10 Cara Mendapat Uang dari YouTube, Silahkan Coba!

Uji Agung Santosa

08 November 2022

Cara mendapatkan uang dari Youtube (123rf.com)
Cara mendapatkan uang dari Youtube (123rf.com)

Mungkin kamu sering membaca tips atau cara mendapat uang dari YouTube yang terdengar mudah, namun susah dilakukan. Nah, di artikel kali ini, kamu tidak hanya akan mengetahui apa saja cara yang bisa dilakukan, tapi juga bagaimana cara memulainya.

Tidak bisa dimungkiri kalau mendapatkan uang dari YouTube memang tidak bisa dilakukan secara instan. Kamu harus terlebih dulu melakukan banyak usaha agar bisa memperoleh penghasilan dari platform tersebut. Bagaimana caranya? Langsung saja simak artikel ini sampai habis.

 

Baca juga: 11 Cara Mendapatkan Uang Rp50 Juta dalam Sehari

Pertanyaan yang Sering Diajukan Terkait YouTube

Pertanyaan saat ingin mendapatkan uang dari Youtube (123rf.com)
Pertanyaan saat ingin mendapatkan uang dari Youtube (123rf.com)

Sebelum berbicara tentang cara mendapat uang dari YouTube yang bisa kamu coba, ada baiknya jika kamu memahami terlebih dulu pertanyaan-pertanyaan beserta jawaban terkait YouTube berikut ini.

1. Berapa gaji 1000 subscriber?

Besaran gaji YouTuber sebenarnya bergantung pada biaya per 1.000 alias cost per mille (CPM) dan jumlah penonton video yang kamu upload di channel YouTube kamu. Untuk menghitungnya, kamu bisa menggunakan rumus berikut ini.

Revenue per impression (RPM) = (penghasilan/jumlah tampilan halaman) x 1000

Dengan rumus tersebut, dapat diperkirakan kalau rata-rata gaji YouTuber dengan 1.000 subscribers adalah berkisar antara Rp50 ribu sampai Rp100 ribu tiap bulannya.

2. Apa syarat mendapatkan uang dari YouTube?

Untuk mendapat uang dari YouTube, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Beberapa persyaratan tersebut di antaranya adalah berusia minimal 18 tahun atau memiliki wali berusia lebih dari 18 tahun, tinggal di negara/wilayah tempat langganan channel tersedia, dan membuat konten sesuai pedoman konten YouTube. 

3. Berapa followers agar bisa dapat uang di YouTube?

Selain memenuhi beberapa syarat yang sudah disebutkan di atas, ada lagi syarat lain yang harus dipenuhi agar kamu bisa memanfaatkan YouTube untuk memperoleh penghasilan. Syarat tersebut adalah kamu harus memiliki channel YouTube yang memiliki lebih dari 1.000 subscribers.

Baca juga: Tidak Ada yang Mustahil, Begini Cara Dapat Uang Rp1 Miliar yang Layak Dicoba!

4. Berapa uang yang didapat dari 1000 views YouTube?

Rata-rata YouTuber bisa memperoleh penghasilan sekitar Rp45 ribu sampai Rp75 ribu per satu video dengan 1.000 views. Namun, pendapatan tersebut belum ditambah dengan jumlah penghasilan yang diperoleh dari berapa banyak orang yang menyaksikan iklan di video yang kamu bagikan, yang nominalnya bisa mencapai Rp270 ribu per 1.000 views.

5. Apakah 100 subscriber dapat uang?

Perlu diketahui bahwa subscriber merupakan orang atau audiens yang berlangganan video atau informasi pada kanal YouTube. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu persyaratan untuk mendapatkan uang dari YouTube adalah memiliki setidaknya 1.000 subscribers. Jadi, kamu yang baru memiliki 100 subscribers belum bisa memanfaatkan platform tersebut untuk mendapatkan uang.

6. Apa itu 4000 jam tayang di YouTube?

4000 jam tayang YouTube merupakan akumulasi atau total jumlah tayang video yang ada di kanalmu yang sudah ditonton sebanyak 4.000 jam selama setahun. Penting untuk diketahui bahwa tidak semua YouTuber bisa memperoleh 4.000 jam tayang ini dengan mudah.

Baca juga: 4 Cara Mendapatkan Uang 300 Ribu Per Hari untuk Menambah Pemasukan

10 Cara Mendapat Uang dari YouTube

10 cara mendapatkan uang dari Youtube (123rf.com)
10 cara mendapatkan uang dari Youtube (123rf.com)

Setelah memahami seluk-beluk pertanyaan terkait pendapatan yang bisa diperoleh dari YouTube, saatnya kamu mempelajari apa saja cara mendapat uang dari YouTube yang bisa kamu coba.

