Ketahui Fungsi eDABU BPJS Kesehatan dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Uji Agung Santosa

19 September 2023

Pengertian eDabu BPJS Kesehatan dan Fungsinya (123rf.com)
Pengertian eDabu BPJS Kesehatan dan Fungsinya (123rf.com)

Layanan BPJS Kesehatan merupakan satu badan hukum publik yang dibentuk sebagai penyelenggara program jaminan kesehatan seperti yang tercantum dalam UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. 

 

Sebagai jaminan kesehatan, BPJS menjalankan prinsip asuransi sosial dan ekuitas dengan tujuan menjamin seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan pemeliharaan dan perlindungan kesehatan.

Bagi sebuah perusahaan, BPJS Kesehatan menjadi solusi terbaik dalam penyelenggaraan asuransi kesehatan untuk para pekerja. Dalam prosesnya, ada sebuah sistem bernama eDABU BPJS Kesehatan yang memfasilitasi perusahaan dalam mendaftarkan atau menonaktifkan karyawan sebagai peserta BPJS Kesehatan. 

Seperti apa lengkapnya? Simak uraian berikut ini!

Pengertian eDABU BPJS Kesehatan

Bagi individu, sistem eDABU BPJS Kesehatan memang belum terlalu familiar. Pasalnya, sistem ini lebih banyak dipakai oleh satu badan usaha atau perusahaan dalam mengelola keanggotaan JKN-KIS para karyawannya. 

eDABU sendiri merupakan singkatan dari Elektronik Data Badan Usaha, yaitu sebuah sistem dari BPJS Kesehatan yang khusus dibuat untuk badan usaha guna mendata para pekerjanya agar dapat terdaftar di BPJS Kesehatan. 

Sistem eDABU telah diluncurkan sejak 2015 lalu menggunakan nama New E-dabu 1.0, kemudian muncul eDABU 3.1, dan pada pertengahan 2019, muncul lagi eDABU 4.2. Sistem versi terbaru tersebut punya fitur yang lebih lengkap dan lebih user friendly dibanding versi sebelumnya. 

eDABU atau e-Dabu adalah inovasi di bidang teknologi yang dimiliki BPJS untuk memudahkan badan usaha, organisasi atau perusahaan dalam mengakses pelayanan kesehatan untuk karyawannya. 

Dengan menggunakan aplikasi ini, tenaga administrasi di satu perusahaan bisa mendaftarkan peserta baru, melakukan klaim pembayaran dan keperluan lain secara lebih praktis. 

eDABU dilengkapi dengan berbagai fitur yang bertujuan memudahkan peserta BPJS, dalam hal ini perusahaan, untuk mengatur dan mengakses layanan yang dibutuhkan para pekerja. 

Baca juga: Link Pcare Eclaim BPJS Kesehatan Terbaru, Akses Disini!

Fitur eDABU BPJS Kesehatan yang Memudahkan Pengguna

Sebagai sebuah sistem, eDABU BPJS Kesehatan dilengkapi fitur-fitur yang bertujuan untuk memudahkan para penggunanya. Fitur dalam sistem ini cukup lengkap, mulai dari pendaftaran hingga cek nomor keanggotaan. Seperti apa penjelasannya? 

1. Upload Data Massal

eDABU memiliki fitur input data yang memungkinkan dipakai untuk mengunggah data anggota dalam jumlah banyak. Mengingat sistem ini dibuat untuk perusahaan atau badan usaha, fitur ini sangat penting dan memudahkan karena jumlah karyawan di satu perusahaan pasti tidak sedikit. 

Sebelumnya informasi data para karyawan harus lebih dulu disimpan dalam format Excel. Setelah itu, masukkan secara otomatis ke dalam sistem. Fitur ini tentu sangat membantu tenaga administrasi dalam mengefisienkan waktu. 

2. Cek Status Data

Fitur lain yang disediakan eDABU adalah cek status dart. Dengan fitur ini, tenaga administrasi bisa melakukan pengecekan status keanggotaan dan memverifikasi keanggotaan para karyawan dengan cara login ke dalam sistem.

