Kelebihan dan Kekurangan Menyimpan Uang di Brankas Bank

Imanuel Kristianto

10 Agustus 2022

Brankas bank (Foto: 123rf)
Brankas bank (Foto: 123rf)

Selain menyimpan harta kekayaan dalam bentuk investasi dan brankas pribadi, ada juga sebagian orang yang memilih menyimpan harta yang mereka miliki di brankas bank atau sering juga disebut safe deposit box

Lihat tips keuangan efektif lainnya di sini.

Para pemilik harta kekayaan tersebut biasanya memilih brankas besar ini karena terbuat dari baja kokoh yang memiliki fitur antimaling dan tahan api sehingga tingkat keamanannya sangat tinggi.

Nah, jika kamu juga ingin menyimpan harta yang kamu miliki di safe deposit box, ada beberapa hal yang tentu harus kamu pertimbangkan terlebih dulu. Mulai dari kelebihan sampai kekurangannya.

Kelebihan Menyimpan Uang di Brankas Bank

brankas bank
Kelebihan brankas bank (123rf)

Ada banyak kelebihan atau keuntungan yang bisa diperoleh nasabah jika menyimpan uang atau harta berharga di brankas bank. Berikut beberapa kelebihan yang ditawarkan layanan safe deposit box tersebut.

1. Keamanan terjamin

Karena bahannya yang terbuat dari baja kokoh yang tahan bongkar dan tahan api, banyak orang yang memiliki harta berharga memilih brankas bank sebagai alternatif penyimpanan harta yang paling aman.

Selain kondisi fisik brankas yang bagus, sistem keamanannya juga terjamin karena banyak bank menggunakan sistem keamanan dual-kontrol biomedik sehingga mampu memberikan perlindungan harta berharga yang dimiliki oleh nasabah secara maksimal.

Saat ini, sudah banyak bank yang menyediakan layanan safe deposit box dengan menggunakan kunci keamanan ganda berupa master key yang hanya dimiliki oleh pihak bank dan nasabah. Oleh karena itu, hanya dua pihak tersebut yang bisa membuka brankas bank tersebut.

Baca juga: Pengertian dan Manfaat Regresi dalam Investasi

2. Tingkat risiko kehilangan rendah

Selain harta berupa uang dan perhiasan, kamu juga bisa menyimpan surat atau dokumen berharga di safe deposit box. Fasilitas ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang memiliki harta kekayaan dalam bentuk saham dan obligasi.

Dengan menyimpan aset berharga di brankas besar ini, nasabah bisa meminimalisasi kemungkinan terjadinya kehilangan harta berharga tersebut. Berbeda halnya jika kamu menyimpan aset berharga di brankas rumah yang masih memiliki potensi risiko kehilangan atau terkena kebakaran.

3. Prosedurnya mudah

Untuk dapat menggunakan fasilitas safe deposit box, nasabah hanya perlu membuka rekening di bank tertentu. Namun, ada juga beberapa bank yang tidak mengharuskan calon pengguna brankas untuk menjadi nasabahnya. Oleh karena itu, kamu juga harus mencari tahu terlebih dulu syarat dan ketentuan bank yang ingin kamu gunakan agar bisa memanfaatkan fasilitas tersebut. 

Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena prosedur pendaftaran penggunaan brankas bank tidaklah rumit. Kamu bisa langsung mengunjungi lokasi brankas, mengisi formulir yang disediakan pihak bank, membayar biaya penitipan harta, dan menyerahkan aset yang ingin dititipkan.

4. Varian penyimpanan

Ada berbagai jenis brankas yang dimiliki bank atau penyedia brankas sebagai safe deposit box. Mulai dari kotak berukuran 3 x 10 inci yang biasa disewakan dengan harga mulai dari Rp400 ribu sampai kotak berukuran 10 x 10 inci yang biasa disewakan dengan harga mulai dari Rp800 ribu.

Varian kotak penyimpanan tersebut biasanya ditentukan berdasarkan jumlah dan volume aset yang kamu miliki. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan brankas besar yang sesuai kebutuhan.

Baca juga: 7 Aplikasi Penghasil Uang untuk Dapat Penghasilan Menjanjikan

5. Waktu sewa bisa diperpanjang

Menyimpan aset berharga di safe deposit box harus dilakukan sesuai dengan ketentuan dan kesepakatan antara penyewa dengan pihak bank/penyedia layanan tersebut. Umumnya, kesepakatan yang terjadi antara kedua belah pihak dilakukan dalam jangka waktu satu tahun.

Namun, kamu tetap bisa memperpanjang waktu sewa secara otomatis atau melalui prosedur tertentu sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku di lokasi brankas.

Kekurangan Menyimpan Harta di Brankas Bank

brankas bank
Kekurangan brankas bank (123rf)

Meski punya banyak kelebihan, bukan berarti tidak ada risiko sama sekali jika kamu menyimpan aset berharga di brankas bank. Berikut adalah kekurangan yang mungkin harus diantisipasi atau disiapkan jika kamu ingin menggunakan fasilitas tersebut.

1. Ada biaya sewa

Dengan tingkat keamanan yang tinggi dan berbagai keuntungan lain yang dapat diperoleh nasabah, fasilitas atau layanan safe deposit box ini tentu tidak bisa diperoleh secara cuma-cuma. 

