Karakteristik Hedge Fund dan Perbedaannya dengan Mutual Fund! 

Uji Agung Santosa

20 Mei 2023

Mengenal apa itu hedge fund (123rf.com)
Mengenal apa itu hedge fund (123rf.com)

Dalam dunia investasi, terdapat beragam istilah yang mungkin jarang didengar oleh masyarakat awam, terutama mereka yang belum pernah menjadi investor. Nah, jika kamu baru saja terjun di dalamnya, mungkin kamu pernah mendengar istilah-istilah asing tanpa mengetahui artinya.

Pernah mendengar istilah hedge fund dalam dunia investasi? Kalau belum pernah, kamu berada di laman artikel yang tepat karena kali ini kita akan membahas apa itu hedge fund dan perbedaannya dengan investasi lain.

Apa Itu Hedge Fund?

Hedge fund adalah dana kelolaan yang melibatkan teknik trading tingkat tinggi yang bersifat rumit dan ekstensif. Oleh karena itu, dibutuhkan hedge fund manager untuk dapat mengelola dana tersebut.

Awalnya, dana dalam bentuk hedge fund ini dikelola dengan tujuan untuk melindungi aset dari risiko pasar. Dana tersebut dianggap mampu melindungi nilai atau hedge aset investasi tertentu dari fluktuasi pasar dengan cara short selling. Inilah awal mula muncul istilah hedge fund.

Dalam perkembangannya, hedge fund tidak hanya berperan dalam melindungi investasi dari fluktuasi pasar saham, tapi juga dapat dimanfaatkan untuk mengejar kinerja investasi di atas rata-rata. Dengan demikian, seluruh tindakan yang dilakukan dalam pengelolaan dana tersebut akan melibatkan banyak hal yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Arti Current dalam Investasi Saham!

Dana kelolaan ini tidak hanya terbatas pada trading biasa, fund manager yang bertugas mengelola dana tersebut dengan melakukan short selling juga menggunakan leverage dan trading derivatif. Hal ini dilakukan untuk mengonstruksi portofolio sekaligus melakukan manajemen risiko dengan cara-cara yang tidak biasa agar kinerja investasi jadi lebih baik.

Oleh karena itu, pemasaran dana kelolaan jenis ini dibatasi oleh para pemangku jabatan di pemerintahan tiap-tiap negara. Selain itu penghimpunan dana dengan konsep tersebut bersifat tidak likuid sehingga penyimpanan aset harus dilakukan selama setahun dalam periode penguncian. Penarikan dana kelolaannya baru bisa dicairkan setelah dua tahun atau jangka waktu tertentu.

Karakteristik Hedge Fund

Karakteristik hedge fund.
Karakteristik hedge fund.

Dalam setiap sistem pengumpulan dana investasi, terdapat karakteristik khusus yang membedakan tiap konsep dengan konsep investasi lainnya. Berikut ini adalah karakter khusus yang membedakan hedge fund dengan investasi lainnya.

1. Hanya untuk kalangan tertentu

Investor yang ingin menanamkan asetnya dalam bentuk hedge fund harus memenuhi kriteria tertentu, seperti jumlah pendapatan minimum yang cukup besar sehingga tidak semua orang bisa ikut berpartisipasi dalam himpunan dana kelolaan tersebut.

2. Lingkungan investasi yang ekstensif

Berbeda dengan beberapa dana kelolaan lainnya, semisal reksa dana, lingkup penyaluran hedge fund dapat dikatakan lebih luas. Hedge fund manager sendiri yang akan menganalisis jenis instrumen yang dapat menghasilkan keuntungan optimal dengan risiko minimum.

Baca juga: Istilah dalam Investasi Saham yang Penting Dipahami

3. Dana pinjaman saat mispricing

Mispricing adalah peristiwa yang mengacu pada kondisi ketika harga aset tidak sesuai dengan nilai aslinya. Dalam sistem hedge fund, kejadian tersebut dapat diatasi dengan cara mengambil dana pinjaman untuk mendapatkan keuntungan optimal yang nantinya dibagikan kepada investor.

