10 Tips Jitu Mencapai Kebebasan Finansial

Imanuel Kristianto

26 September 2022

10 Tips Jitu Mencapai Kebebasan Finansial (Foto: 123rf)
10 Tips Jitu Mencapai Kebebasan Finansial (Foto: 123rf)

Seiring berkembangnya teknologi informasi, makin banyak informasi yang dapat diakses publik sehingga masyarakat semakin sadar akan pentingnya mencapai kebebasan finansial.

Uniknya, bukan hanya orang dewasa atau orang tua yang kemudian berusaha mencapai hal tersebut. Banyak juga anak muda yang belajar mengelola keuangan dengan baik agar dapat mencapai kebebasan finansial di usia muda. Salah satunya dengan menerapkan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang baik dari sekarang.

Nah, kamu yang juga ingin mencapai hal tersebut tentu ingin tahu apa saja hal yang perlu dilakukan agar kebebasan dalam hal keuangan ini bisa segera terwujud. Sebelum mengetahui apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan, cari tahu lebih dulu apa itu kebebasan finansial.

Baca juga: Cara Sukses Menjadi Kaya di Usia Muda dengan Langkah Cerdas, Bisa Ditiru!

Apa Itu Kebebasan Finansial

Apa Itu Kebebasan Finansial
Apa Itu Kebebasan Finansial

Kebebasan finansial alias financial freedom merupakan kondisi yang terjadi saat seseorang mampu memenuhi kebutuhan dan mencapai apa yang diinginkannya tanpa perlu merasa khawatir akan kekurangan secara finansial, baik di masa sekarang maupun di masa mendatang.

Pada dasarnya, financial freedom dapat dicapai oleh siapa pun, baik yang berusia muda maupun yang sudah berusia senja. Hal tersebut dapat dicapai jika orang tersebut mau bekerja keras dan melakukan berbagai upaya secara konsisten agar dapat sampai pada tahap keuangan yang matang. Ada sebagian orang yang mungkin butuh waktu lama untuk bisa sampai ke tahap tersebut. Tapi, bukan berarti kamu tidak dapat melakukannya.

Kebebasan dalam hal finansial ini sering juga diartikan sebagai kondisi ketika seseorang memiliki jumlah tabungan dan uang tunai yang cukup untuk dapat memenuhi kebutuhan dan gaya hidupnya. Cukup di sini bukan berarti hanya cukup untuk satu masa, melainkan juga bisa bertahan dalam jangka waktu lama.

Sayangnya, tidak semua orang dapat mewujudkan kondisi finansial seperti ini. Banyak orang bahkan merasa memiliki beban finansial yang terus bertumbuh seiring bertambahnya usia. Selain karena memang tingkat keuangan yang tetap, atau bahkan menurun, hal ini juga biasanya disebabkan oleh bertambahnya pengeluaran, utang, dan masalah finansial tidak terduga lainnya.

Kondisi finansial yang dinamis menyebabkan tidak semua orang dapat mencapai kebebasan secara finansial secara mudah. Apalagi, berbagai macam biaya hidup juga terus meningkat dari waktu ke waktu dan kondisi fisik tiap orang juga cenderung menurun seiring bertambahnya usia. Itulah sebabnya, penting untuk menentukan langkah strategis dalam mencapai kebebasan finansial di usia muda.

Baca juga: Tabel Menabung Harian, Cara Unik dan Efektif Capai Target Tabungan

Pentingnya Kebebasan Finansial

Pentingnya Kebebasan Finansial
Pentingnya Kebebasan Finansial

Hampir setiap orang menginginkan terwujudnya kebebasan secara finansial di usia yang matang. Dengan hal tersebut, kamu dapat membeli apa pun sesuai dengan kebutuhan dan keinginan tanpa harus berpikir terlalu lama tentang risiko finansial yang mungkin kamu hadapi.

Dalam kondisi seperti ini, seseorang dianggap mempunyai harta, aset, atau kekayaan yang dapat mencukupi seluruh kebutuhannya tanpa perlu melakukan upaya yang lebih keras seperti halnya yang terjadi pada orang-orang yang belum mencapai kebebasan finansial. 

Orang dengan status sudah mencapai kebebasan finansial cenderung mampu menghasilkan uang, harta, atau kekayaan yang lebih besar daripada biaya hidup yang mereka perlukan dalam kehidupan sehari-hari. Intinya, orang tersebut sudah tidak perlu bekerja agar dapat mencukupi biaya hidupnya karena uang atau kekayaan tersebut sudah bisa datang dengan “sendirinya”.

Pentingnya kebebasan finansial dapat dilihat ketika usia atau fisik seseorang sudah tidak lagi bisa diandalkan alias tidak produktif. Ketika usia seseorang semakin tua, maka orang tersebut sudah tidak bisa menghasilkan uang atau kekayaan yang sama seperti ketika ia masih berusia muda. Oleh karena itu, penting untuk mengelola keuangan secara tepat sejak dini supaya kamu bisa mencapai kebebasan finansial.

Baca juga: 10+ Tips Menabung 5 Juta Setahun yang Paling Efektif

10 Tips Jitu Kebebasan Finansial

10 Tips Jitu Kebebasan Finansial
10 Tips Jitu Kebebasan Finansial

Setelah memahami apa itu kebebasan finansial, inilah waktu yang tepat bagi kamu untuk melakukan tips jitu dalam mencapai hal tersebut. Bagaimana caranya? Simak poin-poin berikut.

