10+ Ide Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

Uji Agung Santosa

22 Februari 2023

Ide Bisnis Online dengan Modal Minimal (123rf.com)
Ide Bisnis Online dengan Modal Minimal (123rf.com)

Kamu ingin memulai bisnis online, tapi masih bingung menentukan pilihan? Terkendala berbisnis karena modal terbatas? Tenang, ada banyak ide bisnis online untuk pemula yang minim modal, bahkan tanpa modal sama sekali, yang bisa kamu coba. Penasaran apa saja? Simak penjelasannya di sini.

10 Ide Bisnis Online Ramah Pemula dengan Modal Kecil

10 ide bisnis online untuk pemula.
10 ide bisnis online untuk pemula.

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis online yang bisa dicoba siapa pun, termasuk kamu yang masih terbilang pemula dan hanya memiliki modal kecil untuk bisa menjalankan usaha.

Baca juga: Ide Bisnis Rumahan untuk Pemula, Modal Kecil Untung Besar!

1. Membuka Toko Online

Ketimbang toko offline, toko online jauh lebih fleksibel karena tidak perlu lapak fisik dan bisa dipantau dari mana saja. Apalagi saat ini teknologi sudah sangat mendukung jual beli online. Agar lebih jelas, berikut beberapa tips membuka toko online yang bisa kamu terapkan.

  • Tentukan produk yang bakal dijual. Misalnya, fashion, perawatan kulit dan kecantikan, produk kesehatan, peralatan olah raga, atau perlengkapan rumah tangga.
  • Sesuaikan dengan modal yang dimiliki. Lebih baik menjual sedikit-sedikit barang yang dibutuhkan banyak orang daripada menyetok dalam jumlah banyak tapi barang keluar lama.
  • Lakukan riset pasar dan manfaatkan platform media sosial ataupun e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada untuk menjajakkan dagangan sekaligus melakukan promosi dan memperluas jangkauan pasar.
  • Sesuaikan jenis barang yang dijual dengan lapak penjualan. Misalnya, Shopee identik dengan penjualan produk fashion dan sejenisnya, sedangkan Tokopedia lebih mengacu pada penjualan barang elektronik, seperti handphone dan laptop.

2. Dropship

Bisnis dropship belakangan mengetren lantaran fleksibel, mudah dilakukan, dan nyaris tak perlu modal untuk menjalankannya. Bertolak belakang dengan reseller ataupun toko online yang mesti berurusan dengan pengadaan dan pengelolaan barang, bisnis dropship bisa dijalankan hanya bermodal foto produk beserta situs web dan platform sosial media untuk mempromosikannya.

Dropshipper hanya perlu bekerja sama dengan supplier produk tertentu, mencari pelanggan yang akan membeli produk, lalu supplier akan mengirim langsung produk ke tangan pembeli menggunakan nama atau brand milik dropshipper. Untuk pembayaran, seluruhnya akan dilakukan via dropshipper.

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Peluang untuk Bisnis Menguntungkan

3. Affiliate Marketing

Meski belum terdengar familiar, konsep affiliate marketing pada dasarnya mirip-mirip dengan reseller dan dropship, yakni memasarkan produk milik penjual untuk mendapatkan komisi, dengan besaran nominal yang tentu saja sesuai kesepakatan dan target yang dihasilkan. 

Perbedaannya, affiliate marketing biasanya memasarkan produk-produk digital dan sering kali melibatkan perusahaan besar, baik di dalam maupun luar negeri. Untuk memulai bisnis ini, kamu hanya perlu mendaftar program affiliate agar segera dipandu untuk memasarkan produk.

4. Kuliner Online

Kamu yang memiliki hobi memasak atau membuat kue, tapi masih sering terbentur modal terutama untuk menyewa tempat ketika ingin memulai usaha, bisa mencoba berbisnis secara online. Dengan begitu, kamu hanya perlu memasarkan penjualan makananmu lewat media sosial. 

Selain itu, kamu juga bisa bekerja sama dengan sejumlah aplikasi layanan pesan antar agar jangkauan pelanggan lebih luas. Sisanya, kamu hanya perlu memikirkan bagaimana promosi yang tepat, menampilkan menu-menu yang menarik,  dan pastinya selalu mempertahankan kualitas untuk terus menarik pelanggan.

5. Menjual Pulsa, Kuota, dan Token Listrik

Meski penjual pulsa, kuota, dan token sudah cukup menjamur, ide bisnis online satu ini akan tetap dicari orang karena perkembangan teknologi dan kebutuhan akan internet saat ini sudah serupa kebutuhan utama. Menjalankannya pun mudah dan tak perlu modal besar. Selain bermodal mulut ke mulut, kamu bisa melakukan promosi penjualan di media sosial.

Baca juga: Ide dan Tips Mengembangkan Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

Agar pelanggan tambah tertarik, kamu tetap perlu melakukan riset pasar. Di antaranya dengan mencari supplier pulsa atau token yang rekam jejaknya baik, tidak lambat, serta cepat merespons. Tak kalah penting, utamakan kualitas layanan agar tertanam loyalitas terhadap pembeli.

6. Pekerja Lepas

Pekerja lepas atau freelancer kini menjadi salah satu profesi yang diakui keberadaannya sekaligus dianggap bisa sama menghasilkannya dengan para pekerja kantoran. Terlebih semenjak pandemi beberapa waktu lalu. Pekerja lepas bisa bergerak di berbagai bidang. Pun bisa sebagai pekerjaan utama, pekerjaan sampingan, atau sekadar untuk mengisi waktu luang. 

