Jenis Mata Uang Kripto yang Bisa Kamu Beli di Indonesia

Imanuel Kristianto

13 April 2022

Kenali Jenis Mata Uang Kripto dan Karakteristiknya di Sini
Kenali Jenis Mata Uang Kripto dan Karakteristiknya di Sini

Investasi dalam bentuk mata uang kripto atau cryptocurrency sudah banyak diminati belakangan ini. Alasan investasi ini jadi favorit banyak orang karena bisa dilakukan dengan mudah dan potensi return yang tinggi. Bukan hanya itu, jenis mata uang kripto yang ada di pasaran juga sudah sangat beragam.

Berbicara dengan jenisnya, kamu pun harus tahu apa saja yang sudah bisa dibeli di pasaran sekarang. Nah, simak informasi yang kamu butuhkan untuk mulai berinvestasi dengan mata uang kripto.

Mengenal Jenis Mata Uang Kripto

jenis mata uang kripto
Berbagai jenis mata uang kripto (123rf)

Cryptocurrency adalah mata uang virtual yang beredar secara digital. Mata uang digital ini tidak mungkin bisa dipalsukan karena ada cryptography. Sama halnya dengan mata uang riil, jenis mata uang kripto juga bisa diperjualbelikan.

Beberapa negara malah sudah memperbolehkan transaksi jual beli dengan menggunakan salah satu jenis mata uang kripto. Salah satu contohnya adalah pembelian Non-Fungible Token (NFT) di pasar online.

Namun, pemerintah Indonesia belum memperbolehkan adanya transaksi jual beli dengan menggunakan mata uang ini. Beberapa pihak pun mengharamkan uang kripto dipakai untuk jual beli barang. Biarpun begitu, kamu tetap bisa memanfaatkan mata uang kripto sebagai instrumen investasi.

Tidak heran, sejumlah mata uang kripto jadi primadona para investor belakangan ini. Nah, apa kamu juga cukup tertarik untuk mulai investasi mata uang kripto?

Baca juga: Apakah Kripto Halal sebagai Jenis Instrumen Investasi?

Keuntungan Investasi Dalam Berbagai Jenis Mata Uang Kripto

Mata uang kripto diminati lantaran banyak memberikan keuntungan untuk para investornya. Simak deretan keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat berinvestasi dalam mata uang kripto.

1. Investasi mata uang kripto menjanjikan high return

Hampir semua mata uang kripto menjanjikan pengembalian atau return yang sangat tinggi. Pada 2020 lalu, harga Bitcoin pernah naik hingga 354% hanya dalam waktu yang singkat. Peningkatkan ini mengalahkan semua instrumen investasi lain yang pernah ada. Namun, fenomena ini tidak akan terjadi terlalu sering, ya.

2. Universal dan tanpa syarat

Cryptocurrency bersifat universal karena hampir seluruh dunia mengenal mata uang ini. Kamu pun bisa menggunakanya dengan lebih mudah. Untuk membeli atau menjadi pemiliknya, kamu bisa menggunakan nama samaran tanpa harus menyertakan data pribadi.

3. Proses pembelian yang cepat dan mudah

Untuk yang satu ini, mata uang kripto tidak bisa dibandingkan dengan aset investasi lainnya. Kamu bisa membeli setiap jenis mata uang kripto hanya dengan hitungan menit. Berbeda dengan pembelian saham dan reksadana yang butuh waktu yang lebih lama untuk prosesnya.

4. Proses jual beli yang transparan

Setiap pemilik mata uang kripto bisa melihat transaksi yang sudah pernah dilakukan. Namun, kamu tetap tidak bisa mengetahui siapa yang membeli uang kripto kamu saat menjualnya. Kamu hanya akan diberikan angka-angka tanpa identitas.

5. Mata uang kripto aman dan legal

Kepemilikan dan investasi kripto sudah memiliki kepastian hukum. Jadi, kamu diperbolehkan untuk melakukan jual-beli uang kripto ini. Beberapa negara bahkan sudah bisa menggunakan mata uang ini untuk jual beli di ecommerce.

Baca juga: Pilihan Investasi untuk Anak Muda

Jenis Mata Uang Kripto yang Populer

uang kripto terpopuler
Jenis uang kripto terpopuler (123rf)

Nah, buat kamu yang mau mulai berinvestasi, kenali jenis mata uang kripto yang populer di bawah ini.

1. Bitcoin

Mata uang yang satu ini paling populer di dunia. Pasalnya, Bitcoin merupakan mata uang kripto pertama yang muncul pada 2009 silam. Bitcoin diperkenalkan oleh akun bernama Satoshi Nakamoto.

