Ide Bisnis Rumahan untuk Pemula, Modal Kecil Untung Besar!

Uji Agung Santosa

13 Februari 2023

Ide Bisnis Rumahan Yang Enak (123rf.com)
Ide Bisnis Rumahan Yang Enak (123rf.com)

Kamu tertarik menghasilkan uang tambahan, tapi bingung mulai dari mana? Ingin memulai bisnis, tapi modal hanya sedikit? Tenang, ada banyak ide bisnis rumahan modal kecil untung besar yang bisa kamu mulai saat ini juga. Penasaran apa saja?

Di era digital seperti sekarang, hal utama yang perlu kamu perhatikan untuk mulai berbisnis adalah pemanfaatan teknologi dan jenis bisnis yang tepat. Kamu juga perlu belajar fleksibel dan tanggap memahami keinginan pasar. Selebihnya, jangan lupa berdoa dan fokus menggapai tujuan.

Nah, buat kamu yang ingin sukses berbisnis rumahan, berikut rekomendasi ide-ide bisnis menarik dengan modal kecil untung besar yang bisa segera kamu coba.

 

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Peluang untuk Bisnis Menguntungkan

1. Bisnis Dropship

Bisnis Dropship
Bisnis Dropship

Bisnis yang satu ini diperkirakan mampu menghasilkan pendapatan mulai dari Rp1 jutaan per bulan, bergantung pada jenis dan jumlah barang yang terjual. Selain mudah dijalankan dan modalnya minim, bisnis dropship juga memungkinkan kamu untuk memasarkan berbagai macam barang dengan keuntungan yang tak main-main. Kamu juga tidak memerlukan keahlian khusus untuk menjalankan bisnis ini.

Cara kerja dropship mirip dengan penjual tangan pertama yang berperan sebagai perantara. Kamu hanya perlu menjual suatu produk yang dibuat oleh produsen atau distributor tertentu dengan harga jual yang kamu tentukan sendiri. Berikutnya, produsen atau distributor tadi yang akan mengirimkan barang, tentunya dengan mengatasnamakan brand milikmu.

Meski tampak mudah, bisnis dropship tidak boleh dilakukan asal-asalan ataupun mengikuti suasana hati. Apalagi, karena potensinya, bisnis ini juga diminati banyak pebisnis lain sehingga persaingannya sangat ketat. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu bagaimana cara efektif untuk mempromosikan barang dropship.

Tips sukses bisnis dropship

a. Perhatikan nilai jual

Ketimbang sekadar menawarkan harga murah, kamu sebaiknya lebih fokus membuat bisnismu tampil beda dari bisnis serupa lainnya. Tampilkan sesuatu yang unik agar menarik minat pembeli dan membangun nilai jual pada bisnismu. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas produk serta layanan pelanggan.

b. Tawarkan keuntungan

Di setiap pembelian tertentu kamu perlu menyematkan sejumlah keuntungan bagi konsumen semisal voucher cashback, diskon, gratis ongkos kirim, hingga bonus produk.

c. Genjot promosi

Lakukan promosi darat dan perluas juga promosi digital. Kamu bisa mengoptimalkan penjualan barang dropship lewat WhatsApp dengan cara broadcast atau membuat status, pun memanfaatkan sosial media semisal instagram dan facebook.

d. Jaga kredibilitas

Buat konsumen percaya pada bisnismu dengan selalu menjaga kredibilitas. Untuk dropship yang mengandalkan transaksi online, kamu bisa mencoba membuat logo sebagai identitas merek, atau bergabung dengan marketplace untuk memperluas jaringanmu.

Baca juga: Arti Cuan yang Dipakai Dalam Bisnis dan Investasi

2. Bisnis Camilan atau Makanan Ringan

Bisnis Cemilan
Bisnis Cemilan

Camilan memiliki banyak jenis dan jangkauan pasarnya sangat luas mengingat semua orang pasti suka dan butuh camilan, meskipun seleranya bisa saja berbeda-beda. Apalagi, memulai bisnis ini tak butuh modal besar dan bisa disesuaikan dengan budget. Namun, di antara banyaknya bisnis camilan yang merebak di pasaran, jangan heran juga jika ada saja yang tampak kurang laris.

Selain pandai memilih dan memilah produk jualan, kamu juga perlu konsisten dan telaten menjalankannya. Berikut tips sukses jualan camilan dan ide-ide bisnis rumahan untuk pemula yang bisa kamu coba. Bisnis yang satu ini diperkirakan mampu menghasilkan pendapatan setidaknya setengah dari modal yang dikeluarkan. 

Tips sukses jualan camilan

a. Perhatikan kualitas

Kualitas camilan yang baik bukan hanya terlihat dari jaminan soal rasa dan keamanan, tapi juga kepercayaan konsumen. Selain hanya menggunakan produk bermutu dan teruji, coba kemas camilan dengan desain menarik dan higienis.

b. Buat strategi

Selain memperhatikan kualitas, kamu juga perlu berstrategi dalam menginovasi produk, menawarkan keunikan, berpromosi offline dan online, serta menentukan target pasar secara berkala mengingat selera orang berubah-ubah seiring waktu.

Ide bisnis Camila

Pertama-tama, kamu perlu menentukan target pasar awal yang paling diminati. Misalnya, kamu bisa memproduksi sendiri berbagai camilan unik kekinian, seperti telur gulung, makaroni, seblak, hingga tahu krispi. Selain itu, lihat kembali minat pasar terutama untuk penjualan musiman. Misalnya menyediakan kue kering menjelang lebaran, atau menyetok beragam keripik karena tahan lama dan bisa dikemas ulang.

