11 Ide Usaha Sampingan yang Sedang Tren, Full Cuan 2023

Uji Agung Santosa

07 Maret 2023

Ide usaha sampingan yang menguntungkan (123rf.com)
Ide usaha sampingan yang menguntungkan (123rf.com)

Memulai usaha sampingan yang menjanjikan bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin menghasilkan tambahan cuan. Apalagi di era digital masa kini ada banyak cara untuk mempermudah bisnismu. Tak perlu bingung, berikut kami rangkum 11 ide usaha sampingan yang sedang tren dan tentu menjanjikan cuan di tahun 2023 ini.

11 Daftar Ide Usaha Sampingan

11 ide usaha yang menguntungkan.
11 ide usaha yang menguntungkan.

Berikut ini adalah beberapa ide usaha yang layak dicoba karena digadang-gadang bisa memberikan cuan yang menjanjikan.

1. Membuka jasa sesuai passion atau hobi

Saat ini sedang mengetren usaha sampingan sesuai passion atau hobi yang dimiliki. Jangan salah, memulai usaha berlandaskan passion justru dianjurkan dalam berbisnis. 

Selain bakal lebih mudah menjalankannya karena sudah menguasai bidang yang dikerjakan, kamu juga cenderung bisa bertahan menghadapi persaingan lantaran semakin tertantang mengembangkan kemampuanmu. 

Di beberapa poin selanjutnya, ada sejumlah ide passion atau hobi yang paling potensial dijadikan ladang cuan pada 2023.

2. Bisnis foto dan video

Ada banyak cara untuk berbisnis sampingan foto dan video bagi kamu yang memiliki skill mumpuni di bidang ini. Hanya dengan bermodal kamera dan perangkat pendukung seperti laptop, kamu bisa mengatur waktu untuk memulai usaha. 

Mulai dari mengabadikan acara pernikahan dan pre-wedding, foto wisuda, hingga foto almamater buku tahunan. Jika serius menggelutinya, fee yang didapat pun tak main-main. Kamu hanya butuh memperluas jaringan dan melakukan promosi menarik. 

Cara lainnya, alih-alih hanya mengunggah hasil jepretanmu di media sosial, kamu juga bisa menjual hasil foto dan videomu ke beberapa situs jual-beli foto yang kredibel seperti Shutterstock.

Baca juga: Ide Bisnis Rumahan untuk Pemula, Modal Kecil Untung Besar!

3. Penjahit pakaian

Ketimbang membeli pakaian jadi, ada kepuasan tersendiri ketika kamu bisa menggunakan pakaian sesuai yang kamu inginkan dan hanya satu-satunya. Nah, bagi kamu yang memiliki selera bagus di bidang fesyen sekaligus memiliki skill menjahit, ada baiknya mengadopsi konsep tadi untuk memulai usahamu sendiri. Percayalah, harga pakaian yang murni dirancang sendiri bisa melambung tinggi dan memiliki pasar spesifik.

4. Jasa desain grafis

Usaha sampingan yang sedang banyak dicari satu ini cocok untuk kamu yang memiliki passion di bidang desain grafis, atau yang setidaknya bisa memanfaatkan tool tertentu untuk membuat layout dan desain. Tak perlu muluk-muluk, hanya bermodalkan kreativitas ditambah laptop dan ponsel, kamu sudah bisa mendesain berbagai kebutuhan seperti logo, poster dan banyak lagi.

5. Menjadi voice-over

Kamu memiliki suara unik atau berbakat menirukan berbagai suara? Jangan disia-siakan! Belakangan ini jasa voice-over banyak diburu untuk mengisi berbagai acara di TV, iklan, konten-konten media sosial, hingga buku audio. 

Bahkan, kamu bisa mengasah skill-mu dengan mengikuti kursus akting dan dialek. Modalnya sederhana, kamu hanya perlu menyiapkan rekaman, lalu membuat portofolio beserta demo suaramu, dan mencari pekerjaan sampingan sebagai voice actor.

Baca juga: Arti Cuan yang Dipakai Dalam Bisnis dan Investasi

6. Menjadi penulis atau editor freelance

Kamu yang punya skill menulis, terlebih sudah lama berkecimpung di dunia penulisan, wajib mencoba ide usaha sampingan satu ini. Selain menjanjikan cuan, kamu juga bebas menentukan sendiri tarif dan waktu kerja, serta proyek yang ingin kamu garap.

Menariknya lagi, ada banyak jenis jasa penulisan maupun jasa edit yang bisa kamu jajal. Mulai dari spesialisasi genre yang cukup kamu kuasai, hingga mengecap penulisan menggunakan kata kunci baru yang semakin menantangmu untuk menulis secara kreatif.

Untuk memasarkan bisnis jasamu, buat portofolio secara online yang memuat proyek-proyek sebelumnya, lalu kirimkan ke jaringanmu atau cukup tautkan saja ke portal pencari pekerjaan. Nantinya tarifmu akan disesuaikan dengan kualitas garapan dan volume proyek.

