Cara Sukses Menjadi Kaya di Usia Muda dengan Langkah Cerdas, Bisa Ditiru!

Imanuel Kristianto

23 September 2022

Cara menjadi kaya (Foto: 123rf)
Cara menjadi kaya (Foto: 123rf)

Menjadi kaya atau berstatus sebagai hartawan tentu menjadi impian hampir semua orang, terutama anak muda yang sudah melek kebebasan finansial. Oleh karena itu, tidak sedikit anak muda yang kemudian mencari tahu cara menjadi kaya dan mencoba banyak hal baru untuk mengumpulkan aset yang nantinya bisa menjadi jaminan di hari tua.

Lihat tips investasi agar makin cuan di sini.

Sayangnya, tidak semua orang mampu melakukan berbagai hal dan mengatasi setiap tantangan yang ada untuk bisa mengumpulkan aset. Ragam tantangan yang dihadapi pun tidak sedikit, mulai dari tantangan impulsif seperti belanja online, aktivitas karier yang menyibukkan, utang dan kredit yang biasa dilakukan untuk menunjang gaya hidup, dan masih banyak lagi.

Untuk itu, diperlukan langkah-langkah sederhana yang bisa dimulai sejak dini dan dilakukan secara berkelanjutan agar mampu membangun aset di usia muda dan meraih kebebasan finansial di masa tua.

Baca juga: Tabel Menabung Harian, Cara Unik dan Efektif Capai Target Tabungan

14 Langkah Sederhana Menjadi Kaya

cara menjadi kaya
Langkah untuk menjadi kaya (123rf)

Dari langkah yang sederhana, kita bisa menjadikannya sebagai kebiasaan baik untuk membangun kondisi keuangan yang stabil dan kebebasan finansial. Berikut ini adalah beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan sebagai bagian dari cara menjadi kaya di usia muda.

1. Stop kebiasaan menunda pekerjaan

Saking banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan, banyak orang yang kemudian menunda pekerjaan yang seharusnya dilakukan sebagai prioritas. Tidak heran jika kemudian waktu yang ada malah terbuang sia-sia hanya karena melakukan aktivitas yang sebenarnya tidak terlalu penting. Beberapa aktivitas yang biasa dilakukan dan malah menghabiskan waktu tersebut di antaranya adalah berselancar di dunia maya tanpa arah dan tujuan yang jelas. 

Jika kamu termasuk orang yang sering melakukan hal tersebut, saatnya ubah kebiasaan dengan melakukan segala sesuatunya berdasarkan skala prioritas. Mulai dari melakukan aktivitas penting secara tepat waktu sampai melakukan perencanaan keuangan dengan baik. Kamu bisa memulai langkah ini dengan menyisihkan uang harian atau bulanan, menabung dan berinvestasi, dan mencari penghasilan tambahan.

2. Buat rencana keuangan

Jika kamu sudah bisa berhenti menunda kegiatan yang tidak penting dan menggantinya dengan aktivitas bermanfaat, maka saatnya membuat perencanaan keuangan secara jelas. Mulai dari apa saja tujuan yang ingin kamu capai, berapa banyak uang yang seharusnya dibelanjakan, berapa persen penghasilan yang harus kamu tabung dan investasikan, serta berapa banyak aset yang harus kamu miliki dalam rentang waktu tertentu.

3. Mulai berinvestasi

Salah satu misi keuangan yang perlu dilakukan sebagai cara menjadi kaya di usia muda adalah dengan berinvestasi. Hal ini bisa kamu lakukan sejak dini meskipun uang yang kamu miliki belum terbilang banyak. Kamu bisa melakukan langkah sederhana ini dengan berinvestasi mulai dari Rp10 ribu saja di aplikasi BMoney yang bisa di-download melalui Play Store atau App Store.

4. Meningkatkan skill

Cara menjadi kaya berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah meningkatkan keterampilan yang kamu miliki. Jika kamu menyukai bidang teknologi, maka kamu bisa meningkatkan potensi yang kamu miliki lewat kursus online di bidang teknologi. Selain menggunakan sumber berupa buku dan materi yang diberikan di bangku kuliah, kamu juga bisa mempelajari banyak hal lain sesuai bidang yang kamu tekuni melalui internet, seperti halnya kursus online atau bergabung dengan komunitas online.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan dengan Bijak

5. Membuat anggaran keuangan

Dengan potensi yang kamu miliki, kamu akan bisa meningkatkan penghasilan yang kamu peroleh. Tapi, jangan langsung menggunakan uang yang kamu miliki untuk memenuhi keinginan. Buatlah anggaran keuangan yang berisi nominal pendapatan, pengeluaran, dan berapa banyak biaya yang harus kamu sisihkan untuk menabung dan berinvestasi. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari besar pasak daripada tiang dan mampu mencapai kebebasan finansial secara terarah.

