Cara Mendapatkan Uang dari Wattpad Mudah Terbaru!

Uji Agung Santosa

02 Agustus 2023

Cara mendapatkan uang dari Wattpad (123rf.com)
Cara mendapatkan uang dari Wattpad (123rf.com)

Zaman sudah makin canggih sehingga mencari uang pun bisa dilakukan lewat berbagai macam media, salah satunya Wattpad. Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari Wattpad?

Bagi sebagian orang, Wattpad mungkin hanya menjadi sarana hiburan dan edukasi setelah seharian belajar atau bekerja. Padahal, platform yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai sarana dalam mencari penghasilan tambahan.

Secara umum, platform ini akan memberikan bayaran kepada kontributor atau orang yang menyumbang tulisan mereka untuk dibaca di Wattpad. Lalu, jika tulisan tersebut banyak dibaca oleh para pengguna Wattpad, maka akan ada Production House alias PH yang akan menjadikan karya tersebut sebagai sebuah film. Menarik, kan?

Baca juga: Tidak Ada yang Mustahil, Begini Cara Dapat Uang Rp1 Miliar yang Layak Dicoba!

Sebelum membahas cara mendapatkan uang dari Wattpad lebih lanjut, yuk kita cari tahu dulu apa saja pertanyaan yang sering diajukan ketika akan mencari uang lewat platform ini.

Pertanyaan Tentang Cara Dapat Uang dari Wattpad

Pertanyaan-pertanyaan tentang cara mendapatkan uang dari Wattpad
Pertanyaan-pertanyaan tentang cara mendapatkan uang dari Wattpad

Berikut ini adalah sejumlah pertanyaan yang sering diajukan para pengguna Wattpad yang ingin memperoleh penghasilan dari platform populer tersebut.

1. Apakah di Wattpad bisa menghasilkan uang?

Sebagai platform atau aplikasi menulis cerita, Wattpad memungkinkan kontributor alias penulis untuk memperoleh penghasilan melalui fitur Paid Story. Jika kamu ingin mendapatkan uang dari Wattpad dengan cara ini, kamu tentu harus memiliki jumlah pembaca yang banyak dengan tulisan yang berkualitas. Dengan begitu, karyamu akan menjadi viral dan lebih mudah untuk menembus kriteria karya yang dicari PH.

2. Bagaimana cara dapat uang dari baca Wattpad?

Meskipun banyak orang mengklaim Wattpad bisa mendatangkan keuntungan dalam bentuk uang, bukan berarti semua orang bisa mendapatkan uang dari aplikasi tersebut. Mekanisme penghasilan yang diperoleh dari Wattpad akan berjalan jika sebuah cerita di dalamnya bisa membuat banyak penggemar menyukainya. Inilah yang nantinya akan menarik penerbit atau PH untuk menerbitkan karya tersebut, baik dalam bentuk buku cetak maupun film. Jadi, cara mendapatkan uang dari baca Wattpad itu tidaklah benar.

Baca juga: 20+ Cara Dapat Uang 500rb Sehari dengan Modal Minimal!

3. Apa fungsi koin di Wattpad?

Saat ini, pembaca Wattpad bisa melakukan pembelian paket koin melalui aplikasi sehingga pembelian melalui Wattpad versi website belum bisa dilakukan. Koin di Wattpad tersebut dapat digunakan oleh pembaca untuk membuka akses cerita di website. Selain itu, kamu juga bisa mengakses toko koin saat mencapai paywall di Paid Stories. Jika kamu memperoleh koin, maka saldo dompet akan diperbarui sehingga kamu bisa menggunakannya untuk membuka cerita berbayar yang ada di Wattpad.

4. Siapa penulis Wattpad terkenal?

Salah satu penulis terkenal Wattpad yang mulai menulis sejak 2017 adalah Eria Chuzaimah atau lebih dikenal dengan nama pena Mia Chuz. Penulis selanjutnya yang juga populer di Wattpad adalah Cecillia Wangsadinata atau dikenal dengan nama Cecil Wang. Ia adalah content manager di perusahaan Siden yang berlokasi di New York, Amerika Serikat. Penulis terkenal selanjutnya adalah Wulan Fadila Fatia yang telah berhasil menyelesaikan 50 cerita di Wattpad.

Cara Mendapatkan Uang dari Wattpad

Sejumlah Cara Untuk Mendapatkan Uang Dari Wattpad
Sejumlah Cara Untuk Mendapatkan Uang Dari Wattpad

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cara mendapatkan uang dari Wattpad tidak bisa dilakukan secara instan. Kamu harus menulis sebuah karya terlebih dulu, konsisten dalam mengunggah karya, barulah bisa memperoleh hasil dalam bentuk uang. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari Wattpad.

