Ini Cara Mendapatkan Uang dari Facebook yang Mudah

Uji Agung Santosa

08 November 2022

Cara mendapatkan uang dari Facebook yang mudah (123rf.com)
Cara mendapatkan uang dari Facebook yang mudah (123rf.com)

Perkembangan teknologi saat ini menjadikan platform media sosial tidak hanya berfungsi sebagai media untuk berbagi pesan, foto, video, atau aktivitas sosial lainnya. Media sosial sudah menjadi alat multifungsi yang bisa digunakan untuk beriklan, berbelanja, sampai menghasilkan uang. Tidak heran jika kini banyak orang mencari tahu cara mendapatkan uang dari Facebook atau media sosial lainnya. 

Kali ini, kita akan membahas soal cara mendapatkan uang dari platform media sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg pada 2004 silam, yaitu Facebook. Media sosial yang satu ini memiliki rata-rata jumlah pengguna aktif bulanan sebanyak 2,89 miliar orang. Jumlah tersebut memberikan peluang yang besar bagi penggunanya untuk bisa mendapatkan penghasilan melalui Facebook.

Jika kamu termasuk salah seorang yang ingin mendapatkan uang dari Facebook, simak caranya di sini.

 

Baca juga: 11 Cara Mendapatkan Uang Rp50 Juta dalam Sehari

7 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook

7 cara mendapatkan uang dari Facebook (123rf.com)
7 cara mendapatkan uang dari Facebook (123rf.com)

Saat ini, mendapatkan uang dari internet menjadi salah satu tren yang banyak dilakoni masyarakat, termasuk memanfaatkan Facebook untuk mendapat penghasilan tambahan.

Bagi sebagian orang, berjualan di Facebook mungkin menjadi satu-satunya cara menghasilkan uang lewat platform tersebut. Nyatanya, ada banyak cara mendapatkan uang dari Facebook yang bisa dilakoni selain itu. Berikut ulasannya.

1. Berjualan di grup Facebook

Cara yang satu ini mungkin sudah banyak digunakan oleh para pengguna Facebook. Jika kamu ingin menjual barang, baik bekas maupun baru, maka Facebook bisa menjadi alternatif yang cocok untuk melakukannya. Kamu bisa bergabung ke dalam grup Facebook dengan topik tertentu atau langsung masuk ke forum jual beli yang biasanya sudah disediakan admin.

Misalnya, kalau kamu ingin menjual properti seperti rumah atau tanah, maka kamu bisa langsung bergabung dalam grup jual beli rumah/tanah. Begitu juga dengan produk lain yang ingin diperjualbelikan.

Satu hal penting yang perlu diingat, meskipun kamu bisa menjual banyak produk di grup Facebook, kamu tetap harus mematuhi peraturan yang sudah dibuat oleh platform tersebut. Jadi, pastikan kamu sudah membaca syarat dan ketentuan berjualan di Facebook agar tidak melanggar peraturan yang ada.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dari HP Tanpa Modal, Dijamin Kaya!

2. Memanfaatkan fanpage Facebook untuk menarik trafik

Selain berjualan, kamu juga bisa memanfaatkan Fanpage Facebook untuk menarik trafik ke website milikmu. Untuk bisa melakukannya, kamu harus terlebih dulu membuat akun fanpage, lalu mempromosikannya dengan cara mengundang teman-teman di Facebook untuk like atau follow akun tersebut.

Kalau sudah, kamu bisa mulai membagikan konten berkualitas di akun fanpage milikmu dan menyisipkan tautan ke website untuk kemudian diklik oleh audiens. Makin banyak followers akun fanpage Facebook yang kamu miliki, makin tinggi juga kemungkinan orang-orang tersebut untuk masuk ke website.

Dengan begitu, kamu bisa menambah penghasilan yang diperoleh dari trafik tersebut. Namun, pastikan kalau website yang kamu miliki memang memberikan konten yang layak untuk dibaca dan bersifat informatif bagi pembaca. Jika website yang kamu miliki berupa website jualan, maka pastikan kualitas produk yang kamu tawarkan juga bagus.

3. Monetisasi fanpage Facebook

Cara mendapatkan uang dari Facebook lainnya adalah dengan melakukan monetisasi fanpage. Kamu bisa melakukannya dengan memanfaatkan iklan In-Stream, yaitu iklan pendek yang bisa disisipkan di dalam konten yang kamu bagikan di Facebook.

Kamu bisa melakukan cara ini dengan topik apa pun selama tidak melanggar peraturan yang sudah ditetapkan oleh Facebook. Namun, pastikan kalau video yang kamu posting merupakan konten orisinal yang tidak diambil dari sumber lainnya, relevan dengan tema atau topik fanpage, dan memiliki daya tarik bagi audiens.

