7 Rekomendasi Game NFT Penghasil Uang Terbaik untuk Raup Keuntungan 

Imanuel Kristianto

18 Agustus 2022

NFT Game (Foto: 123rf)
NFT Game (Foto: 123rf)

Seiring berkembangnya teknologi, dunia investasi dan perdagangan pun semakin berkembang. Salah satunya dengan kehadiran aset kepemilikan karya digital, seperti foto, video, atau karya virtual lainnya, yang diperjualbelikan dalam bentuk non-fungible tokens atau NFT. 

Orang yang melakukan pembelian NFT akan memperoleh sertifikat digital sebagai tanda kepemilikan sekaligus keaslian aset tersebut. Hal ini menjadi penting karena aset digital bisa saja ditiru oleh banyak orang. Namun, hanya orang-orang tertentu yang telah membelinya dalam bentuk NFT yang memiliki karya digital orisinal.

Karya digital berbentuk NFT tidak hanya berupa foto, gambar, atu video. Karya apa saja yang memiliki keunikan dan nilai seni yang tinggi bisa menjadi aset yang layak dijual sebagai NFT. Misalnya, cuitan pertama CEO Twitter Jack Dorsey yang berhasil dilelang dan terjual dengan harga sekitar Rp42 miliar.

Uniknya, NFT juga kini sudah mulai merambah ke dunia gaming sehingga muncul NFT game yang marak diperjualbelikan. Lantas, apa itu game NFT dan bagaimana aset digital ini bisa dimanfaatkan untuk mendulang keuntungan? Simak ulasan berikut.

Baca juga: Apakah Kripto Halal sebagai Jenis Instrumen Investasi?

Apa Itu Game NFT?

Apa Itu Game NFT?
Apa itu game NFT?

Banyak orang mulai mencari tahu apa itu NFT game. Pada dasarnya, NFT gaming merupakan upaya yang dilakukan untuk memperoleh uang kripto dengan cara bermain game. Kegiatan ini sering juga disebut play-to-earn, yaitu fenomena game crypto yang mulai muncul di industri game baru-baru ini. 

Cara bermainnya terbilang mudah, terutama untuk para gamers andal yang biasa melakukan permainan dan kompetisi game. Para pemain game NFT akan diminta untuk mengumpulkan aset atau hadiah yang diperoleh melalui suatu game. Hadiah tersebut berupa mata uang virtual (kripto) yang nantinya bisa dikonversi menjadi uang tunai nyata.

Ada banyak jenis permainan yang masuk ke dalam game crypto atau NFT game ini, salah satu yang cukup populer adalah Axie Infinity. Permainan tersebut membuat banyak orang memiliki cara pandang yang berbeda terhadap gaming. Jika dulu gaming dianggap sebagai hiburan belaka, maka sekarang kegiatan tersebut juga bisa dijadikan sebagai mata pencaharian seseorang.

Sebelumnya, uang yang diperoleh di dalam game tidak bisa dikonversi menjadi uang tunai nyata. Namun, dengan adanya game NFT ini, gamers bisa menukar uang virtual yang mereka miliki dengan uang sungguhan. Selain itu, mereka juga bisa mendapatkan penghasilan dari bermain game dengan cara membeli, mengumpulkan, atau membuat suatu aset berharga di dalam sebuah game NFT.

Baca juga: Jenis Mata Uang Kripto yang Bisa Kamu Beli di Indonesia

Daftar Game NFT Terpopuler

Daftar Game NFT Terpopuler
Daftar game NFT terpopuler (123rf)

Jika kamu tertarik untuk mencari keuntungan dari bermain game NFT, berikut ini adalah daftar game NFT terpopuler yang banyak dipakai dalam dunia NFT gaming.

1. Axie Infinity

Salah satu pelopor game NFT ini kini sudah makin banyak tersedia di internet. Game ini mengajak pemainnya untuk memelihara hewan peliharaan virtual yang bernama Axie. Bukan cuma itu, kamu juga harus memiliki strategi cerdik untuk merawat dan mengalahkan kumpulan Axie dari tim lawan mainmu.

Dalam permainan berbasis di jaringan Ethereum ini, Axie adalah aset NFT yang bisa dibeli, dijual, ditukar, atau dilelang di marketplace. Kamu bisa membelinya dengan token khusus bernama AXS seharga Rp380 ribuan.

2. Ragnarok Labyrinth NFT 

Game MMORPG play-to-earn pertama dari semesta Ragnarok ini merupakan salah satu NFT game yang berjalan di platform blockchain Ethereum (ETH). Game ini menggunakan sistem idle sehingga kamu tidak perlu mengontrol karaktermu untuk melakukan pergerakan atau aktivitas lainnya, seperti bertarung atau bertualang. 