1. Tentukan tujuan

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk dapat mencapai kebebasan secara finansial adalah dengan menentukan secara jelas apa tujuan hidupmu. Setelah itu, cari tahu apa yang kamu maksud dengan kebebasan finansial sehingga semua upaya yang kamu lakukan nantinya akan bermuara pada satu titik, yaitu tujuan hidup dan keuanganmu.

Jika tujuan hidup yang kamu miliki sudah jelas, maka akan makin mudah bagi kamu untuk menentukan tujuan finansialmu serta cara apa yang akan kamu lakukan untuk dapat mencapainya.

2. Buat rencana keuangan

Setelah melakukan langkah pertama, barulah kamu dapat membuat rencana keuangan berdasarkan tujuan yang sudah kamu tetapkan sebelumnya. Dalam membuat rencana keuangan, kamu perlu membedakan mana tujuan jangka pendek dan mana tujuan jangka panjang.

Dengan begitu, kamu bisa lebih spesifik dalam menentukan apa langkah yang perlu kamu lakukan untuk mencapai kedua tujuan tersebut dengan rencana keuangan yang sudah kamu buat.

3. Bayar cicilan dan lunasi utang

Mempunyai cicilan alias utang merupakan salah satu hambatan terbesar yang biasa dialami oleh seseorang untuk dapat mencapai kebebasan finansial. Oleh karena itu, bayar cicilan dan lunasi utang sesegera mungkin agar hambatan tersebut segera hilang.

Cicilan atau utang dalam hal ini bukan hanya cicilan atau utang yang bernilai tunai. Kamu juga sebaiknya membayar cicilan berupa kartu kredit yang biasa kamu gunakan untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.

4. Bedakan tabungan dan dana darurat

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan untuk dapat mewujudkan kebebasan secara finansial adalah memisahkan antara rekening tabungan dengan dana darurat. Hal ini diperlukan supaya dana darurat yang kamu miliki tidak terganggu oleh urusan kebutuhan sehari-hari.

Untuk mempermudah proses pemisahan rekening, kamu juga bisa melakukan penarikan dana secara otomatis dan menggunakan rekening tanpa ATM untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu.

5. Cari penghasilan tambahan

Mumpung masih dalam usia produktif, kamu bisa menggunakan waktu dan tenaga yang kamu miliki untuk memperoleh penghasilan tambahan dari pekerjaan sampingan. Pekerjaan sampingan di sini tidak harus berhubungan dengan perusahaan atau klien bisnis, tapi bisa juga bisnis kecil-kecilan seperti buka kedai atau jualan online.

Meski ini sudah menjadi satu hal yang pasti harus dilakukan, kamu tentu harus memastikan jika pekerjaan sampingan yang kamu lakukan tidak mengganggu pekerjaan utama.

Baca juga: Begini Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah yang Mudah Dilakukan!

6. Mengurangi biaya yang tidak perlu

Kondisi bebas secara finansial hanya bisa dicapai kalau kamu punya penghasilan pasif dengan jumlah pemasukan yang tentunya lebih besar daripada pengeluaran. Oleh karena itu, pastikan jika kamu sudah mencatat semua kebutuhanmu sehingga tidak ada lagi pengeluaran yang tidak perlu atau tidak sesuai dengan kebutuhan.

7. Berinvestasi di aset riil

Kebebasan dalam hal keuangan hanya bisa diraih ketika kamu dapat menghasilkan uang atau aset tanpa perlu bekerja. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mulai berinvestasi di aset riil, seperti halnya membeli properti untuk disewakan sehingga kamu punya penghasilan pasif.

8. Berinvestasi di aset finansial

Selain berinvestasi di aset riil, kamu juga perlu berinvestasi di aset finansial. Hal ini diperlukan agar nilai aset yang kamu miliki tidak tergerus inflasi. Kamu bisa berinvestasi dalam berbagai instrumen, salah satunya reksa dana.

Saat ini, sudah banyak platform investasi yang bisa membantu para investor dalam menanamkan dananya. Misalnya, aplikasi investasi BMoney yang memungkinkan kamu untuk berinvestasi secara mudah dengan modal mulai dari Rp10 ribu saja. Download aplikasinya di Play Store atau App Store sekarang! 

9. Pakai aplikasi manajemen keuangan

Jika kamu kesulitan untuk mengatur dan mencatat keuangan, saatnya kamu memanfaatkan teknologi dengan cara menggunakan aplikasi khusus untuk mengelola keuangan. Dengan aplikasi ini, kamu dapat mencatat pemasukan dan pengeluaran di satu dasbor serta mengeceknya kembali secara mudah.

10. Konsisten

Konsistensi adalah hal penting yang diperlukan untuk dapat mencapai sesuatu, termasuk dalam mencapai kebebasan finansial. Dengan konsisten mengatur keuangan dan berinvestasi, maka kebebasan finansial bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan.

Baca juga: Cara Menabung yang Benar untuk Mencapai Tujuan Finansial

Demikianlah 10 tips jitu yang bisa kamu lakukan untuk mencapai kebebasan finansial. Selamat mencoba!

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!