7.  Menjadi agen frozen food

Frozen food atau makanan beku semakin banyak diminati orang karena rasanya enak, harganya terjangkau, tahan lama, dan mudah dibuat. Apalagi di era penuh tekanan seperti sekarang banyak orang menginginkan yang serba praktis. Nah, kamu bisa menjadikan sejumlah keunggulan itu sebagai peluang memulai usaha sampingan sebagai agen frozen food

Memulainya cukup mudah. Kamu hanya perlu mendaftar sebagai agen di berbagai pabrikan frozen food yang menyediakan kemitraan untuk menjadi reseller, dengan mengunjungi website atau melakukan pendaftaran langsung di mitra terdekat.

Baca juga: Peluang Keuntungan Bisnis Franchise yang Bisa Kamu Dapatkan

8. Membuka usaha thrifting

Jenis usaha thrift shop atau barang bekas yang masih bagus mutunya sejak beberapa waktu lalu ramai diburu terutama oleh kalangan anak muda. Diperkirakan tren ini masih terus bertahan sepanjang tahun 2023, pun dalam jangka panjang, mengingat kebutuhan terutama di bidang fashion dengan harga miring akan terus dicari orang. Nyatanya, banyak sudah pengusaha thrift yang berhasil sukses dalam hitungan bulan setelah menggeluti usaha ini.

Menjajal usaha thrifting cukup mudah. Hanya dengan bermodal mulai dari Rp200 ribu kamu sudah bisa mendapatkan paketan untuk memulai usaha. Agar sukses menjalankan usaha thrift, kamu perlu menemukan supplier yang menyediakan paket  bundling atau bal usaha. Ini bisa berupa pakaian, tas, sepatu, atau barang lainnya. Berikutnya pilah barang yang layak, cuci hingga bersih, dan jangan lupa untuk mengambil foto produk yang bagus sebelum menjualnya secara online.

9. Usaha camilan online

Usaha camilan secara online bisa menjadi ladang cuan karena masyarakat sekarang cenderung enggan banyak beraktifitas di luar rumah kecuali memiliki tujuan yang jelas. Apalagi camilan pasti disukai banyak kalangan. Nah, agar camilan jualanmu dibeli orang dan tak kalah saing, maka kamu perlu berstrategi sekaligus menawarkan produk yang unik dan menarik.

Pertama-tama, perhatikan soal rasa. Uji dan bandingkan dulu kualitas rasa produkmu sebelum menjual. Kedua, kemas produkmu secara unik. Ketiga, buat foto produk yang menarik dan promosikan lewat media sosial. Keempat, jangan pasang harga terlalu mahal atau sebaliknya. Cek pasar dulu sebelum menjual dan tentukan harga berdasarkan target pasarmu. Terakhir, jangan lupa menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Baca juga: Ide dan Tips Mengembangkan Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

10. Usaha pulsa, token, layanan streaming, dan voucher

Ide usaha sampingan satu ini punya banyak saingan, tapi tetap menjadi yang paling dicari orang. Prospeknya cukup menjanjikan, apalagi di era digital saat ini internet telah menjadi kebutuhan. Bukan hanya menjual pulsa dan token listrik prabayar, kamu juga bisa menjual berbagai voucher seperti layanan Netflix, Google Play, dan layanan subscription lainnya.

Memulai usaha ini tak sulit. Kamu hanya perlu mencari supplier andal dan terpercaya yang memiliki respons baik terhadap reseller dan menjual beragam produk secara lengkap. Untuk mendapatkannya, kamu bisa melakukan perbandingan kualitas dengan mengunjungi sejumlah lapak online di berbagai marketplace.

11. Menjajal bisnis dropship

Kamu yang ingin memiliki usaha sampingan menjual suatu produk, tapi tidak ingin repot menimbun dan mengirim barang bisa menjajal bisnis dropship. Menjadi dropshipper telah terbukti menguntungkan, efisien, dan praktis. Cara kerjanya sederhana. 

Lewat model bisnis e-commerce ini kamu akan bekerja sama dengan produsen atau distributor produk tertentu, menjadi agen penjualannya, membantu memasarkan produk ke pelanggan, lalu produsen tadi akan mengirimkan produk tersebut atas nama kamu.

Singkatnya, kamu akan menjembatani antara pembeli dan penjual tanpa berurusan langsung dengan produk. Meski begitu, kamu harus memastikan produk yang kamu tawarkan dalam kondisi aman dan berkualitas hingga sampai ke tangan klien, agar tak mengecewakan pelanggan.  

Saat ini, kamu bisa bergabung langsung dengan toko online di berbagai marketplace untuk menjadi dropshipper. Selain itu, kamu  bisa mengunjungi berbagai situs yang menyediakan layanan dropship untuk bergabung sebagai dropshipper.

Baca juga: 10+ Ide Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

Demikian ide usaha sampingan yang menjanjikan cuan dan sedang tren sepanjang 2023. Di samping mencoba usaha sampingan untuk menambah penghasilan, kamu juga perlu mempersiapkan masa depan lebih baik dengan mulai berinvestasi. 

Dari sekian banyak instrumen investasi, kami merekomendasikan reksa dana yang ramah pemula, terjamin aman, dan nyaris tanpa risiko. Untuk memulai, gunakan aplikasi investasi BMoney yang andal dan terpercaya hanya dengan modal Rp10 ribu.

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!