Dengan fitur auto pada game MMORPG mobile Ragnarok, game ini juga menghadirkan enam Job dasar yang bisa kamu upgrade menjadi dua Advance Job untuk masing-masing Job. Keenam Job dasar tersebut adalah Swordsman, Thief, Archer, Mage, Merchant, dan Acolyte.

Untuk mendapatkan keuntungan dari game crypto ini, kamu harus rajin melakukan farming dan memainkan MVP Boss raid. Di sinilah kamu bisa mendapatkan berbagai macam aset NFT, seperti kostum, item, senjata, dan material lainnya dengan harga Rp872,14 per ONBUFF (ONIT).

Baca juga: Apa Itu Investasi Syariah? Pahami Penjelasannya di Sini!

3. Ni no Kuni: Cross Worlds 

Game Japanese Role-Playing Game (JRPG) terbaru rancangan Netmarble ini merupakan salah satu game Netmarble yang mengusung teknologi blockchain sehingga kamu bisa memainkannya dan memperoleh aset NFT di dalamnya. 

Game ini juga dianggap sebagai permainan virtual paling apik karena menyajikan animasi dari Studio Ghibli dan musik dari komposer Joe Hisaishi sehingga banyak orang tertarik untuk memainkannya.

Jika biasanya kamu hanya bisa menjelajahi dunia di game RPG Android, maka kini kamu bisa melakukan aktivitas lain untuk mendapatkan token MARBLEX (MBX).

Baca juga: Pengertian Cryptocurrency dan Risiko Investasi di Dalamnya

4. Decentraland 

Salah satu game dunia virtual yang membuat pemainnya bisa melakukan berbagai aktivitas seperti halnya di dunia nyata. Tentu saja, di game terdesentralisasi ini juga kamu bisa menghasilkan uang sungguhan.

Untuk menghasilkan keuntungan, kamu harus memiliki lahan yang bisa disewakan sebagai tempat bermain, aplikasi, layanan perjudian, adegan kreatif 3D, situs informatif, dan kegiatan lainnya.

Game ini mempunyai token yang disebut MANA dan menjadi salah satu proyek metaverse pertama yang sukses di dunia crypto. Kamu bisa membeli token MANA dengan harga Rp16 ribuan per 31 Mei 2022.

5. Thetan Arena 

NFT game yang satu ini merupakan permainan berbasis blockchain pertama yang mengusung format gameplay MOBA. Inilah elemen penting yang membedakannya dari game berbasis kartu yang biasa ditemukan di dunia NFT.

Seperti daftar game NFT terpopuler lainnya, game ini juga memungkinkan pemainnya untuk mendapat keuntungan mulai dari skin gratis, kotak jarahan, juara yang dapat dijual, dan lain sebagainya. Kamu bisa membeli token yang disebut Thetan Arena (THG) ini seharga Rp2.240 saja.

6. CryptoKitties  

Mirip dengan Axie Infinity, game crypto yang satu ini juga mengajak pemainnya untuk memelihara kucing virtual yang dibekali dengan atribut khusus. Dengan mengusung konsep play-to-earn, tentu saja kamu harus sering bermain untuk bisa mendapat banyak aset. 

Untuk mendapatkan keuntungan, kamu bisa menjual atribut khusus tersebut sebagai NFT dengan harga bervariasi. Sementara itu, kamu bisa membeli banyak CryptoKitty di marketplace yang dijual dengan koin Ethereum (ETH) seharga Rp29 jutaan per ETH.

7. WidiLand 

Game NFT Android yang dirilis pada 2021 ini mengusung konsep multiplayer dengan mengambil latar sekelompok elit yang menemukan rumah baru untuk umat manusia. Para pemainnya bertugas untuk membangun peradaban baru yang berkarakteristik serupa dengan metaverse

Token yang digunakan dalam NFT game ini bernama WIDI. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp405 per WIDI. Selain itu, kamu juga bisa mendapat reward berupa 1 cropland dan 3 karakter default (non-NFT).

Baca juga: Apa Itu Altcoin dan Kinerjanya di Pasar Kripto!

Dari ketujuh daftar game NFT terpopuler di atas, mana yang paling menarik? Selain mencoba meraup keuntungan dengan berinvestasi di NFT game, kamu juga perlu mengalokasikan waktu dan danamu untuk berinvestasi di instrumen lain. Misalnya, investasi reksa dana mulai dari Rp10 ribu di BMoney.

Artikel menarik lainnya

reksadana_hero_image

Selalu update bareng komunitas investor BMoney!