Ini Potensi Cuan Investasi Saham Seharga Tiket Konser Coldplay

Uji Agung Santosa

23 Mei 2023

Konser Coldplay (123rf.com)
Konser Coldplay (123rf.com)

Harga tiket konser Coldplay yang rencananya bakal dihelat di Jakarta pada November 2023 mendatang bernilai jutaan rupiah. Jika diinvestasikan dalam saham, kira-kira potensi hasil yang bakal diperoleh mencakup apa saja, ya? Yuk, simak ulasannya lebih lanjut dalam artikel di bawah ini.

Pembelian tiket konser Coldplay yang dihelat pada 15 November 2023 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, telah resmi dibuka secara online untuk umum pada Kamis, 19 Mei 2023 silam. 

Berdasarkan keterangan sang promotor konser, PK Entertainment, ada 11 kategori seat plan yang dirilis dengan masing-masing memiliki harga berbeda. Adapun harga tiket termurah yaitu kategori Cat 8 restricted view (Numbered Standing) dibanderol dengan harga Rp800 ribu, sedangkan harga tiket termahal yaitu kategori Cat 1 (Ultimate Experience) dibanderol Rp11 juta.

Belum selesai di situ, rilis harga tiket tadi masih akan dikenakan pajak hiburan sebesar 15 persen. Itu pun belum termasuk biaya layanan 5 persen dan biaya administrasi lainnya. Jika dikalkulasi, harga tiket Coldplay termahal setelah kena pajak adalah Rp13,2 juta untuk kategori Cat 1, sedangkan harga tiket termurah setelah kena pajak yaitu Rp960 ribu untuk kategori Cat 8.

Terlepas dari itu, jika bicara soal keuntungan pribadi jangka panjang, boleh jadi imbal hasil yang didapat bakal lebih besar seandainya harga tiket konser Coldplay senilai jutaan rupiah diinvestasikan ke dalam saham.

Baca juga: Pergerakan dan Cara Beli Harga Saham BBRI 1 Lot

Potensi Hasil Saham

Investasi dalam saham memiliki potensi keuntungan dan risiko yang bervariasi tergantung pada perusahaan yang dipilih, waktu investasi, dan kondisi pasar. Meski tidak ada jaminan pasti mengenai hasil yang akan didapat, setidaknya ada 5 potensi keuntungan yang bisa kamu peroleh, yaitu sebagai berikut.

1. Keuntungan modal

Jika saham yang dibeli mengalami kenaikan harga, kamu dapat menjualnya dengan harga yang lebih tinggi dan meraup keuntungan. Beberapa perusahaan teknologi atau sektor inovatif lainnya bisa memberikan potensi pertumbuhan yang cepat.

2. Dividen

Beberapa perusahaan yang stabil dan mapan membayar dividen kepada pemegang saham sebagai bagian dari keuntungan perusahaan. Artinya, jika berinvestasi dalam saham-saham ini, kamu bisa menerima pembayaran dividen secara periodik.

3. Pengembalian saham (buyback)

Salah satu skema yang berpotensi menghasilkan keuntungan dalam berinvestasi saham adalah buyback. Dalam skema ini, beberapa perusahaan membeli kembali saham mereka sendiri dari pasar, yang dapat menghasilkan pengembalian dana kepada pemegang saham.

4. Saham blue-chip

Saham blue-chip adalah saham dari perusahaan besar, mapan, dan terkenal. Meskipun tidak mengalami pertumbuhan yang cepat, saham ini cenderung lebih stabil dan dapat memberikan keuntungan jangka panjang.

5. Reksa dana

Alternatif lain adalah investasi reksa dana yang dapat memberikan diversifikasi portofolio saham. Reksa dana dikelola oleh profesional dan berinvestasi dalam berbagai saham, obligasi, atau instrumen keuangan lainnya.

Baca juga: Mau Sukses Trading Saham? Jalankan Tips Trading for Living Ini!

Simulasi Lot Saham dari Harga Tiket Konser Coldplay

Simulasi harga saham.
Simulasi harga saham.

Dalam perdagangan saham, investor umumnya membeli saham dalam satuan lot untuk efisiensi transaksi dan meminimalkan gangguan harga (price impact). Lot saham adalah satuan standar untuk jumlah saham yang diperdagangkan di pasar saham. 

Setiap lot saham memiliki jumlah lembar saham yang bervariasi dan biasanya ditentukan dengan angka bulat, tergantung pada aturan bursa efek di negara tempat saham tersebut diperdagangkan.

Di Indonesia, satuan lot saham yang digunakan di Bursa Efek Indonesia (BEI) terdiri dari 100 lembar saham. Ini berarti jika membeli satu lot saham, kamu akan mendapatkan 100 lembar saham dari perusahaan yang bersangkutan.

Untuk mengetahui jumlah lot saham populer yang dapat dibeli dengan investasi uang senilai harga tiket konser Coldplay, kamu perlu mempertimbangkan harga per lembar saham pada saat itu. Harga per lembar saham akan berbeda-beda tergantung pada perusahaan yang sahamnya ingin kamu beli.

