10 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok yang Layak Dicoba

Uji Agung Santosa

08 November 2022

Cara mendapatkan uang dari TikTok (123rf.com)
Cara mendapatkan uang dari TikTok (123rf.com)

Ada banyak cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa dilakukan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Bukan cuma iklan, kamu juga bisa mendapatkan uang dengan cara bermain aplikasi video pendek tersebut.

TikTok merupakan salah satu aplikasi atau platform media sosial yang sangat populer di masa sekarang ini. Bahkan, popularitasnya bisa dikatakan lebih dari media sosial lain seperti Facebook atau YouTube.

Aplikasi yang menampilkan berbagai jenis video pendek ini tidak hanya disukai oleh kawula muda, tapi juga kalangan ibu-ibu dan bapak-bapak. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang mencari tahu cara mendapatkan uang dari TikTok untuk memanfaatkan potensi tersebut.

Meski begitu, banyak juga pihak yang memandang negatif TikTok karena konten-konten di dalamnya dianggap tidak berfaedah, terutama jika konten yang ditampilkan hanya berisi aktivitas joget atau lipsync belaka.

Terlepas dari pandangan tersebut, kamu bisa tetap memanfaatkan media sosial yang satu ini untuk mencari keuntungan. Bagaimana caranya? Simak artikel ini sampai habis.

 

Baca juga: 11 Cara Mendapatkan Uang Rp50 Juta dalam Sehari

Bagaimana Mendapatkan Uang melalui TikTok?

10 cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa kamu coba (123rf.com)
10 cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa kamu coba (123rf.com)

Untuk kamu yang bertanya bagaimana mendapatkan uang melalui TikTok, inilah 11 cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa kamu coba.

1. Branding

Langkah awal untuk membuat akun TikTok yang kamu miliki dapat menghasilkan uang adalah dengan cara branding. Dengan cara tersebut, masyarakat akan lebih mengetahui siapa kamu, apa produk yang kamu tawarkan, siapa target audiens yang cocok dengan akunmu, dan hal lainnya.

Untuk itu, kamu perlu mengemas video yang akan kamu bagikan dengan cermat. Misalnya, menentukan format konten seperti apa yang akan kamu bagikan dan kepada siapa kamu akan membagikannya. Misalnya, apakah kamu akan membuat video yang menghibur atau video edukatif? Lalu, apakah target audiens kamu adalah anak muda atau orang dewasa?

2. Menambah followers TikTok

Kalau kamu masih bingung ingin membagikan konten seperti apa, kamu bisa kok membagikan video yang sedang viral atau banyak ditonton di TikTok. Misalnya, saat ini banyak orang membagikan konten berupa video tentang cara menggunakan skincare dengan cara yang unik. Maka, kamu juga bisa melakukan hal serupa dengan caramu sendiri. 

Selain membagikan konten, kamu juga perlu menambah banyak followers untuk bisa mendapatkan uang melalui TikTok. Oleh karena itu, banyak orang yang bertanya jika sebuah akun memiliki 1.000 pengikut TikTok dapat uang berapa? Dengan jumlah pengikut sebanyak itu, kamu bisa mendapatkan uang sekitar Rp28 ribu per postingan. Jadi, kalau kamu ingin punya uang sebesar Rp280 ribu, maka kamu harus punya minimal 10.000 pengikut.

Baca juga: 12 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Dengan Cepat & Mudah

3. Berjualan di TikTok Shop

Cara ini mungkin sudah tidak terdengar asing di telingamu. Banyak orang melakukan cara mendapatkan uang dari TikTok yang satu ini dengan cara mengiklankan barang dagangan alias berjualan di TikTok Shop. Selain itu, kamu juga perlu mempromosikan barang daganganmu melalui siaran langsung atau video dan menyertakan tautan ke toko online yang kamu miliki di bio. 

4. Bergabung dengan TikTok Creator Fund

Kamu yang sudah memiliki banyak pengikut bisa bergabung dengan TikTok Creator Fund agar lebih mudah dalam memonetisasi akun TikTok milikmu. Dengan cara ini, kamu juga bisa berusaha supaya konten yang kamu buat bisa masuk ke dalam FYP. 

Lantas, kalau konten sudah masuk FYP TikTok dapat apa? Konten yang sudah masuk FYP bisa dilihat oleh lebih banyak penonton sehingga makin besar potensi kamu untuk mendapatkan penghasilan dari konten tersebut.

Untuk bisa bergabung ke dalam TikTok Creator Fund, kamu harus memenuhi syarat dan ketentuan berikut ini.

