Pentingnya Kode Referal untuk Tingkatkan Penjualan

Imanuel Kristianto

04 Juni 2022

Kode referal (Foto: 123rf)
Kode referal (Foto: 123rf)

Kamu mungkin sering melihat pengguna aplikasi atau influencer membagikan kode-kode unik tertentu dengan berbagai jenis keuntungan yang ditawarkan. Kode unik ini biasanya dibagikan melalui media sosial atau aplikasi tertentu. Inilah yang biasa disebut dengan kode referal (referral code). 

Banyak orang mengikuti referral program karena memang menguntungkan. Selain bisa dapat diskon atau cashback untuk pembelian produk tertentu, orang yang memiliki referral code juga biasanya mendapatkan komisi dari pihak brand

Nah, untuk mendapatkan keuntungan dari kode referal tersebut, kamu tentu harus memahami terlebih dulu apa itu kode referal, bagaimana cara kerjanya, dan apa saja manfaat yang diperoleh dari program tersebut.

Baca juga: Pengertian Investasi Jangka Panjang dan Jenisnya 

Pengertian Kode Referal

Pengertian Kode Referal
Pengertian kode referal (123rf)

Referral code adalah kode unik yang biasanya terdiri atas angka, huruf, simbol, atau gabungan seluruh elemen tersebut. Kode ini biasanya digunakan untuk mengajak orang lain agar mau bergabung dalam keanggotaan suatu platform atau melakukan pembelian suatu produk.

Meski umumnya kode ini diberikan secara langsung, ada juga referral program yang memberikan kode kepada publik dalam bentuk tautan. Saat diklik, autan ini akan langsung tertuju pada suatu produk atau laman bisnis sehingga penggunanya bisa langsung melakukan tindakan, seperti mengunduh, mendaftar akun, atau membeli produk.

Orang yang memiliki kode referal biasanya akan membagi-bagikan kode tersebut kepada teman atau keluarga untuk mendapatkan sejumlah keuntungan, seperti halnya diskon, cashback, atau komisi.

Beberapa perusahaan e-commerce biasanya menawarkan keuntungan berupa diskon pada referral program yang mereka jalankan. Jadi, saat pelanggan berbelanja secara online, mereka bisa langsung mengaplikasikan kode unik yang mereka miliki saat checkout.

Tapi, ada juga beberapa bisnis yang menawarkan keuntungan berupa hadiah. Misalnya, komisi untuk pemilik referral code dan pengguna kode tersebut). 

Banyak orang yang mengira bahwa kode referal sama dengan kode voucher/promo. Padahal, keduanya merupakan jenis program yang sama sekali berbeda karena kode voucher atau promo biasanya langsung dibuat dan dibagikan oleh perusahaan kepada penggunanya untuk meningkatkan penjualan.

Sementara itu, kode referal dibuat oleh perusahaan untuk dibagikan kepada penggunanya melalui pihak ketiga, baik itu pengguna produk perusahaan maupun pihak lain yang dianggap mampu mendistribusikan kode tersebut ke pihak lainnya. 

Selain penggunaannya, perbedaan antara kode referal dengan kode promo terletak pada jangka waktu atau masa aktifnya. Kode voucher biasanya memiliki masa aktif dan hanya bisa digunakan sekali, sedangkan kode referral biasanya bersifat berkelanjutan dan tidak memiliki masa aktif. 

Jadi, selama kode referral digunakan oleh orang baru, maka pemilik kode akan terus memperoleh keuntungan dari penggunaan kode tersebut.

Baca juga: Pahami Apa Itu Return on Assets (ROA) Beserta Manfaat dan Rumusnya!

Manfaat Referral Program untuk Bisnis

Manfaat referral program
Manfaat referral program (123rf)

Referral program adalah salah satu strategi marketing yang biasa digunakan oleh suatu bisnis untuk meningkatkan brand awareness sekaligus penjualan. Lantas, apa saja manfaat program referral code bagi bisnis? Berikut penjelasannya.

1. Menjangkau lebih banyak konsumen

Dengan menggunakan program ini, akan banyak orang yang membagikan sekaligus menggunakan kode referal untuk mendapatkan keuntungan. Makin banyak orang yang membagikannya, makin banyak juga calon konsumen yang dijangkau oleh bisnis. Oleh karena itu, program ini biasa digunakan oleh perusahaan untuk memasarkan produknya lewat metode word of mouth.

