Begini Cara Mengetahui Harga Emas Naik atau Turun yang Mudah

Uji Agung Santosa

15 Agustus 2023

Cara Mengetahui Harga Emas yang Mudah (123rf.com)
Cara Mengetahui Harga Emas yang Mudah (123rf.com)

Naik turunnya harga emas dilandasi sejumlah faktor. Mulai dari permintaan dan penawaran, kondisi ekonomi global, kinerja pasar keuangan, hingga nilai Dolar AS. Meski begitu, kamu yang tertarik berinvestasi emas tak perlu khawatir. Ada cara mengetahui harga emas naik atau turun yang mudah dan bisa segera kamu terapkan. Seperti apa?

 

Mengenali peluang investasi emas merupakan saran bijak dalam mengamankan dana. Pasalnya, tren harga emas secara konsisten menuju ke arah yang lebih tinggi sehingga memberi potensi keuntungan saat melakukan penjualan kembali. Meskipun kenaikan harganya tidak meroket, tetapi pertumbuhan nilai emas cenderung tetap stabil.

Investasi dalam emas juga menarik banyak peminat karena fleksibilitasnya yang memungkinkan konversi cepat menjadi uang tunai. Emas dapat dijual kembali sewaktu-waktu untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Transaksi ini dapat dilakukan dengan mudah di berbagai tempat, mulai dari toko perhiasan, lembaga pegadaian, atau butik emas. Langkah-langkah sederhana seperti ini memungkinkanmu menukarkan emas menjadi uang tunai secara praktis.

Biasanya, ada perbedaan harga antara saat pembelian dan penjualan kembali (buy back). Selain itu, karat emas yang dimiliki juga memengaruhi harga penjualan. Emas murni memiliki nilai jual lebih tinggi dibandingkan perhiasan dengan kadar 22 karat atau 18 karat, yang tentunya akan dievaluasi dengan perbedaan harga.

Terlepas dari itu, prinsip utamanya adalah menjual emas saat harganya sedang tinggi untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Namun, bagaimana mengenali saat yang tepat untuk meraih potensi tersebut? Jawabannya sederhana, yaitu rajin memantau pergerakan harga.

Harga pasar emas tercermin dari pasar global yang berpusat di London. Meskipun sumbernya terbatas, harganya dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran yang berlangsung di pasar ini. Nilai tersebut kemudian disesuaikan dengan mata uang lokal untuk mencerminkan harga di pasar domestik.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Dia Harga Cincin Emas 1 Gram Terkini 2023

Cara Mengetahui Harga Emas Naik atau Turun

Cara Mengetahui Harga Emas Naik Atau Turun
Cara Mengetahui Harga Emas Naik Atau Turun

Pada dekade sebelumnya, informasi tentang harga emas biasanya diumumkan melalui media cetak seperti surat kabar dan majalah dalam jadwal tertentu. Namun, dengan kemajuan teknologi digital saat ini, setiap orang bisa dengan mudah mengecek harga emas terkini secara real-time.

Terdapat sejumlah situs web yang menyediakan pembaruan harga emas sesuai dengan pergerakan pasar global. Misalnya saja situs web berita keuangan terkemuka di dalam maupun luar negeri, seperti Bloomberg, CNBC, atau Reuters.

Lalu, ada pula situs web pusat perdagangan emas yang memberikan grafik dan analisis lebih mendalam tentang pergerakan harga emas. Misalnya saja Indogold, Treasury, Pluang, Sakumas, dan Lakuemas. Kelimanya merupakan situs legal perdagangan emas di Indonesia yang sudah diakui Bappebti.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek harga emas lewat berbagai aplikasi keuangan maupun aplikasi perbankan. Situs ini biasanya menyediakan pembaruan harga emas secara real-time dan informasi lainnya terkait pasar keuangan atau bank terkait. 

Lalu, jika kamu tertarik pada aspek produksi dan industri emas, beberapa perusahaan pertambangan emas juga menyediakan informasi tentang harga emas dan kinerja industri.

Beberapa akun media sosial atau grup investasi mungkin juga membagikan pembaruan harga emas secara teratur. Namun, pastikan untuk memverifikasi sumber informasi sebelum mengandalkan data dari media sosial.

Terakhir yang paling memudahkan, tersedia sejumlah aplikasi mobile yang dapat diunduh, dan akan memberikan informasi harga emas terbaru langsung ke perangkatmu. Perkembangan teknologi ini telah membantu banyak aspek kehidupan manusia, termasuk dalam hal finansial.

