Tanpa Modal, Begini Cara Mendapatkan Uang dari Instagram!

Uji Agung Santosa

14 November 2022

Cara mendapatkan uang dari instagram yang mudah (123rf.com)
Cara mendapatkan uang dari instagram yang mudah (123rf.com)

Dewasa ini, media sosial menjadi bagian yang hampir tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Bukan cuma untuk berkomunikasi, melainkan juga untuk melakukan aktivitas lain, termasuk mencari penghasilan.

Salah satu media sosial yang sering dijadikan alat untuk mencari penghasilan, baik penghasilan tambahan maupun penghasilan utama, adalah Instagram. Dengan Instagram, pengguna tidak hanya bisa membagikan foto dan video pribadi, tapi juga bisa menjadikan media tersebut sebagai jembatan untuk menghasilkan uang. 

Oleh karena itu, tidak heran jika kemudian banyak orang mencari tahu cara mendapatkan uang dari Instagram. Jika kamu termasuk di dalamnya, simak bagaimana cara memperoleh penghasilan lewat media sosial yang satu ini.

 

Baca juga: 10 Cara Mendapat Uang dari YouTube, Silahkan Coba!

Pertanyaan yang Sering Diajukan terkait Cara Dapat Uang di Instagram

Pertanyaan yang sering untuk cara mendapatkan uang dari instagram (123rf.com)
Pertanyaan yang sering untuk cara mendapatkan uang dari instagram (123rf.com)

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait cara mendapatkan uang dari Instagram.

1. Berapa pengikut IG agar dapat uang?

Pada dasarnya, jumlah followers atau pengikut di Instagram bukanlah kriteria utama dalam menghasilkan uang di media sosial tersebut. Namun, untuk menghasilkan pendapatan secara optimal, jumlah pengikut juga tentu dapat menjadi bahan pertimbangan.

Makin banyak jumlah pengikutnya, makin tinggi juga potensi untuk mendapatkan uang dari Instagram. Dengan jumlah followers Instagram 100 saja, kamu sudah bisa menerima endorsement, bergantung pada kriteria yang disepakati antara kamu dengan pihak brand atau perusahaan yang melakukan endorsement.

Namun, rata-rata brand atau perusahaan menetapkan jumlah followers minimum 1.000 sampai 10.000 agar kamu bisa memperoleh penawaran kerja sama dengan mereka.

Penting untuk diingat, selain jumlah pengikut, kamu juga harus memastikan bahwa tingkat engagement yang akun Instagram kamu miliki termasuk tinggi. Hal ini disebabkan oleh tingkat engagement berpengaruh terhadap tingkat awareness dan konversi penjualan (pada akun online shop).

2. Apakah like di Instagram bisa menghasilkan uang?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap cara mendapatkan uang di Instagram adalah tingkat engagement. Nah, like pada postingan di Instagram merupakan bagian dari tolok ukur untuk menentukan tingkat engagement tersebut.

Makin banyak jumlah like pada suatu postingan, bisa jadi makin tinggi juga tingkat engagement-nya. Namun, perlu diketahui bahwa jumlah like saja tidak cukup untuk menentukan seberapa besar tingkat engagement dan potensi uang yang mungkin dihasilkan.

Baca juga: Ini Cara Mendapatkan Uang dari Facebook yang Mudah

3. Apakah followers 1000 dapat uang?

Menurut berbagai pengalaman para pengguna Instagram, minimal 1.000 followers sudah bisa menghasilkan uang. Asalkan akun Instagram yang kamu miliki mempunyai engagement rate yang tinggi, selalu ada beberapa brand atau perusahaan yang memberikan penawaran kerja sama dalam bentuk endorsement.

Akun Instagram dengan 1.000 followers disebut juga sebagai nano-influencer. Saat ini, ada banyak brand atau agency yang mencari kategori influencer tersebut untuk membantu menyebarkan kampanye digital yang sedang mereka jalankan.

4. Berapa gaji selebgram Instagram?

Jumlah penghasilan yang besar dan popularitas yang menggiurkan membuat banyak orang bercita-cita untuk menjadi selebgram atau influencer. Lantas, berapa gaji selebgram Instagram?

Menurut studi yang dilakukan dan dipublikasikan oleh HypeAuditor pada 1.865 selebgram, rata-rata selebgram memperoleh penghasilan atau gaji dari Instagram sebesar US$3.000 atau sekitar Rp43 jutaan per bulan. Namun, kembali lagi, penghasilan tersebut bergantung pada jumlah pengikut dan engagement rate yang dimiliki akun Instagram.

7 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

7 Cara mendapatkan uang dari Instagram (123rf.com)
7 Cara mendapatkan uang dari Instagram (123rf.com)

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan dari Instagram. Jika kamu masih bingung mau melakukan apa, berikut rekomendasi cara mendapatkan uang dari Instagram yang bisa kamu coba.