Kebanyakan jenis pekerjaan ini memang mengandalkan skill atau kemampuan yang dimiliki semisal jasa penulisan, mengajar, hingga desain. Namun ada pula yang tidak memerlukan skill khusus sama sekali. Jika demikian, cukup sesuaikan saja dengan kebutuhan pasar.

7. Content Creator

Saat ini, content creator merupakan profesi digital yang lazim ditemui, sekaligus salah satu ide bisnis online yang cukup menjanjikan cuan meski dimulai tanpa modal. Sebagaimana namanya, seorang kreator konten akan diminta mengerjakan pembuatan konten dengan hasil menarik dan relevan bagi banyak orang untuk ditampilkan di berbagai media sosial semisal Tiktok dan Instagram. Pendapatan konten kreator dihasilkan dari afiliasi dengan perusahaan yang berkaitan dengan produk, serta monetisasi konten.

Baca juga: Current Artinya dalam Investasi Saham, Wajib Tahu!

8. Jasa Pembuatan Website

Seiring pesatnya pertumbuhan teknologi, pembuatan website turut menjadi bagian penting dari sebuah bisnis. Tak terbatas hanya pada perusahaan, tapi juga individu semisal pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya, hingga keperluan kerja seperti pembuatan portofolio dan CV online.

Bahkan, tak hanya pembuatan website, kamu juga bisa memperluas bisnismu dengan kemampuan serupa lainnya seperti desain website. Menariknya, tanpa perlu modal besar kamu bisa mempelajari skill satu ini lewat berbagai tutorial dan materi pembelajaran di internet, ataupun mengikuti kursus terkait dalam waktu relatif singkat untuk mengasah kemampuanmu.

9. Menjadi Podcaster atau YouTuber

Podcast dan YouTube bukan hanya mengetren di kalangan penonton, tapi juga menjadi ladang cuan bagi para pencipta konten. Konten yang menarik pasti dilirik para pengiklan. 

Namun, sebelum itu, kamu mesti mempersiapkan konten dengan memilih topik-topik menari. Mulai dari isu ringan, mengangkat yang viral, menangkap sisi kemanusian, hingga isu berat nan serius. Yang pasti, kamu harus konsisten dengan yang kamu jalankan, sekreatif mungkin mencari ide, dan hasilnya mungkin akan kamu nikmati satu atau dua tahun ke depan.

10. Bisnis Jasa Titip

Punya hobi travelling? Coba deh buka bisnis jasa titip atau jastip. Tiap barang yang bisa kamu jual selagi jalan-jalan berkisar antara Rp5-50 ribu bahkan ratusan ribu tergantung barang titipan dan di mana membelinya. 

Cara memulai bisnis jastip cukup mudah. Kamu hanya perlu mengonfirmasi lewat media sosial mengenai open jastip dari tempat yang kamu kunjungi, lalu perlihatkan foto produk apa saja yang bisa kamu temukan di sana. Setelahnya buat daftar pemesan dan tentukan harga jual termasuk tarif jastip yang masuk akal.

Baca juga: Ini Dia Mata Uang Tertinggi di Dunia 2023, Penasaran?

11. Jamu Kekinian

Semenjak pandemi beberapa waktu lalu, semakin banyak orang jadi lebih peduli soal kesehatan. Bukan hanya mengonsumsi vitamin dan sejenisnya, produk alami berkhasiat pun jadi incaran. Nah, jadikan momen ini kesempatanmu membuka peluang usaha salah satunya dengan menjual jamu kekinian. Ide bisnis online satu ini terbilang masih jarang karena belum banyak yang menjajakan jamu secara digital.

Untuk memulai, coba dulu dengan modal kecil-kecilan yang mengedepankan keotentikan rasa jamu beserta khasiatnya, serta pengemasan kekinian.Misalnya mengemas jamu ke dalam botol estetik dengan nama unik yang menarik.

Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Cara merealisasikan ide bisnis online.
Cara merealisasikan ide bisnis online.

Setelah mengetahui dan menentukan jenis bisnis online untuk pemula yang tepat untukmu, bersiaplah untuk mengetahui cara memulai bisnis online pilihanmu. Bagaimana caranya?

  1. ​​​​​​​Susun rencana bisnis sederhana,mulai dari yang kecil-kecilan saja
  2. Lakukan riset pasar menyeluruh
  3. Tetapkan target pelanggan agar sesuai sasaran
  4. Pilih platform mana yang akan kamu jadikan wadah berbisnis
  5. Jangan lupa mengoptimalkan fitur yang terdapat dalam marketplace
  6. Buat website penjualanmu agar tampak profesional
  7. Promosikan produk yang kamu miliki di media sosial

Baca juga: 20+ Cara Dapat Uang 500rb Sehari dengan Modal Minimal 2023!

​​​​​​​​​​​Demikian ide bisnis online tanpa modal untuk pemula yang bisa segera kamu coba. Di samping berbisnis untuk menambah penghasilan dan menabung, kamu juga perlu mempersiapkan masa depan dengan mulai berinvestasi. Investasi dapat membantumu mempersiapkan dana masa depan secara lebih akurat dan memperkecil potensi risiko.

Salah satu yang direkomendasikan adalah melakukan diversifikasi aset dengan berinvestasi saham atau reksa dana secara praktis dan aman hanya bermodal Rp10 ribu melalui aplikasi investasi BMoney.  Lewat aplikasi ini, kamu juga bisa mencoba membuat berbagai pilihan produk investasi lainnya yang dapat disesuaikan dengan tujuan keuangan sekaligus kebutuhanmu.

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!