Beberapa bisnis sudah membuktikan bahwa program kode referal memiliki rasio konversi 70% lebih tinggi dibandingkan strategi marketing lainnya. Dalam strategi ini, pelanggan yang dirujuk ke suatu merek berpotensi 5x lebih besar untuk menggunakan program rujukanya.

Baca juga: Pengertian Cryptocurrency dan Risiko Investasi di Dalamnya

2. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Manfaat referral program selanjutnya adalah meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap suatu bisnis, produk, atau perusahaan. Hal ini disebabkan oleh keuntungan yang diperoleh para konsumen dari program tersebut dianggap bernilai sehingga mereka menganggap bahwa produk dan layanan bisnis tersebut sangat bermanfaat.

3. Membuat perusahaan lebih dikenal publik

Setiap perusahaan tentu akan melakukan berbagai strategi agar namanya bisa dikenal publik. Nah, referral program ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengenalkan suatu brand, produk, atau nama perusahaan kepada publik. 

Dengan program ini, pengguna dapat mendistribusikan kode unik yang dimilikinya ke mana saja secara personal sehingga perusahaan akan terbantu untuk melakukan promosi di channel yang sebelumnya tidak terjangkau. Lewat program referral code yang lebih personal, kepercayaan konsumen terhadap bisnis pun bisa meningkat sehingga nama produk atau brand kamu pun makin dikenal publik.

4. Meningkatkan penjualan

Dengan program ini, makin banyak orang yang mengetahui dan ingin mencoba produk suatu brand atau bisnis sehingga tingkat transaksi pun meningkat. Selain melakukan pembelian, orang yang membagikan kode referral juga biasanya akan memberikan testimoni atau review dengan menyebutkan keunggulan dari produk yang dibelinya.

Sebuah studi baru-baru ini bahkan menyebutkan bahwa penggunaan kode referal dalam berbisnis mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan sampai 86 persen. Selain itu, seorang konsumen juga 50 kali lipat lebih mungkin melakukan pembelian produk saat mendapat rekomendasi dari teman atau keluarga ketimbang iklan.

Dengan adanya testimoni yang baik, maka akan banyak orang yang akan mencari tahu seberapa bagus produk tersebut. Inilah yang menjadikan orang-orang tertarik untuk mencoba atau membelinya.

5. Menghemat anggaran

Selain keempat manfaat yang telah disebutkan di atas, program kode referal juga bermanfaat untuk mendorong perusahaan dalam menghasilkan konten promosi yang lebih menarik dan beragam.

Melalui program ini, para pelanggan akan mempromosikan kode unik yang mereka miliki dengan konten-konten menarik di media sosial sehingga perusahaan bisa lebih bisa menghemat anggaran promosi.

Baca juga: 3 Jenis Investasi yang Menguntungkan dan Cocok Bagi Pemula

Jenis-Jenis Referral Code

Jenis Referral Code
Jenis referral code (123rf)

Ada dua jenis referral code yang biasa digunakan untuk mempromosikan suatu brand atau produk, yaitu:

1. Direct referral

Jenis referral program yang satu ini biasa digunakan oleh penggunanya untuk mendaftar pada website tertentu dengan menggunakan sebuah tautan atau link. Penggunaan direct referral tidak memerlukan biaya karena sistemnya yang dapat bekerja secara otomatis. 

Sementara itu, keuntungan yang bisa diperoleh dengan menggunakan menggunakan direct referral adalah pengguna referral dapat menghapus tautannya jika sudah tidak mampu mendatangkan pemasukan. Meski begitu, referral yang didiamkan akan tetap bisa memberikan insentif jika digunakan oleh orang lain.

2. Rented referral

Rented referral biasanya digunakan untuk menjaring orang-orang yang akan mendaftar menjadi member suatu platform. Misalnya, mendaftar di sebuah situs, e-commerce, atau aplikasi. Pemilik platform biasanya akan menyewakan referral tersebut kepada member dengan bayaran tertentu.

Baca juga: Apa Itu Investasi Bodong? Kenali Ciri dan Jenisnya di Sini

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kode referal adalah kode rujukan yang terdiri atas kombinasi unik angka, huruf, simbol atau ketiganya yang digunakan untuk mengidentifikasi pengguna dalam sebuah program. 

Jika kamu tertarik untuk mengetahui informasi seputar bisnis lainnya, jangan ragu untuk kunjungi BMoney!

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!