12+ Hobi yang Menghasilkan Uang Cepat untuk Generasi Milenial

Imanuel Kristianto

15 September 2022

Hobi yang menghasilkan uang (Foto: 123rf)
Hobi yang menghasilkan uang (Foto: 123rf)

Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan manusia akan uang menjadi tidak terelakkan. Tidak heran jika kemudian banyak orang mencari hobi yang menghasilkan uang sebagai cara untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Lihat inspirasi keuangan menarik lainnya di sini.

Mengutip pepatah populer, melakukan hobi yang dibayar adalah pekerjaan yang paling menyenangkan. Saat melakukan kegiatan yang disukai, kita cenderung menikmati apa yang kita kerjakan dan lebih mudah merasa puas atau senang.

Jika melakukan hobi yang tidak dibayar saja sudah terasa menyenangkan, apalagi kalau kita melakukan hobi yang menghasilkan uang kan? Lalu, apa saja macam-macam hobi yang bisa menghasilkan uang dan bagaimana cara memulainya? Simak penjelasan berikut.

Baca juga: 7 Aplikasi Penghasil Uang untuk Dapat Penghasilan Menjanjikan

12 Hobi yang Menghasilkan Uang

hobi yang menghasilkan uang
Hobi yang menghasilkan uang (123rf)

Jika kamu termasuk generasi muda yang sedang mencari peluang atau potensi hobi yang menghasilkan uang, berikut beberapa ide yang bisa kamu jalankan.

1. Blogging

Sejak beberapa tahun ke belakang, kegiatan yang satu ini bukan lagi menjadi sesuatu yang asing bagi generasi muda. Meski bukan penulis andal, banyak anak muda yang kemudian menekuni hobi blogging.

Awalnya, kamu mungkin hanya coba-coba menulis atau mencurahkan isi hati dan pikiranmu ke dalam bentuk tulisan. Namun, lambat laun, hobi tersebut bisa menjadi pekerjaan yang menghasilkan uang jika dilakukan secara konsisten.

Selain bisa menghasilkan uang, kegiatan blogging juga cukup memberikan kebebasan untuk melakukan pekerjaan tersebut secara fleksibilitas. Kamu bisa menulis kapan saja, di mana saja, dan tentang apa saja. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang melalui blogging adalah memasang link affiliate, menulis sponsored post, atau membuat eBook.

2. Menulis

Jika blogging bisa dilakukan secara suka-suka, maka ada lagi satu hobi yang mirip namun harus dilakukan dengan teknik tertentu atau sesuai dengan kaidah penulisan. Hobi yang satu ini adalah menulis. 

Selain bisa menulis di blog, kamu juga bisa menghasilkan uang dari hobi yang satu ini dengan memberikan ulasan tentang film atau buku di media, menulis fitur atau opini di media massa, dan lain sebagainya.

Saat ini, sudah banyak perusahaan agensi yang memberikan tawaran kepada publik untuk menjadi penulis lepas alias freelance writer. Tanpa harus pergi ke kantor, kamu sudah bisa menghasilkan uang lewat tulisan yang kamu buat dan upload di kanal tertentu. Tertarik untuk mencoba?

Baca juga: Cara Dapat Uang 500rb Sehari Tanpa Modal untuk Pelajar

3. Fotografi

Senang dengan dunia fotografi? Jangan cuma dijadikan hobi! Kemampuan yang satu ini diprediksi akan terus berlanjut di masa mendatang. Saat ini, ada banyak perusahaan yang mencari fotografer untuk memotret produk mereka agar bisa dijadikan konten marketing di dunia digital.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan hobi tersebut dengan cara menjadi fotografer acara pernikahan, event atau acara penting, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa mengeksplorasi kemampuan fotografi dengan melakukan editing pada foto yang kamu hasilkan, lalu menjualnya ke agensi foto di internet. Menarik, kan?

4. Dekorasi rumah

Mendekorasi rumah ternyata tidak hanya bisa dilakukan di rumahmu sendiri, tapi juga di rumah orang lain. Saat ini, banyak orang yang sibuk bekerja sehingga tidak sempat untuk mempercantik rumah atau hunian milik mereka. Kesempatan ini bisa kamu jadikan peluang untuk menghasilkan uang dengan cara menawarkan jasa dekorasi rumah atau hunian supaya lebih cantik dan nyaman.

Tapi, mendekorasi ruangan secara estetis ternyata tidak bisa dilakukan sembarangan. Kamu perlu kemampuan sekaligus pengetahuan tentang cara menata ruangan supaya kelihatan bersih, luas, dan estetis.

