Harga Cincin Emas 1 Gram 24 Karat Hari Ini, Wajib Tahu Sebelum Beli!

Uji Agung Santosa

29 Agustus 2023

Harga Cincin Emas Terkini (123rf.com)
Harga Cincin Emas Terkini (123rf.com)

Dari tahun ke tahun harga emas cenderung melonjak. Begitu pula harga cincin emas 1 gram di toko. Hal ini karena selain keindahannya, emas dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang yang menguntungkan. Bagi kamu yang ingin berinvestasi dalam bentuk logam mulia, mari menyelisik harga cincin emas 1 gram terkini tahun 2023.

Harga Cincin Emas Terbaru 2023

Harga cincin emas dapat bervariasi, bergantung pada berbagai faktor seperti ukuran, jenis, karat, merek, dan lokasi pembelian atau penjualan. Di samping itu, harga emas sendiri bisa berubah sewaktu-waktu dengan sangat cepat bergantung pada faktor pasar dan politik yang memengaruhi harga emas, seperti fluktuasi harga emas dunia, kurs mata uang rupiah terhadap dolar AS, dan kebijakan perdagangan emas di suatu negara.

Di Indonesia, harga per gram emas 20-24 karat pada bulan Mei 2023 adalah sekitar Rp800 ribu hingga Rp1,1 juta. Sementara itu, harga beli emas di Indonesia pada bulan Mei 2023 adalah sekitar Rp990 ribu sampai Rp1,1 juta per gram untuk emas 24 karat, dengan harga beli emas lebih rendah untuk karat yang lebih rendah.

Lalu, harga jual kembali emas di Indonesia pada bulan Mei 2023 adalah sekitar Rp800 ribu sampai Rp1 juta per gram untuk emas 24 karat, dengan harga jual emas lebih rendah untuk karat yang lebih rendah. Untuk satu buah cincin, jumlah gram dan karat emas biasanya akan disesuaikan dengan selera dan kemampuan penggunanya.

Baca juga: Tertarik Investasi, Ini Harga 1 Lot Saham BCA Terbaru

Hanya 2 Menit Bisa Mulai Investasi Saham  Reksa Dana

Harga Cincin Emas Berdasarkan Jumlah Karat

Selain banyak faktor yang disebutkan di atas, harga cincin emas 1 gram di toko akan sangat dipengaruhi oleh berat gram dan juga jumlah karatnya. Emas terdiri dari berbagai karat, yang mengacu pada tingkat kemurnian emas dalam sebuah barang. Emas 24 karat dianggap sebagai emas murni, sedangkan emas dengan karat yang lebih rendah mengandung lebih sedikit emas murni dan lebih banyak campuran logam.

Adapun beberapa karat emas umum dan tingkat kemurnian yang diwakilinya adalah sebagai berikut:

  • Emas 24 karat: 99,9% emas murni
  • Emas 23 karat: sekitar 95,8%
  • Emas 22 karat: sekitar 91,7%
  • Emas 20 karat: sekitar 83,3%
  • Emas 18 karat: sekitar 75%
  • Emas 14 karat: sekitar 58,3%
  • Emas 10 karat: sekitar 41,7%

 

Dalam perdagangan emas, semakin tinggi karatnya, akan semakin tinggi tingkat kemurnian emas, dan semakin mahal harga jualnya.

1. Harga Cincin Emas 1 Gram 24 Karat

Emas 24 karat merupakan nilai karat tertinggi yang paling murni di antara jenis emas lainnya Teksturnya lebih lunak dan lebih mudah dibentuk karena tidak ada campuran logam lain yang menambah kekerasannya. 

Emas ini sering digunakan dalam pembuatan perhiasan dan barang mewah yang memerlukan kemurnian dan keanggunan maksimal. Saat ini, kisaran harga cincin emas 1 gram 24 karat adalah Rp990 ribu sampai Rp1,1 juta per gram.

