Cara Menghemat Uang yang Efektif, Silahkan Dicoba!

Uji Agung Santosa

02 Januari 2023

Cara menghemat uang yang efektif (123rf.com)
Cara menghemat uang yang efektif (123rf.com)

Berhemat merupakan hal penting yang perlu dilakukan jika kamu ingin dapat mencukupi kebutuhan, terutama jika kamu sudah berkeluarga. Pasalnya, dalam membangun rumah tangga, ada saja berbagai kebutuhan yang muncul tanpa diduga. Oleh karena itu, kita perlu mencari tahu cara menghemat uang yang tepat.

Setiap rumah tangga memiliki cara mengatur keuangan yang mungkin berbeda. Nah, jika kamu belum memiliki cara yang tepat untuk mengelola keuangan, saatnya mencari tahu cara yang sesuai dengan kebutuhan supaya tidak terjebak pada pengeluaran yang tidak perlu.

Hal ini diperlukan karena banyak orang yang kesulitan menghemat uang dan mengurangi gaya hidup untuk dapat mencapai suatu tujuan. Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat uang supaya bisa kaya.

5 Cara Menghemat Uang ala Sultan

5 Cara Menghemat Uang
5 Cara Menghemat Uang

Banyak orang mengira bahwa sultan memiliki harta kekayaan berlimpah sehingga bisa seenaknya membeli apa saja yang diinginkan. Tapi, pernahkah kamu berpikir bahwa banyak sultan yang ternyata melakukan penghematan untuk bisa mencapai harta kekayaan saat ini?

Banyak dari mereka yang menerapkan cara unik dalam mengelola keuangan agar bisa mengumpulkan harta kekayaan. Salah satunya dengan cara berhemat. Banyak dari mereka yang mempunyai cara-cara inspiratif dalam mengatur keuangan yang bisa kamu implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah sejumlah cara menghemat uang setiap hari yang bisa kamu lakukan.

1. Belanja sesuai kebutuhan

Meskipun punya banyak uang, bukan berarti seseorang bisa menggunakan uang tersebut secara boros. Rata-rata orang yang sukses dalam hal finansial hanya akan berbelanja sesuai kebutuhan dan menerapkan sistem anggaran. Kebiasaan seperti ini bisa kamu tiru dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, pastikan kamu hanya berbelanja sesuai kebutuhan dan kemampuan sehingga bisa menghindari utang dan cicilan yang tidak perlu hanya untuk mendapatkan barang yang kamu inginkan. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah dalam menjalankan gaya hidup hemat.

2. Menerapkan gaya hidup sederhana

Jika kamu perhatikan, ada banyak orang kaya yang menerapkan gaya hidup sederhana. Mulai dari gaya berpakaian, kendaraan yang digunakan, aksesori yang dipakai, dan lain-lain. 

Miliarder sekaligus investor senior Warren Buffett mengatakan bahwa alih-alih menghamburkan uang untuk sesuatu yang tidak bermanfaat, uang yang ada sebaiknya digunakan untuk menabung dan berinvestasi.

3. Tidak FOMO

Ada banyak gaya hidup yang mungkin terlihat mewah dan diinginkan banyak orang.  Jika tidak pintar-pintar dalam mengikuti gaya hidup yang ada, maka bukan tidak mungkin kalau kamu akan membelanjakan uang yang kamu miliki hanya untuk mengikuti gaya hidup tertentu.

Misalnya, Mark Zuckerberg, CEO Facebook/Meta yang didapuk sebagai orang dengan harta berlimpah sering kali tampil sederhana meskipun punya banyak kekayaan. Alih-alih menggunakan barang branded, sebaiknya gunakan uang yang kamu miliki untuk membeli barang berkualitas yang dibutuhkan.

4. Beli barang berkualitas

Saat ini, ada banyak tuntutan gaya hidup yang mendorong orang-orang untuk berperilaku impulsif. Banyak juga orang yang merasa malu ketika menggunakan barang yang harganya murah. Padahal, tidak semua barang dengan harga murah tidak memiliki kualitas yang bagus.

Sementara itu, barang berkualitas cenderung lebih tahan lama ketimbang barang yang Oleh karena itu, kamu lebih baik membelanjakan uang yang kamu miliki untuk membeli barang yang berkualitas. Dengan membeli barang berkualitas, kamu tidak akan 

5. Menerapkan manajemen keuangan yang baik

Cara menghemat uang selanjutnya yang perlu kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan menerapkan manajemen keuangan yang baik. Salah satu praktik manajemen yang perlu dilakukan adalah membuat catatan keuangan, baik secara manual maupun dengan menggunakan aplikasi finansial.

