12 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Dengan Cepat & Mudah

Imanuel Kristianto

23 September 2022

Cara Terbaru Mendapatkan Uang dari Internet (Foto: 123rf)
Cara Terbaru Mendapatkan Uang dari Internet (Foto: 123rf)

Seiring berkembangnya teknologi, cara mendapatkan uang dari internet bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan sekarang ini. Siapa pun bisa memanfaatkan internet sebagai lahan dan alat untuk mencari uang, baik uang bulanan maupun penghasilan tambahan.

Nah, jika kamu termasuk orang yang ingin mendapatkan keuntungan dari teknologi yang satu ini, simak apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari internet berikut ini.

1. Menjadi influencer

Saat ini, menjadi influencer merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang dilakukan banyak orang. Hal ini muncul setelah berkembangnya dunia teknologi dan informatika sehingga media sosial digunakan sebagai ajang untuk melakukan banyak hal, termasuk mempromosikan suatu produk.

Influencer sendiri merupakan orang yang punya kemampuan untuk memengaruhi orang lain dengan cara memanfaatkan media sosial. Cara ini sudah menjadi cara yang lazim digunakan berbagai perusahaan sehingga kamu yang punya kemampuan persuasif dan public speaking bisa menjadi influencer untuk mendapatkan penghasilan.

Baca juga: 8 Cara Mendapatkan Uang 1 Juta dalam Sehari Tanpa Modal

2. Menjadi tutor online

Kamu yang senang dengan dunia pendidikan dan andal dalam mata pelajaran tertentu, bisa memanfaatkan kemampuan sekaligus hobimu untuk mendatangkan penghasilan. Caranya, kamu bisa menjadi tutor online yang bertugas untuk membantu anak-anak sekolah dalam mengerjakan tugas mereka secara online.

Selain bisa mendatangkan keuntungan dari kemampuan yang kamu miliki, cara ini juga bisa mengasah kemampuanmu sehingga lebih baik lagi ke depannya. Untuk bisa menjadi tutor online, kamu hanya perlu melakukan registrasi terlebih dulu di aplikasi les online yang sedang membuka lowongan.

3. Menjadi freelancer

Menjadi freelancer bukan hal yang asing lagi di dunia saat ini. Tidak heran jika ada banyak situs yang menawarkan pekerjaan freelance untuk berbagai jenis kemampuan yang kamu miliki. Mulai dari menulis, menerjemahkan teks atau naskah, desain, dan kemampuan lain yang bisa dilakukan secara remote

Dengan memanfaatkan situs pencari freelancer, kamu bisa menemukan pekerjaan yang tepat tanpa harus berhenti melakukan pekerjaan utamamu. Bayaran yang diperoleh dengan menjadi freelancer juga cukup menggiurkan, yaitu mulai dari Rp50 ribu sampai jutaan rupiah.

4. Mengisi survei online

Kalau kamu hanya punya sedikit waktu, namun ingin mendapat penghasilan tambahan dari internet, maka inilah salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu lakukan.

Saat ini, ada banyak situs yang menawarkan survei online berbayar untuk mengetahui performa suatu produk atau layanan perusahaan tertentu. Nah, kamu bisa melakukan pengisian survei secara online dan mendapatkan bayaran setelah melakukannya. 

Namun, jangan lupa untuk berhati-hati karena ada beberapa layanan yang mencoba meminta detail data privasi kamu saat melakukan registrasi. Untuk memastikan tingkat keamanan dan reputasi penyelenggara survei, jangan lupa lakukan riset terlebih dulu ya!

Baca juga: 10 Cara Ampuh Menabung yang Benar untuk Mencapai Tujuan Finansial

5. Menjual foto dan footage video

Kamu yang menyukai dunia fotografi dan videografi bisa juga lho mendapatkan uang dari internet. Caranya, kamu bisa mencari situs resmi yang menyediakan berbagai jenis foto dan cuplikan video untuk dijual secara umum.

Nah, kamu bisa menjual foto atau video hasil karya kamu di situs-situs tersebut. Beberapa situs biasanya memberlakukan konsep kontributor dengan mekanisme bayaran yang kamu dapatkan dari setiap orang/subscriber yang mengunduh foto atau video hasil karyamu. 

6. Menjual beat dan sampel musik

Sama seperti teknologi yang terus berkembang, dunia musik juga ikut berkembang mengikuti zaman. Nah, hal ini bisa kamu manfaatkan untuk memperoleh penghasilan tambahan dari internet.

