, kamu bisa menjual produk dan membanderolnya dengan mata yang kripto. Sistem jual beli seperti ini pun sudah bukan hal baru lagi di berbagai bidang industri dan bisnis.

Sayangnya, kamu belum bisa melakukannya di Indonesia. Pasalnya, pemerintah hanya membolehkan mata uang kripto digunakan sebagai aset investasi.

8. Menjual keahlian

Sejumlah perusahaan di dunia sekarang sudah ada yang memberikan imbalan ke karyawannya dalam bentuk Bitcoin, loh. Membayar dengan mata uang kripto dianggap lebih mudah dan minim biaya. Terlebih lagi jika karyawan yang dipekerjakan oleh perusahaan tersebut berada di negara yang berbeda.

Mereka yang dicari oleh perusahaan tentunya yang memiliki keahlian khusus yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan. Jika ingin dapat gaji Bitcoin juga, mulailah mengasah diri dengan skill yang dibutuhkan oleh banyak orang.

Baca juga: Cara Kerja Saham sebagai Instrumen Investasi dan Trading

9. Mengikuti program bounty

Kamu yang ingin dapat Bitcoin secara gratis bisa mengikuti program bounty yang diselenggarakan oleh perusahaan penyedia aset kripto. Program ini mirip dengan airdrop yang akan membagikan aset kripto secara cuma-cuma. Bedanya, bounty akan meminta kamu untuk melakukan banyak pekerjaan terlebih dulu.

Kamu diminta untuk melakukan promosi sebuah cryptocurrency baru dalam initial coin offering (ICO). Selanjutnya adalah membuat review tentang platform penyedia serta abstrak tentang mata uang tersebut. Jika menarik banyak pembaca, kamu akan langsung diganjar dengan Bitcoin atau mata uang kripto lainnya.

10. Berdonasi

donasi bitcoin
Donasi Bitcoin (123rf)

Hanya dengan berdonasi Bitcoin, kamu bisa dapat Bitcoin lagi. Malahan, kamu bisa dapat Bitcoin dengan nilai yang lebih besar. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh blockchain dan komunitas perdagangan mata uang kripto.

Komunitas ini nantinya akan mengajak para pemilik mata uang kripto untuk berdonasi ke orang lain. Hal ini akan membuat lebih banyak orang yang ikut serta dalam kampanye digital ini. Saat berdonasi, kamu perlu mencantumkan alamat Bitcoin wallet yang kamu miliki.

Cobalah untuk berderma Bitcoin yang lebih besar. Kebaikan yang besar akan membuka peluang untuk kamu mendapatkan donasi yang besar juga dari orang lain.

Baca juga: Cara Dapat Keuntungan Investasi Emas Antam Secara Maksimal

Itulah sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat Bitcoin. Selain investasi kripto, kamu bisa memilih instrumen investasi lainnya untuk mengelola kekayaan yang dimiliki.

Coba mulai berinvetasi reksadana yang memiliki risiko lebih rendah dibandingkan investasi kripto. Kamu bisa mulai investasi reksadana dengan modal mulai dari Rp10 ribu di aplikasi Bmoney. Jadi, tunggu apa lagi? Mulai investasi sekarang!

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!