Begini Cara Dapat Keuntungan Investasi Emas Antam Secara Maksimal!

Imanuel Kristianto

11 April 2022

Investasi emas Antam (Foto: 123rf)
Investasi emas Antam (Foto: 123rf)

Emas bukan cuma dikenal sebagai perhiasan, tapi juga pilihan yang tepat dan menguntungkan untuk berinvestasi. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan harga emas yang terus meningkat dari waktu ke waktu dan jarang mengalami penurunan harga yang cukup besar layaknya instrumen investasi lainnya. 

Jika dulu hanya orang tua yang berinvestasi emas, kini banyak juga anak muda yang memutuskan untuk mengamankan dananya dengan berinvestasi emas. Popularitasnya yang tidak pernah mati, bahkan cenderung meningkat, membuat orang-orang mulai beralih ke investasi emas, salah satunya investasi emas Antam.

Meski begitu, tidak sedikit orang yang masih ragu untuk melakukannya karena takut terkena penipuan atau pencurian. Nah, jika kamu ingin berinvestasi dalam bentuk logam mulia atau emas Antam, cari tahu dulu apa itu emas Antam, apa saja keuntungannya, dan bagaimana cara memulainya.

Baca juga: Pengertian Investasi Emas, Keuntungan, serta Jenisnya

Mengenal Emas Antam

Emas Antam
Apa itu emas Antam (123rf)

Emas Antam merupakan emas batangan yang diproduksi secara legal oleh PT Aneka Tambang, Tbk. atau biasa disingkat Antam. Emas yang diproduksi oleh Antam mempunyai ciri khusus yang membedakannya dengan jenis emas yang diproduksi di tempat lain.

Salah satu ciri khusus yang bisa dilihat adalah sertifikat yang terdapat pada emas Antam itu sendiri. Dalam sertifikat tersebut, terdapat informasi terkait dimensi, berat, kadar kemurnian, beserta nomor seri emas produksi Antam yang sulit untuk dipalsukan.

Logam mulia yang diproduksi PT Antam, Tbk. ini merupakan emas yang memiliki kadar kemurnian hingga 99,99 persen yang sudah diakui secara global dan memperoleh sertifikasi London Bullion Market Association (LBMA). 

Untuk mencegah terjadinya penipuan, para investor emas sebaiknya membeli emas Antam langsung dari butik emas Antam atau distributor resmi emas Antam. Salah satu distributor resmi yang paling sering dijadikan tempat jual beli emas adalah PT Pegadaian. 

Selain itu, emas Antam juga kini sudah dilengkapi dengan kemasan certicard yang memungkinkan pemiliknya untuk mengecek keaslian logam mulia tersebut dengan mudah. 

Baca juga: 8 Keuntungan Investasi Emas Serta Risikonya

7 Keuntungan Investasi Emas Antam

keuntungan emas antam
Keuntungan emas Antam (123rf)

Setelah mengetahui apa itu emas Antam, saatnya kamu mempelajari apa saja keuntungan melakukan investasi emas Antam berikut ini.

1. Terlindung dari inflasi

Banyak orang percaya bahwa emas merupakan satu-satunya komoditas yang nilainya bisa bertahan dalam jangka waktu lama dan bisa terhindar dari inflasi. Ketika nilai uang menjadi rendah akibat kenaikan inflasi, harga emas justru meningkat sehingga membuat aset yang satu ini makin berharga.

2. Sebagai aset diversifikasi

Jika kamu ingin melakukan diversifikasi, maka emas bisa jadi salah satu instrumen investasi yang tepat karena nilainya yang terus mengalami kenaikan, tapi risikonya sangat rendah. Jika pasar saham mengalami penurunan, maka pemilik emas tidak akan rugi karena harga emas akan meningkat.

3. Nilainya terus naik

Berbeda dengan investasi saham yang fluktuatif atau tabungan berjangka yang nilainya bergantung pada inflasi, keterbatasan pasokan emas dengan permintaan pasar yang sangat tinggi akan membuat harganya selalu naik. Itulah sebabnya, banyak orang melihat emas sebagai instrumen investasi yang menguntungkan. 

4. Aset yang sangat likuid

Dalam dunia investasi, dikenal istilah likuiditas yang mengacu pada kemudahan aset untuk dicairkan. Tingkat permintaan emas yang tinggi membuat aset yang satu ini sangat likuid karena mudah dijual. Dengan begitu, siapa pun yang sedang mengalami krisis finansial akan dapat menjualnya secara mudah.

5. Terlindung dari devaluasi

Mata uang bisa dicetak kapan saja sehingga ketidakpastian keuangan bisa menyebabkan mata uang kehilangan nilainya atau disebut juga devaluasi mata uang. Saat hal itu terjadi, emas diyakini bisa melindungi para investor dari kerugian akibat devaluasi mata uang.

6. Melindungi kekayaan

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin-poin sebelumnya, harga emas yang stabil dan cenderung mengalami peningkatan dari waktu ke waktu membuatnya bisa dengan mudah diperjualbelikan. Hal ini merupakan keuntungan tersendiri bagi para investor yang ingin melindungi aset atau harta kekayaan mereka dalam bentuk investasi emas Antam.

7. Mudah dimiliki

Berbeda dengan jenis investasi lain yang mungkin lebih sulit dipahami dan diperoleh, emas sangat mudah untuk dimiliki. Bukan cuma bisa dibeli secara tunai dan konvensional lewat butik atau distributor resmi, kamu juga bisa membelinya secara kredit lewat media online, baik melalui e-commerce maupun marketplace.

