Ide Jualan Bulan Puasa dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

Uji Agung Santosa

25 Maret 2023

Ide Jualan Bulan Puasa Modal Kecil yang Menguntungkan (123rf.com)
Ide Jualan Bulan Puasa Modal Kecil yang Menguntungkan (123rf.com)

Salah satu momen yang banyak ditunggu oleh masyarakat Indonesia adalah bulan Ramadan. Pada bulan yang penuh berkah ini, banyak orang mendapat kesempatan untuk menjalankan ide jualan bulan puasa yang tidak biasa dilakukan pada bulan-bulan lainnya.

Ada banyak ide jualan bulan puasa modal kecil ataupun besar yang coba dijajal oleh berbagai kalangan masyarakat, mulai dari jualan makanan sampai baju lebaran. Meskipun menjalankan usaha tidak selalu mudah, kamu bisa mencoba peruntungan lewat jalur ini dengan melakukan beberapa ide jualan bulan puasa berikut ini.

8 Ide Jualan Bulan Puasa dengan Modal Kecil

Ide Jualan Bulan Puasa Yang Menguntungkan
Ide Jualan Bulan Puasa Yang Menguntungkan

Berikut ini adalah beberapa ide jualan bulan puasa modal kecil yang bisa dicoba untuk mendapat keuntungan selama bulan Ramadan.

1. Sembako murah

Mendekati bulan Ramadan, harga bahan pokok cenderung meningkat. Itulah sebabnya, banyak orang yang mencari bahan baku dengan harga murah. Kamu bisa memanfaatkan peluang yang satu ini untuk menjual sembako dengan harga murah. Tidak perlu langsung menjual dalam partai besar, kamu bisa menjual sembako dengan sistem eceran sehingga orang-orang tertarik untuk membelinya.

2. Menu berbuka puasa

Menjual aneka jajanan dan menu berbuka puasa termasuk salah satu ide jualan buka puasa modal kecil yang bisa dicoba. Dengan modal Rp100 ribu saja, kamu sudah bisa berjualan es buah atau kolak yang biasa diburu masyarakat menjelang berbuka puasa. Tanpa harus menyewa lapak, kamu bisa berjualan di depan rumah atau pinggir jalan.

3. Katering sahur

Jika orang-orang di lingkungan sekitarmu sudah mulai menjajakan dagangan menjelang waktu berbuka puasa, saatnya kamu berinovasi dengan mencoba ide jualan menu sahur. Kamu bisa menawarkan katering sahur kepada tetangga, teman-teman, atau kerabat yang memiliki kesibukan sehingga tidak sempat membuat menu sahur sendiri. Jangan lupa, siapkan berbagai pilihan menu agar pelanggan tidak merasa bosan dengan menu sahur yang kamu tawarkan.

4. Perlengkapan salat

Memasuki bulan Ramadan, banyak orang menginginkan pakaian atau alat salat baru. Mulai dari mukena, sarung, sajadah, sampai Al-quran. Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk menjual perlengkapan salat, mulai dari desain, motif, sampai harga yang bervariasi. Tambahkan bonus berupa tasbih atau item menarik lainnya pada saat mempromosikan barang daganganmu.

Baca juga: 20+ Cara Dapat Uang 500rb Sehari dengan Modal Minimal 2023!

5. Kue lebaran

Meskipun belum memasuki waktu lebaran, tidak ada salahnya jika kamu menjajal ide jualan bulan puasa yang satu ini. Pasalnya, banyak orang yang mengidam-idamkan kue lebaran jauh sebelum Idulfitri atau sekadar ingin memberikan hantaran sebelum puasa kepada tetangga dan kerabat. Supaya modal yang kamu keluarkan tidak terlalu besar, kamu bisa menjual kue lebaran dengan sistem preorder.

6. Hampers lebaran unik

Selain membuat dan menjual kue lebaran, hamper lebaran unik juga bisa jadi salah satu ide jualan bulan puasa yang layak dicoba. Kamu bisa menjualnya dengan sistem arisan atau preorder dengan item yang dibungkus sesuai keinginan pembeli. Selain makanan dan alat salat, kamu juga bisa menjual hampers yang berisi peralatan makan estetik.

