Punya Kartu Kredit Platinum, Apa Untungnya?

Imanuel Kristianto

24 Oktober 2022

Kartu kredit platinum (Foto: 123rf)
Kartu kredit platinum (Foto: 123rf)

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang sudah dipakai oleh banyak orang, terutama masyarakat urban. Alat pembayaran yang satu ini sering kali dipilih untuk menggantikan uang tunai karena penggunaannya yang praktis sehingga bisa digunakan di mana saja.

Selain praktis, banyak promo yang diberikan kepada para pengguna kartu kredit sehingga mereka bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan secara mudah.

Ada beberapa jenis kartu kredit yang biasa digunakan. Mulai dari kartu kredit silver, kartu kredit gold, kartu kredit platinum kartu kredit titanium, sampai kartu kredit spesial.

Kali ini, kita akan membahas apa itu kartu kredit platinum, berapa limit penggunaannya, apa saja kelebihan dan kekurangannya, serta berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap transaksi kartu kredit tersebut. Yuk, simak penjelasannya!

Baca juga: Black Card, Kartu Kredit Mewah untuk Kalangan ‘Sultan’

Apa Itu Kartu Kredit Platinum?

Apa Itu Kartu Kredit Platinum?
Apa Itu Kartu Kredit Platinum?

Kartu kredit platinum merupakan jenis kartu kredit yang dikategorikan berdasarkan limitnya. Namun, perlu diketahui bahwa limit kartu kredit platinum tidaklah sama antara satu bank dengan bank lainnya. Untuk itu, kamu perlu mencari tahu terlebih dulu berapa limitnya dengan mengunjungi bank penyedia kartu kredit yang kamu pilih.

Rata-rata kartu kredit jenis ini memiliki limit penggunakan mulai dari Rp40 juta sampai Rp1 miliar. Salah satu ketentuan yang wajib dipenuhi agar dapat memiliki kartu kredit jenis platinum adalah memiliki pendapatan minimum yang telah ditentukan oleh pihak penyedia kartu kredit. Rata-rata bank penerbit kartu kredit menetapkan penghasilan minimum sebesar Rp180 juta per bulan.

Jika kamu belum mempunyai penghasilan sebesar itu, kamu bisa memanfaatkan penawaran kartu kredit jenis lainnya atau berinvestasi di berbagai instrumen agar aset yang kamu miliki bisa bertambah.

Baca juga: Tips Menabung Harian yang Mudah Dilakukan Siapa Saja

Limit dan Biaya Kartu Kredit Platinum

Limit dan Biaya Kartu Kredit Platinum
Limit dan Biaya Kartu Kredit Platinum

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, nasabah yang berhak menjadi pemegang kartu kredit platinum harus memiliki penghasilan setidaknya Rp180 juta per bulan. Sementara itu, limit penggunaan kredit yang bisa dimanfaatkan oleh pemegang kartu kredit jenis ini berkisar antara Rp40 juta sampai Rp1 miliar.

Selain syarat dan ketentuan yang ketat untuk memiliki kartu kredit platinum, ada juga beberapa jenis biaya yang harus dikeluarkan pemegang kartu kredit jenis ini. Beberapa biaya yang dimaksud antara lain adalah:

  • Bunga tahunan sesuai ketentuan bank penerbit
  • Iuran tahunan kartu utama sekitar Rp500 ribuan
  • Biaya kartu tambahan sekitar Rp250 ribuan
  • Denda keterlambatan pembayaran Rp150 ribu atau sekitar 1-3% dari total tagihan
  • Biaya penarikan tunai minimum

 

Baca juga: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kredit Investasi

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit Platinum

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit Platinum
Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit Platinum

Penggunaan kartu kredit di zaman modern seperti sekarang ini tentu bukan hal yang langka. Banyak orang menggunakan alat pembayaran yang satu ini untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, membeli produk tersier, bahkan berlibur ke tempat-tempat yang ingin dikunjungi.

Nah, kamu yang ingin memiliki kartu kredit platinum tentu harus mengetahui terlebih dulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari penggunaan kartu kredit jenis ini.

Kelebihan kartu kredit platinum

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan memiliki kartu kredit jenis platinum.

1. Belanja online lebih mudah

Belanja online menjadi salah satu solusi praktis yang biasa dipilih untuk mereka yang tidak punya banyak waktu untuk belanja langsung di toko offline. Dengan menggunakan kartu kredit jenis platinum, kamu bisa berbelanja online di toko online dalam negeri ataupun luar negeri.

