Ini Cara Membangkitkan Motivasi Menabung yang Unik!

Uji Agung Santosa

14 November 2022

Cara meningkatkan motivasi menabung (123rf.com)
Cara meningkatkan motivasi menabung (123rf.com)

Sebagian orang mungkin sudah menyadari penuh apa pentingnya menerapkan kebiasaan menabung sejak dini. Namun, ada juga orang yang justru sama sekali tidak memiliki motivasi menabung karena berbagai alasan. Mulai dari keinginan untuk bersenang-senang sampai tidak punya edukasi tentang pentingnya menabung untuk masa depan.

Menabung mungkin kelihatan hanya membuang-buang waktu atau bahkan terkesan sepele, apalagi jika nominal tabungan yang dimiliki tidak begitu besar. Namun, ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh di masa depan jika kamu melakukan kebiasaan ini sejak dini.

Menabung bukan sekadar menyimpan sebagain uang yang kita miliki untuk digunakan di masa yang akan datang. Lebih dari itu, menabung juga menumbuhkan tingkat kedisiplinan yang kuat agar kamu bisa terus tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik, terutama dalam hal finansial.

 

Baca juga: Begini Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah yang Mudah Dilakukan!

6 Keuntungan Menabung

6 keuntungan menabung
6 keuntungan menabung

Jika saat ini kamu belum mempunyai motivasi menabung, maka jadikan beberapa manfaat menabung berikut ini sebagai pemicu untuk kamu melakukan aktivitas tersebut.

1. Menghindari perilaku konsumtif

Manfaat menabung yang bisa kamu rasakan adalah melatih gaya hidup dan prinsip berhemat. Berbeda dengan sifat pelit, hemat adalah prinsip hidup yang kamu perlukan untuk membedakan mana yang termasuk kebutuhan dan mana yang termasuk keinginan belaka. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari perilaku atau gaya hidup konsumtif.

Dengan menyisihkan sebagian uang untuk menabung, kamu akan terbiasa untuk berpikir sebelum bertindak. Jika sebelumnya kamu akan langsung mengeluarkan uang untuk membeli barang-barang yang kamu inginkan, maka setelah terbiasa menabung, kamu akan berpikir lebih dulu apakah barang tersebut memang kamu butuhkan atau tidak.

2. Memiliki dana darurat

Hampir setiap orang pernah mengalami masalah yang tak terduga sehingga dibutuhkan dana darurat untuk bisa menyelesaikannya. Nah, salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menabung adalah memiliki dana darurat yang bisa menolongmu dalam kondisi terdesak.

Perubahan yang terjadi di masa depan sangat sulit untuk diprediksi sehingga kamu membutuhkan dana darurat untuk mengatasi perubahan tersebut. Dengan adanya dana darurat, kamu tidak perlu panik saat menghadapi kejadian yang tiba-tiba datang tanpa diduga.

Baca juga: Tips Menabung yang Baik untuk Bisa Capai Kebebasan Finansial

3. Mengamankan aset

Tidak semua aset atau harta yang kita miliki bisa tersimpan dengan aman. Nah, salah satu cara mengamankan aset atau harta yang kamu miliki tersebut adalah dengan cara menabung. Selain itu, kamu juga bisa mempergunakan tabungan untuk mewujudkan rencana yang sudah kamu buat di masa depan. Misalnya, rencana masuk universitas favorit, rencana pernikahan, atau bahkan rencana membeli rumah.

4. Belajar mengelola keuangan

Dengan motivasi menabung yang kuat, kamu bisa terus belajar mengelola keuangan secara bijak. Jika sebelumnya kamu hanya memiliki satu tabungan untuk dana darurat, maka setelah terbiasa menabung, kamu akan mempunyai beberapa jenis tabungan untuk rencana yang sudah kamu buat.

Misalnya, kamu memiliki satu tabungan untuk dana darurat, satu tabungan untuk dana pendidikan, dan satu tabungan untuk persiapan pernikahan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menghadapi permasalah finansial di masa depan.

5. Menghindari utang

Utang adalah salah satu kendala yang bisa menghambat siklus finansial siapa saja. Tidak sedikit orang yang mengalami kegagalan finansial akibat terlalu banyak berutang atau gali lobang tutup lobang.

Dengan membiasakan diri menabung sejak dini, kamu tidak akan terjerat dengan kebiasaan buruk yang satu ini. Apalagi jika kamu sudah mengalokasikan dana yang kamu miliki ke dalam beberapa jenis tabungan.