Sebagai contoh, harga per lembar saham perusahaan makanan yaitu PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk atau ICBP adalah sebesar Rp11.000-an pada Mei 2023 ini. Jika harga tiket konser Coldplay termahal adalah Rp11 juta dan 1 lot saham setara dengan 100 lembar saham, maka harga 1 lot saham ICBP adalah 11.000 x 100 lembar, atau sebesar Rp1,1 juta.

Berikutnya, hitung jumlah lot saham yang dapat dibeli dengan membagi jumlah uang investasi dengan harga per lot saham. Berikut rumus perhitungannya.

Jumlah Lot Saham = Jumlah Uang Investasi / Harga Per Lot Saham

Jumlah Lot Saham = Rp11.000.000 / Rp1.100.000

Jumlah Lot Saham = 10 lot saham

Dengan asumsi harga per lembar saham sebesar Rp11.000, dan uang investasi senilai Rp11 juta, kamu dapat membeli sebanyak 10 lot saham perusahaan makanan raksasa yang masuk daftar saham bluechip.

Dengan asumsi yang sama, dengan harga tiket konser termurah Coldplay yaitu Rp800 ribu, kamu akan bisa mendapatkan saham PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) sebanyak 2 lot. Hitunganya: 

Jumlah Lot Saham = Jumlah Uang Investasi / Harga Per Lot Saham (4.000x100)

Jumlah Lot Saham = Rp800.000 / Rp400.000

Jumlah Lot Saham = 2 lot saham

Walau jumlah lot yang kamu miliki saat ini masih sedikit, tapi kamu berpotensi mendapatkan keuntungan besar. Merujuk perkembangan harga saham ICBP dan TLKM maka masing-masing saham tersebut memperlihatkan kinerja yang cukup impresif.

Harga saham ICBP dalam setahun terakhir telah mengalami kenaikan lebih dari 40% dari Rp8000-an per lembar saham menjadi Rp11.000-an per lembar saham. Sedangkan saham TLKM mengalami kenaikan 30%-an dalam 5 tahun terakhir dari kisaran harga Rp3.000 per lembar menjadi Rp4.000 per lembar saham.

Baca juga: Karakteristik Hedge Fund dan Perbedaannya dengan Mutual Fund! 

Dampak Konser Coldplay Bagi Ekonomi Indonesia

Konser Coldplay Chris Martin (123rf.com)
Konser Coldplay Chris Martin (123rf.com)

Di satu sisi, kontribusi konser musik yang masuk dalam sektor jasa hiburan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia masih terbilang sangat kecil karena sejauh ini kita lebih bergantung pada sektor lainnya seperti pertanian dan perdagangan.

Kendati demikian, konser berskala Internasional semacam Coldplay yang diadakan di Indonesia tentu berdampak positif bagi perekonomian Tanah Air, khususnya ekonomi kreatif. Berikut sejumlah dampak yang mungkin terjadi.

Pariwisata

Konser Coldplay dapat menarik penggemar dari seluruh dunia untuk datang ke Indonesia. Wisatawan yang datang untuk konser ini kemungkinan akan menghabiskan uang untuk akomodasi, transportasi, makanan, dan berbagai aktivitas lainnya, yang akan meningkatkan industri pariwisata.

Peningkatan pengeluaran konsumen

Konser musik skala besar macam Coldplay dapat menciptakan euforia dan antusiasme di kalangan penggemar. Hal ini bisa mendorong peningkatan pengeluaran konsumen, terutama dalam hal pembelian tiket, merchandise, makanan, minuman, dan barang-barang terkait acara.

Penyerapan tenaga kerja

Untuk menyelenggarakan konser sebesar Coldplay, banyak tenaga kerja diperlukan, baik dalam hal penyelenggaraan acara, keamanan, teknisi panggung, pelayan, dan berbagai peran lainnya. Hal ini dapat menciptakan peluang kerja sementara dan membantu mengurangi tingkat pengangguran.

Dampak pada sektor industri terkait

Konser sebesar Coldplay dapat memberikan dorongan bagi sektor industri terkait seperti industri hiburan, perhotelan, restoran, transportasi, dan peritel. Permintaan yang meningkat dalam sektor-sektor ini dapat menghasilkan kegiatan ekonomi yang lebih besar dan memberikan manfaat bagi pelaku usaha.

Baca juga: Jajaran Saham Transportasi di BEI yang Layak Dibeli

Di luar itu, dampak ekonomi dari suatu konser bisa bervariasi tergantung pada banyak faktor seperti skala acara, lokasi, partisipasi penggemar, dan kebijakan pemerintah terkait. Potensi negatif yang mungkin terjadi seperti kemacetan lalu lintas, dampak lingkungan, dan gangguan keamanan juga perlu diperhatikan untuk mencegah hal tak diinginkan.

Demikian ulasan mengenai  hasil investasi saham yang bisa didapat dari harga tiket konser Coldplay yang mencapai jutaan.

Bagi kamu yang tertarik berinvestasi saham maupun reksa dana secara aman dan memberi keuntungan optimal, bisa menggunakan aplikasi investasi BMoney yang andal dan terpercaya. Aplikasi ini juga memungkinkanmu meningkatkan aset saham dengan adanya keunggulan minimal deposit, biaya komisi rendah, ditambah riset dan analisis up-to-date.

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!