Manfaat Emas dan Perak untuk Investasi dan Kehidupan Manusia

Yudhianto Thohirin

31 Maret 2022

Manfaat emas. (123rf)
Manfaat emas. (123rf)

Siapa yang tidak silau ketika melihat emas dan perak? Jenis logam mulia ini dikenal memiliki nilai tinggi dan sangat berharga. Manfaat emas pun sangat banyak, begitu juga dengan perak. Bisa jadi kamu juga salah satunya yang hobi mengoleksi emas dan perak.

Dua logam mulia yang diperoleh melalui proses pertambangan ini banyak menarik minat orang. Selain dijadikan perhiasan, emas dan perak ini juga sering menjadi pilihan untuk investasi dalam jangka panjang yang memiliki nilai imbal balik cukup lumayan. Bedanya, emas dan perak ini memiliki rentang harga yang berbeda. Harga emas lebih mahal dibandingkan dengan perak.

Meski begitu, keduanya memiliki manfaat yang nyaris serupa. Tidak hanya bisa digunakan untuk perhiasan dan investasi, ada manfaat emas dan perak lain yang juga perlu kamu ketahui. 

Manfaat Emas dan Perak

Emas terdiri dari beberapa jenis mengacu pada warna, yaitu emas kuning, emas putih, emas pink, emas hijau, hingga emas biru. Berbeda dengan perak yang tidak berjenis. Kendati demikian, emas dan perak mempunyai nilai yang tinggi karena manfaat yang dimilikinya.  Sejak dulu kala, emas dan perak dikembangkan untuk berbagai bidang dan bukan sekadar wujud kekayaan. 

Berikut ini manfaat emas dan perak yang bisa kamu intip:

1. Manfaat emas dan perak dalam bidang ekonomi

Seperti yang sudah disampaikan di atas, emas dan perak  menjadi salah satu komoditas ekonomi yang bernilai jual tinggi. Bahkan pada zaman kerajaan, emas dan perak merupakan alat tukar atau pengganti uang untuk transaksi jual-beli. Kini, emas dan perak merupakan salah satu alat investasi yang menguntungkan.

Khusus untuk emas, investasi dapat dilakukan dalam bentuk emas batangan, bisa juga dalam bentuk perhiasan. Emas juga dapat diperjualbelikan dalam bentuk fisik dan nonfisik, seperti bentuk saham di bursa perdagangan. Sementara itu, perak bisa diinvestasikan dalam bentuk koin perak hingga bentuk saham.

Tidak hanya itu, emas bisa digunakan sebagai cadangan devisa suatu negara karena nilai jualnya tinggi. Hal ini disebabkan karena emas bersifat convertible atau semua negara dapat menerima emas sebagai alat pembayaran internasional yang sah. Perak pun pernah menjadi salah satu bahan untuk membuat koin uang.

Baca jugaPengertian Investasi Emas, Keuntungan, serta Jenisnya

2. Manfaat emas dan perak dalam bidang sosial

Dalam bidang sosial yang berkaitan dengan masyarakat, emas identik dengan lambang kekayaan. Tidak mengherankan, orang kerap dengan sengaja memamerkan emas yang dikenakan sebagai perhiasan. Bahkan kerap kali berganti-ganti bentuk perhiasannya. Begitu pula dengan perak. Selain menjadi perhiasan, peralatan makan dan dapur dari perak yang berkilauan pernah menjadi standar status sosial seseorang.

Ini juga berlaku bagi mereka yang tidak memamerkan emas dan perak di depan umum. Biasanya mereka yang menyimpan emas dan perak sebagai investasi, baik dalam bentuk batang atau koin akan dianggap orang berada. Mereka juga kerap kali dianggap mempunyai kedudukan sosial yang lebih tinggi di masyarakat.

 

Manfaat emas
Manfaat emas. (123rf)

 

3. Manfaat emas dan perak dalam bidang industri

Manfaat emas dan peran lainnya berkaitan dengan bidang industri. Emas digunakan juga untuk membuat pajangan, suvenir, dan lain-lain yang bernilai. Begitu pula dengan perak. Ini karena kedua logam mulia ini memiliki sifat yang lunak, mudah ditempa, mewah, dan berkilau.

Emas juga berfungsi untuk pembuatan kaca khusus hingga pelindung helm astronot, karena berfungsi sebagai pemantul radiasi sinar matahari. Bahkan The National Aeronautics and Space Administration (NASA) memanfaatkan emas sebagai elemen membuat pesawat luar angkasa, seperti bahan sirkuit dan pelumas karena bersifat konduktor yang baik dan antikarat.