2. Harga Cincin Emas 1 Gram 23 Karat

Emas 23 karat mengandung 23 bagian emas murni dan 1 bagian logam lain, seperti tembaga, perak, atau seng. Meski teksturnya relatif lebih keras, tapi kilauannya tetap indah dan tahan karat. Perkiraan harga emas 23 karat saat ini berkisar antara Rp943 ribu sampai Rp1,05 juta per gram.

3. Harga Cincin Emas 1 Gram 22 Karat

Cincin emas 22 karat sering dijadikan alternatif pembelian karena memiliki harga lebih murah dengan kemurnian cukup tinggi yaitu 22/24 atau sekitar 91,7% emas murni dan 8,3% logam campuran, biasanya perak atau tembaga.

Per Mei 2023, perkiraan harga emas 22 karat di Indonesia adalah sekitar Rp896 ribu sampai Rp1 juta per gram dengan asumsi harga emas dunia sekitar USD1.800-1.900 per ons troy, dan kurs rupiah terhadap dolar AS sekitar Rp14.000-14.500.

Baca juga: Praktis dan Aman, Begini Cara Menabung Emas di Pegadaian

Tips Memilih dan Membeli Cincin Emas

Tips memilih cincin emas.
Tips memilih cincin emas.

Untuk membeli cincin emas yang sesuai, pembeli tentu harus berhati-hati. Simak beberapa tips untuk memilih dan membeli cincin emas berikut ini.

1. Tentukan Jenis Emas yang Ingin Digunakan

Sebelum membeli, tentukan lebih dulu jenis emas atau logam mulia yang ingin digunakan. Berikut pilihan logam mulia yang umum digunakan pada cincin emas.

Emas Kuning

Emas kuning adalah logam mulia yang paling umum digunakan pada cincin emas. Emas kuning biasanya dicampur dengan tembaga dan perak sehingga memberikan warna kuning yang khas. Emas kuning juga lebih tahan lama dan kurang rentan terhadap goresan ketimbang logam putih.

Emas Putih

Emas putih diperoleh dengan mencampur emas kuning dengan logam putih seperti nikel, palladium, atau perak. Emas putih memiliki warna abu-abu yang menarik dan memiliki tampilan yang lebih sederhana ketimbang emas kuning sehingga sering digunakan dalam desain cincin modern dan minimalis. Namun, emas putih cenderung lebih mahal daripada emas kuning.

Emas Rose

Emas rose adalah campuran emas kuning dengan tembaga, yang memberikan warna merah muda pada logam. Emas rose memberikan tampilan yang sangat elegan dan populer untuk cincin tunangan dan pernikahan.

Platinum

Platinum adalah logam mulia yang sangat kuat dan tahan terhadap karat. Platinum lebih mahal daripada emas dan sering digunakan untuk cincin pernikahan karena daya tahannya yang tinggi.

Palladium

Palladium adalah logam mulia yang mirip dengan platinum dalam hal penampilan dan kekuatan, tetapi harganya lebih murah. Palladium sering digunakan sebagai pengganti platinum dalam desain cincin pernikahan.

2. Tentukan Anggaran

Tentukan anggaran yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan kemampuan finansial sebelum membeli cincin emas. Pastikan anggaran yang digunakan adalah uang dingin, bukan yang berasal dari pinjaman.

3. Periksa Kualitas Emas

Pastikan emas yang dibeli telah diuji keasliannya menggunakan alat tes keaslian emas atau membeli dari toko emas yang terpercaya. Selain itu, perhatikan faktor berikut untuk menentukan kualitas emas.

Karat

Karat mengacu pada kadar kemurnian emas dan digunakan sebagai ukuran kualitas emas. Semakin tinggi karatnya, semakin murni emasnya dan semakin mahal harganya.

Warna

Warna emas dapat bervariasi, tergantung pada campuran logam lain yang digunakan. Pilihan warna emas tergantung pada preferensi pribadi.

Kekerasan

Emas yang murni lebih lembut daripada emas yang dicampur dengan logam lain. Emas yang lebih murni mungkin lebih rentan terhadap goresan dan aus, sedangkan emas yang dicampur dengan logam lain biasanya lebih tahan lama.