3. Laporan Iuran Peserta

eDABU BPJS Kesehatan dilengkapi fitur pembayaran premi setiap anggota. Bagian administrasi perusahaan bisa melakukan pengecekan iuran karyawan yang masuk dalam sistem. 

4. Cek Nomor Kepesertaan

Setelah pengajuan BPJS Kesehatan melalui eDABU disetujui, pihak administrasi bisa melihat nomor kepesertaan karyawan yang ditampilkan pada aplikasi. Dengan fitur ini, proses pengecekan bisa dilakukan dengan mudah; tak perlu datang ke kantor BPJS.

5. Approval

Dengan fitur Approval yang ada pada aplikasi eDABU BPJS Kesehatan, bagian administrasi perusahaan dapat memberikan persetujuan secara online terhadap data pekerja yang baru masuk, sehingga lagi-lagi tidak perlu datang ke kantor BPJS. 

6. Fitur Tambah dan Edit

Fitur ‘Tambah dan Edit’ disediakan untuk memudahkan perusahaan mengubah informasi data yang bisa berubah sewaktu-waktu. Misalnya, menambah jumlah anggota, alamat, nomor telepon, foto profil, atau mutasi pegawai. Akan tetapi, jika terjadi ketidakcocokan data pribadi, bagian administrasi perusahaan harus datang ke kantor BPJS untuk mengurusnya. 

7. Laporan Rekap Iuran

Fitur yang dimiliki eDABU BPJS Kesehatan ini memudahkan bagian administrasi perusahaan untuk mengunduh jumlah iuran bulanan seluruh pekerja yang terdaftar sebagai peserta BPJS.

8. Cetak Kartu dan Cetak Tagihan

Perusahaan melalui bagian administrasi dapat mencetak kartu elektronik BPJS Kesehatan dan rekapitulasi tagihan iuran.

Langkah-langkah Daftar eDABU BPJS Kesehatan

Langkah Daftar Edabu BPJS Kesehatan
Langkah Daftar Edabu BPJS Kesehatan

Jika kamu adalah tenaga administrasi perusahaan yang bertugas mengurus asuransi kesehatan para karyawan, simak langkah-langkah mendaftarkan peserta melalui aplikasi eDABU berikut ini.

Namun, pastikan kamu sudah mendaftar agar dapat mengakses seluruh fitur, termasuk menambah peserta baru. Selanjutnya lakukan cara-cara berikut ini!

Baca juga: Inilah 10 Perusahaan Kapitalisasi Terbesar di BEI. Apakah Layak Dikoleksi?

1. Lengkapi Data Diri

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melengkapi data diri sesuai e-KTP, kemudian:  

  • Kunjungi website https://new-edabu.bpjs-kesehatan.go.id.
  • Apabila belum pernah mendaftar pilih “Registrasi”.
  • Masukkan username dan password, kemudian klik “Sign UP” jika kamu sudah memiliki akun sebelumnya.
  • Pilih “Daftar Peserta”, lalu klik “Tambah Peserta”.
  • Lengkapi data yang diminta; pastikan data e-KTP sudah sesuai dengan catatan Dukcapil.
  • Isi data berdasarkan domisili anggota pada menu “Fasilitas Kesehatan”.
  • Lengkapi data pada menu “Unit Kerja”.
  • Setelah memastikan semua data terisi, klik “Simpan”. 
  • Selanjutnya klik “Approval” lalu pilih “Approval Peserta Baru”, kemudian klik “Jenis Mutasi” dan pilih “Baru”.
  • Pilih “Lihat Data” sesuaikan tanggal dengan waktu penyimpanan data.
  • Terakhir, klik tombol “Check and Approve” dan pengajuan pun segera diproses.

2. Cek Tiket Pengirim

Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, data yang kamu input sudah masuk ke dalam sistem antrean BPJS Kesehatan. Status anggota dapat dilihat melalui tiket pengiriman, berikut langkah-langkahnya untuk mengeceknya. 

  • Login aplikasi eDABU via aplikasi di ponsel atau browser laptop menggunakan akunmu.
  • Buka menu “Home”
  • Nomor tiket akan ditampilkan di halaman utama.

