Cara Mudah Transfer Uang dari Luar Negeri ke Indonesia

Imanuel Kristianto

14 Oktober 2022

Cara Transfer Uang dari Luar Negeri ke Indonesia
Cara Transfer Uang dari Luar Negeri ke Indonesia

Seiring berkembangnya teknologi di era digital saat ini, proses transfer atau kirim dana dari atau ke negara mana pun menjadi semakin mudah. Begitu juga dengan menerima dana dari negara yang berbeda.

Ada banyak alternatif cara transfer uang dari luar negeri ke Indonesia yang bisa kamu gunakan saat ini. Mulai dari menggunakan fasilitas jasa keuangan atau perbankan sampai aplikasi mobile yang kini sudah semakin mudah diakses.

Proses pengiriman atau penerimaan dana dari luar negeri pun terbilang mudah. Uang yang dikirim dari suatu negara bisa langsung masuk ke rekening pribadi atau bahkan dicairkan secara tunai tanpa ribet. Bahkan, kamu juga bisa mengirim kembali dana tersebut ke rekening bank lain.

Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan data atau dokumen tertentu sebagai bagian dari persyaratan yang dibutuhkan agar bisa menerima atau mengirim dana dari luar negeri. Selain itu, cari tahu terlebih dulu berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh pengirim dana agar dapat melakukan cara transfer uang dari luar negeri ke Indonesia.

Baca juga: 12 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Dengan Cepat & Mudah

Data untuk Menerima Uang dari Luar Negeri

Data untuk Menerima Uang dari Luar Negeri
Data untuk menerima uang dari luar negeri

Jika kamu adalah pihak yang akan menerima dana yang dikirim dari luar negeri, maka ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi agar dapat menerima dan mencairkan dana tersebut. Berikut ini adalah data untuk menerima uang dari luar negeri yang perlu dipersiapkan.

  • Nama dan alamat lengkap
  • Jumlah yang yang akan dikirimkan atau diterima
  • Nama dan alamat bank yang digunakan penerima
  • Nomor dan jenis rekening bank yang digunakan penerima
  • Nomor routing bank yang digunakan penerima
  • Kode SWIFT atau BIC bank yang digunakan penerima (jika perlu)
  • Referensi transfer

 

Cara Terima Uang dari Luar Negeri

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menerima uang dari luar negeri. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dipilih sesuai bank atau layanan perbankan dan keuangan yang digunakan penerima.

1. Cara terima uang dari luar negeri lewat Western Union

Cara terima uang dari luar negeri lewat Western Union
Cara terima uang dari luar negeri lewat Western Union

Salah satu layanan yang memfasilitasi cara transfer uang dari luar negeri ke Indonesia adalah Western Union. Layanan yang satu ini sudah menjangkau wilayah di Indonesia dengan biaya transaksi berkisar antara Rp50—Rp100 ribu. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan.

  • Login ke situs resmi Western Union
  • Masukkan nomor pelacakan
  • Datang langsung ke kantor terdekat Western Union
  • Siapkan data diri dan isi formulir tanda terima uang dari luar negeri
  • Terima uang secara tunai berhasil

 

Baca juga: 10 Cara Ampuh Menabung yang Benar untuk Mencapai Tujuan Finansial

2. Cara terima uang dari luar negeri lewat PayPal

PayPal merupakan platform digital yang memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk melakukan transaksi uang secara online, baik di dalam maupun luar negeri. Selain menyediakan fasilitas pengiriman uang dari mana saja, kamu juga bisa menggunakan layanan ini sebagai alat pembayaran virtual untuk belanja.

Untuk memanfaatkan layanan ini, kamu harus lebih dulu membuat akun PayPal sehingga uang yang dikirim dari luar negeri akan diterima dalam bentuk saldo PayPal. Setelah itu, barulah kamu bisa mentransfer saldo PayPal ke rekening bank pribadi.

Berikut adalah cara transfer uang dari luar negeri ke Indonesia melalui PayPal.