Hanya dalam rentang 10 tahun, jumlah Bitcoin yang beredar di dunia sudah mencapai 18 juta dengan. Pada 2022, sudah ada lebih dari 221 juta token Bitcoin yang beredar. Total valuasinya sekarang sudah hampir mencapai $1,1 triliun.

2. Ethereum

Mata uang terpopuler nomor dua dalam cryptocurrency adalah Ethereum. Mata uang inilah yang paling sering digunakan untuk membuat atau membeli NFT. Jadi tidak heran banyak juga para investor kripto yang memiliki Ethereum dalam jumlah yang besar.

Biarpun begitu, nilai kapitalisasi pasarnya hanya sekitar $500 miliar atau setengah kali nilai Bitcoin. Namun, banyak pendapat yang bilang mata uang kripto yang satu ini bisa terus melaju pesat mengikuti Bitcoin.

Baca juga: Cara Dapat Keuntungan Investasi Emas Antam Secara Maksimal

3. Binance Coin

Mata uang kripto yang satu ini dikembangkan oleh binance yang menjalankan bisnis pertukaran koin kripto. Binance Coin juga merupakan salah satu mata uang yang cukup populer di kalangan investor.

Nilai pasaran dari mata uang ini sudah mencapai lebih dari $96 miliar. Binance Coin juga sering digunakan untuk membayar biaya transaksi dengan harga yang lebih rendah. Mata uang ini pun bisa diperjualbelikan dengan mata uang kripto lain, seperti Bitcoin dan Ethereum.

4. Tether

Bisa dibilang mata uang ini adalah crypto-dollar atau mata uang yang sering jadi acuan yang nilainya harus dijaga. Hal ini membuat Tether menjadi mata uang kripto yang populer seperti Bitcoin dan Ethereum.

Nilai kapitalisasi pasarnya sudah mencapai $73 miliar. Tether juga terbilang sangat stabil nilainya, bahkan melebihi mata uang kripto lainnya. Karena itu, banyak orang yang menyarankan untuk memiliki Tether untuk para pemula di bidang kripto.

5. Solana

Mata uang kripto ini diluncurkan para 2019, tapi sudah jadi banyak incaran para investor dalam beberapa waktu ke belakang. Nilai kapitalisasinya sudah mencapai $65 miliar.

Awalnya mata uang ini dibuat untuk solusi keuangan terdesentralisasi (DeFi). Solana digunakan sebagai pembayaran, layanan pinjaman P2P, stablecoin, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Sleeping Investor adalah Orang Paling Santai dengan Cuan Paling Mantap, Minat?

6. Litecoin

Serupa dengan Solana, Litecoin juga digunakan untuk membuat blok baru yang punya kecepatan lebih cepat. Para pemiliknya bisa menggunakan mata uang ini untuk melakukan transaksi tanpa memerlukan sistem yang kuat.

7. Polygon

Mata uang ini pun hadir untuk menghadapi blockchain dari Ethereum yang sudah banyak dimiliki oleh masyarakat. Dengan kata lain, Polygon merupakan salah satu pilihan mata uang kripto terbaik untuk dijadikan aset investasi.

8. Cardano

Cardano juga dibuat oleh salah satu pendiri Ethereum. Bedanya, mata uang ini menggunakan smart contract yang membuat identitas pemiliknya diketahui oleh pihak pembuatnya. Nilai kapitalisasi dari cardano sekarang ini sudah  mencapai $42 miliar.

9. XRP

Mata uang ini sudah hadir pada 2012 dengan nama Ripple yang akhirnya berubah nama menjadi XRP. Mata uang XPR menawarkan cara pembayaran untuk menggantikan mata uang riil. Nilai kapitalisasinya pun sudah mencapai $39 miliar.

10. Terra

Mata uang kripto ini mendukung berbagai stablecoin berdasarkan mata uang riil, seperti dolar dan euro. Adapun kontrak pintar untuk para pemiliknya. Nilai kapitalisasi pasar yang sudah dicapai oleh mata uang Terra mencapai 24 miliar.

Baca juga: Tips Menabung Harian yang Mudah Dilakukan Siapa Saja

Nah, itu dia sejumlah jenis mata uang kripto yang bisa kamu beli. Nah, apa kamu mau mulai investasi kripto sekarang atau masih ragu? Untuk kamu yang masih pemula, coba saja mulai dengan investasi reksadana. Selain mudah, potensi pengembaliannya juga cukup tinggi, loh.

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!