6 Investasi Pemula yang Aman dengan Modal Kecil, Dijamin Cuan!

Uji Agung Santosa

31 Januari 2023

Pilihan investasi untuk pemula yang menguntungkan (123rf.com)
Pilihan investasi untuk pemula yang menguntungkan (123rf.com)

Seiring maraknya edukasi finansial dan kemajuan teknologi digital, kesadaran akan pentingnya berinvestasi sejak dini turut berkembang. Namun, di tengah tren investasi yang kian menjamur, tahukah kamu seperti apa pilihan investasi pemula yang aman dan menguntungkan?

Bagi pemula, tahun 2023 merupakan waktu yang tepat untuk memulai investasi. Ini bisa memotivasi dirimu memperbanyak aset sekaligus mencapai kebebasan finansial. Meski begitu, ketahui lebih dulu prosedur tiap investasi dengan jelas supaya tidak salah pilih dan terhindar dari penipuan.

Agar tidak bingung, mari membahas lebih lanjut mengenai rekomendasi instrumen investasi yang cocok untuk pemula dengan modal kecil, aman dan dijamin cuan,  beserta tips ber investasi yang cocok untuk pemula.

 

Baca juga: Pengertian Investasi, Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya

Pilihan Jenis Investasi Bagi Pemula

Pilihan investasi untuk pemula.
Pilihan investasi untuk pemula.

Dari beragam pilihan jenis investasi yang tersedia saat ini, ada sejumlah instrumen yang bisa dicoba oleh pemula seperti berikut ini:

1. Deposito berjangka

Bagi kamu yang ingin mulai berinvestasi dengan modal kecil, aman, dan minim risiko, bisa mencoba deposito berjangka atau dikenal juga sebagai deposito bank. Deposito berjangka merupakan salah satu jenis simpanan uang di bank yang memiliki prinsip sama dengan menabung.

Bedanya dengan tabungan biasa, pada penyimpanan deposito kamu akan diarahkan untuk menyimpan uang mulai dari nominal kecil hingga yang bernilai kurang dari Rp2 miliar dengan sejumlah aturan ketat. Misalnya, mengambil uang deposito tidak dapat dilakukan sembarangan karena memiliki jangka waktu tertentu yang telah disepakati sebelumnya. Selain itu, nasabah juga akan didenda jika dana simpanan tidak dicairkan atau terlewat dicairkan dari jangka waktu kesepakatan.

Investasi deposito terbilang menguntungkan karena risiko yang dihasilkan sangat kecil. Apalagi uang yang disimpan terjamin keamanannya lantaran dinaungi langsung oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

2. Saham

Permainan saham bisa sangat menarik bagi pemula karena selain menantang, panduan instrumen investasi satu ini kini bisa dipelajari dengan mudah. Terlebih lagi investasi saham bisa dimulai dengan modal kecil dan menghasilkan keuntungan menggiurkan. Meskipun risiko bermain saham bisa saja sangat besar, tetapi pemula bisa mencobanya asalkan mengetahui kiat berinvestasi saham yang aman.

Yang paling penting, pastikan kamu mulai berinvestasi saham dengan modal kecil dan menggunakan duit dingin alias yang berasal dari simpanan pribadimu. Hal ini untuk menghindari risiko tak diinginkan sekaligus sistem yang rumit saat praktiknya. Oleh sebab itu, jangan mudah tergiur janji keuntungan tinggi secara instan karena secara perlahan keuntungan besar dari saham yang kamu tanam akan didapat dalam jangka panjang.

3. Emas

Emas telah lama dikenal sebagai investasi favorit yang menguntungkan karena sejumlah alasan. Selain bisa dimulai dengan modal kecil dan disesuaikan dengan budget yang dimiliki, emas sebagai logam mulia juga memiliki harga stabil yang cenderung naik setiap tahunnya tanpa terpengaruh inflasi.

Meski begitu, kamu juga perlu menimbang dengan cermat jenis emas apa yang akan kamu gunakan dalam berinvestasi. Apakah emas batangan seperti Antam atau emas dalam bentuk perhiasan yang kini dijual bebas? Walaupun sama-sama mudah dicairkan dan memiliki keunggulannya masing-masing, jenis emas perhiasan biasanya  memiliki harga yang jauh lebih berkurang dibanding harga beli ketika kamu berniat menjualnya kembali.

Baca juga: 3 Jenis Investasi yang Menguntungkan dan Cocok Bagi Pemula

4. Barang koleksi

Satu lagi investasi yang cocok untuk pemula adalah barang koleksi. Barang-barang tren yang saat ini kamu koleksi dengan harga murah boleh jadi di masa depan akan memberi keuntungan fantastis. Alasannya, karena barang koleksi pada masanya akan berubah menjadi barang bernilai yang memiliki harga tinggi dan kembali dicari orang. 