7. Ketupat

Salah satu ciri khas yang biasa hadir saat menjelang Idulfitri adalah ketupat. Kamu bisa mulai menawarkan produk yang satu ini sehingga tidak kelabakan saat akan menjualnya di hari-hari terakhir bulan puasa. Tawarkan ketupat lebaran kepada calon konsumen minimal seminggu atau dua minggu sebelum lebaran tiba. Jangan lupa, berikan hadiah menarik untuk mempromosikan produk jualanmu.

8. Uang recehan

Lebaran identik dengan tunjangan hari raya alias THR. Itulah sebabnya, banyak orang yang mulai menukarkan uang untuk membagikan THR kepada saudara dan kerabat. Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk menjual uang recehan alias jasa tukar uang bagi mereka yang ingin memberikan THR saat berkumpul di hari raya. Siapkan berbagai pilihan pecahan uang, mulai dari Rp5 ribu, Rp10 ribu, sampai Rp50 ribu.

Baca juga: 11 Ide Usaha Sampingan yang Sedang Tren, Full Cuan 2023

Tips Berjualan di Bulan Ramadan

Tips Berjualan di Bulan Ramadan
Tips Berjualan di Bulan Ramadan

Sebelum memulai usaha untuk menjalankan ide jualan bulan puasa, pastikan kamu melakukan langkah-langkah berikut supaya usaha yang kamu jalankan bisa membuahkan keuntungan.

1. Pilih yang sesuai passion

Berjualan sama halnya dengan bekerja. Kamu akan bisa mencapai target yang diinginkan kalau berusaha dengan hati yang senang dan kondisi yang nyaman. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih bidang usaha yang kamu sukai atau sesuai dengan passion. 

Misalnya, kamu yang tertarik dengan segala hal yang berbau fashion akan cocok untuk menjalankan ide usaha berjualan produk fashion ketimbang makanan. Begitu juga sebaliknya, orang yang senang kuliner mungkin akan lebih cocok berjualan makanan ketimbang produk fashion.

2. Tentukan target pelanggan

Meski tiap produk sudah ada calon pelanggannya, bukan berarti kamu tidak perlu menentukan target pelanggan secara spesifik karena tiap orang memiliki selera sendiri dalam memilih suatu produk. 

Misalnya, kamu yang ingin menjual produk mewah tentu tidak akan bisa menjualnya kepada masyarakat yang menginginkan produk dengan harga murah. Oleh karena itu, sebelum berjualan, pastikan kamu sudah melakukan riset untuk melihat apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh target pelangganmu.

Baca juga: Ide Bisnis Rumahan untuk Pemula, Modal Kecil Untung Besar!

3. Tentukan target pendapatan

Selain menargetkan pelanggan, kamu juga perlu menargetkan pendapatan harianmu. Hal ini penting agar kamu tidak mengalami kerugian saat menjalankan ide jualan bulan puasa. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghitung jumlah modal yang dikeluarkan, lalu menghitung berapa banyak pendapatan yang kamu inginkan.

Dengan mengetahui target pendapatan yang diinginkan, maka kamu akan mengetahui berapa banyak jumlah produk yang harus kamu jual untuk bisa mencapainya.

4. Buat rencana usaha

Setelah melakukan tiga langkah di atas, saatnya membuat rencana usaha yang akan dijalankan. Perencanaan ini tidak bisa dibuat secara asal-asalan jika kamu tidak ingin mengalami kerugian. Jadi, pastikan kamu sudah menentukan berapa modal yang perlu dikeluarkan, berapa banyak produk yang harus kamu jual, dan bagaimana cara kamu memasarkan produk tersebut.

Baca juga: Peluang Keuntungan Bisnis Franchise yang Bisa Kamu Dapatkan

5. Berinovasi

Salah satu bentuk inovasi yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara memanfaatkan teknologi yang ada. Misalnya, memberikan fasilitas metode pembayaran yang beragam, memberikan kupon digital bagi pelanggan agar dapat memperoleh diskon, sampai memberikan hadiah berupa cashback untuk setiap pembelian online.

Setelah menjalankan ide jualan bulan puasa di atas dan memperoleh pendapatan, jangan lupa untuk mengelola keuangan dengan baik agar tidak mengalami risiko kegagalan di tengah jalan. Lebih baiknya lagi, kamu juga bisa menyetorkan hasil penjualanmu dalam bentuk investasi reksa dana yang mudah dicairkan di aplikasi BMoney

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk berinvestasi secara aman dan praktis hanya dengan modal minimal Rp10 ribu. Tertarik untuk mencobanya? Download aplikasinya sekarang di Play Store atau App Store.

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!