Selain itu, kamu juga bisa menerapkan manajemen keuangan dengan cara berinvestasi melalui aplikasi investasi BMoney yang bisa di-download melalui Play Store atau App Store.

 

Baca juga: Tabel Menabung Harian, Cara Unik dan Efektif Capai Target Tabungan

Tips Menghemat Uang dalam Rumah Tangga

Tips menghemat uang.
Tips menghemat uang.

Selain bisa mempermudah dalam mengumpulkan kekayaan, berhemat juga bermanfaat untuk kelangsungan hidup berumah tangga. Berikut adalah tips atau cara menghemat uang sehari-hari dalam berumah tangga.

1. Mencatat pemasukan dan pengeluaran

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai gaya hidup hemat adalah dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran. Tips ini perlu dilakukan agar kamu dapat mengetahui apakah kondisi keuangan dalam rumah tangga sehat atau tidak. 

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui kemana uang yang kamu keluarkan bermuara dan berapa banyak kebutuhan yang kamu penuhi dengan uang yang kamu miliki. Catatan keuangan tersebut bisa kamu gunakan untuk melakukan evaluasi sehingga bisa lebih baik dalam mengatur keuangan rumah tangga.

2. Prioritaskan kebutuhan

Pastikan kamu memprioritaskan kebutuhan di atas keinginan. Langkah ini diperlukan untuk mengetahui berapa banyak pengeluaran tidak perlu yang bisa dipangkas. Kebiasaan yang satu ini tidak hanya harus dipraktikkan oleh kamu seorang, tapi juga oleh seluruh anggota keluarga.

Setelah mengetahui berapa banyak pengeluaran yang bisa dipangkas, barulah kamu bisa mengalokasikan dana tersebut untuk menabung atau berinvestasi. Dengan begitu, kamu bisa mewujudkan tujuan keuangan kamu dan keluarga.

3. Membuat anggaran belanja

Selain mencatat pemasukan dan pengeluaran, kamu juga perlu membuat anggaran belanja agar kegiatan berbelanja tidak menghabiskan uang melebihi batas biaya yang sudah dianggarkan. Langkah ini bisa dilakukan setelah kamu mengetahui apa saja kebutuhan yang menjadi prioritasmu.

4. Menabung dan berinvestasi 

Hindari menabung atau berinvestasi dengan menggunakan sisa uang belanja. Tapi, biasakan untuk melakukan keduanya ketika kamu mendapatkan gaji bulanan. Hal ini diperlukan karena anggaran untuk menabung tidak akan terwujud jika kamu tidak memprioritaskannya. 

Dengan menabung dan berinvestasi, kamu tidak hanya memiliki dana darurat, tapi juga bisa memenuhi kebutuhan dan mewujudkan tujuan keuangan yang diharapkan di masa depan. Kamu juga bisa mempertahankan nilai aset yang kamu miliki dari ancaman inflasi dengan menerapkan kebiasaan berinvestasi. 

5. Membuat rekening tabungan terpisah

Tips menghemat uang dalam rumah tangga lainnya adalah dengan memisahkan rekening tabungan dengan rekening uang belanja. Hindari menggunakan uang tabungan untuk berbelanja sehingga kamu bisa lebih fokus dalam mengatur keuangan.

6. Lakukan transaksi tunai

Banyak merchant menawarkan manfaat diskon, cashback, dan beragam promo lainnya dengan pembayaran menggunakan dompet digital atau kartu kredit. Jika kamu tidak menghindarinya, kamu mungkin akan mudah terstimulasi untuk berlaku konsumtif.

Oleh karena itu, lakukan transaksi secara tunai supaya kamu terhindar dari pembelian yang tidak perlu dan tidak bersikap boros. Hal ini diperlukan agar kamu terhindar dari cicilan utang yang biasa ditawarkan kartu kredit atau dompet digital.

7. Menerapkan gaya hidup minimalis

Gaya hidup yang satu ini sering kali dianggap sebagai tren belaka. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dengan menerapkan gaya hidup minimalis. Mulai dari menghindari pembelian yang tidak perlu sampai akhirnya bisa mengalokasikan dana yang terkumpul dalam bentuk tabungan atau investasi.

Baca juga: Deretan Challenge Menabung yang Bisa Kamu Coba

Demikianlah informasi dan tips tentang cara menghemat uang yang bisa kamu praktikkan agar dapat mencapai tujuan finansial yang kamu harapkan. Selamat mencoba!

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!