Baca juga: Peluang Keuntungan Bisnis Franchise yang Bisa Kamu Dapatkan

3. Bisnis Rental Rumahan

Bisnis rental rumahan
Bisnis rental rumahan

Bisnis rental rumahan berpotensi menghasilkan pendapatan yang cukup menjanjikan, bergantung pada jenis barang yang disewakan. Rata-rata keuntungan yang dihasilkan sebesar Rp2 ribu sampai Rp100 ribu per barangnya.

Meski kecil-kecilan, bisnis rental dengan memanfaatkan barang bekas tak terpakai di rumah bisa menghasilkan keuntungan finansial sekaligus mencapai kepuasan tersendiri. Mulai dari barang kecil yang dibutuhkan, seperti pakaian dan sepatu, tas sesuai kebutuhan hingga branded, perhiasan imitasi, peralatan bayi, peralatan olahraga dan naik gunung, buku-buku semisal komik, novel, atau buku semasa kuliah, hingga koleksi set piring milikmu yang mungkin lama tak terpakai.

Kendati demikian, memulai bisnis rental yang sukses mendulang untung juga ada kiatnya. Seperti apa?

Tips memulai bisnis rental rumahan

  1. Kumpulkan sesuai jenis dan cek barang yang akan disewakan dan pastikan kondisinya masih layak pakai.
  2. Cek kisaran harga pasaran barang sewaan di beberapa tempat, dan tentukan hargamu sendiri.
  3. Buat promosi dengan memanfaatkan media sosial dan jangan lupa sertakan foto produk yang unik dan menarik.
  4. Tetapkan harga sewa harian, mingguan, dan bulanan serta tetapkan aturan dan sanksi untuk melindungi barang sewaan dari kerusakan.
  5. Barang branded atau pakaian sebaiknya hanya disewakan paling lama seminggu.

4. Bisnis Penulis Lepas atau Paruh Waktu

Penulis lepas
Penulis lepas

Kamu yang tertarik dalam dunia penulisan bisa mencoba ide bisnis rumahan modal kecil untung besar yang satu ini. Hanya dengan bermodal komputer atau laptop, kamu bisa menelurkan banyak model tulisan yang tentu bisa diperjualbelikan. Menjadi penulis lepas bisa menghasilkan uang tanpa harus pergi dari rumah. Pendapatan yang mungkin diperoleh adalah mulai dari Rp50 ribu per tulisan.

Tak hanya dalam bentuk artikel, kamu juga bisa memberikan penawaran penulisan lebih luas lainnya,seperti penulisan SEO, tulisan berbahasa asing, pembuatan makalah atau penelitian, hingga copywriting.

Oleh karena itu, jangan enggan mempelajari berbagai teknik penulisan dan cari tahu penulisan seperti apa yang memang kamu minati agar bisa fokus mendalaminya. Untuk memulai pekerjaan jenis ini, kamu perlu memperluas jaringan, atau mencari lowongan penulisan di situs atau aplikasi yang menawarkan pekerjaan terkait.

Baca juga: 5 Bisnis Investasi Online yang Menguntungkan untuk Dijalani

Kiat Memulai Ide Bisnis Rumahan untuk Pemula

Kiat Memulai Ide Bisnis Rumahan
Kiat Memulai Ide Bisnis Rumahan

Kamu memerlukan persiapan yang matang agar ide-idemu untuk menjalankan bisnis berjalan lancar dan tentunya mendulang cuan. Apa saja yang perlu dilakukan?

1. Fokus

Sebelum menjalankan bisnis, sebaiknya cari tahu dulu apa minat dan kemampuanmu agar lebih fokus menjalankannya. Dengan memfokuskan diri pada minat dan kemampuan, akan lebih mudah bagimu untuk mendulang kesuksesan. Ini karena kamu akan lebih produktif dan sepenuh hati dalam menjalankan bisnis sehingga tak mendadak berhenti ketika tren menyurut.

2. Pahami Pasar

Pahami bagaimana dan seperti apa pasar yang akan kamu mainkan dengan terjun langsung ke dalamnya. Coba cek dan pahami pula  bagaimana kondisi sekaligus potensi pasar untuk memperkirakan sejauh mana keberhasilan yang bisa kamu capai dan risiko produk gagal.

3. Merancang strategi

Strategi bisnis yang efektif akan kamu perlukan untuk mempermudah pencapaian tujuan bisnismu selama periode tertentu. Untuk membuat strategi bisnis yang baik, maka kamu akan membutuhkan Marketing plan atau perencanaan bisnis. Misalnya, dengan menyiapkan platform jualan online untuk memperluas target pasar.

Baca juga: 3 Jenis Investasi yang Menguntungkan dan Cocok Bagi Pemula

Selain berinvestasi dalam bentuk bisnis, ada baiknya kamu juga mempertimbangkan investasi dalam bentuk instrumen lainnya. Ini dapat membantumu mempersiapkan dana masa depan secara lebih akurat dan memperkecil potensi risiko.

Sebagai permulaan, Kamu bisa melakukan diversifikasi aset dengan berinvestasi reksa dana secara praktis dan aman hanya bermodal Rp10 ribu melalui aplikasi investasi BMoney.  Lewat aplikasi ini, kamu juga bisa mencoba membuat berbagai pilihan produk investasi lainnya yang dapat disesuaikan dengan tujuan keuangan sekaligus kebutuhanmu.

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!