Gampang, Begini Cara Mendapatkan Uang dari Telegram!

Uji Agung Santosa

14 November 2022

Cara Mendapatkan Uang Dari Telegram (123rf.com)
Cara Mendapatkan Uang Dari Telegram (123rf.com)

Berkat kemajuan teknologi, kini ada banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi. Mulai dari aplikasi WhatsApp, Telegram, Instagram, Facebook, dan beragam media sosial lainnya. 

Menariknya, semua aplikasi atau media sosial yang disebutkan ini tidak hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi dan bersosialisasi, tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai ladang penghasilan.

Salah satu aplikasi sekaligus media komunikasi yang populer digunakan adalah Telegram. Selain diklaim lebih aman, aplikasi yang satu ini juga memiliki beragam fitur menarik yang membuat penggunanya bisa betah berselancar di dalamnya.

Sama seperti WhatsApp, aplikasi Telegram juga bisa digunakan untuk berkirim pesan, foto, video, dan dokumen. Salah satu keunggulan yang dicari penggunanya adalah bisa berbagi file dengan ukuran besar sampai 1,5 GB dan format dokumen yang bervariasi, seperti doc, zip, dan mp3.

Dengan menggunakan Telegram, kamu juga berpeluang untuk memperoleh pendapatan. Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari Telegram? Simak penjelasan berikut.

 

Baca juga: 10 Cara Mendapat Uang dari YouTube, Silahkan Coba!

8 Cara Menghasilkan Uang dari Telegram

8 cara mendapatkan uang dari Telegram
8 cara mendapatkan uang dari Telegram

Banyak orang mungkin mempertanyakan apakah main aplikasi Telegram bisa menghasilkan uang seperti halnya bermain di aplikasi penghasil uang? Jawabannya, tentu saja. Kamu bisa memanfaatkan Telegram untuk mencari uang dengan beberapa cara berikut ini.

1. Mengembangkan channel Telegram

Cara mendapatkan uang dari Telegram yang pertama adalah dengan mengembangkan channel Telegram. Kamu bisa membuat kanal seperti halnya membuat grup di media sosial lainnya, lalu menawarkan kepada pengguna lain untuk bergabung di dalam channel yang kamu buat.

Setelah channel terbangun dan banyak pengikutnya, barulah kamu bisa menawarkan berbagai produk yang bisa kamu jual. Selain menjual produk berupa barang jadi, kamu juga bisa menawarkan produk investasi seperti halnya properti, emas, bahkan saham.

2. Mengembangkan bot Telegram

Kamu yang punya keahlian di bidang development bisa menjadi cara yang satu ini untuk menghasilkan uang dari Telegram. Kamu bisa memasang tarif untuk setiap pengguna yang memanfaatkan fitur premium yang kamu kembangkan. 

Meskipun Telegram tidak akan memberikan hak royalti kepada pengembang, kamu tetap bisa mendapatkan uang. Jika bot yang kamu buat sudah digunakan oleh banyak pengguna, maka akan banyak orang yang tertarik untuk membeli fitur tersebut. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh penghasilan pasif dari aplikasi yang satu ini.

Baca juga: Tidak Ada yang Mustahil, Begini Cara Dapat Uang Rp1 Miliar yang Layak Dicoba!

3. Menerima endorsement

Endorsement tidak hanya bisa dijadikan cara mendapatkan uang dari aplikasi Instagram atau TikTok, tapi juga Telegram. Beberapa brand ternama biasanya akan mempergunakan aplikasi Telegram sebagai kanal khusus untuk menjalankan kampanye pemasaran mereka. Momen ini bisa dijadikan peluang untuk mendapatkan uang dari Telegram.

Brand atau perusahaan tersebut biasanya akan menawarkan kerja sama dalam bentuk endorsement kepada pengguna Telegram yang sudah memiliki channel dengan banyak pengikut. Misalnya, kamu yang memiliki channel tentang jual beli barang branded sangat mungkin untuk mendapat tawaran endorsement dari brand fashion ternama. 

4. Mengikuti kuis di Telegram

Kamu yang senang berburu hadiah sangat cocok untuk menerapkan cara mendapatkan uang dari Telegram yang satu ini. Kamu hanya perlu bergabung dengan channel giveaway di Telegram untuk mendapatkan informasi kuis apa saja yang bisa kamu ikuti.