6. Berani mengambil risiko

Setelah mulai berinvestasi, kamu tentu akan melihat banyak peluang untuk bisa membangun aset. Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan risiko apa saja yang mungkin terjadi ketika kamu memutuskan untuk mengambil peluang tersebut. Jika kamu yakin akan peluang yang ada di hadapanmu, maka kamu juga perlu berani mengambil risiko sehingga keputusan yang kamu ambil tidak akan menghambat kemajuan kamu untuk menjadi kaya.

7. Menabung untuk masa tua

Menurut penelitian, hanya 39 % generasi muda yang menabung untuk masa tua alias pensiun. Padahal, salah satu langkah sederhana yang perlu dilakukan sejak dini untuk bisa menjamin masa tua adalah dengan cara menyiapkannya. Oleh karena itu, pastikan kamu menabung secara konsisten agar masa tuamu terjamin.

Baca Juga: Tips Menabung Harian yang Mudah Dilakukan Siapa Saja

8. Cari penghasilan tambahan

Berakit-rakit ke hulu berenang-renang kemudian merupakan salah satu petuah yang memang benar adanya. Untuk bisa mencapai kebebasan finansial di hari tua, tentu kamu harus melakukan banyak hal ketika muda. Meski awalnya terasa berat, kamu bisa terus meningkatkan penghasilan dengan bekerja secara produktif selagi muda. Jangan lupa, sisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung dan diinvestasikan.

9. Mengurangi biaya hidup

Perkembangan teknologi yang ada saat ini membuat masyarakat sangat mudah untuk mengakses sesuatu, termasuk dalam berbelanja. Oleh karena itu, penting bagi kamu yang ingin menerapkan cara menjadi kaya di usia muda agar senantiasa bijak dalam membangun gaya hidup. Pelajari apa saja yang penting bagi hidupmu dan apa saja hal yang hanya termasuk tren gaya hidup. Dengan membedakan mana kebutuhan dan keinginan, kamu akan lebih mudah mencapai tujuan keuangan yang sudah kamu bangun sebelumnya.

10. Temukan mentor atau penasihat keuangan

Salah satu hal yang mungkin kamu perlukan untuk bisa mengatur keuangan adalah  menemukan mentor atau penasihat keuangan yang tepat. Jika kamu memiliki sejumlah anggaran untuk membayar penasihat, maka kamu bisa menggunakan penasihat pribadi yang biasa ditawarkan berbagai lembaga keuangan. Jika tidak, maka kamu bisa memanfaatkan nasihat dari komunitas online atau aplikasi investasi yang kamu gunakan, seperti halnya BMoney.

Baca Juga: 9 Cara Menabung Unik dan Bikin Semangat

11. Lunasi utang dan cicilan

Kamu yang memiliki utang atau cicilan dalam bentuk apa pun sebaiknya segera melunasinya. Setelah itu, hindari mengajukan pinjaman jika kamu tidak benar-benar dalam kondisi terdesak. Hal ini menjadi penting karena bunga yang biasanya diberlakukan dalam cicilan atau utang sangat cukup untuk bisa menutupi biaya harian bahkan bulananmu.

12. Membangun kesabaran dan kesadaran diri

Setelah melakukan berbagai upaya teknikal dalam membangun aset atau harta yang kamu punya, saatnya kamu membentuk kesadaran diri dan bersabar dalam mencapai tujuan keuangan. Kamu tidak perlu bersikap tergesa-gesa, tapi juga bukan berarti terlalu santai dalam menjalankan upaya keuangan. Kamu hanya perlu konsisten dalam melakukan setiap langkah atau cara menjadi kaya di usia muda ini.

13. Membangun kepercayaan diri

Kepercayaan diri merupakan salah satu karakter penting yang perlu dibangun agar kamu optimis dalam melakukan segala sesuatu, termasuk merencanakan masa depan. Jika kamu sudah melakukan semua langkah-langkah sederhana di atas, pastikan kamu juga membekali dirimu sendiri dengan berbagai ilmu dan wawasan sehingga lebih percaya diri dalam menyongsong masa depan yang cerah.

Baca Juga: Deretan Challenge Menabung yang Bisa Kamu Coba

14. Memperluas jaringan

Jaringan atau networking tidak hanya memberi peluang bisnis dan keuntungan, tapi juga mampu memberi wawasan yang luas terkait cara kamu berpikir dan bertindak soal keuangan. Dengan jaringan yang luas, kamu akan mengetahui bagaimana cara berpikir dan bertindak orang-orang yang melek keuangan. Dengan begitu, kamu juga akan makin andal dalam mengatur keuangan.

Itulah beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan dalam menerapkan cara menjadi kaya di usia muda. Ingat, berapa banyak uang yang kamu punya tidak akan bisa menjamin masa depanmu jika kamu tidak memiliki karakter kuat dalam membangun masa depan. Selamat mencoba!

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!