Cara Menggunakan RTI Business, Kelebihan, dan Fungsinya

Uji Agung Santosa

30 Maret 2023

Cara menggunakan RTI Business (GooglePlay)
Cara menggunakan RTI Business (GooglePlay)

Bagi kamu yang mulai tertarik mencoba investasi saham, ada baiknya berkenalan dengan RTI Business. RTI Business adalah aplikasi populer di kalangan pegiat saham yang bisa kamu install di ponsel, untuk mempermudah kamu memantau pergerakan saham. 

Tertarik mengetahui lebih jauh tentang aplikasi andal satu ini? Yuk, simak lebih lanjut segala hal yang perlu kamu ketahui tentang RTI business dalam ulasan berikut.

Apa Itu RTI Business dan Apa Kelebihannya?

RTI Business adalah aplikasi jual beli investasi saham dan trading yang dirilis oleh PT RTI Infokom dengan tujuan membantu para investor dalam menganalisis pasar atau saham yang akan dituju. Investasi ini populer di kalangan pegiat saham lantaran menawarkan sejumlah kelebihan.

Baca juga: Daftar Saham Bank Syariah yang Terdaftar di BEI

Kelebihan RTI Business

Selain memiliki fitur lengkap yang mudah dipahami dan tak sulit diakses, interface  yang disajikan pun menarik dan ramah pengguna sehingga cocok buat investor pemula maupun masyarakat awam. Data-data yang tersedia di dalamnya juga disusun secara komprehensif, terjamin akurat, dan detail.

Menariknya lagi, kamu bisa memantau seluruh data secara real-time kapan pun di mana pun selama tersambung dengan internet. Mulai dari data fundamental yang paling dasar seperti profil perusahaan dan pendirinya, hingga data teknis seperti fluktuasi nilai saham, analisis, beserta data penunjang yang dibutuhkan. 

Apa Saja Manfaat Menggunakan RTI Business?

Manfaat RTI Business.
Manfaat RTI Business.

Tak hanya unggul dengan kelebihan yang dimiliki, aplikasi ini juga memberikan sejumlah manfaat dan keuntungan sebagai berikut.

Baca juga: Ketahui Jenis-Jenis Saham dengan Dividen Terbesar Berikut Ini!

1. Menampilkan Update Pemberitaan

Aplikasi ini bukan hanya menampilkan berita dan informasi terkait saham secara cepat, melainkan juga selalu diperbaharui. Hal ini sangat diperlukan dalam dunia saham untuk mempermudah investor dalam memantau perkembangan mutakhir fluktuasi saham dan memutuskan dengan segera terkait investasi yang telah dan akan dilakukan.

2. Mendapat Informasi Berbasis Data

Aplikasi ini terbilang tak main-main dalam menyajikan informasi saham berbasis data. Data yang tersedia seluruhnya dirancang deskriptif dan transparan, termasuk menambahkan grafik agar mempermudah pengguna dalam menentukan acuan dasar penempatan modal dan melakukan pembacaan saham. Alhasil, ini akan mempermudah pengguna dalam menyelisik fundamental perusahaan.

3. Analisa Saham Lebih Mendalam

Karena berita dan informasi data yang disajikan selalu update, lengkap, dan akurat, aplikasi ini akan memungkinkanmu menganalisis saham lebih mendalam. Artinya, investor akan terbantu memahami potensi saham yang diinginkan dan semakin mudah dalam memutuskan saham yang tepat untuk dipilih.

4. Informasi Kepemilikan Transparan

Lewat RTI Business, kamu bisa mengecek langsung seluruh informasi pemegang saham saat menganalisis saham hanya dengan membuka menu profil. Bukan hanya nama pemilik dan pemegang sahamnya, tapi juga porsi kepemilikan saham masing-masing pemegang saham seperti berapa besar persentase kepemilikannya dan berapa banyak jumlah saham yang ditanam.

Baca juga: Supaya Untung, Kenali Jenis-Jenis Grafik Saham Ini!

5. Fitur Virtual Trading

Berbeda dari aplikasi trading saham lainnya, RTI Business membuat gebrakan baru dengan merilis fitur virtual trading. Fitur ini memungkinkan kamu melakukan transaksi digital layaknya di dunia nyata dengan menggunakan data-data virtual. 