Caranya, kamu dapat menjual beat atau samples musik yang kamu buat dalam berbagai bentuk, mulai dari full musik, part sequence, sampai suara instrumen (sample). Kamu bisa menjualnya di media sosial, situs pribadi, atau platform digital yang memfasilitasi musisi untuk berkreasi.

7. Gaming

Cara mendapatkan uang dari internet yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang senang bermain game. Selain melakukan hobi atau sekadar mengisi waktu, kamu juga bisa menambah skill bermain game yang kamu miliki dengan mengikuti turnamen. Kamu juga bisa menjadi game streamer di beberapa platform live streaming, seperti YouTube, Twitch, Streamlabs, dan lainnya.

Untuk menjadi seorang game streamer profesional, kamu tentu harus meningkatkan kemampuan dalam bermain game, berkomunikasi dan membawakan acara, memiliki perlengkapan recording dan game yang mumpuni, juga jaringan internet yang lancar.

Baca juga: 7+ Aplikasi Penghasil Uang Tercepat dan Terbaik

8. Menjadi asisten virtual

Jenis pekerjaan yang satu ini mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, bekerja sebagai asisten virtual ternyata cukup menjanjikan karena kamu bisa melakukan tugasmu dari mana saja tanpa harus pergi ke kantor. 

Menariknya, kamu juga tidak perlu mengeluarkan modal sedikit pun untuk bisa melakukan pekerjaan ini. Kamu hanya perlu bekerja bermodalkan koneksi internet dan laptop untuk menunjang kinerjamu sebagai asisten. Untuk mendapatkan pekerjaan ini, kamu bisa mencarinya di Google atau platform pencari kerja secara online.

9. Menjual NFT

NFT adalah singkatan dari non-fungible tokens, yaitu aset digital di jaringan blockchain yang berfungsi sebagai bukti kepemilikan atas suatu karya yang diperjualbelikan. Tiap NFT memiliki kode identifikasi dan metadata unik yang berbeda sehingga satu orang hanya akan mempunyai satu kode NFT.

Menjual NFT adalah salah satu cara baru yang digunakan banyak orang untuk memperoleh penghasilan. Caranya, kamu bisa melakukan registrasi di marketplace NFT, seperti OpenSea, untuk kemudian menjual aset digitalmu.

Baca juga: Aplikasi Investasi Saham dan Reksadana yang Cocok untuk Pemula

10. Investasi online

Selain menghasilkan karya dan bermain, kamu juga bisa mendapatkan uang dari internet dengan cara berinvestasi secara online. Saat ini, sudah ada banyak aplikasi investasi yang menawarkan berbagai jenis investasi untuk pemula. Mulai dari investasi saham, obligasi, sampai reksa dana.

Lewat aplikasi investasi, kamu juga bisa menambah pengetahuan dan wawasan terkait investasi sehingga makin andal dalam memperhitungkan langkah yang tepat untuk mendapatkan keuntungan. Nah, salah satu aplikasi investasi yang bisa kamu gunakan adalah aplikasi investasi BMoney yang bisa di-download melalui Play Store atau App Store.

11. Jualan online

Era digital saat ini sudah mengubah kebiasaan belanja banyak orang dari yang tadinya berbelanja secara konvensional menjadi belanja online. Tren ini bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan uang dengan cara berjualan online

Selain bisa melakukan transaksi secara mudah, kamu juga bisa melakukan strategi pemasaran secara praktis sehingga tidak terlalu banyak biaya yang harus kamu keluarkan dalam berbisnis. Kamu bisa memilih cara jualan online yang cocok, mulai dari berjualan di e-commerce, marketplace, atau media sosial.

12. Membuka jasa virtual coaching

Selain menjual barang, kamu juga bisa menjual jasa dan mendapatkan uang dari internet dengan cara tersebut. Selain menjadi asisten virtual, kamu juga bisa membuka jasa virtual coaching.

Virtual coaching sendiri adalah jasa coaching yang dilakukan dengan menggunakan teknologi sehingga kamu sebagai coach bisa memberikan pelatihan kepada coachee di lokasi yang berbeda. Namun, kamu perlu melihat terlebih dulu jenis pelatihan seperti apa yang bisa kamu lakukan tanpa tatap muka secara langsung.

Baca juga: Cara Dapat Uang 500rb Sehari Tanpa Modal untuk Pelajar

Itulah sejumlah cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu lakukan saat ini. Mana yang paling cocok?

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!