Desain

Desain cincin emas juga dapat mempengaruhi kualitasnya sehingga perlu disesuaikan dengan selera dan gaya pribadi. Desain yang semakin rumit dan bentuk atau potongan yang semakin unik biasanya dihargai lebih mahal.

Baca juga: Begini Cara Dapat Keuntungan Investasi Emas Antam Secara Maksimal!

4. Sertifikasi

Sebelum membeli, pastikan untuk memeriksa sertifikat dan hanya membeli cincin emas yang telah disertifikasi oleh badan sertifikasi terpercaya. Sertifikasi menjamin bahwa cincin emas yang dibeli adalah asli dan berkualitas.

5. Berat Emas

Perhatikan berat emas dari cincin yang ingin dibeli. Semakin berat cincin emas, biasanya semakin mewah dan mahal harganya. Perhatikan juga bahwa harga emas biasanya dihitung berdasarkan gram. Jadi pastikan untuk memperhatikan berat cincin dalam gram.

6. Cari Harga yang Terbaik

Bandingkan harga cincin emas dari beberapa toko emas yang berbeda untuk mendapatkan harga yang terbaik. Jangan ragu untuk menawar harga jika merasa harga yang ditawarkan terlalu mahal. Jangan terburu-buru dalam membeli cincin emas. Pertimbangkan semua faktor dan pastikan untuk membeli cincin yang sesuai dengan kebutuhan dan selera pribadi.

7. Penjual

Belilah cincin emas hanya dari penjual yang terpercaya. Pastikan bahwa penjual memiliki reputasi yang baik dan memiliki pengalaman dalam menjual cincin emas. Jangan ragu untuk meminta referensi atau mencari testimoni dari pelanggan lainnya sebelum membeli.

Baca juga: Begini Cara Jual Foto di Shutterstock, Dijamin Cuan!

Cara Mengetahui Cincin Emas 1 Gram Asli

1. Terdapat Penanda Jumlah Karat

Cincin emas yang benar-benar asli akan memiliki tanda atau cap pada permukaannya, yang mengindikasikan kadar atau kemurnian emas. Tanda tersebut umumnya berwujud gambar liontin, cap segel, atau tulisan dengan huruf spesifik seperti "22K," "18K," atau "14K."

2. Tahan Karat dan Warna Tidak Berubah

Selain itu, emas murni cenderung tidak mengalami perubahan warna. Apabila cincin emas mengalami perubahan warna atau redup, besar kemungkinan itu bukan emas asli.

3. Memiliki Berat yang Pas

Cincin emas 1 gram yang asli harus memiliki berat sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan. Jika cincin terasa sangat ringan atau terlalu berat, hal ini bisa menjadi indikasi bahwa cincin tersebut bukan emas tulen.

4.  Non-Reaktif terhadap Magnet

Lebih lanjut, emas murni tidak akan tertarik oleh magnet. Jika cincin emas 1 gram melekat pada magnet atau menunjukkan sedikit tarikan, besar kemungkinan bukan emas murni.

5. Tidak Gatal dan Tidak Meninggalkan Noda

Cincin Emas tulen tidak akan membuat kulit pemakainya terasa gatal dan juga tidak akan menyebabkan noda pada kulit saat dikenakan.

Baca juga: 20+ Cara Dapat Uang 500rb Sehari dengan Modal Minimal!

Penting diingat bahwa harga cincin emas 1 gram di toko bisa bervariasi dan akan selalu berfluktuasi dengan cepat sekaligus sulit diprediksi. Jadi sebelum membeli, pastikan lebih dulu kamu menerapkan tips-tips di atas.

Selain itu, sekarang kalian bisa membeli emas dan perhiasan seperti cincin, kalung dan gelang di Bling by BMoney! Kunjungi sekarang dan dapatkan diskon dan banyak promo menarik lainnya hanya untuk Kamu.

 

Nah, untuk kamu yang tertarik berinvestasi selain emas, di BMoney kamu bisa mulai investasi reksa dana atau saham. Aplikasi ini sudah pasti aman, dan tepercaya karena telah terdaftar dan diawasi OJK. Yuk mulai investasi sekarang!

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!