Bahkan, sebelum melakukan transaksi, kamu juga bisa mencoba fitur simulasinya lebih dulu sehingga sangat berguna bagi investor pemula yang ingin belajar lebih lanjut mengenai trading dan investasi saham.

6. Lebih Fleksibel dan Optimal

Mengingat cara kerjanya yang real-time, tugasmu dalam melakukan trading atau transaksi saham menjadi tidak terbatas waktu alias lebih fleksibel sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang jauh lebih optimal.

7. Menawarkan Banyak Fitur

Fitur yang tersedia dalam RTI Business sangat lengkap. Selain menyediakan update berita, RTI juga memiliki fitur aksi korporasi (corporate action) yang menginformasikan seluruh aksi perusahaan secara lengkap dan rinci semisal pembagian dividen, jadwal IPO, penjatahan saham sebelum RUPS, dan banyak lagi.

Lalu, ada juga fitur Watchlist atau Daftar Pantauan yang memungkinkanmu memantau saham di tempatmu menanam uang, mengetahui dengan cepat tren saham yang sedang berlangsung, dan mengelompokkan daftar saham-saham yang ingin kamu lihat agar dapat dipantau dalam waktu bersamaan. 

Selain itu, kamu bisa menggali informasi saham dengan pergerakan terbesar di bursa, mengecek nilai transaksi dan volume dari suatu pergerakan saham, hingga informasi mengenai top loser dan top gainer saham.

Baca juga: 1 Lot Berapa Lembar Saham? Berikut Penjelasan dan Cara Menghitungnya

Bagaimana Cara Menggunakan RTI Business?

Pertama-tama, kamu perlu lebih dulu menginstal aplikasi ini dengan mengunjungi Play Store bagi pengguna Android dan juga App Store bagi pengguna Apple. Kamu juga bisa mengakses RTI Business melalui situs web resminya.

Setelah mengunduh, kamu bisa langsung mendaftar dengan membuat akun agar dapat menggunakan aplikasi tersebut. Sebagai informasi, seluruh fitur yang terdapat dalam aplikasi ini bisa kamu akses secara bebas tanpa dipungut biaya alias gratis. 

Berikut langkah-langkah dan panduan lain yang kamu butuhkan untuk mengetahui cara menggunakan RTI Business.

Cara Mendaftar RTI Business

Cara mendaftar akun di RTI Business cukup mudah dan praktis, berikut panduannya:

  1. Buka aplikasi RTI Business atau kunjungi situs resminya di rti.co.id
  2. Lakukan registrasi dengan mengklik tulisan ‘Login’ di pojok kanan atas
  3. Klik ‘Register Now’, lalu lengkapi data diri yang harus diisi
  4. Setelahnya, klik tab ‘Register’
  5. Lakukan aktivasi pendaftaran melalui email

Fungsi Fitur di RTI Business

Setelah melakukan aktivasi pendaftaran, kamu bisa segera login dan membuka aplikasi menggunakan akun RTI Business milikmu. Di halaman depan aplikasi, kamu akan menemukan 11 menu yang memiliki fungsinya masing-masing. Berikut ulasannya.

Baca juga: Mengenal NPWP Pusat dan Bedanya dengan NPWP Cabang

1. Trade

Menu ini digunakan sebagai simulasi trading yang dirancang terutama bagi awam dan investor pemula, yang ingin belajar terjun ke dunia saham.

2. Market

Menu yang paling populer digunakan oleh para investor saham ini menyajikan data latest-market secara real time berupa gambar grafik untuk meninjau pergerakan indeks acuan IHSG.

3. Indices

Menu ini digunakan untuk mengecek pergerakan bursa saham di seluruh dunia dan biasanya dikelompokkan berdasarkan benua asalnya. Misalnya, bursa Asia, bursa Eropa, dan sebagainya.

4. Watchlist

Pada menu ini kamu bisa membuat daftar saham-saham yang ingin kamu pantau berdasarkan kategori diinginkan. Menu ini bertujuan memudahkan investor dalam bertransaksi saham.

5. Movers

Lewat menu ini kamu bisa melihat saham-saham yang bergerak secara aktif, menduduki peringkat atas dan paling bawah, serta harga jual beli saham.

6. Chart

Menu ini memungkinkanmu menganalisis suatu saham secara lengkap, mulai dari analisis fundamental, teknikal, hingga pergerakan sahamnya.

