Intip Kekayaan Cristiano Ronaldo, Siapa Tahu Bisa Jadi Inspirasi!

Uji Agung Santosa

25 Januari 2023

Intip aset Cristiano Ronaldo, siapa tahu bisa jadi inspirasi! (123rf.com)
Intip aset Cristiano Ronaldo, siapa tahu bisa jadi inspirasi! (123rf.com)

Cristiano Ronaldo merupakan pesepak bola senior yang lahir dan besar di Madeira. Ia memulai karier klub seniornya di Sporting CP sebelum akhirnya mengadakan penandatangan kontrak dengan klub besar Manchester United pada 2003 dan menenangkan Piala FA di musim pertamanya. 

Sejak itu, namanya terus meroket terutama setelah ia memenangkan tiga gelar Liga Utama Inggris secara berturut-turut, Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub FIFA. Ia mulai menjadi pesepak bola dengan bayaran termahal setelah menandatangani kontrak bersama Real Madrid pada 2009 dengan nominal transfer sebesar €94 juta (£80 juta).

Pada 2018, Ronaldo menandatangani kontrak dengan Juventus dengan nominal transfer awal €100 juta (£88 juta) dan menjadi nilai transfer termahal yang dilakukan oleh klub Italia untuk pemain berusia lebih dari 30 tahun. Mendengar nominal transfer tersebut, pernah terbayang oleh kamu berapa banyak aset yang dimiliki Cristiano Ronaldo? Yuk, kita intip.

 

Baca juga: Ini Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2022

Jumlah Aset Cristiano Ronaldo

Jumlah aset kekayaan Ronaldo.
Jumlah aset kekayaan Ronaldo.

CR7 merupakan julukan yang diberikan kepada Cristiano Ronaldo sebagai pesepak bola paling hebat di zamannya. Bukan cuma itu, ia juga menjadi salah satu pemain terhebat sepanjang sejarah di dunia sepak bola. Setelah memulai debut di usia 18 tahun pada tahun 2003, ia berhasil melanglang buana di dunia sepak bola dengan memainkan 172 pertandingan dan mencetak 102 gol untuk timnas Portugal.

Ia juga telah ikut berpartisipasi dalam lima Piala Dunia pada 2006, 2010, 2014, 2018, 2022 dan memperoleh gelar UEFA Nations League pada 2019. Selain itu, Ronaldo juga mendapatkan 32 gelar bersama Real Madrid, Manchester United, Juventus, dan Sporting Lisbon.

Dengan pencapaian tersebut, tidak heran jika Ronaldo masuk ke dalam daftar 10 atlet dengan bayaran termahal di dunia versi Forbes sejak 2011 dan memiliki aset alias kekayaan bersih mencapai $500 juta. 

Baca juga: Ini Daftar Broker Forex Terbaik di Indonesia dan Dunia

Saking besarnya aset yang dimiliki Cristiano Ronaldo, ia bahkan memiliki banyak aset properti mewah, termasuk apartemen seluas 233 sqm di Trump Tower Manhattan dengan pemandangan panorama Central Park. Apartemen tersebut dibelinya dengan harga $17.9 juta pada tahun 2015. 

Selain apartemen, Ronaldo juga memiliki aset properti berupa rumah besar di Funchal yang menghadap ke Samudra Atlantik. Properti tersebut dibelinya dengan harga $9.65 juta pada tahun 2015. 

Aset lain yang juga dimiliki pesepak bola kelahiran 5 Februari 1985 ini antara lain adalah beberapa rumah dan vila yang tersebar di beberapa wilayah, beberapa koleksi mobil yang terdiri atas Bugatti Chiron ($4.7 juta), Bugatti Veyron ($1.7 juta), McLaren Senna ($1 juta), Ferrari F12 TDF ($690,745), Rolls Royce Ghost ($426,805), dan Rolls Royce Phantom ($400,000).

Sumber Kekayaan Cristiano Ronaldo

Sumber Kekayaan Cristiano Ronaldo
Sumber Kekayaan Cristiano Ronaldo

Setelah membaca informasi terkait jumlah aset yang dimiliki Cristiano Ronaldo, kamu mungkin penasaran kan dari mana kekayaan tersebut diperoleh? 

Saat ini, Ronaldo memiliki kontrak seumur hidup yang dilakukan bersama brand ternama seperti Nike, Herbalife, Danz, Insparya, Clear, MTG, Altice, dan Free Fire. Ia juga memiliki beberapa produk bermerek CR7, yang di dalamnya juga terdapat hotel dan gym dengan merek tersebut.