Saat ini, hampir semua situs belanja online atau e-commerce menawarkan sistem pembayaran dengan kartu kredit sehingga kamu bisa memanfaatkan program bunga rendah atau cicilan 0% untuk membeli produk yang kamu inginkan.

2. Banyak promo dan diskon 

Salah satu alat pembayaran yang sering menawarkan promo dan diskon bagi penggunanya adalah kartu kredit, tidak terkecuali kartu kredit platinum. Kelebihan yang satu ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi kamu yang senang berbelanja hemat sehingga bisa mengelola keuangan secara lebih baik.

Baca juga: 5 Keuntungan Investasi untuk Masa Depan yang Lebih Baik

3. Transaksi tercatat otomatis

Kelebihan lain yang bisa kamu manfaatkan untuk mengelola keuangan pribadi adalah adanya riwayat transaksi yang secara otomatis tercatat di sistem. Kamu hanya perlu melakukan pengecekan berdasarkan tanggal transaksi untuk melihat apa saja barang yang kamu beli dan di mana kamu melakukan transaksi tersebut.

4. Poin kartu kredit bisa ditukar untuk traveling

Salah satu fitur yang digemari oleh para pemegang kartu kredit platinum adalah pengumpulan poin belanja yang nantinya bisa ditukarkan dengan tiket pesawat atau hotel mewah. Dengan begitu, kamu tidak perlu menunggu waktu lama untuk bisa berjalan-jalan ke tempat yang kamu inginkan.

Kekurangan kartu kredit platinum

Selain kelebihan, ada juga kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan saat akan menggunakan kartu kredit. Berikut penjelasannya.

1. Banyak biaya tambahan

Saat menggunakan kartu kredit, kamu harus siap dengan berbagai jenis biaya yang dikenakan nantinya. Biaya-biaya ini sering kali bersifat tersembunyi alias baru muncul setelah transaksi dilakukan. 

Beberapa biaya yang harus kamu persiapkan saat akan menggunakan kartu kredit di antaranya adalah biaya persentase bunga tahunan (APR), biaya layanan, dan penalti yang harus dikeluarkan jika terlambat membayar kredit. Inilah yang membuat para pemegang kartu kredit memiliki banyak beban finansial di kemudian hari.

2. Berhubungan dengan skor kredit

Skor kredit adalah faktor yang menentukan pengajuan kredit yang kamu lakukan akan diterima atau tidak. Jika skor kreditnya baik, maka kamu memiliki kesempatan besar untuk memiliki kartu kredit. Namun, jika kamu telat dalam membayar cicilan kartu kredit, maka skor kredit yang kamu miliki akan menurun. Inilah yang nantinya berpengaruh terhadap limit kreditmu.

3. Ketagihan berutang

Penggunaan kartu kredit secara bijak memang bisa menjadi solusi bagi siapa saja yang memiliki masalah keuangan. Sayangnya, kemudahan berbelanja yang ditawarkan kartu kredit sering kali menjadikan seseorang ketagihan untuk berutang. Apalagi jika limit yang ditawarkan sebesar limit ada kartu kredit platinum.

Baca juga: Tidak Ada yang Mustahil, Begini Cara Dapat Uang Rp1 Miliar yang Layak Dicoba!

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu kartu kredit platinum, limit dan biaya transaksi serta penanganan dengan kartu kredit tersebut, beserta kelebihan dan kekurangannya. Setelah mengetahui seluruh informasi tersebut, apakah kamu akan tetap mengajukan permohonan kartu kredit jenis platinum?

Alih-alih mengusahakan syarat dan ketentuan untuk memperoleh kartu kredit agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, ada baiknya jika kamu menggunakan dana yang ada untuk berinvestasi.

Selain bisa terhindar dari utang berkepanjangan, kamu juga dapat memperkaya nilai aset yang kamu miliki dengan cara berinvestasi. Untuk kamu yang tertarik berinvestasi, yuk coba investasi reksa dana di BMoney. Soal modal yang harus dikeluarkan, kamu tidak perlu khawatir karena di aplikasi ini, kamu bisa mulai berinvestasi dengan modal mulai dari Rp10 ribu saja. Tertarik berinvestasi? Yuk, download aplikasinya di Play Store atau App Store

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!