Mengenal Indeks Hang Seng, Indeks Pasar Saham Paling Kesohor di Hongkong

Uji Agung Santosa

31 Oktober 2023

Mengenal Indeks Hang Seng, Sejarah dan Sahamnya (123rf.com)
Mengenal Indeks Hang Seng, Sejarah dan Sahamnya (123rf.com)

Mayoritas bursa Asia-Pasifik dibuka menguat pada perdagangan Jumat, 27 Oktober 2023. Dibanding pasar bursa lainnya seperti indeks Nikkei 225 Jepang, Shanghai Composite China, dan Straits Times Singapore, indeks Hang Seng Hongkong menunjukkan penguatan paling signifikan mencapai 2,08%. 

Lantas, apa itu Hang Seng dan indeksnya?

Hang Seng merupakan sebutan untuk beberapa entitas terkait dengan sektor keuangan dan ekonomi di Hongkong. Salah satu yang paling terkenal disebut Indeks Hang Seng atau Hang Seng Index (HSI). Indeks Hang Seng adalah salah satu indeks pasar saham paling penting di Hong Kong dan digunakan secara luas untuk mengukur kinerja pasar saham Hong Kong. 

 

Hingga saat ini, HSI bukan hanya diakui sebagai barometer pasar saham Hong Kong dan wilayah Asia-Pasifik, tetapi juga memiliki dampak yang signifikan pada pasar keuangan global sehingga menjadikannya salah satu indeks pasar saham yang paling diperhatikan di dunia. 

Agar semakin jelas, mari mengenali lebih jauh mengenai indeks pasar saham paling kesohor di Hongkong satu ini.

Baca juga: Mengenal Indeks Saham: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya 

Sejarah Indeks Hang Seng

Sejarah Indeks Hang Seng (123rf.com)
Sejarah Indeks Hang Seng (123rf.com)

Indeks Hang Seng pertama kali diperkenalkan pada tanggal 24 November 1969 oleh Hang Seng Bank sebagai cara untuk memantau kinerja pasar saham di Hong Kong dan memberikan pandangan tentang keadaan ekonomi di wilayah tersebut. 

Indeks ini mulanya hanya mencakup 33 saham yang merupakan perusahaan terkemuka di berbagai sektor ekonomi, termasuk perbankan, properti, dan manufaktur. Namun sejak itu, HSI terus mengalami pertumbuhan, perkembangan, dan perubahan dalam komposisi saham yang membentuk indeks. 

Di samping mengalami periode volatilitas, termasuk selama krisis keuangan dan peristiwa-peristiwa geopolitik yang memengaruhi Hong Kong, jumlah saham yang tercakup dalam HSI turut bertambah dan saham-saham dari berbagai sektor ekonomi di Hong Kong diikutsertakan. 

Baca juga: Mengenal Jakarta Islamic Index, Indeks Saham yang Cocok untuk Investor Syariah

Hingga saat ini, Hang Seng Index dikelola dan dihitung oleh Hang Seng Indexes Company Limited, anak perusahaan dari Hang Seng Bank yang merupakan salah satu bank komersial terbesar di Hong Kong. Anak usaha ini didirikan pada tahun 1984 dan merupakan penyusun indeks terkemuka di Hong Kong yang mencakup pasar Hong Kong dan daratan Tiongkok.

Seiring waktu, HSI telah memainkan peran penting dalam menunjukkan kesehatan ekonomi Hong Kong, memberikan gambaran pasar saham di wilayah Asia-Pasifik, dan menjadi alat penting bagi investor yang ingin mengakses atau memantau pasar saham Hong Kong.

Ke depannya, Hang Seng Indexes masih akan terus memperluas rangkaian indeksnya untuk memenuhi permintaan investor yang semakin luas terhadap solusi investasi berbasis indeks.

Metode Perhitungan dan Komposisi Saham HSI

Dilihat dari metode perhitungannya, indeks Hang Seng adalah indeks harga tertimbang (price-weighted index). Artinya, saham dengan harga lebih tinggi memiliki pengaruh yang lebih besar dalam perhitungan indeks. Ini berbeda dengan indeks pasar saham yang memperhitungkan kapitalisasi pasar (market capitalization-weighted index), yakni ketika perusahaan dengan kapitalisasi pasar lebih besar memiliki bobot lebih besar. 

Komposisi saham yang membentuk HSI dapat berubah dari waktu ke waktu. Perubahan ini dilakukan untuk mencerminkan perubahan dalam pasar saham Hong Kong, seperti penambahan atau penghapusan saham tertentu dari indeks. Perubahan dalam komposisi saham yang membentuk indeks HSI biasanya disesuaikan secara berkala, berdasarkan kriteria seleksi dan kinerja perusahaan di pasar saham Hong Kong.