1. Mempromosikan Akun Wattpad

Untuk meningkatkan jumlah pembaca, kamu perlu mempromosikan akun Wattpad sehingga karyamu banyak dibaca orang. Promosi tersebut bisa dilakukan melalui media sosial dengan cara menyalin tautan tulisan atau akun Wattpad di media sosial, lalu memberikan caption menarik untuk dibaca.

2. Menjadi Ghostwriter

Bagaimana caranya? Cara ini memungkinkan kamu untuk menulis cerita bagi penulis lain yang jumlah pengikut atau pembacanya sudah mencapai ratusan ribu orang. Nah, penulis tersebut biasanya akan mencari seorang penulis untuk meneruskan cerita-ceritanya.

Baca juga: Perlu Dikoleksi! Ini Daftar Saham yang Bagi Dividen 2 Kali Setahun

3. Mengunggah Cerita Secara Konsisten

Supaya kamu bisa menjadi penulis Wattpad yang terkenal sekaligus menghasilkan uang dari platform tersebut, maka kamu perlu melakukannya secara konsisten. Dengan konsistensi dalam membuat cerita dan mengunggahnya, pembaca akan menilai kamu sebagai sosok penulis yang ditunggu-tunggu. Apalagi jika genre cerita yang kamu buat tergolong langka, seperti horor atau komedi.

4. Manfaatkan Fitur Paid Stories

Fitur yang satu ini memungkinkan para pembaca untuk membayar sejumlah koin untuk mengakses tulisan atau karya yang kamu buat. Namun, kamu akan mendapatkan peluang tersebut jika sudah memiliki banyak pengikut dan pembaca. Caranya juga sangat mudah, cukup aktifkan fitur Paid Stories yang ada di akun Wattpad milikmu.

5. Meningkatkan Engagement

Mungkin cara mendapatkan uang dari Wattpad yang satu ini terdengar tidak terlalu sulit. Nyatanya, jika tulisanmu tidak menarik dan kamu juga jarang berkomentar di akun lain, maka namamu tidak akan mudah menjadi populer. Oleh karena itu, pastikan kamu membuat cerita yang menarik, sering berkomentar di akun lain, dan melakukan self promotion untuk mempromosikan karya dan akun Wattpad kamu.

6. Membuat Cover yang Menarik

Selain judul dan isi cerita yang menarik, salah satu hal yang membuat banyak orang penasaran ingin membaca karyamu adalah dengan membuat sebuah cover yang menarik. Kamu bisa mendesain cover novel di CorelDraw, Photoshop, atau aplikasi desain seperti halnya Canva dan SparkPost.

Baca juga: Pengertian Pasar Uang, Fungsi dan Jenis-Jenis Instrumennya

7. Menggunakan Patreon

Patreon adalah pihak ketiga yang dapat melakukan penggalangan dana atau menghasilkan uang secara sukarela dari orang lain. Jika ada pembaca yang berminat untuk membaca karya seorang penulis di Wattpad, mereka bisa memberikan imbalan sesuai kemampuan mereka melalui Patreon. Mekanisme ini hampir sama dengan akun PayPal yang biasa digunakan untuk belanja online.

8. Mengajukan Tulisanmu ke Penerbit

Jika karyamu belum viral dan menarik penerbit untuk menerbitkannya dalam bentuk buku cetak, saatnya kamu melakukan usaha lain dengan cara menawarkan karyamu ke penerbit. Cara mendapatkan uang dari Wattpad ini mungkin agak sulit dilakukan. Namun, jika kamu konsisten dan sabar melakukannya, usahamu tentu tidak akan sia-sia.

9. Ikut Kompetisi Menulis

Ada banyak kompetisi yang diselenggarakan di Wattpad. Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk memperoleh uang dengan memenangkan kompetisi tersebut. Selain itu, jika kamu berhasil menjadi juara kompetisi menulis di Wattpad, kamu juga bisa mendapatkan pengikut baru.

Baca juga: Simak Inilah Daftar Saham Nikel di Indonesia!

Demikianlah informasi tentang cara mendapatkan uang dari Wattpad yang bisa kamu lakukan. Selain mencari penghasilan dari Wattpad, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi lainnya untuk mendapat penghasilan. Misalnya, aplikasi investasi BMoney yang bisa digunakan untuk berinvestasi reksa dana dengan modal mulai dari Rp10 ribu saja.

Selain bisa berinvestasi online dengan mudah, kamu juga bisa memperoleh tips menabung dan berinvestasi dari aplikasi ini. Caranya, download aplikasinya di Play Store atau App Store.

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!