7. Currency

Menu ini memudahkanmu memantau pergerakan mata uang dunia. Misalnya, mata uang Rupiah terhadap Poundsterling dan berbagai mata uang asing lainnya.

Baca juga: Wajib Tahu! Begini Cara Menghitung Dividen untuk Investor Pemula

8. P. Metal

Menu ini berfungsi untuk memantau harga komoditas dunia yang paling mutakhir, semisal pergerakan harga perak, emas, dan platinum melalui USD per Ounce atau IDR per Gram.

9. News

Menu ini menyajikan berita-berita terbaru mengenai dunia saham dan finansial di dalam dan luar negeri yang di-update setiap harinya.

10. CA News

Pada menu ini, kamu akan secara khusus melihat berita-berita mengenai Corporate Action yang sedang atau direncanakan oleh suatu perusahaan.

11. Calendar

Menu ini berisi informasi penting mengenai jadwal kegiatan perusahaan, mulai dari event-event tertentu seperti IPO dan RUPS, penawaran tender, hingga jadwal pembagian bonus dan dividen.

Cara menganalisis saham dan membaca fitur RTI Business

Cara Menggunakan RTI Business.
Cara Menggunakan RTI Business.

Untuk menganalisis saham, kamu hanya perlu mengklik saham yang ingin dianalisis melalui menu Market atau menu Watchlist. Setelahnya, kamu akan menemukan 10 menu baru. Adapun cara membaca fitur di menu baru dalam RTI Business adalah sebagai berikut.

Baca juga: 20+ Cara Dapat Uang 500rb Sehari dengan Modal Minimal 2023!

1. Overview

Pada menu ini, kamu akan melihat grafik garis dari pergerakan harga saham yang periodenya bisa kamu tentukan sendiri sesuai pilihan yang tersedia. Di dalamnya terdapat sejumlah istilah yang bisa digunakan untuk mengetahui pergerakan saham secara umum selama periode tertentu. Misalnya, ‘Open’ untuk menunjukkan harga pembukaan, ‘Day Range’ untuk menunjukkan harga terendah dan tertinggi selama trading berlangsung, dan sebagainya.

2. Analytics

Sama halnya menu Overview, pada menu ini kamu juga akan menemukan sejumlah istilah yang bisa digunakan untuk menganalisis pergerakan saham selama periode tertentu. Misalnya istilah price performance untuk membandingkan harga saham, dan Investor chart untuk melihat deretan investor dengan jumlah transaksi terbanyak selama trading berlangsung.

3. Financial

Di dalam menu ini, kamu bisa memantau grafik pertumbuhan keuangan seperti laporan keuangan, laporan laba rugi, dan neraca keuangan per kuartal hingga tahunan.

4. News

Berbeda dengan menu News di halaman depan yang mencakup berita umum terkait saham dan finansial. Pada menu ini, kamu hanya akan melihat berita terkait emiten yang sedang kamu klik saja.

Baca juga: 12 Daftar Saham Batu Bara di Bursa Efek Indonesia (BEI)

5. CA News

Berbeda dengan menu CA News di halaman depan yang mencakup berita umum terkait corporate action di banyak perusahaan, dalam menu ini kamu akan mendapat segala informasi mengenai corporate action dalam perusahaan emiten yang sedang kamu pantau.

6. Profiles

Menu ini berfungsi semacam pelengkap untuk mengetahui latar belakang singkat dari saham yang sedang dipantau, seperti halnya sekilas sejarah perusahaan yang dituju atau komposisi saham beserta dewan komisarisnya.

7. Key Statistics

Menu satu ini berfungsi untuk menganalisis saham secara fundamental, terutama untuk mengetahui situasi dan kondisi saham terkini dari emiten yang sedang kamu pantau. Menu ini juga bisa informasi optimal apabila digunakan bersamaan dengan menu Financial.

Pada akhirnya, RTI Business adalah salah satu aplikasi wajib bagi kamu yang tertarik menggeluti dunia saham. Di luar itu, khususnya bagi kamu yang baru akan memulai menjajaki dunia investasi, ada baiknya melakukan diversifikasi investasi melalui reksa dana.

Selain aman dan menguntungkan, potensi risikonya juga sangat kecil. Untuk mempermudah, cobalah membeli reksadana hanya dengan modal mulai dari Rp 10 ribu menggunakan aplikasi investasi online yang andal dan terpercaya seperti BMoney.

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!