Beberapa jenis pekerjaan lepas yang bisa kamu tekuni dari hobi yang satu ini antara lain adalah menawarkan jasa dekorasi ruangan, desain interior, atau home organizer. Jika jasamu sudah dikenal, bukan tidak mungkin kalau akan ada banyak orang yang menyebarluaskan skill yang kamu miliki ini kepada pihak lainnya.

Selain mengandalkan word of mouth, kamu juga bisa meningkatkan kredibilitas bisnismu dengan cara membangun online presence dan portofolio di media sosial atau website.

Baca juga: 13 Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan

5. Gaming

gaming menghasilkan uang
Gaming bisa menghasilkan uang (123rf)

Hobi bermain game ternyata bukan hobi yang sia-sia. Saat ini, sudah banyak orang yang menawarkan pembayaran untuk siapa saja yang bisa bermain game. Beberapa cara yang bisa dilakukan lewat hobi yang menghasilkan uang ini antara lain adalah live streaming, membuat video review, atau menjadi tester. Sudah pernah coba?

6. Videografi

Jenis hobi yang menghasilkan uang berikutnya adalah videografi. Dengan meningkatnya penggunaan alat teknologi, makin banyak produk yang dipasarkan dalam bentuk video. Itulah sebabnya, banyak perusahaan yang kemudian mencari videografer untuk membuat video produk mereka makin ciamik.

Nah, jika kamu senang menjalankan hobi yang satu ini, tidak ada salahnya kan kalau membuka jasa videografi untuk profil perusahaan, dokumentasi acara, hingga konten pemasaran.

Namun, jangan lupa untuk terus mempelajari teknik shooting yang dibutuhkan sehingga kemampuan videografi yang kamu miliki makin andal dan tepercaya.

7. Desain dan ilustrasi

Makin tinggi tingkat konsumsi gambar yang diinginkan masyarakat, makin banyak pula desain dan ilustrasi yang dibutuhkan. Kamu yang punya hobi mendesain atau membuat ilustrasi bisa menjadikan hobi ini sebagai ladang keuntungan.

Seperti halnya fotografer dan videografer, seorang desainer atau ilustrator juga bisa mendapat keuntungan maksimal dengan menjadi pekerja lepas atau menawarkan jasanya kepada perusahaan-perusahaan yang bergerak di dunia digital.

Baca juga: 9 Cara Menabung Unik dan Bikin Semangat

8. Memasak

Jangan cuma bereksperimen di dapur, gunakan hobi memasak yang kamu miliki untuk meraup keuntungan. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh penghasilan tambahan dari memasak antara lain adalah membuka jasa katering, bisnis makanan online, atau kursus memasak.

9. Programming

Dari sekian banyak hobi yang menghasilkan uang dalam daftar ini, mungkin inilah hobi yang cukup menyulitkan bagi sebagian orang. Selain tidak bisa dipelajari dan dilakukan sembarang orang, dibutuhkan ketelitian dan keuletan untuk dapat menekuni hobi sekaligus pekerjaan yang satu ini.

10. Melukis 

Kegiatan yang harus dilakukan secara santai ini mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama hingga hasilnya terlihat. Namun, kamu yang punya hobi ini tentu bisa menjadikannya sebagai peluang untuk menghasilkan uang dengan cara menjualnya secara online maupun offline.

Baca juga: Begini Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah yang Mudah Dilakukan!

11. Crafting

Banyak orang menjadikan hobi yang satu ini sebagai ladang keuntungan. Hasil kerajinan tangan yang kamu buat bisa kamu jual secara online ataupun offline dan menitipkannya di pameran-pameran seni. Saat ini, sudah banyak orang yang menyadari pentingnya seni sehingga rela membeli hasil kerajinan tangan dengan harga yang tinggi.

12. Merawat hewan

Bermain-main dengan hewan peliharaan pasti menyenangkan, terutama bagi kamu yang memang hobi merawat hewan peliharaan. Menariknya, hobi yang satu ini bisa juga dijadikan sebagai bisnis dengan cara membuka salon hewan, penitipan hewan, atau menjual makanan dan mainan hewan.

Itulah beberapa hobi yang menghasilkan yang jika dilakukan secara serius bisa menghasilkan pendapatan yang maksimal. Nah, selain berinvestasi dalam kemampuan yang kamu miliki, pastikan kamu juga berinvestasi dengan aset yang kamu punya.

Misalnya, berinvestasi reksa dana mulai dari Rp10 ribu lewat aplikasi investasi BMoney yang bisa kamu download di Play Store atau App Store.

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!