1. Menjadi product reviewer

Cara mendapatkan uang dari Instagram yang paling mudah adalah dengan melakukan review produk dari brand tertentu. Hal ini diperlukan karena ulasan produk sangat berpengaruh terhadap keputusan seseorang untuk melakukan pembelian. 

Oleh karena itu, banyak brand atau digital agency yang menawarkan produk secara gratis kepada pengguna Instagram untuk mendapatkan ulasan secara jujur. Nah, kamu yang berminat untuk menjadi product reviewer bisa mulai menentukan apa produk yang ingin kamu review. Mulai dari produk kuliner, fashion, sampai edukasi.

Baca juga: 11 Cara Mendapatkan Uang Rp50 Juta dalam Sehari

2. Menjual handmade product

Sebuah survei membuktikan bahwa 81% orang lebih memilih membeli produk handmade ketimbang pabrikan. Oleh karena itu, menjual produk buatan sendiri bisa jadi prospek bisnis yang menjanjikan, terutama jika dilakukan di media sosial seperti Instagram.

Produk buatan sendiri termasuk produk lokal yang kini dicari banyak orang. Selain unik, produk buatan sendiri juga biasanya lebih bagus ketimbang produk buatan pabrik atau mesin. Jadi, pastikan kamu membuat produk dengan kualitas terbaik untuk dijual di Instagram.

3. Membuka paid promote

Layanan berbayar di media sosial ini sering juga dimanfaatkan untuk mendapatkan uang dari Instagram. Kamu bisa membuka layanan paid promote untuk menghasilkan uang di Instagram tanpa modal sedikit pun. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu membagikan postingan brand atau pihak yang ingin dipromosikan dalam bentuk Instagram Story ataupun Feed Instagram. Gampang, kan?

4. Menjual barang preloved

Saat ini, sudah banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga lingkungan dengan tidak mengonsumsi fast fashion. Sebagai alternatif, mereka akan membeli barang-barang bekas alias preloved. Nah, peluang ini bisa kamu manfaatkan sebagai cara mendapatkan uang dari Instagram.

Kamu bisa menjual barang-barang bekas milikmu sendiri atau mengumpulkan barang-barang preloved milik teman-teman, keluarga, bahkan pengikut Instagram lainnya. Sebagai informasi, beberapa selebritas seperti Eva Celia dan Luna Maya juga menjual barang preloved, lho!

Baca juga: 10 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok yang Layak Dicoba

5. Menjadi admin Instagram

Mengelola akun Instagram sebagai akun bisnis bukan perkara mudah. Dibutuhkan keahlian untuk membuat postingan yang menarik untuk dibagikan sehingga audiens merasa tergerak untuk mengikuti dan melakukan tindakan sesuai dengan harapan pemilik akun.

Nah, kamu yang punya keahlian tersebut bisa menjadi admin untuk mengurus akun Instagram suatu produk, brand, perusahaan, bahkan akun personal milik orang terkenal.

6. Menjadi admin Instagram

Kamu yang senang melakukan window shopping alias melihat produk-produk di toko secara offline, terutama di luar negeri, bisa menjadikan cara ini untuk menghasilkan uang dari Instagram.

Sesuai dengan namanya, kamu yang membuka usaha jasa titip (jastip) akan melayani permintaan konsumen sesuai dengan keinginan mereka. Kamu hanya perlu memberikan informasi ke mana kamu akan berbelanja, lalu audiens yang tertarik akan langsung menghubungi kamu untuk memesan barang yang mereka inginkan.

7. Ikut program afiliasi

Mau menjalankan bisnis, tapi belum punya modal untuk menyetok barang? Tenang, kamu bisa bergabung dengan program afiliasi untuk mendapatkan uang dari Instagram.

Program ini memungkinkan kamu untuk memperoleh komisi yang menjanjikan jika berhasil membuat orang lain membeli produk dari pihak yang bekerja sama denganmu. Cara mendapatkan uang dari Instagram yang satu ini termasuk menyenangkan karena kamu bisa melakukannya di mana pun dan kapan pun, juga tanpa butuh modal sedikit pun.

 

Baca juga: 12 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Dengan Cepat & Mudah

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari Instagram tanpa modal yang bisa kamu coba. Sebagai informasi tambahan, selain memanfaatkan Instagram sebagai sarana untuk memperoleh penghasilan, kamu juga bisa menggunakan sarana lain untuk mendapatkan uang. Salah satunya adalah dengan berinvestasi reksa dana melalui aplikasi investasi  BMoney yang bisa di-download di Play Store atau App Store.

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!