Oleh sebab itu, pandai-pandailah membaca tren dan pilih barang koleksi yang dapat kamu jadikan aset jangka panjang semisal uang kuno, mobil Tamiya, atau bahkan lego.

5. Peer to peer (P2P) lending

P2P lending merupakan jenis investasi yang tengah naik daun lantaran dinilai minim risiko, aman, bisa dimulai dengan modal kecil, dan tak jarang menghasilkan keuntungan pengembalian yang besar. Meski belum familiar bagi sebagian kalangan, cara kerja P2P lending pada dasarnya sederhana. 

Jenis investasi berbasis crowdfunding ini akan menjadi wadah yang mempertemukan antara investor yang memiliki modal dengan debitur alias pihak peminjam.

Umumnya, debitur adalah pelaku UMKM yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya. Dalam praktiknya, kegiatan investasi ini terbilang aman karena dinaungi oleh lembaga-lembaga yang telah mendapat persetujuan OJK. Rata-rata pengembalian P2P lending antara 14-20 persen tiap tahunnya, atau lebih tinggi dari bunga tabungan dan deposito.

6. Reksadana

Reksadana saat ini menjadi salah satu instrumen investasi pemula yang paling banyak dilirik orang karena sejumlah kelebihan yang dimilikinya. Selain bisa dimulai dengan modal kecil dan memiliki harga terjangkau, reksadana tergolong investasi aman karena diawasi ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Imbal hasil yang diberikan pun bisa sangat optimal karena tidak dikenakan pajak. Lebih menarik lagi, reksadana dikelola oleh seorang Manajer Investasi berbadan hukum yang andal dan ahli di bidangnya sehingga investor hanya perlu duduk manis tanpa harus memusingkan pengelolaan investasi mulai dari menyusun strategi hingga menganalisis instrumen pasar modal.

Kabar baiknya, kamu sudah bisa mulai berinvestasi reksadana dengan harga terjangkau mulai dari Rp50 ribu. Bahkan, melalui aplikasi BMoney, kamu hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp10 ribu untuk memulai reksadana. Tak hanya itu, lewat aplikasi ini kamu juga bisa mencoba membuat berbagai pilihan produk investasi lainnya yang dapat disesuaikan dengan tujuan keuangan sekaligus kebutuhanmu.

Baca juga: Mengenal Reksadana Campuran dan Risiko Investasinya

Tips Investasi untuk Pemula

Tips investasi untuk pemula.
Tips investasi untuk pemula.

Di samping mengetahui rekomendasi pilihan investasi terbaik yang cocok bagi pemula dengan modal kecil, kamu juga perlu mengetahui cara-cara memulai investasi yang tepat. Berikut sejumlah tips dan hal yang perlu diperhatikan.

1. Jangan tunda

Prinsip investasi adalah semakin dini semakin baik. Semakin muda kamu memulai, akan semakin ringan kebutuhan yang perlu kamu persiapkan untuk mencapai tujuanmu di masa depan. Sebagai permulaan, kamu yang masih ragu dalam berinvestasi bisa mencoba lebih dulu jenis instrumen seperti pembelian produk pasar modal tidak langsung semisal reksa dana dan obligasi.

2. Tetapkan tujuan berinvestasi

Dalam berinvestasi sebaiknya menentukan tujuan secara spesifik seperti dana pendidikan, perencanaan pensiun, atau persiapan dana darurat. Hal ini perlu dilakukan untuk memotivasi kamu dalam berinvestasi. Kamu juga dapat mengonsultasikan segala kebimbanganmu pada penasihat keuangan profesional.

Baca juga: 9 Tips Belajar Investasi untuk Pemula

3. Buat target dana dan jangka waktu yang diperlukan

Selain menarget dana yang kamu butuhkan dalam berinvestasi, perkirakan pula jangka waktu yang diperlukan secara spesifik. Biasanya nominal dana yang perlu dialokasikan akan semakin besar jika rentang waktu berinvestasi yang tersedia semakin pendek. Selain itu, menentukan rentang waktu yang tepat juga akan membantumu pada pilihan investasi yang lebih stabil dan aman, pun memiliki volatilitas rendah sehingga kamu terhindar dari kerugian.

4. Konsisten berinvestasi

Dana investasi sebaiknya dialokasikan secara konsisten sekitar 10-30 persen tiap bulannya tanpa mengganggu pengeluaran untuk kebutuhan utama. Jadikan hal ini  suatu kebiasaan yang nyaman dan menyenangkan. Selain itu, pastikan pula aset finansial investasimu diawasi langsung oleh OJK agar berinvestasi tetap aman.

Setelah mengetahui rekomendasi investasi yang cocok untuk pemula di tahun 2023 ditambah tips menjalankan investasi di atas, bukan hal sulit bukan, untuk memulai investasi pemula yang aman dengan modal kecil dan dijamin cuan. Selamat berinvestasi!

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!