Pada 2020, ia menjadi atlet berpenghasilan tertinggi kedua dan menjadi miliarder pertama di dunia sepak bola. Jumlah asetnya yang tidak tanggung-tanggung ini ternyata berasal dari banyak sumber, baik di dalam maupun luar lapangan.

Laki-laki yang sebentar lagi akan menginjakkan usianya di kepala empat ini memiliki bayaran Rp499 miliar per tahun dari Manchester United dan memiliki total bayaran sebesar Rp118 triliun setiap tahunnya. Selain memiliki gaji yang sangat besar sebagai sumber utama kekayaannya, ia juga memperoleh pemasukan lain di luar lapangan hingga Rp862 miliar per tahun.

Selain memiliki kontrak seumur hidup dengan beberapa brand terkenal, Ronaldo juga memiliki kekayaan berlimpah dari kegiatannya sebagai influencer yang memiliki penghasilan sebesar $2,4 juta per posting. Dengan rate card tersebut, artinya ia mampu menghasilkan uang sebesar Rp37,5 miliar melalui satu unggahan saja.

Baca juga: Ini Daftar Orang Terkaya di Dunia, Apa Pekerjaan Mereka?

Sumber kekayaan lain yang diketahui semakin memperkaya aset pesepak bola yang satu ini antara lain adalah sebagai berikut.

  • Lima hotel bintang 4 (Hotel CR7) yang tersebar di New York, Marrakesh, Madrid, Lisboa, dan Madeira;
  • Tempat fitness dengan merek yang sama (CR7);
  • Penyewaan jet pribadi;
  • CR7 Denim dan CR7 Blanket;
  • Penjualan parfum;
  • Insparya Hair Clinic; dan 
  • Restoran Zela London.

Meski sudah memiliki aset yang sangat banyak, Ronaldo tetap berinvestasi di beberapa perusahaan. Ia memiliki investasi sekitar $17 juta (Rp266 miliar) di perusahaan Apple dan Volkswagen.

Nah, kalau Ronaldo yang sudah punya banyak aset saja masih mau berinvestasi, kenapa kita yang asetnya masih sedikit malas berinvestasi? 

Yuk, mulai berinvestasi sejak dini untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan di masa nanti! Salah satu cara berinvestasi yang praktis dan aman yang bisa dilakukan adalah berinvestasi reksa dana melalui aplikasi investasi BMoney yang bisa di-download di Play Store atau App Store. Dengan modal Rp10 ribu saja, kamu sudah bisa berinvestasi lho.

Debut Bersama Al Nassr

Setelah resmi berpisah dengan Manchester United, Cristiano Ronaldo bergabung dengan Al Nassr. Dalam debut kompetitifnya di Saudi Pro League musim ini, ia tampil selama 90 menit penuh.

Meski Al Nassr berhasil menang, Ronaldo tampaknya belum beruntung menjadi pembawa kemenangan klub tersebut. Gol tunggal kemenangan Al Nassr di Mrsool Park pada 23 Januari 2023 justru dicetak oleh Anderson Talisca pada menit ke-31. Pada saat itu, Ronaldo gagal menyambut umpan.

Tembakan Ronaldo pada 10 menit pertama pertandingan berhasil dihalau barisan belakang Al Ettifaq. Sementara itu, tendangan bebasnya melambung melampaui gawang lawan menjelang akhir babak pertama. Hal serupa juga terjadi di awal babak kedua, yakni saat sepakan jarak jauhnya tidak tepat sasaran. 

Baca juga: Cara Menjadi Kaya di Usia Muda dengan Langkah Cerdas, Bisa Ditiru!

Beberapa kali mendapat peluang untuk menghasilkan gol tidak bisa dihalau sehingga Ronaldo belum berhasil mencetak gol di laga tersebut. Meski demikian, ia sebagai penyerang tunggal mendapat sambutan meriah dari suporter Al Nassr tiap kali dirinya menyentuh bola.

Menariknya, sikap yang ditampilkan Ronaldo seusai laga memberikan sinyal positif yang menunjukkan hubungannya dengan rekan-rekan satu klub setelah meraih kemenangan. Bahasa tubuhnya sangat berbeda dengan sikap yang ia tunjukkan terakhir kali bersama rekan-rekan dari Manchester United. 

Mendengar banyak pencapaian yang diperoleh Cristiano Ronaldo, mulai dari kariernya sebagai pemain sepak bola senior, pemilik berbagai jenis bisnis bermerek CR7, sampai menjadi investor perusahaan terkenal di dunia membuat kita termotivasi untuk lebih giat dalam mencapai cita-cita. Bagaimana pendapatmu soal ini?

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!