Baca juga: Penjelasan Lengkap Apa Itu PDB: Pengertian, Rumus, dan Efek ke Investasi

Kinerja indeks Hang Seng dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor global, seperti perkembangan ekonomi global, kebijakan perdagangan, dan faktor geopolitik. Hal ini salah satu yang menjadikan HSI indikator penting untuk kesehatan ekonomi dan pasar saham di seluruh dunia.

Terbaru, per 16 Oktober 2023, Hang Seng Indexes Company merilis 11 indeks baru. Seri indeks Hang Seng kini terdiri dari lebih dari 2000 indeks yang tersedia secara real-time dan waktu harian. 

Saham-Saham dalam Indeks Hang Seng 

Saham Saham Dalam Indeks Hang Seng (123rf.com)
Saham Saham Dalam Indeks Hang Seng (123rf.com)

Indeks pasar saham Hang Seng mencerminkan harga saham dari lebih dari 50 perusahaan terbesar yang terdaftar di Bursa Efek Hong Kong (Hong Kong Stock Exchange, HKEx). Ini termasuk perusahaan dari berbagai sektor ekonomi, seperti keuangan, properti, teknologi, konstruksi, dan banyak lagi. Kapitalisasi pasar yang tercakup dalam indeks ini mencapai sekitar 65% kapitalisasi pasar di bursa efek Hong Kong.

Beberapa saham yang paling berpengaruh dalam HSI adalah saham-saham unggulan dari perusahaan besar dan terkenal. Berikut 7 di antaranya. 

1. Tencent Holdings Ltd.

Tencent adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia dan memiliki beragam bisnis, mencakup aplikasi pesan instan QQ, media sosial WeChat, permainan seperti PUBG Mobile yang dirilis Tencent Games, dan layanan internet lainnya.

2. Alibaba Group Holding Ltd.

Alibaba adalah perusahaan e-commerce dan teknologi terkemuka yang beroperasi di Tiongkok. Perusahaan terkenal karena platform e-commerce yang dibesutnya, seperti Alibaba.com dan Taobao, serta Alibaba Cloud, yang merupakan bisnis layanan cloud.

Baca juga: Cum Date Dividen: Alasan Mengapa Jadi Tanggal Penting Bagi Pemburu Dividen

3. HSBC Holdings plc

HSBC adalah salah satu bank internasional terbesar berdasarkan total aset dan pendapatan, serta diakui keberadaannya secara global. Meskipun berbasis di London, Inggris, HSBC memiliki hubungan yang kuat dengan Hong Kong dan terdaftar di sana.

4. AIA Group Ltd.

AIA adalah salah satu perusahaan asuransi terbesar di dunia yang juga kesohor di Asia sebagai perusahaan asuransi jiwa terbaik dan pelopor dalam industri asuransi jiwa di Hongkong.

5. China Mobile Ltd.

China Mobile adalah salah satu dari tiga operator telekomunikasi utama di Tiongkok dan merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di dunia.

6. CK Hutchison Holdings Ltd.

CK Hutchison adalah konglomerat yang memiliki beragam bisnis, termasuk telekomunikasi, ritel, dan infrastruktur, dan dimiliki oleh miliarder terkenal Li Ka-shing.

7. PetroChina Co. Ltd.

PetroChina adalah perusahaan minyak dan gas yang terintegrasi dan merupakan salah satu dari dua perusahaan minyak dan gas utama di Tiongkok, yaitu China National Petroleum Corporation (CNPC).

Baca juga: Apa Itu IPO? Ini Strategi, Manfaat, dan Mekanismenya

Investasi dalam HSI

Investasi dalam HSI dapat dilakukan melalui berbagai instrumen keuangan, seperti reksa dana indeks, kontrak berjangka, dan opsi. Hal ini memungkinkan para investor untuk mendiversifikasi portofolio mereka atau berspekulasi tentang pergerakan pasar saham Hong Kong. Investor yang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam saham individu juga bisa membeli saham-saham yang termasuk dalam Indeks Hang Seng secara langsung.

Pada akhirnya, pilihan investasi dalam HSI dapat bervariasi sesuai dengan profil risiko, pengetahuan, dan preferensi investasi masing-masing investor. Yang pasti, pemahaman yang baik tentang Indeks Hang Seng dapat membantu investor dalam mengambil keputusan investasi. 

Agar semakin mudah, kamu bisa berinvestasi saham dalam negeri lewat aplikasi BMoney yang dapat diunduh melalui App Store atau Play Store. Aplikasi andal dan terpercaya ini memiliki banyak fitur menarik yang dapat membantumu mengoptimalkan keuntungan. Yuk, coba aplikasinya sekarang!

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!