Baca juga: Cara Jual Emas Tanpa Surat yang Menguntungkan dan Mudah

Cara Cek Harga Emas Lewat Aplikasi

Harga emas selalu mengalami perubahan setiap hari. Banyak individu memanfaatkan informasi ini untuk mengambil keputusan tentang pembelian atau penjualan emas. Sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu atau sumber daya untuk terus mengikuti perubahan harga emas.

Kabar baiknya, saat ini banyak pilihan aplikasi dengan berbagai fitur yang dapat kamu pilih dan manfaatkan untuk melacak dan memantau pergerakan harga emas, hanya lewat ponsel. Berikut di antaranya.

1. Aplikasi Sahabat Pegadaian

Aplikasi ini memfasilitasi pengunduhan gratis di perangkat Android, dan berisi informasi terkini tentang harga emas. Bagi individu yang tertarik dalam aktivitas jual-beli emas, aplikasi Sahabat Pegadaian juga menyediakan fitur tersebut.

Pegadaian saat ini menjadi destinasi yang dicari oleh masyarakat yang berkeinginan untuk membeli emas. Perusahaan negara ini memberikan sejumlah informasi mengenai pembelian per gram dan tabungan emas, yang telah mencakup lebih dari 1,7 juta rekening dengan total 2,3 juta ton emas.

Melalui situs web dan aplikasi Pegadaian, dapat diakses perkembangan harga emas ANTAM, termasuk variasi seperti ANTAM Mulia Retro dan Batik. Pegadaian juga menyajikan data mengenai harga emas UBS, yang diterbitkan oleh PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) sebagai salah satu produsen logam mulia terbesar di Indonesia.

2. Aplikasi Antam Gold

Aplikasi ini juga memungkinkan pemantauan harga emas ANTAM dan dapat diunduh melalui Google Play Store. Pengguna dapat menemukan informasi mengenai emas batangan, koin emas, grafik pergerakan emas, serta beragam informasi terkait emas dan fitur lainnya.

Peningkatan penjualan emas batangan hasil produksi ANTAM tiap tahunnya merupakan fakta yang dikenal luas. Rata-rata penjualan emas ANTAM mencapai 2,56 ton setiap bulan. Pada pertengahan tahun 2018, penjualan emas ANTAM telah mencapai 12,8 ton. Target penjualan keseluruhan mencapai sekitar Rp22 triliun dengan laba bersih sekitar Rp500 miliar hingga Rp1 triliun pada akhir tahun.

Informasi harga emas ANTAM diperbarui setiap pukul 10.00 WIB, dan pengguna dapat melihat pergerakan harga melalui website www.antam.com. Tak hanya emas, harga logam mulia lainnya, termasuk platinum, perak, dan palladium, juga dapat ditemukan.

Baca juga: Rekomendasi Harga Saham ANTM dan Pergerakannya

3. Aplikasi Harga Emas Logam Mulia

Aplikasi ini menyajikan informasi terkini mengenai harga emas dan perak ANTAM. Selain itu, fitur grafik pergerakan emas dan harga emas sesuai lokasi toko atau pemasok emas disediakan dengan pembaruan harian.

Informasi historis harga emas sejak tahun 1990 juga dapat diakses melalui aplikasi ini. Pengguna juga bisa menggunakan kalkulator yang tersedia untuk mengkonversi harga emas dari atau ke dalam rupiah.

4. Aplikasi Info Harga Emas

Aplikasi ini menawarkan informasi harga logam mulia ANTAM, termasuk harga emas dunia yang dapat dilihat dalam mata uang IDR atau USD. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai pilihan harga emas sesuai karat, mulai dari 14 hingga 24 karat.

Aplikasi Info Harga Emas ditujukan bagi para investor yang ingin memperoleh perkiraan harga emas, logam mulia, maupun emas perhiasan.

Selain itu, bagi kamu yang berminat berinvestasi dalam emas atau ingin memulai pembelian emas, kamu juga bisa beli di Bling by BMoney. Marketplace terbaru untuk membeli emas dengan aman dan terpercaya!

Demikian ulasan mengenai cara cek harga emas. Nah, bagi kamu yang tertarik berinvestasi emas, reksa dana, saham, dan obligasi, bisa menggunakan aplikasi BMoney yang andal, aman, dan tepercaya karena telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Segera unduh aplikasinya di Play Store atau App Store.

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!