Jika kamu tidak ingin mengikuti channel khusus, kamu juga bisa melakukan cara lain yang juga cepat dan mudah. Kamu hanya perlu melakukan pencarian dengan menuliskan kata kunci seperti Kuis Berhadiah, Giveaway, atau kata kunci lain yang relevan. Setelah itu, kamu akan mendapatkan informasi terkait beberapa kampanye kuis dan giveaway yang sedang berlangsung. 

Baca juga: 4 Cara Mendapatkan Uang 300 Ribu Per Hari untuk Menambah Pemasukan

5. Menjalankan program referral

Cara mendapatkan uang dari Telegram selanjutnya adalah bergabung dalam program referral dan afiliasi yang ada di Telegram. Jika kamu memiliki akun di aplikasi tertentu, maka kamu bisa menawarkan pengguna Telegram lainnya untuk menggunakan kode referral yang kamu miliki.

Misalnya, kamu memiliki kode referral dari aplikasi perbankan untuk dibagikan kepada pengguna Telegram. Jika ada pengguna Telegram yang memanfaatkan kode tersebut untuk registrasi atau menggunakan layanan perbankan tersebut, maka kamu akan memperoleh sejumlah uang.

6. Menawarkan jasa pengelolaan akun Telegram

Sama halnya dengan Facebook atau Instagram, Telegram juga merupakan media sosial yang membutuhkan pengelolaan secara tepat. Terutama jika pemilik akun Telegram adalah public figure atau akun jualan online yang mengharuskan admin untuk merespons pengikut secara cepat.

Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk mencari uang dengan cara menawarkan jasa pengelolaan akun Telegram. Misalnya, seorang influencer memiliki channel Telegram dengan ribuan pengikut. Kamu bisa menawarkan jasa admin Telegram untuk membuat konten secara rutin dan berkomunikasi dengan pengikut akun Telegram tersebut.

Baca juga: Ini Cara Mendapatkan Uang dari Facebook yang Mudah

7. Berjualan produk

Berjualan di media sosial tidak hanya bisa dilakukan melalui Facebook, Instagram, atau TikTok. Kamu juga bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli dengan memanfaatkan aplikasi Instagram. 

Caranya, cukup tawarkan produk yang ingin kamu jual di dalam grup atau channel yang kamu ikuti. Jika perlu, kamu bisa membuat channel khusus untuk menjual produk sesuai dengan target pasar. Ada banyak produk yang bisa kamu jual di Telegram. Mulai dari produk fashion, alat elektronik, sampai properti. 

Kamu juga bisa menghubungkan akun Telegram yang kamu miliki dengan situs e-commerce yang kamu miliki. Dengan begitu, makin banyak orang yang bisa dijangkau dalam kampanye pemasaran produkmu.

8. Menjual akun Telegram

Cara yang satu ini bisa kamu lakukan jika kamu sudah merasa jenuh dengan akun Telegram yang kamu kelola. Alih-alih menutup akun atau channel yang sudah kamu bangun, lebih baik jual akun sekaligus channel Telegram tersebut kepada pihak lain yang membutuhkan.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dari HP Tanpa Modal, Dijamin Kaya!

Saat ini, sudah banyak orang yang menjadikan aktivitas jual-beli akun Telegram sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Tidak sedikit orang yang membuat suatu akun secara sengaja hanya untuk mengumpulkan banyak pengikut dan menjualnya kepada brand atau perusahaan tertentu. Makin banyak jumlah pengikut di channel Telegram yang kamu miliki, makin tinggi juga harga jual akun tersebut.

Demikianlah informasi terkait cara mendapatkan uang dari Telegram yang bisa kamu coba. Selain memanfaatkan media sosial untuk menjual produk atau menawarkan jasa sesuai keahlian, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi lainnya untuk mendulang cuan.

Misalnya, menghasilkan uang dengan cara berinvestasi reksa dana. Reksa dana sendiri merupakan instrumen investasi yang menguntungkan sekaligus minim risiko. Cukup dengan modal Rp10 ribu saja, kamu sudah bisa berinvestasi di instrumen tersebut.

Nah, kamu yang tertarik untuk berinvestasi reksa dana bisa menggunakan aplikasi investasi BMoney untuk menjalankan kegiatan tersebut. Caranya juga sangat praktis dan aman karena kamu hanya perlu mengunduh aplikasinya di Play Store atau App Store, lalu melakukan registrasi dan mengikuti instruksi yang ada di dalamnya. Selamat mencoba!

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!