  • Login ke situs atau aplikasi PayPal
  • Pilih menu PayPal balance, lalu klik "Withdraw Money”
  • Pilih rekening bank yang akan digunakan penerima
  • Tentukan jumlah dana yang akan dikirimkan
  • Pilih "Transfer"

3. Cara terima uang dari luar negeri lewat bank

Saat ini, sudah banyak bank yang bisa langsung menerima kiriman dana dari luar negeri. Beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk terima uang dari luar negeri lewat bank adalah:

  • Datang ke kantor cabang bank penerima
  • Tunjukkan kartu identitas diri, seperti KTP atau paspor
  • Isi formulir penerimaan uang
  • Tuliskan nama dan data pengirim yang dibutuhkan
  • Tuliskan jumlah uang yang akan dikirim atau diterima
  • Cantumkan kode transfer dari pengirim

 

Baca juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Penghasil Uang Resmi dari Pemerintah

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Transfer Uang dari Luar Negeri

tips untuk transfer uang ke luar negeri
Tips untuk transfer uang ke luar negeri

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan transfer atau terima dana dari luar negeri. Hal ini menjadi penting agar proses pengiriman uang dapat berjalan lancar sehingga tidak menimbulkan kerugian apa pun, baik dari pihak pengirim maupun penerima.

1. Kumpulkan informasi penting

Dalam proses transfer uang internasional, ada beberapa informasi yang perlu dikumpulkan sebagai persyaratan penerimaan dana. Secara umum, berikut adalah informasi yang harus kamu siapkan sebelum menerima transfer uang dari luar negeri.

  • Nama dan alamat lengkap penerima
  • Jumlah uang yang akan dikirimkan atau diterima
  • Nama dan alamat bank yang digunakan penerima
  • Nomor rekening dan jenis bank yang digunakan penerima
  • Nomor routing bank penerima.
  • Kode SWIFT atau BIC bank penerima (jika perlu)
  • Referensi transfer

 

2. Cari tahu biaya yang dibutuhkan

Berbeda dengan transfer antar rekening yang bisa dilakukan secara gratis, cara transfer uang dari luar negeri ke Indonesia tentu membutuhkan biaya. Biaya tersebut perlu dikeluarkan oleh pihak pengirim atau penerima.

Untuk transfer menggunakan SWIFT misalnya, pengirim dana dapat menentukan apakah biaya transaksi akan dibebankan kepada pengirim atau ditanggung oleh penerima. Oleh karena itu, pastikan kamu dan pengirim dana sama-sama memahami biaya yang perlu dikeluarkan saat melakukan transfer internasional.

3. Ketahui durasi transfer

Durasi atau waktu yang dibutuhkan untuk mengirim atau menerima uang dari luar negeri bergantung pada metode yang digunakan dalam proses transfer. Biasanya, transfer bank internasional akan berhasil dilakukan dalam waktu mulai dari satu sampai lima hari kerja.

Baca juga: 7+ Aplikasi Penghasil Uang Tercepat dan Terbaik

4. Ketahui biaya transfer

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada sejumlah biaya yang perlu dilakukan ketika kamu melakukan cara transfer uang dari luar negeri ke Indonesia. Biaya tersebut mencakup biaya transaksi yang dikenakan bank atau layanan keuangan, biaya pengiriman di luar mata uang dolar Amerika, dan biaya lain yang mungkin dibebankan saat proses transfer dilakukan.

Saat ini sudah ada layanan pengiriman uang secara internasional yang memudahkan pengirim atau penerima dana dalam melakukan transaksi tanpa biaya. Oleh karena itu, kamu perlu mencari tahu mana layanan transfer internasional yang lebih menguntungkan.

Baca juga: 13 Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan

Demikianlah informasi yang kamu perlukan untuk melakukan transfer atau menerima dana dari luar negeri ke Indonesia. Untuk mendapatkan informasi akurat mengenai proses transfer internasional ini, pastikan kamu sudah berkonsultasi langsung dengan pihak penyedia layanan transfernya.

Hal ini diperlukan agar pengirim dan penerima sama-sama mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan untuk proses pengiriman dana dan siapa yang akan menanggung biaya transaksi tersebut.

Jika kamu memerlukan informasi lain terkait layanan keuangan, kunjungi situs BMoney atau gunakan aplikasinya dengan cara mengunduhnya terlebih dulu melalui Play Store atau App Store

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!