Setiap nasabah harus membayar biaya sewa yang tidak murah untuk dapat menggunakannya. Umumnya, penyedia layanan brankas akan memberikan penawaran waktu sewa selama setahun atau per semester, sesuai kesepakatan antara kedua belah pihak.

Selain biaya sewa, kamu juga perlu membayar biaya jaminan kunci dan denda jika terlambat membayar biaya sewa. Jadi, pastikan kamu sudah tahu apa saja biaya yang perlu dikeluarkan untuk dapat menyimpan harta di brankas bank.

2. Risiko force majeure

Meski tahan banting dan api, aset berharga yang tersimpan di brankas bank juga bisa mengalami kerusakan akibat bencana alam. Kondisi ini disebut juga force majeure.

Dalam kondisi tersebut, pihak bank atau penyedia safe deposit box biasanya tidak dibebankan tanggung jawab untuk mengganti kerugian yang timbul akibat bencana alam atau kondisi di luar kendali kedua belah pihak lainnya.

Oleh karena itu, kamu harus memastikan detail perjanjian dengan pihak bank atau penyedia jasa penyewaaan agar dapat mengetahui dan mengantisipasi risiko penyimpanannya.

Baca juga: 10 Cara Bermain Saham untuk Pemula, Aman dan Minim Risiko

3. Tidak semua barang bisa disimpan di brankas bank

Beberapa orang mungkin menganggap senjata api sebagai barang berharga. Sayangnya, pihak bank atau penyedia penyewaan brankas tidak memperbolehkan nasabah untuk menyimpan barang yang bisa merusak brankas.

Selain itu, kamu juga tidak diperbolehkan untuk menyimpan barang penting seperti halnya surat kuasa, catatan kesehatan, surat wasiat, dan barang lain yang berada dalam kondisi darurat atau mendesak.

Cara Menyimpan Uang di Brankas Bank

cara simpan uang di brankas bank
Cara simpan uang di brankas bank (123rf)

Berikut ini adalah cara menyimpan uang di brankas bank dan beberapa tips yang perlu kamu lakukan untuk memaksimalkan penyimpanan aset berhargamu.

1. Lakukan registrasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu perlu melakukan registrasi sesuai ketentuan bank atau penyedia safe deposit box untuk bisa memanfaatkan fasilitas tersebut. Namun, jangan asal pilih! Kamu juga harus memastikan kalau penyedia yang kamu pilih memiliki reputasi yang baik dalam pelayanannya. 

Berikut adalah beberapa cara menyimpan uang di brankas bank yang perlu kamu lakukan:

  • Membuka rekening tabungan di bank tujuan
  • Mengisi formulir dan menyerahkan dokumen yang diperlukan
  • Menyediakan meterai
  • Membayar biaya sewa 
  • Membayar biaya administrasi dan jaminan sesuai kebijakan bank
  • Menerima kunci atau kartu akses brankas bank

 

2. Cek tingkat keamanannya

Selain mencari tahu informasi detail terkait reputasi bank atau penyewa brankas, lakukan survei ke tempat penyimpanan secara langsung dan pastikan terdapat kamera CCTV di ruangan penyimpanan, penjagaan ketat, dan teknologi canggih yang digunakan dalam sistem kotak penyimpanan.

Baca juga: Aplikasi Investasi Saham dan Reksadana yang Cocok untuk Pemula

3. Kenali hak dan tanggung jawab kedua belah pihak

Setelah memutuskan untuk menggunakan fasilitas safe deposit box, kamu juga perlu mempelajari secara mendalam tentang apa saja hak dan tanggung jawab yang dimiliki antara nasabah dengan pihak bank atau penyewa brankas. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi adanya kelalaian atau risiko kerugian lainnya.

Biaya Sewa Menyimpan Uang di Brankas Bank

sewa brankas bank
Biaya sewa brankas bank (123rf)

Tiap bank atau penyedia brankas biasanya menentukan biaya sewa yang berbeda-beda. Namun, sebagai gambaran, berikut biaya sewa brankas bank yang biasa ditetapkan.

  • Brankas ukuran 3 x 5 x 24 inci mulai dari Rp200 ribu
  • Brankas ukuran 3 x 10 x 24 inci mulai dari Rp800 ribu
  • Brankas ukuran 5 x 5 x 24 inci mulai dari Rp500 ribu
  • Brankas ukuran 5 x 10 x 24 inci mulai dari Rp1 juta
  • Brankas ukuran 10 x 10 x 24 inci mulai dari Rp1,5 juta
  • Brankas ukuran 15 x 10 x 24 inci mulai dari Rp2 juta
  • Dst. 

 

Penting untuk diingat, kalau biaya yang disebutkan tersebut merupakan biaya sewa per tahun dan belum termasuk biaya jaminan kunci yang biasanya dipatok mulai dari Rp1 juta.

Baca juga: Begini Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah yang Mudah Dilakukan!

Demikian informasi tentang kelebihan dan kekurangan, serta cara menyimpan uang di brankas bank yang perlu kamu ketahui. Jika biaya sewa safe deposit box dirasa berat, kamu bisa tetap menyimpan aset berhargamu dalam bentuk reksa dana di aplikasi investasi BMoney yang bisa kamu download melalui Play Store atau App Store.

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!