  • Berusia minimal 18 tahun
  • Berlokasi di negara Amerika, Prancis, Inggris, Jerman, Spanyol, atau Italia
  • Punya minimal 10.000 pengikut
  • Jumlah video yang dibagikan sudah ditonton sebanyak 10.000 kali dalam 30 hari terakhir
  • Mematuhi pedoman komunitas dan persyaratan layanan TikTok

5. Kolaborasi dengan influencer

Cara mendapatkan uang dari TikTok selanjutnya adalah dengan bergabung dalam creator marketplace agar dapat terhubung dengan merek atau influencer yang tepat. Brand yang ingin mencari influencer untuk mempromosikan produknya biasanya akan mengunjungi creator marketplace untuk melihat konten para creator yang terbuka untuk kolaborasi dengan brand mereka secara acak. 

Nah, kalau kemitraan antara kedua belah pihak sudah terjalin, kamu pun akan lebih mudah melakukan kolaborasi dengan mereka dan meningkatkan brand awareness.

Baca juga: Tidak Ada yang Mustahil, Begini Cara Dapat Uang Rp1 Miliar yang Layak Dicoba!

6. Siaran langsung

Ada satu fitur TikTok yang bisa kamu manfaatkan untuk mengumpulkan hadiah virtual dan tip, yaitu siaran langsung. Dengan cara tersebut, pengikut akun TikTok kamu bisa menunjukkan penghargaan mereka secara real-time dengan cara memberi hadiah virtual.

Nah, hadiah tersebut nantinya bisa kamu tukarkan dengan uang sungguhan. Untuk bisa mendapatkan banyak hadiah, kamu tentu harus memilih waktu siaran yang tepat, yaitu ketika para pengikut sedang online.

7. Ikut misi TikTok

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan adalah dengan mengikuti misi di TikTok. Jika kamu bisa menyelesaikan misi tersebut, maka kamu akan mendapatkan koin yang nantinya dapat ditukarkan menjadi uang.

Banyak orang yang bertanya tentang bagaimana cara dapat uang 500 ribu sehari melakukan cara ini untuk mewujudkannya. Alasannya, tentu saja karena nilai koin yang diperoleh lumayan besar. Dengan 100 koin TikTok saja, kamu bisa mendapat uang sebanyak Rp10. Bayangkan kalau kamu berhasil menyelesaikan misi dan mendapatkan 1 juta koin? Artinya, kamu bisa dapat uang Rp100 ribu dengan cara mudah tersebut.

Baca juga: 4 Cara Mendapatkan Uang 300 Ribu Per Hari untuk Menambah Pemasukan

8. Menjadi admin akun TikTok

Menjadi admin Tiktok (123rf.com)
Menjadi admin Tiktok (123rf.com)

Cara mendapatkan uang dari TikTok lainnya adalah dengan menjadi admin akun TikTok. Klien yang membutuhkan jasa ini biasanya adalah sebuah perusahaan atau brand yang ingin melakukan pengelolaan akun TikTok secara terstruktur.

Oleh karena itu, kamu perlu memahami product knowledge dari brand yang akunnya kamu kelola sehingga kamu bisa menerapkan berbagai strategi untuk meningkatkan brand awareness ataupun penjualan produk mereka.

9. Menjadi konsultan TikTok

Selain menawarkan jasa admin, kamu juga bisa menjadi konsultan TikTok. Saat ini, ada banyak brand atau perusahaan yang membutuhkan konsultan agar dapat menerapkan strategi yang tepat dalam memasarkan produk mereka.

Untuk bisa melakukan pekerjaan yang satu ini, kamu harus mengetahui konten apa saja yang sedang viral, apa saja kebutuhan audiens yang bisa difasilitasi oleh produk atau layanan klien, dan berapa banyak potensi penjualan yang dihasilkan berdasarkan jumlah pengikut.

10. Membuat TikTok Talent Management Agency

Jika sudah memahami banyak hal tentang TikTok, kamu bisa melakukan cara lain untuk memperoleh penghasilan dari platform yang satu ini. Salah satunya dengan cara membuka layanan manajemen bakat, produksi, dan pemasaran akun TikTok.

Agency ini biasanya dicari oleh TikTokers populer untuk membantu mereka viral sehingga memiliki lebih banyak pengikut dibandingkan dengan sebelum menggunakan layanan agency.

Lalu, berapa gaji TikTok sebulan? Rata-rata pengguna TikTok kelas menengah bisa memperoleh penghasilan mulai dari Rp2,8 juta sampai Rp70 juta per bulan. Sementara itu, pemilik akun dengan jumlah pengikut sudah sampai jutaan bisa memperoleh pendapatan mulai dari Rp14 juta sampai Rp400 juta per bulan.

 

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa kamu coba. Nah, selain memanfaatkan TikTok untuk mendapatkan uang, kamu juga bisa menggunakan produk teknologi lainnya untuk memperoleh penghasilan. Misalnya, menggunakan aplikasi investasi seperti BMoney.

Melalui aplikasi tersebut, kamu bisa berinvestasi reksa dana dengan modal awal mulai dari Rp10 ribu saja. Selain itu, kamu juga bisa memperoleh tips menabung dan berinvestasi dengan cara download aplikasinya di Play Store atau App Store.

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!