1. Membuat kanal YouTube

Sebelum melakukan cara lainnya, pastikan kamu sudah membuat channel YouTube dan mengunggah video orisinal agar dapat memperoleh subscriber. Jika belum memilikinya, masuklah ke dasbor YouTube dan lakukan registrasi dengan klik Daftar di bagian pojok kanan atas layar.

2. Monetisasi kanal YouTube

Cara ini mungkin terlihat rumit. Nyatanya, kamu hanya perlu sign in ke akun YouTube, lalu pilih menu “Account Information” yang terletak di pojok kanan atas. Setelah itu, klik “Creator Studio” dan pilih menu “Channel” dilanjutkan dengan klik “Status and Features”. Terakhir, pilih menu “Enable Monetisation” dan centang persetujuan yang ada.

3. Sambungkan kanal YouTube ke AdSense

Jika kamu sudah mengaktifkan monetisasi di kanal YouTube yang kamu miliki, kamu juga perlu melakukan associate dan approved AdSense account ke akun YouTube kamu. Dengan begitu, kamu bisa mengakses fitur YouTube Analytic untuk mengecek penghasilan yang kamu peroleh dari YouTube.

4. Promosikan toko online

Selain mengunggah video sesuai panduan layanan YouTube, kamu juga bisa melakukan cara mendapat uang dari YouTube lainnya dengan berjualan atau mempromosikan toko online milikmu. Banyak pengusaha atau pebisnis melakukan cara ini untuk meningkatkan conversion rate. Oleh karena itu, pastikan kamu membuat video yang menarik agar bisa dijadikan salah satu media soft promotion.

5. Mengarahkan trafik ke tautan afiliasi

Affiliate marketing merupakan salah satu cara mendapat uang dari YouTube lainnya yang biasa digunakan oleh YouTuber. Cara kerjanya hampir mirip dengan sistem afiliasi yang digunakan di blog. Kamu hanya perlu mengarahkan trafik ke tautan afiliasi kamu. Pastikan kamu menulis tautan tersebut di deskripsi video yang kamu unggah, ya.

Baca juga: 17 Cara Dapat Uang 500rb Sehari dengan Modal Minimal

6. Live streaming

Kalau sudah memiliki banyak subscriber atau fanbase, kamu bisa lho mengadakan meet and greet secara rutin. Nah, para YouTuber yang sudah memiliki banyak pengikut biasanya akan melakukan live streaming untuk meningkatkan engagement dengan para subscribers. Dengan cara ini, kamu juga bisa mempromosikan konten lainnya atau produk yang kamu jual.

7. Membuat konten viral

Untuk menarik banyak penonton, kamu perlu berpikir lebih kreatif dalam menciptakan sebuah konten. Dengan begitu, video yang kamu bagikan tidak hanya ditonton oleh subscribers, tapi juga dibagikan kembali oleh mereka sehingga bisa menghasilkan lebih banyak subscribers. Inilah yang nantinya bisa kamu manfaatkan untuk memperoleh penghasilan lebih banyak dari YouTube.

8. Manfaatkan fitur Super Chat & Stickers

Fitur YouTube ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang dari YouTube. Namun, berbeda dengan layanan YouTube lainnya, kedua fitur tersebut hanya bisa muncul di kolom komentar yang ada saat premiere. Kamu akan mendapatkan uang dari YouTube jika ada pengguna yang ingin menggunakan kedua fitur tersebut di kolom komentar.

9. Menggunakan layanan YouTube Premium

Layanan berbayar ini biasanya digunakan oleh mereka yang ingin menikmati seluruh layaran atau video YouTube tanpa terganggu dengan iklan. Nah, kamu bisa memanfaatkan subscriber premium dengan membuat konten khusus untuk mereka nikmati. Kamu akan memperoleh penghasilan tambahan jika ada pelanggan yang melakukan pembayaran ulang per bulan.

10. Jualan video

Selain membagikan konten di kanal YouTube, kamu juga bisa menjual video tersebut di website komersial khusus jual beli video. Jadi, kamu bisa mengunggah tayang berupa teaser di YouTube dan menjual video lengkapnya di website komersial yang sudah dipilih.

 

Baca juga: 12 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Dengan Cepat & Mudah

Demikianlah cara mendapat uang dari YouTube yang layak dicoba. Selain memanfaatkan layanan YouTube, kamu juga bisa mendapatkan uang dengan cara lainnya. Misalnya, dengan berinvestasi reksa dana melalui aplikasi investasi BMoney yang bisa di-download di Play Store atau App Store.

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!