4. Struktur biaya

Hedge fund adalah konsep pengumpulan dana yang dilakukan oleh manajer investasi dengan menerapkan struktur biaya two and twenty, yaitu potongan biaya sebesar 2 persen untuk dana dan 20 persen untuk keuntungan yang dihasilkan.

Kelebihan dan Kekurangan Hedge Fund

Kelebihan Dan Kekurangan Hedge Fund
Kelebihan Dan Kekurangan Hedge Fund

 

Sama halnya dengan jenis kelolaan dana lainnya, hedge fund juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari konsep investasi tersebut.

Kelebihan hedge fund

Saat berinvestasi menggunakan konsep ini, maka kamu akan memiliki banyak opsi investasi yang bisa dipilih. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya untuk keperluan investasi jangka pendek ataupun jangka panjang. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan keamanannya karena dana ini akan dikelola oleh tenaga yang profesional di bidang investasi. Kelebihan terakhir yang pasti diincar seluruh investor adalah tingkat keuntungannya yang terbilang tinggi.

Kekurangan hedge fund

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tidak semua orang bisa berinvestasi dengan menggunakan konsep hedge fund karena investor yang bisa bergabung harus memiliki modal besar dengan persyaratan tertentu yang sifatnya khusus.

Baca juga: Begini Cara Take Profit atau TP dalam Saham 

Perbedaan Hedge Fund dengan Mutual Fund

Apakah kamu akrab dengan istilah mutual fund? Istilah dalam dunia investasi tersebut mengacu pada program investasi dana kelolaan dalam bentuk reksa dana. Meskipun sama-sama program investasi dana kelolaan, terdapat perbedaan antara hedge fund dengan mutual fund (reksa dana).

1. Target

Jika reksa dana merupakan dana kelolaan yang disediakan untuk investor ritel, maka hedge fund adalah pilihan investasi yang disediakan bagi institusi atau perorangan yang memiliki modal besar seperti institusi.

2. Teknik

Dalam hal teknik, keduanya juga memiliki perbedaan. Hedge fund memiliki teknik investasi yang cenderung lebih rumit dan ekstensif dibandingkan dengan mutual fund karena memiliki opsi untuk menggunakan leverage. Dengan strategi yang berbeda, tidak heran kalau kedua jenis dana kelolaan tersebut juga memiliki risiko sekaligus potensi keuntungan yang berbeda.

3. Batasan

Perbedaan lainnya terdapat pada sistem hedge fund yang tidak memberlakukan batasan-batasan yang ditetapkan pada reksa dana. Inilah yang membuatnya dikenal juga dengan sebutan dana kelolaan berisiko. Meski demikian, krisis finansial yang terjadi di Amerika Serikat dan Eropa pada periode 2007–2008 membuat pemerintah melakukan pengawasan hedge fund yang lebih ketat.

4. Biaya

Biaya yang dikenakan di dalam dua jenis kelolaan dana tersebut tentu saja berbeda. Dalam hedge fund, terdapat biaya manajemen tahunan dari nilai aset bersih dan biaya kinerja dengan nilai rata-rata 20 persen dari kenaikan nilai aset bersih dana kelolaan sepanjang tahun.

5. Efek

Jika efek yang dikelola reksa dana lebih fokus pada saham, pasar uang, pendapatan tetap berbasis obligasi, dan efek campuran di antaranya; maka efek yang dikelola dalam hedge fund lebih luas. Selain efek yang sudah disebutkan, ada juga efek lain seperti komoditas, mata uang, futures, option, dan swap.

Baca juga: Pengertian Sekuritas, Jenis, dan Bentuknya 

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu hedge fund dan perbedaannya dengan mutual fund (reksa dana). Jika modal yang kamu punya belum cukup untuk dapat berpartisipasi dalam kelolaan dana tersebut, jangan putus asa! Kamu tetap bisa berinvestasi di instrumen lain, termasuk instrumen reksa dana. 

Salah satu platform investasi yang bisa kamu gunakan untuk berinvestasi reksa dana adalah BMoney. Melalui aplikasi ini, kamu bisa berinvestasi dengan modal Rp10 ribu saja dan juga bisa melakukan transaksi saham ataupun reksa dana. Tertarik untuk menggunakannya? Download aplikasinya sekarang di Play Store atau App Store.

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!