Baca juga: Manfaat Emas dan Perak untuk Investasi dan Kehidupan Manusia

Kerugian Investasi Emas Antam

Kerugian emas antam
Kerugian emas antam (123rf)

Selain punya banyak keuntungan, ada juga beberapa kerugian emas Antam yang biasanya ditakuti oleh para investor, di antaranya:

1. Risiko kehilangan

Salah satu risiko yang mungkin terjadi saat berinvestasi emas adalah kehilangan, baik akibat keteledoran diri sendiri maupun tindakan pencurian yang dilakukan oleh orang lain. Untuk menghindarinya, pastikan kamu menyimpan emas di tempat yang aman.

2. Harga fluktuatif

Harga emas cenderung fluktuatif alias naik turun. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena kenaikan harga emas tidak terjadi setiap hari dan tidak terjadi dalam waktu cepat. Untuk mengatasinya, kamu perlu memantau harga emas sehingga bisa mengetahui kapan waktu terbaik untuk membeli atau menjualnya.

3. Dampak kecil terhadap ekonomi riil

Jika kamu mengharapkan keuntungan besar dalam waktu cepat, inilah kelemahan yang biasa dianggap sebagai kerugian emas Antam. Oleh karena itu, instrumen yang satu ini hanya cocok untuk investor yang menginginkan investasi jangka panjang. 

Cara Aman Memulai Investasi Emas Antam

investasi emas
Cara investasi emas (123rf)

Setelah mempelajari apa itu emas Antam beserta keuntungan dan kerugiannya, saatnya kamu mengetahui cara investasi emas Antam berikut ini.

1. Tentukan tujuan berinvestasi

Sama seperti memulai bisnis, berinvestasi emas juga memerlukan tujuan yang jelas. Misalnya, apakah kamu ingin berinvestasi emas untuk tabungan pendidikan, pernikahan, atau jaminan hari tua? Dengan begitu, kamu akan fokus mengumpulkan emas dan hanya akan mencairkannya untuk tujuan investasi tersebut.

2. Pantau secara berkala

Meski terbilang aman, bukan berarti kamu tidak perlu memantau perkembangan emas sama sekali. Lakukan pemantauan harga emas secara berkala melalui situs-situs penyedia emas. Hal ini diperlukan agar kamu bisa mengetahui kapan waktu terbaik untuk membeli atau menjualnya kembali.

3. Beli di tempat tepercaya

Saat ini, sudah banyak penyedia emas yang memperjualbelikan emas batangan. Tapi, kamu tetap perlu membelinya di tempat resmi dan tepercaya. Hal ini perlu dilakukan supaya kamu tidak membeli emas tanpa sertifikat. Selain membeli langsung di butik emas Antam, kamu juga bisa mendapatkan emas Antam di PT Pegadaian, BUMN, atau distributor Antam resmi lainnya.

4. Siapkan tempat penyimpanan yang aman

Salah satu tempat penyimpanan emas yang biasa dimiliki para investor emas adalah brankas atau safety box. Jika ingin lebih aman, kamu juga bisa menyimpannya di Safe Deposit Box yang biasa ditawarkan oleh pihak bank. Dengan catatan, ada biaya tambahan yang diperlukan untuk membayar layanan penyimpanan emas tersebut.

5. Fokus pada investasi jangka panjang

Saat melakukan investasi emas Antam, pastikan kamu bersabar dan tidak terburu-buru untuk menjualnya kembali. Jika kamu ingin merasakan keuntungan dalam berinvestasi emas, maka kamu harus melakukannya dalam jangka panjang. Misalnya, kamu baru akan menjual emasmu dalam waktu 5 sampai 15 tahun mendatang.

Baca juga: 5 Bisnis Investasi Online yang Menguntungkan untuk Dijalani

Strategi Investasi Emas Antam

strategi investasi emas
Strategi investasi emas Antam (123rf)

Selain melakukan beberapa cara investasi emas Antam di atas, kamu juga perlu mengetahui beberapa strategi investasi emas Antam yang biasa dilakukan oleh para investor berikut ini.

1. Teknik investasi klasik

Teknik ini biasa dilakukan dengan cara membeli emas pada saat harganya murah dan menjualnya kembali di saat harganya melonjak. Teknik yang biasa dilakukan oleh investor klasik ini terbukti efektif dalam memberikan keuntungan yang diharapkan. Dengan catatan, kamu hanya akan menjualnya dalam jangka waktu tertentu, mulai dari 5 sampai 10 tahun yang akan datang.

2. Konsep tabungan emas

Saat ini, sudah banyak bank atau perusahaan perbankan yang menawarkan fasilitas menabung emas. Kamu bisa memilih berapa banyak emas yang akan ditabung tiap bulannya. Jika tabungan sudah terkumpul, maka kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Misalnya, kamu akan menabung emas sebanyak 1 gram per bulan. Setelah 3 tahun, kamu akan mencairkan tabungan emas tersebut untuk biaya pernikahan.

3. Sistem forex trading

Dengan menjalankan strategi yang satu ini, kamu bisa menggunakan emas sebagai modal usaha atau deposit trading. Emas yang kamu miliki akan digadaikan dan dijadikan modal untuk kegiatan trading. Meski terbilang menguntungkan, strategi ini perlu dilakukan secara hati-hati karena risikonya yang lumayan tinggi ketimbang dua strategi lain yang sudah disebutkan sebelumnya.

Baca juga: Inilah Sejumlah Faktor yang Mempengaruhi Investasi

Demikianlah informasi terkait keuntungan, cara, dan strategi dalam menjalankan investasi emas Antam yang perlu kamu ketahui. Ingin tahu lebih banyak soal investasi emas atau reksadana? Yuk, cari tahu di sini.

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!