Apabila masih bingung, perhatikan bahwa tanggal kirim yang muncul pada sistem adalah hari saat pihak administrasi melakukan approval. Klik “Unduh” untuk menampilkan detail informasi lebih lengkap.

3. Cek Nomor BPJS Kesehatan

Setelah pendaftaran disetujui, langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah mengecek nomor BPJS Kesehatan. Caranya: 

  • Login akun eDABU melalui aplikasi di ponselmu atau browser pada laptop.
  • Pilih “Data Peserta”, kemudian klik “Mutasi Peserta” dan masukkan nama anggota BPJS Kesehatan.
  • Klik “Cari” untuk menemukan data peserta, setelahnya data dan NOKA BPJS Kesehatan akan muncul dan siap cetak melalui e-ID.

Manfaat eDABU untuk Organisasi atau Perusahaan

Manfaat Edabu Bpjs Kesehatan Bagi Perusahaan
Manfaat Edabu Bpjs Kesehatan Bagi Perusahaan

eDABU BPJS Kesehatan tidak hanya menawarkan kemudahan dalam mengurus asuransi kesehatan karena menggunakan sistem atau aplikasi ini ternyata juga memiliki manfaat ekonomi, terutama bagi organisasi atau satu badan usaha. 

Apa saja keuntungan dari menggunakan aplikasi ini?

1. Mengurangi Biaya Administrasi

Untuk mengurus administrasi para karyawan, perusahaan atau badan usaha pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Nah, dengan keberadaan sistem atau aplikasi eDABU, biaya-biaya tersebut bisa dipangkas. Perusahaan tidak perlu menyediakan biaya untuk pengayaan kertas atau pengayaan ongkos kirim dokumen. 

2. Proses Klaim Biaya Kesehatan Lebih Cepat

Proses klaim kesehatan yang dilakukan secara manual membutuhkan waktu yang cukup lama, belum lagi adanya risiko kesalahan dalam prosesnya. Aplikasi eDABU hadir untuk membantu meminimalkan keterlambatan pembayaran premi peserta sehingga tidak akan ada lagi potongan gaji untuk membayar tunggakan iuran BPJS.

3. Meningkatkan Kesejahteraan Pekerja

Setiap perusahaan yang memperhatikan kesehatan para pekerja tentu dapat meningkatkan loyalitas dan kepuasan pekerja itu sendiri. Dengan mendaftarkan para karyawan tersebut melalui aplikasi eDABU, tentu bisa berdampak pada produktivitas dan kinerja pekerja secara keseluruhan. 

Menggunakan aplikasi eDABU, tenaga administrasi sebuah perusahaan akan mendapat banyak kemudahan. Mereka bisa mendaftarkan para pegawai untuk mendapatkan fasilitas jaminan kesehatan, tanpa perlu datang dan antre di kantor BPJS di tengah jam kerja. Cukup lewat aplikasi eDabu yang bisa diakses secara online, semuanya selesai dalam waktu singkat tanpa perlu biaya tambahan.

Sistem buatan BPJS Kesehatan seperti eDABU ini menunjukkan bahwa BPJS terus berinovasi. Sebagai badan hukum publik, BPJS Kesehatan melakukan investasi pada instrumen yang aman seperti deposito dan SBN atau surat berharga yang diterbitkan negara.

Baca juga: Jajaran Saham Kesehatan yang Layak Koleksi Tahun Ini

Dari hasil investasinya, BPJS mencatatkan pendapatan investasi sebesar Rp 2,89 Triliun, naik sebesar 102% secara tahunan atau year on year/yoy. Apakah kamu tertarik untuk berinvestasi seperti yang dilakukan BPJS Kesehatan? Tidak ada salahnya untuk memulai! 

Sebagai langkah awal, kamu bisa mengunduh aplikasi investasi BMoney yang siap membantu investor pemula. Aplikasi yang sudah terdaftar di OJK ini terjamin aman dan menyediakan beragam instrumen investasi, mulai dari saham sampai reksa dana. Tunggu apa lagi? Segera unduh BMoney melalui App Store atau Play Store!

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!