Satu lagi hal yang perlu kamu ketahui, yaitu untuk dapat melakukan monetisasi fanpage, kamu harus memiliki minimal 10.000 followers dan video yang kamu bagikan harus bisa menghasilkan minimal 30.000 tayangan dalam 60 hari terakhir. 

Baca juga: 12 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Dengan Cepat & Mudah

4. Mengelola akun Facebook milik orang lain

Selain beberapa cara yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa menjadikan Facebook sebagai pekerjaan utama. Bagaimana caranya? Kamu bisa mengelola akun Facebook milik orang lain atau suatu brand untuk bisa menghasilkan uang.

Misalnya, kamu bisa menjadi admin Facebook olshop, perusahaan besar, atau bahkan selebritas. Hal penting yang kamu pahami sebelum melakukan pekerjaan ini adalah keahlian berkomunikasi di media sosial, membuat konten yang menarik bagi audiens, dan melakukan analisis terhadap insight yang nantinya bisa diakses melalui dasbor Facebook.

5. Menjadi influencer

Dengan menjadi influencer untuk bisa dapatkan uang dari Facebook
Dengan menjadi influencer untuk bisa dapatkan uang dari Facebook

Siapa bilang influencer hanya untuk kamu yang aktif di Instagram atau YouTube? Kamu yang aktif di Facebook juga bisa memanfaatkan media sosial tersebut dengan menekuni profesi influencer.

Menurut penelitian, Facebook berada di posisi kedua terbaik sebagai media yang cocok untuk influencer. Oleh karena itu, kamu yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan menghasilkan konten berkualitas bisa menggunakan cara ini untuk menghasilkan uang.

Lalu, apakah video pendek atau reels FB bisa menghasilkan uang? Facebook kini sudah memberikan program baru bernama Reels Play. Dengan memanfaatkan program ini, kamu bisa menghasilkan uang dari video pendek atau Reels yang kamu bagikan dengan mengacu pada jumlah engagement yang dihasilkan.

Baca juga: Tidak Ada yang Mustahil, Begini Cara Dapat Uang Rp1 Miliar yang Layak Dicoba!

6. Buka jasa titip (jastip)

Kamu yang hobi jalan-jalan alias traveling bisa memanfaatkan Facebook sebagai media untuk membuka jastip. Selain memberikan potensi keuntungan yang cukup tinggi, kamu juga bisa melakukan pekerjaan yang kamu senangi. Untungnya lagi, kamu juga tidak memerlukan modal untuk bisa membuka usaha ini. 

Jasa titip biasanya mengharuskan para penitip untuk melakukan pembayaran di muka sehingga kamu sudah mendapatkan keuntungan di awal. Bahkan, kamu juga bisa memanfaatkan program "Buy 1 get 1 free" untuk meningkatkan penjualan. Rata-rata jastip mematok keuntungan sekitar 10-15 persen dari harga barang. Namun, kamu bisa memasang fee lebih tinggi jika barang yang diinginkan pembeli berstatus limited edition.

7. Facebook Gaming

Kamu yang senang bermain game dan hobi tampil di depan kamera bisa melakukan cara mendapatkan uang dari Facebook lewat Facebook Gaming. Fitur yang satu ini memungkinkan para pengguna untuk bermain game saat melakukan live streaming. Dengan memanfaatkan fitur ini, kamu bisa memperoleh penghasilan dari beberapa sumber, seperti ads (iklan), stars (mata uang Facebook Gaming), dan fan support (langganan).

 

Baca juga: 4 Cara Mendapatkan Uang 300 Ribu Per Hari untuk Menambah Pemasukan

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari Facebook yang bisa kamu coba. Sementara itu, banyak orang bertanya kapan gajian dari Facebook? Pembayaran biasanya akan dikirimkan ke akun yang sudah terhubung sekitar tanggal 21 per bulannya.

Selain memanfaatkan media sosial, kamu juga bisa memanfaatkan produk teknologi lainnya untuk memperoleh penghasilan. Misalnya, menggunakan aplikasi investasi untuk menyimpan aset dan mendapatkan return.

Salah satu aplikasi investasi yang bisa kamu gunakan adalah BMoney, yaitu aplikasi reksa dana yang bisa kamu gunakan dengan modal investasi mulai dari Rp10 ribu saja. Selain bisa berinvestasi online dengan mudah, kamu juga bisa memperoleh tips menabung dan berinvestasi dari aplikasi ini. Caranya, download aplikasinya di Play Store atau App Store.

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!