Ini berlaku juga dengan perak yang memiliki sifat serupa, yaitu penghantar listrik yang baik. Kemampuan perak lainnya juga membuatnya digunakan dalam pembuatan batang pengendali reaksi fisi nuklir. Perak juga menjadi bahan untuk membuat solder listrik. Yang menarik, perak rupanya menjadi pilihan untuk membuat alat musik tiup berkualitas tinggi.

Baca juga8 Keuntungan Investasi Emas Serta Risikonya

4. Manfaat emas dan perak dalam bidang kesehatan

Emas dan perak ini juga sering digunakan dalam bidang kesehatan. Untuk emas, logam ini menjadi salah satu campuran obat yang dapat menjaga kesehatan jantung karena teruji mampu memperlancar oksigen dalam darah. Emas juga dapat melancarkan aliran kelenjar getah bening, terutama di bagian wajah.

Sementara itu, perak dapat digunakan untuk mencegah infeksi sehingga dipilih sebagai bahan pembalut luka. Perak juga merupakan bahan yang baik untuk membuat kateter urine yang efektif mengurangi infeksi saluran kencing hingga pipa pernafasan.
Terakhir, manfaat emas dan perak di dunia kedokteran gigi, yaitu untuk melapisi gigi palsu sebagai ganti gigi berlubang atau yang sudah tanggal. 

Baca jugaApa Itu Investasi Bodong? Kenali Ciri dan Jenisnya di Sini

5. Manfaat emas dan perak dalam bidang kecantikan

Manfaat emas dan perak ternyata juga sangat banyak untuk kecantikan tubuh dan wajah. Dimulai dari emas yang bermanfaat untuk mengurangi kerutan, garis halus, dan noda hitam terutama pada muka, yang dapat membuat seseorang lebih muda. Tidak heran jika muncul banyak layanan, masker emas atau perawatan wajah dengan embel-embel emas.

Emas juga dapat mencerahkan kulit karena efek refleksi atau pemantulan cahaya pada kulit. Selain itu, emas dapat menghambat penurunan kolagen, mengobati kerusakan kulit akibat matahari, mengobati alergi, mengatasi inflamasi, serta meningkatkan elastisitas kulit.

Perak yang mempunyai sifat antiseptik, antiinflamasi, dan antimikroba membuatnya dipercaya sebagai salah satu bahan pembuat krim atau losion untuk membersihkan jerawat membandel. Perak juga dapat menenangkan kulit setelah tindakan facial yang berat atau waxing pada area tubuh tertentu.

Baca juga5 Bisnis Investasi Online yang Menguntungkan untuk Dijalani

Manfaat emas
Manfaat emas. (123rf)

 

6. Manfaat emas dan perak dalam bidang elektronik

Dengan sifat sebagai penghantar listrik yang baik, emas dan perak sangat dibutuhkan dalam komponen elektronik. Namun karena harganya agak mahal, maka lebih banyak digantikan oleh tembaga atau logam lainnya yang mempunya sifat yang sama.

Adapun barang-barang elektronik yang biasa menggunakan emas dalam komponennya seperti televisi, monitor, prosesor komputer, USB connector, radio, dan lain sebagainya. Bahkan, ada juga kartu SIM yang memakai kandungan emas, meski tidak banyak. Benda yang memanfaatkan perak adalah sirkuit listrik dan bahan utama pelapis uap.

7. Manfaat emas dan perak sebagai penghargaan

Manfaat emas dan perak ini menjadi standar keberhasilan dan pencapaian tertinggi dalam berbagai ajang bergengsi maupun kompetisi. Kamu bisa lihat dalam bidang olahraga maupun di bidang seni budaya.

Dalam olahraga misalnya, emas dan perak dijadikan sebagai bahan medali. Emas bagi pemenang pertama, dan perak untuk juara kedua. Begitu pula dalam olimpiade di luar olahraga, seperti olimpiade sains atau olimpiade matematika. Dalam berbagai perlombaan, emas dan perak juga akrab dijadikan medali. 

Baca juga8 Pilihan Investasi untuk Anak Muda

Dalam seni budaya, piala penghargaan dalam ajang bergengsi seperti Piala Oscar, Piala Golden Globe, hingga beberapa festival film ternama seperti, Festival Film Cannes mengandung emas dan perak. Karena itu, piala penghargaan tersebut menjadi kian berharga selain merupakan perwujudan dari prestasi.

Jadi, pantas jika emas dan perak dikejar-kejar banyak orang dan nilainya pun tinggi. Hal ini karena manfaat emas dan perak yang sangat banyak dan bisa digunakan secara optimal di berbagai lini kehidupan dan lintas bidang. Bikin kamu makin tertarik untuk berinvestasi emas dan perak ‘kan?

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!