Baca juga: 13 Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan

6. Mencapai kemerdekaan finansial

Kemerdekaan finansial hanya bisa dicapai jika kamu sudah bisa mengelola keuangan secara bijak dan merencanakan masa depan secara cermat. Dengan menerapkan kebiasaan baik ini, kamu akan bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari tanpa perlu terbebani dengan kekhawatiran di masa depan.

Nah, selain menabung, kamu juga bisa menggunakan dana yang kamu miliki untuk berinvestasi. Jika menabung hanya bersifat mengamankan aset dari pencurian, penipuan, dan risiko keuangan fisik lainnya, maka berinvestasi akan mengamankan aset yang kamu miliki dari inflasi dan risiko keamanan lain yang bersifat nonfisik. Kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp10 ribu saja melalui aplikasi investasi BMoney yang bisa di-download di Play Store atau App Store.

Cara Membangkitkan Motivasi Menabung

Cara Membangkitkan Motivasi Menabung
Cara Membangkitkan Motivasi Menabung

Bagi kamu yang sedang kehilangan motivasi untuk menabung, saatnya bangkitkan kembali motivasi menabung dengan cara-cara berikut ini.

1. Temukan alasan kuat untuk menabung

Menabung memang kelihatan mudah, namun ternyata sulit dilakukan jika motivasi yang kita punya tidak begitu kuat. Untuk itu, kamu perlu menemukan apa alasan yang bisa kamu jadikan pedoman saat memutuskan untuk menabung.

Selain keuntungan atau manfaat menabung yang sudah disebutkan di atas, kamu juga perlu mencari alasan lain yang bisa menguatkannya. Misalnya, kamu ingin membahagiakan kedua orang tuamu dengan memberangkatkan mereka ibadah haji. 

2. Tulis di sticky notes

Kamu bisa membangkitkan kembali motivasi untuk menabung dengan cara menuliskannya setiap hari atau menempelkan alasan kamu menabung di sticky notes. Dengan begitu, kamu akan selalu diingatkan untuk menyisihkan uang yang kamu miliki agar dapat mewujudkan impian yang sudah kamu tulis sendiri.

Jika perlu, kamu juga bisa menuliskan banyak alasan menabung di beberapa spot yang sering kamu lihat. Misalnya, di meja kerja, depan laptop, bahkan di depan pintu kamar mandi sekalipun.

Baca juga: 9 Cara Menabung Unik dan Bikin Semangat

3. Tetapkan anggaran

Salah satu kunci sukses menabung adalah konsistensi. Nah, supaya kebiasaan menabung bisa kamu lakukan secara konsisten, kamu perlu menetapkan berapa banyak uang yang wajib kamu tabung setiap bulannya. Dengan begitu, kamu akan terbiasa untuk mengurangi biaya yang tidak perlu sesuai dengan nominal yang harus ditabungkan.

Dengan merencanakan anggaran secara cermat, kamu juga bisa menentukan tujuan menabung yang kamu lakukan. Misalnya, kamu menabung untuk membeli kendaraan yang kamu inginkan atau pergi ke negara yang kamu impikan.

4. Mulai dari nominal kecil

Jangan langsung terobsesi untuk memiliki tabungan dalam jumlah banyak karena sering kali kita bisa memupuk kebiasaan dengan memulainya dari hal yang kecil. Begitu juga ketika kamu ingin meningkatkan kembali motivasi menabung, lakukanlah dari nominal kecil. Dengan begitu, kamu akan semakin bersemangat ketika tabunganmu bertambah.

Baca juga: 10+ Tips Menabung 5 Juta Setahun yang Mudah Dilakukan

5. Cari teman

Bersama memang selalu lebih baik. Begitu juga dalam hal menabung. Carilah teman yang bisa dijadikan sebagai partner sekaligus pemicu motivasi menabung. Kamu bisa mengajak adik atau kakak, sahabat, bahkan orang tua untuk diajak menabung bersama.

Jika perlu, kamu juga bisa menggunakan tantangan menabung untuk mencapai jumlah tabungan tertentu dalam suatu periode. Misalnya, tantangan menabung Rp5 juta dalam sebulan atau sesuai kesepakatan bersama. Dengan begitu, kegiatan menabung jadi lebih asyik.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membangkitkan kembali motivasi menabung. Selamat mencoba!

 

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!